23 Top manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan dan kecantikan

manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan
image by publicdomainpictures.net, manfaat ginkgo biloba

Top manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa. Pohon ginkgo biloba bisa hidup hingga 1.000 tahun, oleh karenanya tanaman ini dianggap sebagai salah satu jenis pohon tertua di dunia. Ekstrak ginkgo biloba yang berasal dari daunnya sarat akan kandungan nutrisi penting, dimana daun ginkgo biloba ini telah lama digunakan dalam perawatan berbagai macam penyakit. Studi telah menemukan di dalam ginkgo biloba terdapat setidaknya 40 komponen yang memiliki manfaat untuk kesehatan, namun sebagian besar manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan dan kecantikan didominasi oleh terpenoid dan flavonoid.

Sebagai antioksidan berbasis tumbuhan flavonoid memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan pada otot jantung, saraf, retina, dan pembuluh darah. Sedangkan terpenoid dapat mengurangi lengket trombosit dan berguna melebarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jadi tidak mengherankan jika ginkgo biloba menjadi salah satu obat herbal yang paling terkenal di seluruh dunia. Sebenarnya apa saja manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan dan kecantikan Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mencegah penyakkit alzheimer dan dimensia

Mengkonsumsi ginkgo biloba dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga mencegah kerusakan sel saraf. Menggunakan ginkgo biloba juga sangat dianjurkan bagi penderita demensia dan penyakit Alzheimer untuk mencegah tingkat keparahannya. Bagi para lansia juga sangat direkomendasikan mengkonsumsi ginkgo biloba untuk mengurangi resiko kehilangan ingatan akibat penyakit alzheimer.

2. Meningkatkan daya ingat

Ginkgo biloba dianggap sebagai suplemen yang berguna meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan ginkgo biloba memiliki kemampuan yang sangat mengesankan dalam membantu kinerja otak terutama dalam hal mengingat. Menurut sejumlah penelitian mengkonsumsi ginkgo biloba bukan hanya meningkatkan daya ingat bagi penderita demensia, namun juga meningkatkan kinerja kognitif pada otak.

3. Mencegah degenerasi makula

Jika tidak segera diobati degenerasi makula dapat menyebabkan kerusakan pada retina yang akan berakibat pada kebutaan. Untungnya salah satu manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan adalah mengurangi dan mencegah degenerasi makula pada lansia. Hal ini dikarenakan ginkgo biloba memiliki kandungan antioksidan penting seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan pada retina.

4. Meningkatkan konsenstrasi

Manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan didominasi oleh kandungan antioksidan di dalamnya. Ginkgo biloba bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah seperti menurunnya konsentrasi, kelelahan, penurunan kognitif pada otak, perubahan mood, sakit kepala, penurunan kinerja fisik, dan kelelahan akut. Menurut para ilmuwan dan peneliti manfaat ginkgo biloba tersebut disebabkan oleh sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya. Selain itu, asupan ginkgo biloba juga bisa menjaga kesehatan kognitif dengan memperbaiki sirkulasi dan menurunkan stres oksidatif.

5. Mengurangi stres dan depresi

Stres dan depresi merupakan masalah mental yang banyak dialami oleh orang di seluruh dunia. Gaya hidup yang kurang sehat, serta semakin kompleksnya masalah masyarakat juga menjadi beberapa diantara penyebab stres dan depresi. Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan depresi dan menurunkan kualitas hidup seseorang. Untungnya ginkgo biloba hadir untuk membantu Anda mengurangi stres tersebut. Penggunaan ginkgo biloba cukup efektif dalam mengobati stres dan depresi karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

6. Mengurangi gejala PMS

Mengambil Ginkgo biloba sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS seperti perubahan mood, kelelahan, kecemasan, dan nyeri otot. Ginkgo biloba juga sangat dianjurkan untuk wanita pascamenopause untuk meningkatkan kognisi mereka serta mengurangi gejala yang sama.

