20 Top manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan

manfaat cuka apel untuk wajah
manfaat cuka apel untuk wajah, image by wikimedia.org

Manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan yang perlu Anda ketahui. Cuka apel telah lama digunakan selama berabad-abad yang lalu sebagai obat rumahan yang baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah dan kesehatan. Beberapa manfaat cuka apel di antaranya adalah mencegah penyakit kanker, diabetes, membantu menurunkan berat badan, dan menghilangkan flek hitam di kulit wajah. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan anda mari simak ulasannya berikut ini:

1. Sebagai detox tubuh

Manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan yang pertama adalah membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Cuka apel dianggap sebagai tonik limfatik hati yang sangat hebat yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Penggunaan cuka sari apel bisa membantu memperbaiki kesehatan sistem kardiovaskular dan menjaga keseimbangan ph dalam tubuh.

2. Memutihkan gigi

Jika anda ingin memiliki gigi yang putih bersih tidak ada salahnya memanfaatkan cuka apel sebagai bahan perawatannya cuka apel dapat menghilangkan noda hitam di gigi sekaligus membantu Anda mendapatkan gigi yang putih bersih. Meskipun demikian cuka apel tentunya tidak bisa menggantikan peran sikat gigi dalam membersihkan gigi anda. Jadi penggunaan cuka apel untuk gigi hanya sebagai bahan tambahan saja.

3. Membantu mengobati sakit maag

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam mengobati penyakit maag. Ketidakseimbangan tingkat ph dalam perut dan kekurangan enzim tertentu merupakan penyebab utama sakit maag. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cuka sari apel cukup efektif dalam menyeimbangkan tingkat ph dan meningkatkan produksi enzim sehingga bermanfaat menyembuhkan penyakit maag.

4. Menghilangkan jamur kandida

Jamur candida dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan salah satunya adalah menyebabkan bau mulut, masalah pencernaan, dan penyakit ISK. Penggunaan cuka apel ternyata bisa membantu menghilangkan jamur candida dengan meningkatkan pertumbuhan probiotik yang merupakan bakteri baik. Selain banyak mengkonsumsi cuka apel sebaiknya kurangi konsumsi gula untuk menghilangkan jamur candida.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan tidak ada salahnya menggunakan cuka apel sebagai ramuan alami untuk diet. Cuka apel dapat membantu menyeimbangkan berat badan karena memiliki kemampuan meningkatkan detoksifikasi dan menghambat efek buruk gula. Hal ini dikarenakan di dalam Cuka Apel terdapat asam asetat.

6. Menyeimbangkan Ph tubuh

Asam asetat yang terdapat dalam cuka apel memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan kadar pH di tubuh karena memiliki sifat alkali. Ketidakseimbangan ph dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit kronis seperti kanker. Selain itu, tingkat pH yang terjaga dengan baik akan memberikan manfaat berupa peningkatan energi secara dramatis.

7. Mengatasi segatan sinar matahari

Cuka apel ternyata bisa digunakan sebagai tabir surya alami yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari. Banyak orang yang menggabungkan cuka apel dengan bahan alami lainnya seperti minyak esensial untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengakibatkan melepuh dan kosong.

8. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam darah penyakit diabetes ini sangat sulit sekali diatasi tetapi anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat termasuk mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan serat tinggi sekaligus sering melakukan olahraga. Selain melakukan pola hidup sehat tersebut mengkonsumsi cuka apel ternyata juga bisa mencegah diabetes secara alami. Cuka apel bisa membantu mencegah dan meringankan penyakit diabetes dengan menyeimbangkan gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan asam asetat dalam cuka apel bisa mengurangi kadar gula darah tersebut. Sehingga bagi mereka yang memiliki resiko tinggi mengalami diabetes sangat disarankan mengkonsumsi cuka apel secara rutin.

9. Memperbaiki poison Ivy

Racun ivy dapat menyebabkan radang dan pembengkakan. Penggunaan cuka apel sangat bermanfaat mempercepat pemulihan dan mengurangi peradangan sekaligus pembengkakan yang diakibatkan oleh Poison Ivy. Manfaat cuka apel ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi yang dimilikinya.

10. Menurunkan tekanan darah

Manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah mengurangi tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa cuka apel memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah dan trigliserida secara signifikan. Asupan cuka apel sangat direkomendasikan bagi penderita tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki resiko penyakit jantung.

