14 Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

Manfaat minyak jojoba
Manfaat minyak jojoba image by http://beardoholic.com
Minyak jojoba adalah cairan yang diproduksi dari benih tanaman simmondsia chinensis yang merupakan tanaman dari Arizona Selatan, California Selatan, dan barat laut Meksiko. Minyak jojoba memiliki banyak manfaat khususnya kecantikan kulit wajah dan rambut. Dimana minyak ini bisa membuat kulit tampak lebih halus dan cantik secara alami. Berikut daftar lengkap manfaat minyak jojoba untuk kecantikan kulit wajah dan rambut yang perlu Anda ketahui:

1. Melembabkan kulit secara alami

Minyak jojoba memiliki banyak manfaat untuk kecantikan salah satunya adalah membantu melembabkan kulit secara alami dan mengatasi beberapa masalah kulit termasuk eksim (kondisi kulit kering yang parah). Kemampuan minyak jojoba yang satu ini harus Anda coba secara rutin agar kulit anda yang tadinya kering bisa lembab alami.

2. Menghilangkan jerawat secara alami

Jerawat adalah masalah kulit yang dapat menyebab kan bengkak dan ketidaknyamanan. Salah satu penyebab utama jerawat adalah produksi sebum yang berlebihan yang umumnya dipicu oleh perubahan hormonal atau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat terutama makanan berlemak. Minyak jojoba memiliki sifat antiinflamasi yang membuatnya sangat baik dijadikan obat jerawat. Selain mengatasi jerawat, minyak jojoba juga berguna mengobati masalah kulit lainnya termasuk kemerahan atau pembengkakan.

3. Mengurangi efek buruk sengatan sinar matahari

Minyak jojoba dapat digunakan sebagai bahan perawatan alami untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Manfaat minyak jojoba untuk kulit yang satu ini patut dicoba terutama bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Minyak jojoba mengandung asam ferulic yang mampu menyerap sinar ultraviolet dan mencegah kerusakan kulit akibat proses oksidasi. Singkatnya minyak jojoba dapat bermanfaat mengurangi efek sengatan sinar matahari dan menunda kerutan yang diakibatkan oleh sinar matahari berlebih.

4. Pembersih alami kulit wajah

Menggunakan pembersih berbahan kimia dapat memberikan efek samping yang tidak baik untuk kulit wajah, terutama jika dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sehingga Anda membutuhkan alternatif bahan alami yang berguna membersihkan kulit tanpa memiliki dampak negatif. Untuk itu saya ingin memperkenalkan salah satu bahan alami tersebut yaitu minyak jojoba. Minyak jojoba bisa anda gunakan untuk menghilangkan riasan dimata termasuk eyeshadow, eyeliner, mascara dan sisa make up di wajah. Menggunakan minyak jojoba juga memberikan manfaat di kulit wajah sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari penggunaan minyak jojoba tersebut.

5. Membantu menghilangkan bekas luka

Minyak jojoba memiliki kandungan vitamin E yang dapat mengurangi masalah kulit yang tidak enak dipandang seperti keropeng, bekas luka, dan Strechmark. Cara menggunakan minyak jojoba untuk menghilangkan bekas luka sangat mudah, anda hanya perlu memijatkan minyak jojoba ke area kulit yang terdapat masalah tersebut selama kurang lebih 2 menit. Selain membantu menghilangkan bekas luka, minyak jojoba juga berguna mempercepat proses penyembuhan luka kulit secara alami dan pastinya aman.

6. Memiliki sifat antimkroba

Minyak jojoba memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit secara alami. Minyak jojoba mengandung yodium yang bisa melawan pertumbuhan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Menerapkan minyak jojoba secara rutin setidaknya 2 kali seminggu bisa menghilangkan berbagai macam mikroba yang dapat merusak kecantikan kulit wajah anda.

7. Memiliki sifat antijamur

Manfaat minyak jojoba untuk kecantikan yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam menghilangkan jamur di kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah seperti panu atau masalah kulit lainnya yang berkaitan dengan jamur kulit tidak ada salahnya menggunakan minyak jojoba untuk mengatasinya. Selain berguna menghilangkan panu, minyak jojoba juga berguna mengobati jamur kuku, kutil, dan infeksi pada kaki terutama bagi Anda yang sering mengenakan sepatu dalam waktu lama.

8. Sebagai krim cukur alami

Minyak jojoba juga bisa anda manfaatkan sebagai krim cukur alami yang membantu mengurangi iritasi saat proses mencukur. Minyak jojoba bermanfaat melembutkan kulit kaki anda dan memberikan kelancaran saat proses mencukur. Penggunaan minyak jojoba sebagai krim cukur akan mencegah terjadinya iritasi dan rasa sakit akibat kemerahan kulit.

9. Ramuan anti-kerut

Diantara manfaat minyak jojoba untuk kecantikan kulit wajah adalah membuatnya tampak kencang dan lembab secara alami, sehingga penggunaan minyak jojoba secara rutin akan mengurangi keriput di wajah. Selain itu, minyak jojoba juga diperkaya dengan vitamin E yang sangat efisien dalam menghilangkan efek buruk radikal bebas yang bertanggung jawab atas munculnya efek penuaan pada kulit. Bahkan penggunaan minyak jojoba cara rutin dapat meminimalkan munculnya garis halus di wajah hingga 25%. Jadi bagi Anda yang ingin terlihat awet muda cobalah menggunakan minyak jojoba secara teratur setidaknya dua kali seminggu.

10. Mengobati infeksi kulit

Minyak jojoba bukan hanya memiliki sifat anti-jamur tetapi juga anti-bakteri yang membantu meringankan gejala infeksi kulit. Minyak jojoba berguna mengurangi berbagai masalah kulit seperti eksim dan Psoriasis. Selain itu, minyak jojoba juga mengandung zat yang dikenal dengan asam miristat yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan radang sendi dan rematik.

11. Melembabkan bibir secara alami

Sifat pelembab alami yang dimiliki minyak jojoba dapat dimanfaatkan untuk melembabkan bibir dengan cepat dengan cukup efektif cara menggunakannya sangat mudah sekali pertama teteskan minyak jojoba ke jari Anda kemudian terapkan pada bibir pecah-pecah dan kering biarkan selama kurang lebih 3 sampai 4 jam untuk membuat kandungan nutrisi minyak jojoba bisa meresap di kulit bibir anda.

12. Melembabkan rambut secara alami

Minyak jojoba adalah bahan alami yang sangat baik untuk semua jenis rambut. Kandungan bahan kimia alami yang terdapat dalam minyak jojoba sangat mirip dengan sebum yang diproduksi kulit manusia. Minyak jojoba dapat masuk secara mendalam ke pori-pori kulit kepala untuk menghilangkan kelebihan kotoran dan sebum yang juga berguna melembabkan rambut secara alami.

13. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Selain melembabkan rambut secara alami minyak jojoba juga berguna meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cepat. Caranya anda hanya perlu menggunakan minyak jojoba sebagai minyak rambut seperti biasa. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat ramuan dari minyak jojoba. Pertama panaskan minyak jojoba kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa. Terapkan pada kulit kepala dan rambut Anda.

14. Meluruskan rambut keriting secara alami

Minyak jojoba dapat melembabkan folikel rambut dan melindunginya dari kerusakan. Minyak jojoba memiliki sifat emolien yang sangat baik untuk merawat rambut kering dan keriting. Cara menggunakan minyak jojoba untuk merawat rambut keriting cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak jojoba secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut Anda, atau Anda juga bisa menambahkannya ke conditioner atau shampoo yang biasa anda gunakan.

Share On