7. Meningkatkan kesehatan mata anda

Ramuan berbasis ginkgo biloba sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan mata karena dapat memperbaiki sirkulasi darah yang mengalir ke mata. Belum lagi kandungan antioksidan yang tinggi dalam ginkgo biloba juga berguna mengurangi kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula. Bukan hanya itu, ginkgo biloba juga memiliki kemampuan dalam mencegah stres oksidatif atau kerusakan sinar UV pada jaringan mata.

8. Meningkatkan libido

Salah satu manfaat ginkgo biloba yang patut dicoba untuk pasangan suami istri adalah kemampuannya dalam meningkatkan libido. Ramuan yang mengandung ginkgo biloba bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon yang berkaitan dengan tekanan darah, kadar serotonin, dan sirkulasi. Ini adalah alasan mengapa ginkgo biloba sangat dianjurkan untuk penderita disfungsi ereksi. Banyak senyawa yang bermanfaat dalam ginkgo biloba berguna membawa efek positif pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke Mr P yang berperan penting dalam menjaga kesehatan reproduksi. Selain itu, ginkgo biloba juga dianggap sebagai obat rumahan yang efektif untuk disfungsi ereksi.

9. Mencegah dan meringankan ADHD

ADHD atau singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada perkembangan otak sehingga menyebabkan seseorang menjadi hiperaktif, impulsif, serta sulit dalam memusatkan perhatian.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa penggunaan ginkgo biloba sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan konsentrasi seseorang terutama bagi para lansia. Hal ini menjadi indikasi yang sangat kuat bahwa ginkgo biloba dapat meningkatkan konsentrasi pada penderita ADHD. Penggunaan ginkgo biloba sangat efektif dalam meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kinerja otak pada penderita ADHD. Penelitian dan studi lebih lanjut mengenai manfaat ginkgo biloba dalam merawat ADHD masih sangat diperlukan untuk melihat sejauh mana efek yang diberikan oleh ginkgo biloba untuk penderita ADHD tersebut. Namun demikian beberapa bukti awal telah menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa mengobati gejala autisme dan ADHD. Sehingga tidak heran bila ginkgo biloba dianggap sebagai obat herbal yang sangat efektif untuk penderita autisme/ADHD.

10. Mengurangi gejala asma

Jika anda menderita penyakit asma dan ingin mencari obat alami yang cukup efektif tidak ada salahnya mencoba manfaat ginkgo biloba. Menggunakan ekstrak ginkgo biloba bisa membantu meringankan gejala asma seperti mengi dan sesak nafas. Hal ini dikarenakan ginkgo biloba memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Mengambil ginkgo biloba juga dapat membantu anda bernapas lebih mudah.

11. Meringankan migren dan sakit kepala

Ginkgo biloba bermanfaat mengurangi rasa sakit dan melebarkan pembuluh darah serta mengatasi stres yang menyebabkan munculnya sakit kepala dan migrain. Ginkgo biloba bukan hanya mengurangi ketegangan yang dapat menyebabkan sakit kepala, tetapi juga menghilangkan rasa lelah dan stres. Sebenarnya ginkgo biloba hanya mengurangi frekuensi dan tingkat keparahannya saja. Jadi bagi Anda yang ingin mengatasi sakit kepala dan migrain secara tuntas maka anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

12. Menyembuhkan Fibromyalgia

Pakar kesehatan mungkin akan menyarankan penggunaan suplemen ginkgo biloba sebagai pengobatan alternatif untuk fibromyalgia yang dikenal sebagai kelainan pada sistem saraf. Menggunakan ginkgo biloba dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala fibromyalgia seperti nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, cemas berlebih, depresi dan susah tidur.

13. Mengobati wasir

Manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah mengobati penyakit wasir secara alami. Ginkgo biloba berguna mengurangi gejala wasir seperti pendarahan, nyeri, dan pembengkakan akibat tekanan yang tinggi pada Vena rektum dan anus. Sehingga Ginkgo biloba sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit, dan mengurangi peradangan pada penderita wasir.