11. Menghilangkan jamur dan bakteri

Menggunakan cuka apel dapat membantu menghilangkan jamur dan bakteri di kaki Anda yang dapat menyebabkan bau kaki. Cuka apel memiliki sifat antijamur dan anti bakteri yang bukan hanya membunuh bakteri di kaki tetapi juga di seluruh badan Anda. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah bau badan dan nafas yang tidak segar bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasinya.

12. Mencegah jerawat di wajah

Manfaat cuka apel untuk wajah yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam menghilangkan dan mencegah jerawat secara alami. Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu cuka apel juga mampu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit serta menyeimbangkan tingkat Ph kulit yang menjadi penyebab umum jerawat.

13. Membantu mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan jerawat dan membuat kulit wajah tampak kusam. Anda bisa menghilangkan penumpukan sel kulit mati di wajah tersebut menggunakan cuka apel. Cuka sari apel dapat membersihkan sekaligus mengangkat sel kulit mati di wajah sekaligus membuat wajah anda tampak cerah secara alami.

14. Menjaga kesehatan jantung anda

Mengkonsumsi cuka apel secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko stroke dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 lalu menunjukkan bahwa cuka apel memiliki kemampuan dalam mengendalikan trigliserida. Selain itu, kandungan asam klorogenik dan antioksidan yang terdapat dalam cuka apel berguna membantu mencegah oksidasi partikel kolesterol LDL. Oksidasi partikel kolesterol LDL tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung.

15. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Diantara manfaat cuka apel untuk wajah dan kesehatan adalah mencegah munculnya berbagai macam masalah pencernaan. Cuka sari apel merupakan obat alami yang sangat berguna dalam mengatasi gangguan pencernaan karena mampu meningkatkan produksi cairan asam pencernaan yang dapat membantu memecah makanan. Cuka sari apel dapat mencegah kembung, gangguan pencernaan, mulas dan perut bergas. Minum segelas air yang ditambah dengan satu sendok teh cuka apel bisa menghilangkan rasa panas di perut anda.

16. Mengurangi tanda-tanda penuaan di wajah

Munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di wajah merupakan salah satu masalah tersendiri bagi banyak wanita, sehingga banyak dari mereka yang memilih berbagai macam produk kecantikan untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan di wajah tersebut. Padahal anda bisa memanfaatkan cuka apel sebagai bahan perawatan kecantikan yang alami dan pastinya bekerja cukup efektif. Cuka apel bisa mencegah penuaan dini berupa bintik hitam dan garis halus di wajah karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

17. Menurunkan kolesterol

Penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke umumnya disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi cuka apel sangat berguna mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Manfaat cuka apel untuk kesehatan jantung bukan hanya dapat menurunkan kolesterol tetapi juga karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

18. Menghilangkan bintik hitam bekas jerawat

Munculnya bintik hitam di wajah tentu sangat mengganggu dan tidak diinginkan. Selain menjadi tanda penuaan bintik hitam juga bisa muncul akibat bekas jerawat. Bintik hitam di wajah ini cukup sulit untuk dihilangkan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ternyata cuka apel ini bisa berguna menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Anda tinggal mencampur air dengan cuka apel kemudian menggunakannya sebagai toner wajah untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

19. Meningkatkan kesehatan rambut

Selain untuk meningkatkan kecantikan wajah cuka apel ternyata juga berguna membuat rambut menjadi lebih mengkilap dan halus alami. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan Ph rambut secara alami. Selain dapat membuat rambut menjadi mengkilap cuka apel juga bermanfaat menghilangkan minyak dan kotoran di rambut Anda. Bukan hanya itu, penggunaan cuka apel juga membantu mengatasi ketombe, menenangkan rasa gatal, dan iritasi di kulit kepala. Jadi anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan cuka apel tersebut.

20. Membantu menghilangkan jerawat di wajah

Manfaat cuka apel untuk wajah yang terakhir adalah membantu menghilangkan jerawat dengan cepat secara alami. Cuka sari apel adalah salah satu obat rumahan yang cukup baik untuk mengatasi jerawat karena memiliki sifat antibakteri. Meskipun penggunaan cuka apel ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah tapi anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena berlebihan menggunakan cuka apel untuk kulit wajah dapat mengiritasi kulit anda. Untuk mengurangi efek samping cuka apel tersebut anda bisa menambahkannya dengan air.

Share On