6 Manfaat minyak almond untuk kecantikan dan kesehatan

Manfaat minyak almond untuk kecantikan
image from stylecraze.com

Ada banyak manfaat minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan baik yang sudah diolah ataupun pada saat dalam keadaan mentah. Almond yang memiliki nama ilmiah amygdalus communis dan banyak dibudidayakan di kawasan Timur Tengah dan Asia Tenggara.

Ada dua jenis almond, yaitu almond manis dan almond pahit. Minyak almond biasanya dibuat dari kedua jenis almond tersebut. Akan tetapi Sebaiknya anda berhati-hati dalam menggunakan almond pahit, pastikan kacang almond tersebut terbebas dari sianida dan sifat toksik lainnya yang dapat membahayakan kesehatan anda. Minyak almond sendiri memiliki banyak manfaat untuk kecantikan terutama bagi rambut. Berikut daftar manfaat minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu menghilangkan ketombe 

Salah satu manfaat minyak almond yang utama untuk rambut adalah membantu mengatasi masalah ketombe. Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang sangat sulit dihilangkan dan cukup mengganggu. Bintik-bintik putih yang disebabkan oleh ketombe bahkan dapat menurunkan kepercayaan diri kita terutama pada beberapa kasus tetapi anda tidak perlu khawatir karena minyak almond diketahui cukup efektif untuk menyingkirkan ketombe hanya dengan cara menerapkannya secara teratur ke kulit kepala anda.

2. Melembabkan kulit kepala

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kepala kering tidak ada salahnya menggunakan minyak almond untuk membantu melembabkannya. Minyak almond telah terbukti memiliki kandungan vitamin E dan sifat pelembab lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala anda. Hal ini bisa mengatasi kulit kepala yang kering. Dengan mengoleskan minyak almond secara teratur Anda bisa memberi kelembaban alami pada kulit kepala anda.

3. Mengatasi kerusakan pada rambut

Setiap orang tentunya ingin memiliki rambut yang sehat dan terbebas dari kerusakan. Akan tetapi penggunaan produk kimia yang berlebihan kepada rambut dapat membuatnya tampak tidak sehat atau bahkan mengalami kerusakan. Untuk itu anda perlu melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami seperti minyak almond yang sudah terbukti sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut anda. Beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk menggunakan minyak almond sebagai bahan perawatan rambut: Pertama Anda bisa menggunakan minyak almond sebagai masker rambut dengan cara mengoleskannya setelah mencuci rambut dengan ringan dan membiarakan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

4. Mengobati infeksi kulit kepala 

Studi terbaru menunjukkan bahwa kulit kepala yang kering bisa mengakibatkan infeksi pada kulit kepala atau pembengkakan. Anda harus segera mengatasi masalah tersebut karena kulit kepala yang tidak nyaman bisa mengurangi aktivitas dan produktifitas. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena salah satu manfaat minyak almond untuk kesehatan adalah membantu mengurangi infeksi kulit kepala karena memiliki sifat antiinflamasi. Untuk mengobati infeksi kulit kepala anda bisa mengoleskan minyak almond ke kulit kepala dan sedikit memijatnya selama sekitar 5 menit. Biarkan selama sekitar 15 menit setelah itu cuci rambut dengan menggunakan shampo dan biarkan sampai mengering.

5. Sebagai bahan perawatan rambut 

Minyak almond telah terbukti mengandung berbagai macam nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, jadi menggunakan minyak almond sebagai bahan perawatan rambut secara rutin dapat membantu anda mendapatkan rambut yang sehat alami. Minyak almond memiliki kandungan vitamin A dan E serta sifat lainnya yang sangat berguna untuk rambut Anda.

6. Mengatasi rambut rontok 

Menurut sebuah penelitian ilmiah, minyak almond memiliki kandungan omega-3, vitamin E, dan fosfolipid yang sangat berguna dalam mengatasi rambut rontok. Nutrisi tersebut membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru sekaligus menguatkan folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Share On