14. Mengurangi peradangan dan rasa sakit

Ginkgo biloba dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit karena memiliki kandungan senyawa organik yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Kemampuan ginkgo biloba dalam meringankan rasa sakit tersebut membuat ginko biloba menjadi salah satu obat herbal yang cukup efektif untuk mengatasi luka. Selain itu, mengambil ramuan yang berbasis ginkgo biloba juga berguna membantu mengobati dan mengeringkan luka dengan cepat.

15. Mengurangi risiko penyakit jantung

Ekstrak ginkgo biloba sangat baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular karena berguna menghilangkan pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Mengambil ginkgo biloba bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

16. Mengurangi risiko penyakit kanker

Berbicara mengenai manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan mengenai kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker. Ginkgo biloba mengandung antioksidan kuat dan beragam seperti flavonoid, terpenoid, dan senyawa polifenol. Senyawa dan antioksidan ini berperan penting dalam memerangi efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, mengambil ginkgo biloba bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, sehingga mengambil ginkgo biloba secara rutin dapat mengurangi resiko berbagai penyakit kronis.

17. Mengurangi gejala tinnitus

Tinnitus atau gangguan pendengaran akan menghasilkan sensasi suara mendesis atau dering di telinga. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kelainan pembuluh darah tertentu dan kerusakan saraf pendengaran. Mengkonsumsi sekitar 180 mg sampai 200 mg ginkgo biloba setiap hari dapat meng menghilangkan suara mendesis yang dihasilkan oleh tinnitus.

18. Memperlambat proses penuaan

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam ginkgo biloba dapat mencegah penuaan dini. Ginkgo biloba dapat membantu mencegah munculnya bintik-bintik hitam dan keriput pada lansia. Sehingga Anda harus mempertimbangkan penggunaan ginkgo biloba untuk membuat kulit anda tampak mudah dan sehat secara alami.

19. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat ginkgo biloba untuk kecantikan yang selanjutnya adalah sebagai tabir surya alami. Sengatan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kanker kulit. Dan penggunaan ginkgo biloba sangat penting sekali untuk melindungi kulit dari kerusakan sinar UV tersebut. Memanfaatkan ginkgo biloba untuk melindungi kulit merupakan alternatif yang sangat baik dan aman dibandingkan menggunakan krim yang berbahan kimia.

20. Mengobati peradangan pada kulit

Ginkgo biloba sangat efektif dalam mengobati radang kulit terutama yang disebabkan oleh infeksi dan alergi. Ginkgo biloba memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit anda. Kombinasi jahe, kunyit, dan ginkgo biloba berguna mengobati peradangan kulit secara alami dan aman.

21. Membersihkan kulit secara alami

Siapa yang menyangka jika ginkgo biloba ternyata dapat digunakan sebagai pembersih alami kulit. Ginkgo biloba bertindak sebagai pembersih yang berguna membuka pori-pori kulit, sehingga bisa dengan mudah menghilangkan akumulasi kotoran, sebum, dan minyak dari dalam kulit. Manfaat ginkgo biloba yang satu ini membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang sering ditambahkan ke banyak pembersih kulit.

22. Mengatasi berbagai macam masalah kulit

Ginkgo biloba merupakan sumber vitamin E, dimana vitamin ini sangat baik untuk mencegah berbagai macam masalah kulit seperti strechmark, bekas luka, jerawat dan patchiness. Penggunaan ginkgo biloba secara rutin sebagai obat oles dapat membuat kulit tampak segar dan sehat secara alami.

23. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan dan kecantikan yang terakhir adalah kemampuannya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Bagi Anda yang ingin memiliki rambut panjang dan berkilau secara alami tidak ada salahnya menggunakan ginkgo biloba sebagai bahan perawatan rambut. Untuk merangsang pertumbuhan rambut Anda bisa memanfaatkan ekstrak ginkgo biloba yang dicampur dengan minyak biji anggur, minyak kelapa, dan minyak jojoba. Penggunaan secara rutin dapat membantu anda mendapatkan rambut sehat berkilau.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Dan terima kasih banyak untuk kunjungan anda.

Share On