10 Manfaat daun rosemary untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun rosemary
Manfaat daun rosemary, image by pixabay.com

Rosemary adalah sebuah tanaman yang banyak dijadikan bumbu masakan khususnya di masyarakat Mediterania. Penelitian telah mengungkapkan mengenai manfaat daun rosemary untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat lengkap seperti tembaga, seng, fosfor, magnesium, zat besi, asam folat, riboflavin, thiamin, vitamin C dan vitamin A.

1. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat daun rosemary yang pertama adalah mencegah diabetes dan menjaga kestabilan kadar gula darah. Ekstrak daun rosemary dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa plasma yang pada gilirannya akan mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit metabolik lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of agricultural and food chemistry pada tahun 2014 menunjukkan bahwa daun rosemary memiliki sifat anti diabetes yang sangat baik.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan merupakan hal yang utama karena pencernaan yang sehat akan menentukan kesehatan banyak organ vital lainnya di dalam tubuh kita. Dengan demikian tanggung jawab kita untuk melindungi sistem kesehatan pencernaan sangatlah penting. Ada cara mengatasi sembelit yang alami yaitu menggunakan daun rosemary. Rosemary dapat menghambat patogen yang di bawa makanan dan mengatur pelepasan patogen. Selain itu, daun Rosemary juga bermanfaat mengobati gangguan pencernaan, merangsang nafsu makan, dan meringankan sembelit.

3. Meningkatkan kesehatan pernapasan

Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, daun rosemary juga bisa mengatasi berbagai macam masalah pernapasan seperti infeksi sinus, flu, asma bronkial dan pilek karena memiliki sifat anti antispasmodik dan antibakteri. Anda bisa menambahkan sekitar 3 sampai 5 tetes minyak Rosemary dalam semangkok air panas. Kemudian menghirup uapnya sekitar 3 kali sehari. Cara ini cukup baik untuk membantu mengurangi infeksi pernafasan dan meringankan flu.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Apakah anda sedang mencari cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami? Jika iya, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan Rosemary. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa daun Rosemary dapat memberi perlindungan yang kuat terhadap berbagai macam patogen dan penyakit yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh anda. Daun rosemary memiliki kandungan fitokimia seperti asam caffeic, carnosol, asam betulinat, asam rosmarinic, agen anti-inflamasi, anti kanker, dan anti antioksidanKesemua nutrisi tersebut sangat berguna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda tidak mudah terserang penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan melemahnya sistem imun.

5. Mengurangi peradangan

Daun Rosemary sangat baik sekali digunakan untuk menghilangkan peradangan dan rasa sakit karena memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang sangat kuat. Penggunaan daun Rosemary dapat membantu mengurangi kekakuan pada leher sakit punggung, sakit asam urat, sakit saraf sciatic, dan nyeri arthiritis. Bahkan karena sifat antispasmodik dalam Rosemary membuatnya sangat berguna mengurangi nyeri saat haid.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat daun Rosemary untuk kecantikan adalah merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Ramuan ini membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sekaligus menutrisi folikel rambut dengan cepat. Sebuah penelitian yang diterbitkan di archive of dermatologi pada tahun 1998 menunjukkan bahwa daun Rosemary dapat digunakan untuk mengatasi alopecia areata.

7. Meringankan sakit kepala

Rosemary memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang kuat sehingga dapat digunakan sebagai obat sakit alami. Bahkan minyak Rosemary dapat membantu mengurangi keparahan dan rasa sakit pada penderita migrain. Cara mengobati sakit kepala dengan Rosemary adalah: pertama tambahkan 3 sampai 5 tetes minyak Rosemary ke-1 bak air panas kemudian hirup uapnya secara perlahan. Selain itu Anda juga bisa mencium aroma Rosemary untuk menenangkan sakit kepala dan migrain.

8. Meringankan stres

Satu lagi manfaat Rosemary untuk kesehatan yaitu melawan stres secara alami. Daun Rosemary berguna mengurangi kegelisahan dan masalah emosional lainnya termasuk stres dan depresi. Daun Rosemary memiliki sifat menenangkan yang sangat membantu merelaksasi otot yang tegang terutama bagi mereka yang mengalami masalah pada kesehatan mental. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Scientia Pharmaceutica pada tahun 2013 para peneliti telah mempelajari pengaruh aroma minyak Rosemary pada aktivitasnya dalam menenangkan saraf.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Daun Rosemary adalah obat herbal alami untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Selain itu, penggunaan daun Rosemary juga dapat membantu menyediakan nutrisi penting ke semua organ di dalam tubuh sekaligus meningkatkan aktivitas metabolisme.

10. Meningkatkan daya ingat

Manfaat daun Rosemary yang terakhir adalah meningkatkan daya ingat. Daun Rosemary dapat bekerja dengan efektif sebagai stimulan kognitif yang berguna meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak anda. Bahkan daun Rosemary sangat baik digunakan untuk mencegah penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

Share On