17 Cara mengatasi mata kering secara alami dan cepat

Cara mengatasi mata kering
Cara mengatasi mata kering, image by stlukeseye.com

Cara mengatasi mata kering secara alami dan cepat yang aman untuk diterapkan di rumah. Mata kering adalah suatu kondisi dimana air mata Anda tidak dapat memberikan pelumas yang memadai untuk mata beberapa penyebab mata kering di antaranya kurangnya produksi air mata dan kualitas air mata yang rendah masalah mata kering ini sangat tidak nyaman sekali dan sering mengganggu aktifitas kita.

Terlalu lama di depan layar monitor dan ruangan ber-ac juga dapat membuat mata menjadi lebih mudah kering. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras juga dapat menyebabkan mata kering dan tidak sehat.

1. Asam lemak omega 3

Manfaat asam lemak omega-3 untuk kesehatan sangat banyak sekali diantaranya mengurangi depresi, meringankan rheumatoid arthritis, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah degenerasi makula dan mengatasi mata kering secara alami. Untuk itu bagi Anda yang memiliki masalah pada kesehatan mata khususnya mata perih dan kering tidak ada salahnya untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3. Selain itu, asam lemak omega-3 juga memiliki kemampuan mengatasi iritasi yang disebabkan oleh mata kering, sedangkan sifat antiinflamasi yang dimilikinya membuat asam lemak omega-3 membantu menstimulasi produksi air mata yang berkualitas untuk melindungi mata dan memperbaiki kesehatannya.

2. Makanan sumber antioksidan

Beberapa penyebab utama mata kering adalah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas seperti stres oksidatif, pola makan yang buruk, kurangnya olahraga, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Untuk itu salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata kering adalah meningkatkan asupan antioksidan dari makanan yang anda konsumsi. Anda bisa memilih beberapa makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti blueberry, strawberry, buah anggur, teh hijau, dan wortel.

3. Meningkatkan asupan makanan

Meningkatkan asupan vitamin harian Anda sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin memiliki banyak peran penting di dalam tubuh kita tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan mata dan organ penting lainnya. Bagi Anda yang memiliki masalah seperti mata kering dianjurkan untuk meningkatkan asupan vitamin E dan C yang memiliki efek antioksidan kuat. Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai macam buah seperti jeruk bali, lemon, strawberry, Kiwi, dan Nanas. Sedangkan vitamin E bisa anda dapatkan dari berbagai macam kacang-kacangan dan minyak zaitun.

4. Mencukupi kebutuhan istirahat

Selain efek buruk radikal bebas mata kering juga bisa disebabkan oleh kurang tidur, oleh karena itu mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah penting sekali untuk mengatasi mata kering secara alami. Tidur dapat memberikan waktu kepada tubuh untuk menyembuhkan penyakit dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Setelah berjam-jam sibuk bekerja dan belajar mata Anda membutuhkan waktu istirahat setidaknya 7 sampai 8 jam. Kurang tidur selain menyebabkan mata kering juga dapat meningkatkan resiko lingkar hitam pada mata atau mata panda yang ini juga sangat mengganggu penampilan anda.

5. Atur tingkat kecerahan pada obyek yang anda lihat

Salah satu cara mengatasi mata kering secara alami yang tidak kalah penting adalah mengatur tingkat keredupan layar monitor dan smartphone anda. Tingkat kecerahan yang berlebih pada layar smartphone ataupun laptop dapat mengakibatkan mata menjadi cepat lelah dan kering. Belum lagi hal ini juga akan berakibat tidak baik untuk kesehatan mata dalam jangka waktu yang lama. Jika anda berada di ruangan yang kurang begitu terang sebaiknya redupkan cahaya smartphone atau laptop anda, dan juga sebaliknya jika anda berada pada ruangan yang memiliki cahaya terang maka anda harus menyesuaikannya dengan meningkatkan pencahayaan pada smartphone atau laptop. Melakukan hal ini sangat penting sekali untuk mencegah mata kering dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

6. Kompres hangat

Air mata mengandung sekresi kelenjar air dan berminyak. Melakukan kompres hangat dapat merangsang produksi air mata yang berkualitas baik dengan meningkatkan sirkulasi di kelopak mata. Hal ini pada gilirannya akan membantu membuka kelenjar meibomia yang tersumbat dan melembutkan meibum yang mengeras, sehingga dapat mengatasi mata kering dengan cepat. Anda hanya perlu menerapkan kompres hangat ke kelopak mata yang tertutup. Anda harus mengatur suhu kompres Anda secara tepat jangan terlalu panas karena dapat melukai mata anda.

7. Hindari terlalu lama di depan layar komputer dan smartphone

Berada di depan layar komputer dan smartphone dalam jangka waktu yang lama dapat berefek kurang baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan mata menjadi kering dan merah sehingga Anda perlu mengatur waktu jeda pada saat berada di depan layar monitor. Dianjurkan untuk menjauh dari komputer dan melihat hal lain yang berjarak 20 kaki dari mata bila merasa mata Anda mengalami lelah dan sakit. Dapatkan waktu istirahat setidaknya 1 jam saat berada di depan komputer dengan cara melihat hal-hal lain terutama tumbuhan hijau yang dapat memberi ketenangan kepada mata anda.

8. Berkedip

Cara mengatasi mata kering secara alami yang mudah dan simpel dan bisa Anda coba di rumah adalah dengan meningkatkan frekuensi berkedip. Kurangnya berkedip bisa memperparah kondisi kesehatan mata Anda termasuk menyebabkan mata kering. Orang biasanya akan berkedip sekitar 22 kali per menit, namun orang yang menghabiskan banyak waktu di layar televisi atau komputer hanya berkedip sekitar 7 kali per menit saja, hal ini dikarenakan berada di depan komputer ataupun televisi membuat mata lebih malas berkedip, akibatnya mata menjadi lebih kering.

