10 Cara mengatasi kerusakan kulit akibat sengatan matahari

efek sengatan matahari pada kulit
efek sengatan matahari pada kulit, image by senseaboutscienceusa.org

Cara mengatasi kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari secara alami menggunakan bahan tradisional. Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kerutan, keriput, kemerahan, dan garis halus pada kulit. Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama akan membuat kulit menjadi tampak merah dan sedikit gosong akibat peningkatan produksi melanosit yang menghasilkan pigmen kulit gelap. Selain itu, melanin extra juga bisa membuat kulit terlihat lebih gelap atau kecoklatan setelah terkena sinar matahari.

Selain dapat membuat kulit menjadi lebih gelap sengatan sinar matahari berlebih juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit dan meningkatkan resiko penyakit kanker kulit. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan tabir surya jika ingin berada di bawah terik matahari dalam waktu yang lama. Bagi Anda yang mengalami kerusakan pada kulit akibat sengatan sinar matahari berlebih bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini untuk memperbaiki kerusakan tersebut:

1. Air dingin

Menggunakan air dingin mungkin merupakan perawatan kulit rusak akibat sinar matahari yang paling mudah. Air dingin membantu mengurangi pembengkakan kulit dengan menarik panas dari kulit yang terbakar sekaligus menghilangkan rasa sakit. Berikan beberapa cara menggunakan air dingin untuk mengatasi sengatan sinar matahari pada kulit: Masukkan kain bersih ke dalam air es selama beberapa menit. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk mengusap kulit anda yang terpapar sinar matahari berlebih tersebut. Cara ini dapat menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat sengatan sinar matahari.

2. Cuka sari apel

Cuka Sari apel merupakan satu dari sekian banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan pada kulit akibat sengatan matahari berlebih. Saat dioleskan secara topikal cuka sari apel berguna memperbaiki kerusakan pada kulit karena dapat membantu menurunkan peradangan yang disebabkan sengatan sinar matahari berlebih. Berikut langkah demi langkah menggunakan cuka sari apel untuk merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari: pertama rendam kain bersih di dalam cuka sari apel kemudian oleskan kain tersebut ke kulit yang gosong akibat sengatan sinar matahari. Atau Anda juga bisa menambahkan 1 cangkir cuka sari apel ke bak mandi, setelah itu gunakan berendam selama 10 menit untuk memperbaiki kondisi kulit anda.

3. Kentang

Kentang memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Cara menggunakan kentang untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari: Pertama-tama potong kentang menjadi beberapa irisan kemudian gosokkan secara perlahan ke kulit yang rusak akibat sengatan matahari. Cara yang kedua yaitu haluskan kentang menggunakan blender untuk dibuat menjadi pasta kemudian tambahkan sedikit air agar teksturnya sedikit lebih encer. Setelah itu oleskan pasta kentang ini ke daerah kulit yang terbakar sinar matahari.

4. Teh

Teh mengandung asam tanat yang membantu mengeluarkan panas dari dalam kulit yang rusak akibat sengatan sinar matahari. Selain itu, teh juga membantu menyeimbangkan tingkat PH kulit sehingga akan memberikan sensasi nyaman yang dibutuhkan saat kulit terkena sengatan sinar matahari. Mengatasi kerusakan pada kulit akibat sengatan matahari: langkah pertama seduh teh dan biarkan sampai dingin. Setelah itu celupkan kain bersih ke dalam teh tadi kemudian oleskan ke daerah kulit yang terbakar sinar matahari.

5. Tomat

Manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah sangat terkenal sekali, selain berguna menghilangkan jerawat secara alami tomat juga bermanfaat menghilangkan flek hitam di wajah. Bukan hanya itu, sayuran yang masih tergolong buah ini diketahui juga cukup efektif memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari berlebih. Semua manfaat tomat tersebut tidak terlepas dari kandungan antioksidan penting seperti likopen. Cara penggunaannya: pertama haluskan tomat menggunakan blender hingga benar-benar memiliki tekstur yang diinginkan. Tambahkan beberapa sendok yoghurt kemudian oleskan ke kulit yang terbakar sinar matahari hingga merata. Biarkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bersihkan kulit anda.

6. Pepaya dan madu

Pepaya memiliki banyak enzim penyembuhan yang dapat mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari berlebih. Sedangkan madu memiliki sifat antiseptik dan penyembuhan yang sangat baik. Sehingga menggabungkan kedua bahan tadi menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Caranya: campur pepaya dan madu di dalam sebuah blender kemudian haluskan untuk dibuat menjadi sebuah pasta kental. Setelah itu, terapkan ke kulit yang terkena sengatan sinar matahari dan biarkan selama setidaknya setengah jam. Jika sudah selesai bilas dengan air dingin. Lakukan selama 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Minyak esensial

Secara umum minyak esensial memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat mengatasi kerusakan pada kulit akibat sengatan sinar matahari. Dan menggunakan minyak lavender adalah salah satu pilihan terbaik karena lavender memiliki sifat reggaenerasi dan penyembuhan jaringan kulit yang cukup baik. Menggunakan minyak lavender dapat meringankan rasa tidak nyaman akibat sinar matahari yang membakar kulit. Berikut adalah petunjuk terperinci penggunaan minyak lavender untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari: Tuangkan beberapa tetes minyak lavender ke kain bersih yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Kemudian oleskan kain tadi ke daerah kulit yang terkena sengatan sinar matahari. Lalu tempelkan kurang lebih 5 menit setelah itu Angkat.

8. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak sekali karena tanaman ini memiliki nutrisi yang sangat lengkap. Lidah buaya mengandung 99% air dan sisanya yaitu sekitar 1% mencakup hingga 150 mineral dan vitamin penting. Oleh karena itu menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit yang rusak akibat sengatan sinar matahari merupakan langkah yang sangat baik. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari adalah: pertama-tama potong satu irisan dari daun lidah buaya dengan menggunakan pisau. Setelah itu ambil gelnya dan oleskan ke kulit yang rusak atau kemerahan akibat sinar matahari berlebih.

9. Mentimun

Tidak jauh berbeda dengan lidah buaya manfaat mentimun untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak sekali. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah meliputi vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, mangan, asam folat, silica, kalium dan belerang. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat analgesik dan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan merawat kulit yang rusak akibat sengatan sinar matahari. Cara memanfaatkan mentimun untuk merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari: pertama haluskan mentimun menggunakan blender sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah selama 20 menit. Metode kedua yaitu dengan menempelkan irisan mentimun ke wajah anda atau bagian kulit lainnya yang rusak akibat sengatan sinar matahari biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian angkat irisan mentimun tersebut.

10. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan sangat beragam diantaranya meningkatkan elastisitas kulit secara alami menghilangkan jamur di kulit dan merawat kulit yang terbakar sinar matahari. Selain mudah menggunakan minyak kelapa juga memiliki banyak keuntungan sehingga Anda patut mempertimbangkan minyak kelapa sebagai bahan perawatan kecantikan anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan minyak kelapa apa extra Virgin ke kulit yang terkena sengatan sinar matahari secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan kulit anda dengan kain basah.

Demikian tadi ke-10 cara mengatasi kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Share On