6 Vitamin terbaik untuk mengatasi kulit kering secara alami

Vitamin terbaik untuk mengatasi kulit kering
image by freegreatpicture.com

Kulit kita memiliki banyak kegunaan diantaranya melindungi organ dari penyakit dan racun di dalam tubuh. Ada banyak penyebab kulit menjadi kurang sehat dan kering, diantaranya adalah faktor keturunan, kebersihan yang kurang terjaga, dan paparan sinar matahari berlebih. Selain itu, kebiasaan atau gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, dan kurangnya nutrisi dari vitamin yang kita konsumsi juga berperan penting dalam membuat kulit menjadi kering. Sehingga sangat penting sekali bagi anda untuk memilih makanan yang mengandung beberapa vitamin yang dapat melembabkan kulit secara alami. Beberapa jenis vitamin terbaik untuk mengatasi kulit kering di antaranya:

1. Vitamin C

Jika anda sedang mencari vitamin terbaik untuk mengatasi kulit kering, sebaiknya tidak melupakan vitamin C. Vitamin C terkenal karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit, salah satu diantaranya adalah melembabkan kulit secara alami. Vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan penting yang berguna mencegah kulit menjadi keriput lebih cepat. Belum lagi vitamin C juga berguna memproduksi kolagen yang merupakan protein penting untuk membuat kulit tampak sehat dan kenyal secara alami. Berapa makanan yang mengandung tinggi vitamin C yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kelembaban kulit di antaranya: paprika, tomat, buah jeruk, strawberry, jambu biji, dan buah kiwi.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks yang mencakup 8 jenis vitamin seperti vitamin B1, B2, dan B12 merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh dan kulit anda secara keseluruhan. Vitamin B kompleks memiliki banyak fungsi di dalam tubuh diantaranya adalah membuat kulit tampak lembab dan sehat secara alami. Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami sehingga membantu kulit terhindar dari infeksi serta kondisi kulit kering lainnya.

Secara umum vitamin B kompleks banyak ditemukan pada beberapa makanan seperti hati, daging sapi, ayam, telur, sayuran berdaun hijau dan beberapa jenis kacang-kacangan. Suplemen vitamin B juga tersedia di banyak toko, akan tetapi usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengambil suplemen vitamin B kompleks tersebut.

3. Vitamin E

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit nampaknya sudah sangat terkenal. Vitamin ini bahkan dianggap sebagai salah satu nutrisi terpenting yang harus diambil jika seseorang ingin meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin E juga merupakan antioksidan penting yang sangat berguna untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan atau istilah lainnya penuaan dini. Sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakan vitamin E sebagai bahan utamanya. Memenuhi kecukupan vitamin E dapat meningkatkan kesehatan sekaligus mencegah kulit menjadi kering dan keriput. Hal ini dikarenakan vitamin E memiliki sifat pelembab alami. Selain itu, vitamin E juga berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kesehatan kulit anda.


Berapa makanan yang memiliki kandungan vitamin cukup baik diantaranya: sayur bayam, biji bunga matahari, minyak nabati termasuk minyak zaitun, kacang tanah, kerang, kacang almond, buah alpukat, brokoli, dan gandum.

4. Vitamin A

Vitamin A dianggap sebagai salah satu nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit anda, termasuk mencegah kulit kering. Vitamin A bukan hanya diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, tetapi juga membantu memperbaiki kesehatan penglihatan plus kemampuannya dalam mencegah efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah seperti penyakit kanker termasuk kanker kulit. Vitamin A juga biasa digunakan dalam beberapa produk kecantikan terutama cream malam hari.


Menurut sebuah penelitian seorang peneliti bernama Doris Day yang merupakan asisten Profesor klinik dermatologi di New York University Langon Medical Center mengatakan bahwa vitamin A dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan bersinar secara alami. Selain digunakan sebagai krim, Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin A secara langsung dari makanan yang anda konsumsi. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin A diantaranya: wortel, kacang polong, buah pepaya, buah naga, dan beberapa jenis Sereal.

5. Vitamin D

Jika selama ini anda hanya menganggap vitamin D hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang maka anda salah. Karena ternyata manfaat vitamin D bukan hanya itu saja. Vitamin D bahkan diketahui dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti eksim (penyakit kulit kering).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Drugs and dermatology di tahun 2009 lalu menemukan bahwa penggunaan vitamin C secara topikal sangat efektif dalam mengurangi iritasi kulit dan pembengkakan pada pasien yang mengalami psoriasis.

6. Vitamin K

Vitamin terbaik untuk mengatasi kulit kering yang selanjutnya adalah vitamin K. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan mudah mengelupas. Krim atau lotion yang menggunakan bahan dasar vitamin K dapat memperbaiki tekstur serta kelembaban kulit secara alami. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan vitamin K sangat penting sekali dalam rangka meningkatkan kesehatan kulit terutama pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin K juga membuat kulit terlihat lebih awet muda. Berikut beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin K: sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, brokoli, lobak hijau, sawi hijau, bayam merupakan diantara makanan yang memiliki kandungan vitamin K cukup baik.

Share On