5 Jenis vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Image by pixabay.com

Sistem kekebalan tubuh dianggap sebagai pertahanan yang memegang peranan penting dalam melindungi kesehatan kita. Sistem ini terdiri dari struktur dan proses biologis yang memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari berbagai jenis penyakit. Secara umum meningkatkan fungsi sistem imun tubuh untuk melindungi tubuh sangatlah penting, mengingat banyaknya penyakit yang dapat menyerang jika sistem kekebalan tubuh kita rendah atau kurang berfungsi dengan baik.

Salah satu nutrisi penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita adalah vitamin, dimana nutrisi ini memang sangat dibutuhkan untuk memperkuat kinerja sistem kekebalan tubuh tersebut. Berikut beberapa jenis vitamin yang diketahui mampu memperkuat daya tahan tubuh kita:

1. Vitamin A

Dari sekian banyak jenis vitamin, vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak penelitian yang berusaha mengungkap peran penting vitamin A dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Para peneliti telah menemukan bahwa ada kaitan yang sangat erat antara fungsi kekebalan tubuh anak dan makanan yang dikonsumsi seorang ibu pada saat hamil. Artinya makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak langsung pada ada sistem kekebalan tubuh bayi tersebut.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin A memiliki efek yang kuat pada proses perkembangan janin. Salah satu hal yang terpenting adalah keterlibatannya dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh sebab itu ibu hamil sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dibandingkan mendapatkannya dari suplemen.

2. Vitamin D

Selain vitamin A vitamin D juga dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat dianjurkan jika Anda berusaha untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya vitamin D dikategorikan sebagai hormon yang penting untuk pencegahan penyakit. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan banyak munculnya masalah kesehatan dan penyakit berbahaya termasuk kanker dan depresi. Jadi jika ada orang yang beranggapan bahwa fungsi vitamin D hanya untuk kesehatan tulang saja maka mereka salah.

Agar sistem kekebalan tubuh kita dapat bekerja dengan baik maka kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau mendapatkannya dari sinar matahari bagi. Para peneliti telah menemukan bahwa vitamin D memungkinkan tubuh untuk memproduksi lebih dari 200 peptida antimikroba yang sangat diperlukan dalam melawan berbagai jenis infeksi.

3. Vitamin C

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami adalah dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C harian anda. Vitamin C memang sangat terkenal sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, sehingga banyak suplemen yang menyediakan vitamin C berbagai jenis yang bisa secara mudah dikonsumsi. Vitamin C berkontribusi dalam menciptakan protein yang berguna dalam melawan virus, kuman, dan bakteri yang dapat membahayakan tubuh. Saat menyadari adanya virus, sistem kekebalan tubuh akan menyerang asam nukleat virus untuk membunuhnya. Selain itu, vitamin C juga bisa melawan bakteri sampai benar-benar lumpuh.

Fungsi vitamin C ini sangat penting sekali untuk melindungi kesehatan kita secara keseluruhan dan mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Para peneliti juga menerangkan bahwa vitamin C dikenal sebagai unsur antioksidan yang membantu tubuh dalam menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker, alzheimer, dan katarak. Ada beberapa buah dan sayur yang bisa anda gunakan sebagai sumber vitamin C seperti paprika, jeruk, strawberry, buah kiwi dan jambu biji.

4. Vitamin B kompleks

Vitamin yang tidak kalah penting dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit adalah vitamin B kompleks. Beberapa bentuk vitamin B kompleks diantaranya seperti vitamin B6, B12, B3, B2, B5 dan B7. Diantara ke semua jenis vitamin B kompleks tersebut vitamin B12 yang memiliki peran paling menonjol dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Kemampuan vitamin B12 dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh telah dibuktikan oleh banyak penelitian, dimana kebanyakan penelitian tersebut menarik kesimpulan bahwa vitamin B12 berperan sebagai penguat kekebalan tubuh karena kemampuannya dalam memerangi kuman dan organisme kecil yang merugikan tubuh.

Baca juga: 17 makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

5. Vitamin E

Vitamin terakhir yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah vitamin E. Vitamin E ini memiliki sifat antioksidan yang kuat di mana nutrisi ini sebagian besar berkontribusi untuk mencegah dan mengobati banyak penyakit berbahaya. Orang yang memiliki index vitamin E dalam tubuhnya memiliki kemungkinan lebih besar terserang beberapa jenis penyakit. Hal ini dikarenakan lemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga pertahanan tubuh melawan penyakit menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita memenuhi kebutuhan vitamin E terutama dari makanan yang kita konsumsi seperti minyak zaitun, dan beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond.

Share On