15 Manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat minyak kanola
Manfaat minyak kanola, image by http://clubreduva.com
Manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali beberapa diantaranya seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, hingga menunjang kecantikan Anda. Selain itu, banyak juga orang yang telah menggunakan minyak kanola sebagai minyak goreng serta bahan perawatan kecantikan. Bagi Anda yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Sumber omega 3

Minyak kanola memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anda. Asam lemak omega-3 ini membantu menurunkan kolesterol buruk yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

2. Menurunkan peradangan

Salah satu manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan adalah kemampuannya dalam menurunkan peradangan. Penggunaan minyak kanola dapat mengurangi kekakuan dan nyeri pada sendi serta membantu menurunkan peradangan pada beberapa penderita penyakit artritis kronis, gangguan usus, dan ambeien.

3. Mencegah munculnya jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh para remaja terutama Saat memasuki usia 16-19 tahun. Untuk menghilangkan jerawat Anda bisa memanfaatkan minyak kanola karena memiliki sifat antiperadangan sekaligus membantu mencegah munculnya jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak kanola pada kulit yang mengalami jerawatan untuk membantu meringankan atau bahkan menghilangkan jerawat secara alami.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Minyak kanola bisa membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol darah. Hal ini dikarenakan minyak kanola memiliki kandungan asam lemak omega-3 dimana nutrisi ini sangat berguna untuk meningkatkan kolesterol baik, sekaligus menurunkan kolesterol jahat. Minyak kanola bisa membantu menurunkan hingga 16% kadar lemak buruk di dalam darah anda.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi idaman hampir semua wanita. Bahkan beberapa orang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kulit yang sehat serta halus secara alami. Dibandingkan mengeluarkan banyak uang, anda bisa menggunakan minyak kanola. Selain alami, penggunaan minyak kanola juga tidak kalah efektif dibandingkan dengan produk kecantikan yang memiliki harga mahal. Minyak kanola memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan penting yang berguna melindungi kulit dan memperbaikinya dari kerusakan.

6. Melembabkan Kulit Anda

Anda membutuhkan pelembab alami? cobalah menggunakan minyak kanola. Seperti halnya minyak zaitun, minyak kanola juga bisa digunakan sebagai pelembab alami kulit yang aman dan pastinya memiliki tingkat keefektifan cukup baik. Penggunaan minyak kanola bisa membantu mengatasi kulit kering dan melembabkan nya secara alami. Anda bisa mengkombinasikan kan minyak kanola dengan beberapa minyak esensial sebagai lotion untuk kulit tubuh dan wajah anda.

7. Merawat infeksi kulit

Asam lemak baik yang terdapat dalam minyak canola dapat melembutkan dan menghaluskan kulit secara alami. Anda bisa mencampur minyak kanola dengan beberapa minyak lavender untuk dioleskan ke kulit Anda setelah mandi air hangat. Ramuan alami ini sangat efektif untuk membantu mengatasi beberapa infeksi pada kulit seperti jerawat dan eksim.

8. Meluruskan rambut secara alami

Jika anda ingin memiliki rambut lurus alami tidak ada salahnya menggunakan minyak kanola sebagai bahan untuk meluruskan rambut keriting. Caranya cukup mudah, anda bisa menambahkan air hangat ke dalam minyak kanola untuk digunakan sebagai penyemprot rambut. Cara ini bisa berguna untuk mengatasi rambut kering dan membantu meluruskannya secara alami.

9. Memperbaiki kerusakan pada rambut

Kesehatan rambut perlu dijaga untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Rambut kering bisa menyebabkannya mudah patah sehingga melembabkan rambut menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjaganya tetap sehat terawat. Untuk itu Anda bisa menggunakan minyak kanola sebagai bahan alami untuk merawat rambut tersebut. Caranya tidak sulit anda hanya cukup memijatkan minyak kanola ke kulit kepala sekitar 2 sampai 3 menit. Kemudian menutup rambut dengan handuk selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Jika sudah selesai bilas dengan air.

10. Mencegah kerontokan pada rambut anda

Kerontokan pada rambut menjadi salah satu masalah utama yang cukup sulit untuk diatasi. Rambut rontok ini bahkan telah menjadi mimpi buruk bagi banyak orang di seluruh dunia baik laki-laki ataupun perempuan. Kabar baiknya, anda bisa menggunakan minyak kanola untuk mengatasi rambut rontok secara alami dan pastinya aman. Caranya cukup mudah anda hanya perlu mencampur minyak kanola, minyak almond, dan minyak zaitun untuk memijat kulit kepala selama kurang lebih 5 menit. Biarkan sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

11. Mencegah penyakit kanker

Manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit yang cukup mematikan yaitu penyakit kanker. Minyak kanola memiliki kandungan antioksidan dari vitamin E yang dimilikinya di mana antioksidan ini berperan penting dalam mencegah efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Vitamin E bekerja dengan cara membunuh sel kanker.

12. Mencegah penyakit diabetes

Selain mencegah kanker minyak kanola ternyata juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Tingginya kandungan sterol dalam minyak kanola sangat berguna mengurangi resiko penyakit jantung. Anda hanya perlu menambahkan minyak kanola ke dalam menu sehat harian Anda untuk menghindari penyakit jantung.

13. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat lain minyak kanola untuk kesehatan adalah meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh para lansia. Penyakit ini terjadi akibat menurunnya fungsi kognitif otak. Minyak kanola memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat melawan kerusakan jaringan otak sekaligus meningkatkan fungsi otak secara alami.

14. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat sulit sekali diobati. Meskipun demikian, penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara banyak mengkonsumsi makanan sehat dan meningkatkan aktivitas fisik. Salah satu makanan yang bisa Anda coba untuk menurunkan resiko penyakit diabetes adalah makanan yang mengandung tinggi serat. Selain makanan yang mengandung tinggi serat kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak kanola juga dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Artinya mengkonsumsi minyak kanola dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

15. Mencegah ketombe

Ketombe dan rambut rontok merupakan kedua masalah rambut yang sangat menjengkelkan. Selain dapat mengurangi penampilan, ketombe seringkali menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ternyata salah satu manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan adalah membantu mencegah munculnya ketombe. Anda bisa menggunakan minyak kanola sebagai bahan perawatan rambut Anda dengan cara mencampurkan minyak kanola dengan minyak pohon teh. Kemudian oleskan sambil sedikit memijat ke rambut selama 3-5 menit. Biarkan selama 20 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai manfaat minyak kanola untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel kami.

Share On