Manfaat Artichoke untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Manfaat Artichoke untuk kesehatan
artichoke image by pixabay.com

Artichoke adalah makanan sehat yang memiliki segudang nutrisi. Di dalam artichoke terkandung beberapa mineral dan vitamin yang kesemuanya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Artichoke adalah tanaman yang berasal dari daerah kepulauan kanari Afrika Utara dan Eropa selatan. Artichoke merupakan salah satu tanaman obat tertua yang berasal dari abad ke-4 sebelum masehi.

Orang Romawi dan Yunani kuno telah lama menggunakan artichoke untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pencernaan. Dan pada abad ke-16 artichoke telah didokumentasikan sebagai obat alami untuk penyakit Ikterus dan hati. Baru pada abad ke-20 artichoke secara luas dijadikan ramuan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut mari simak manfaat artichoke untuk kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Artichoke memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Menurunnya sistem kekebalan tubuh bisa terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat dan lingkungan yang dapat menyebabkan oksidasi sel sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang dapat membahayakan tubuh kita.

2. Meningkatkan fungsi metabolisme

Artichoke memiliki kandungan mangan yang cukup baik dimana mineral ini bermanfaat dalam metabolisme asam lemak, asam amino, dan kolesterol, sehingga mencukupi kebutuhan mangan dari artichoke sangat penting untuk membuat tubuh menggunakan nutrisi tersebut. Selain itu, bagi Anda yang mencoba untuk menurunkan berat badan, mengoptimalkan fungsi metabolisme menjadi hal yang perlu diprioritaskan karena metabolisme yang baik dapat membantu pengurangan lemak dalam tubuh yang pada gilirannya akan mengurangi berat badan Anda.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang merupakan organ yang sangat penting sekali sehingga menjaga kekuatan dan kesehatannya merupakan suatu keniscayaan. Artichoke memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu mengurangi kalsifikasi vaskular. Selain itu, keunggulan lain dari vitamin K adalah kemampuannya dalam mendukung kesehatan tulang terutama pada saat pembentukannya. Selain itu, artichoke juga memiliki dua mineral penting seperti kalium dan magnesium yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium.

4. Menjaga kestabilan tekanan darah

Makanan yang mengandung tinggi kalium pada umumnya sangat baik untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, sehingga bagi Anda yang memiliki resiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti artichoke karena memiliki kandungan kalium cukup baik. Asupan kalium sangat diperlukan untuk mengimbangi kelebihan natrium yang berpotensi membahayakan kesehatan sistem kardiovaskular anda.

5. Baik untuk ibu hamil

Manfaat asam folat untuk kesehatan sangat banyak sekali, tetapi yang paling utama adalah mencegah cacat pada bayi. Oleh sebab itu, seorang ibu hamil harus mencukupi kebutuhan asam folat dari makanan yang mereka konsumsi. Salah satu makanan yang bisa dipertimbangkan untuk mencukupi kebutuhan asam folat adalah artichoke. Dalam 100 gram artichoke menyediakan sekitar 68 gram asam folat. Sehingga bagi Anda yang sedang hamil dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan tinggi asam folat seperti artichoke.

6. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan dan cukup berbahaya. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh USDA artichoke memiliki antioksidan tinggi dibandingkan beberapa jenis sayuran lainnya. Antioksidan merupakan salah satu nutrisi utama yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pengaruh buruk radikal bebas (produk sampingan alami metabolisme sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis). Beberapa kandungan antioksidan di dalam artichoke diantaranya adalah polifenol yang memiliki kualitas preventif, yang itu artinya dapat menghentikan, memperlambat, atau bahkan mematikan kanker. Selain itu, kandungan vitamin C dalam artichoke juga bertindak sebagai antioksidan kuat yang akan membantu efek antikanker yang dimilikinya.

7. Meningkatkan kesehatan hati

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Trace Element Research pada tahun 2010 menemukan bahwa tikus yang memiliki kandungan kolesterol tinggi di dalam hati nya mengalami penurunan yang sangat signifikan saat diberikan ekstrak artichoke. Ini menjadi indikasi yang sangat baik bahwa artichoke dapat bermanfaat meningkatkan kesehatan hati.

8. Meningkatkan fungsi otak

Mengkonsumsi artichoke dapat memenuhi sekitar 12% kebutuhan vitamin K harian Anda. Vitamin K dapat memberikan perlindungan otak dari degenerasi dan kerusakan neuronal. Dengan demikian, mengkonsumsi artichoke secara rutin dapat membantu melindungi otak dan mencegah beberapa penyakit menurunnya fungsi kognitif otak seperti alzheimer.

Share On