9. Banyak minum air putih

Meningkatkan asupan air dianggap sebagai cara mengatasi mata kering yang mudah dan praktis karena kurangnya asupan cairan di dalam tubuh kita dapat meningkatkan resiko mata kering. Air memainkan peran penting dalam meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh. Kebutuhan air tergantung pada umur, jenis, kelamin dan kondisi fisik seseorang. Contohnya seorang wanita membutuhkan 90 ons air perhari untuk menjaga tubuh terhidrasi, sementara pria perlu mengkonsumsi setidaknya 125 ons air setiap hari. 20% air dalam tubuh akan diambil dari makanan sementara sisanya dari air putih yang anda konsumsi.

10. Meningkatkan asupan kalium

Selain vitamin, mineral merupakan nutrisi yang sangat penting sekali untuk mencegah mata kering. Kalium adalah mineral yang diperlukan untuk meningkat suplai air mata, perawatan epitel kornea, dan ketebalan kornea. Untuk menjaga agar mata tetap sehat dan mengatasi mata kering Anda dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti gandum, kurma, buah pisang, alpukat, kacang almond dan kismis.

11. Meningkatkan asupan zinc

Selain kalium zinc merupakan salah satu mineral yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata khususnya mengatasi mata kering. Kekurangan asupan zinc dapat menyebabkan mata menjadi kering dan kurang sehat. Zinc juga memainkan peran penting dalam menjaga agar sistem tubuh berfungsi dengan baik dan merangsang aktivitas sekitar 100 enzim terutama enzim lapisan vaskular mata. Orang yang mengalami defisit zinc sangat rentan terkena beberapa penyakit seperti mata kering. Asupan zinc yang direkomendasikan untuk wanita adalah sekitar 8 mg perhari sementara pria membutuhkan setidaknya 11 mg zinc per hari. Beberapa makanan yang mengandung tinggi zinc diantaranya kacang-kacangan, jamur, rumput laut, hati binatang, biji bunga matahari dan oatmeal.

12. Minyak jarak

Minyak jarak diketahui merupakan salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan sirkulasi limfatik yang pada gilirannya akan membantu mengatasi mata kering. Bahkan minyak jarak sering digunakan pada pengobatan kuno untuk mengobati dan mencegah floater katarak. Minyak jarak juga berguna mendetoksifikasi mata sehingga akan mencegah kerusakan yang bisa ditimbulkan dari racun yang berada di mata. Banyak penelitian yang menemukan bahwa minyak jarak dapat bekerja mengatasi mata kering yang disebabkan oleh disfungsi kelenjar meibomian.

13. Ramuan asam jawa

Asam jawa merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu yang jarang diketahui orang adalah kemampuannya dalam mengatasi mata kering. Di dalam asam jawa terdapat beberapa kandungan mineral dan vitamin penting seperti kalium fosfor, magnesium, vitamin C, kalsium dan asam amino. Semua nutrisi tersebut sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan termasuk kesehatan mata.

14. Memanfaatkan ketumbar

Ketumbar banyak tumbuh di benua Amerika serta beberapa daerah di Eropa. Ketumbar merupakan ramuan yang menakjubkan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ketumbar memiliki banyak nutrisi penting seperti mineral, vitamin, termasuk vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Bahkan ketumbar juga dapat membantu mengurangi resiko pengembangan kelainan penglihatan dan degenerasi makula. Penggunaan ketumbar juga bisa meredakan ketegangan dan mengatasi mata kering secara alami. Kandungan betakaroten dalam ketumbar bisa menyembuhkan dan mencegah banyak penyakit mata termasuk katarak, mata kering, dan degenerasi makula.

15. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki satu juta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang membuatnya sangat efektif untuk mengatasi mata kering. Lidah buaya biasanya diaplikasikan secara langsung ke mata. Namun penggunaan lidah buaya secara langsung ke mata dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi pada mata sehingga Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan lidah buaya untuk mengatasi mata kering.


Baca juga Cara mengobati mata bintitan secara alami

16. Mentimun

Mentimun adalah salah satu obat paling sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi mata kering. Mentimun bisa membantu mata lebih rileks dan menjaga kelembabannya agar terbebas dari masalah mata kering. Mentimun memiliki kandungan 95 persen air sehingga membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh termasuk mata Anda. Selain itu sifat anti-inflamasi mentimun juga berguna menghilangkan kantung mata dan mengobati sindrom mata kering. Cara menggunakan mentimun untuk mengatasi mata kering adalah: simpan beberapa potongan mentimun di lemari es selama beberapa menit. Kemudian tempelkan ke mata anda dalam posisi tertutup. Diamkan sekitar 10 menit setelah itu angkat.

17. Menggunakan ramuan wortel

Cara mengatasi mata kering secara alami yang terakhir adalah menggunakan wortel. Sayuran yang satu ini memang sangat terkenal karena memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai macam penyakit seperti katarak dan degenerasi makula. Vitamin A juga bekerja sebagai antioksidan penting yang melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas sehingga menggunakan wortel sebagai bahan alami untuk mengatasi mata kering merupakan langkah yang sangat baik.


Informasi yang mungkin anda cari 20 Cara mengatasi mata merah karena iritasi secara alami

Jika kesemua cara mengatasi mata kering secara alami tersebut sudah Anda coba dan tidak ada yang berhasil, maka tidak ada salahnya pergi ke dokter untuk melihat Apa yang menyebabkan mata kering Anda. Setelah dokter menyimpulkan penyebab mata kering yang anda alami maka biasanya dia akan memberikan penanganan yang sesuai.

Share On