17 Makanan penambah tinggi badan secara alami dan cepat

Makanan penambah tinggi badan
image by sportahealth.com, makanan penambah tinggi badan

Makanan penambah tinggi badan secara alami dan cepat yang berasal dari hewani dan nabati. Memiliki fisik yang ideal merupakan keinginan semua orang dan salah satu yang menjadi ciri orang memiliki visik ideal adalah tinggi badan yang cukup, oleh sebab itu kebanyakan orang sangat memperhatikan tinggi badan tersebut. Secara umum tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh gen namun beberapa penelitian menemukan bahwa ada banyak faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Selain faktor gen meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga dapat menambah tinggi badan secara alami. Selain itu, faktor makanan yang anda konsumsi juga bisa mempercepat pertumbuhan tinggi badan Anda pada tingkat yang ideal. Apa sajakah makanan yang dapat menambah tinggi badan secara alami? berikut daftarnya:

1. Susu

Semua dari kita tahu jika susu merupakan salah satu minuman sehat yang memiliki segudang nutrisi seperti mineral dan protein, sehingga susu menjadi salah satu minuman paling ideal untuk menambah tinggi badan. Kandungan kalsium dalam susu dapat menambah masa tulang dan mempercepat proses pertumbuhannya. Sedangkan kandungan vitamin A dalam susu membantu meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh yang pada gilirannya akan menambah tinggi badan dengan cepat. Susu mudah dicerna oleh tubuh sehingga sangat cepat sekali dalam menambah tinggi badan. Sebaiknya pilihlah susu yang memiliki rendah lemak dan tinggi protein. Jika anda ingin menambah tinggi badan dan sebaiknya konsumsi setidaknya dua cangkir susu setiap hari.

2. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang berasal dari fermentasi susu sehingga kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda dengan susu. Yoghurt memiliki beberapa kalsium dan protein yang dapat menambah tinggi badan dengan cepat dan alami. Anda bisa menambahkan dua cangkir yoghurt setiap hari untuk meningkatkan tinggi badan Anda pada tingkat ideal. Sebaiknya pilih yoghurt organik agar manfaatnya jauh lebih baik. Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan vitamin E, B, D, dan A yang sangat baik untuk menambah pertumbuhan tinggi badan Anda.

3. Tahu

Tahu adalah makanan yang merakyat karena sangat identik sekali dengan masakan Indonesia. Tahu memiliki kandungan lemak yang cukup rendah dan memiliki nutrisi yang tinggi sehingga menjadi makanan ideal untuk menambah tinggi badan. Tahu berasal dari kedelai yang sangat bermanfaat menambah tinggi badan secara alami dan cepat.

4. Pisang

Apakah anda sedang mencari makanan penambah tinggi badan yang alami dan memiliki nutrisi cukup lengkap sebaiknya tidak mengabaikan buah pisang pisang. Buah pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan beberapa vitamin yang dapat membantu menambah tinggi badan dengan cepat secara alami. Beberapa nutrisi di dalam pisang yang dapat menambah tinggi badan diantaranya: kalsium, kalium, dan mangan. Para ilmuwan dan ahli gizi telah menemukan bahwa kandungan nutrisi di dalam buah pisang sangat diperlukan untuk pertumbuhan badan.

Untuk menambah tinggi badan salah satu organ yang harus mendapatkan kecukupan nutrisi adalah tulang. Kandungan kalium di dalam tulang dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang pada gilirannya akan membantu menambah tinggi badan sedangkan kandungan mangan yang ditemukan dalam pisang bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan melindungi kesehatan tulang dari kerusakan.

5. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran sehat yang dapat membantu menambah tinggi badan Anda. Di dalam wortel terdapat beberapa vitamin yang sangat penting sekali untuk penyerapan kalsium seperti vitamin C dan A. Selain sangat baik untuk menambah tinggi badan wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah penyakit kanker. Jadi, dengan mengkonsumsi wortel anda bukan hanya akan mendapatkan manfaat berupa penambahan tinggi badan tetapi juga mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

6. Bayam

Bayam sering dianggap sebagai salah satu makanan super karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam bayam sangat baik sekali untuk mencegah berbagai macam penyakit dan juga membantu menambah tinggi badan dengan cepat secara alami. Jika anda ingin memaksimalkan pertumbuhan badan Anda sebaiknya banyak mengkonsumsi sayuran segar seperti bayam. Sebaiknya pilihlah jenis bayam organik untuk menghindari bahaya pestisida Atau paling tidak Anda bisa mencucinya di air yang mengalir untuk menghilangkan pestisida yang masih menempel pada daun bayam.

7. Brokoli

Salah satu makanan penambah tinggi badan yang masuk dalam superfood adalah brokoli. Sayuran ini sangat terkenal sekali karena memiliki segudang nutrisi yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Brokoli memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah penuaan dan berbagai macam masalah kesehatan yang diakibatkan oleh efek buruk radikal bebas. Kandungan nutrisi pada brokoli seperti zat besi dan kalsium juga dapat meningkatkan tinggi badan dengan cepat. Bagi Anda yang sedang berada pada masa pertumbuhan sebaiknya banyak mengkonsumsi brokoli untuk menambah tinggi badan Anda.

8. Daging ayam kampung

Jika anda sedang mencari makanan penambah tinggi badan sebaiknya tidak melupakan ayam. Daging ayam adalah makanan yang memiliki segudang nutrisi terutama protein. Seperti yang anda tahu bahwa protein memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan. Untuk mencukupi kebutuhan protein, Anda setidaknya perlu mengkonsumsi sekitar 50 gram ayam. Pastikan anda memilih jenis ayam organik atau ayam kampung untuk mendapatkan nutrisi yang lebih maksimal.

9. Ikan laut

Ikan merupakan makanan sehat yang memiliki nutrisi cukup lengkap. Di dalam ikan terdapat setidaknya beberapa mineral yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang seperti kalsium. Selain mengandung tinggi kalsium ikan juga menyediakan protein dan vitamin D dimana kedua nutrisi ini sangat baik untuk menambah tinggi badan. Vitamin D berperan penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan yang kita konsumsi. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan tulang menjadi melemah, gangguan perkembangan tubuh, dan rendahnya kepadatan tulang. Selain menjadi makanan penambah tinggi badan ikan juga menyediakan lemak sehat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung anda dan mencegah dari berbagai macam penyakit kardiovaskular.

10. Daging sapi

Selain ayam, daging sapi juga menjadi makanan penambah tinggi badan yang cukup baik. Di dalam daging sapi terdapat berbagai macam nutrisi penting seperti mineral dan protein di mana keduanya merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh. Jadi, bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan secara alami sebaiknya penuhi kebutuhan protein dan mineral terutama kalsium. Dan ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi daging dalam porsi yang tepat. Perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya kurangi konsumsi daging dan bisa menggantinya dengan protein nabati seperti kacang-kacangan.

11. Telur

Diantara makanan penambah tinggi badan yang murah dan memiliki nutrisi cukup baik adalah telur. Makanan ini menyediakan vitamin dan protein yang sangat baik untuk masa pertumbuhan sehingga tidak heran jika orang tua kita sering menyarankan untuk mengkonsumsi telur. Telur memiliki kualitas protein yang sangat tinggi dimana protein tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan tubuh anda. Belum lagi di dalam telur juga terdapat riboflavin, vitamin D, dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepadatan tulang.

12. Susu kedelai

Kedelai merupakan salah satu makanan bergizi yang dapat meningkatkan tinggi badan secara alami dan cepat. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai sesering mungkin. Kedelai kaya akan serat, asam folat, protein, vitamin, dan karbohidrat yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan dan menambah tinggi badan. Selain tinggi protein susu kedelai juga sangat rendah lemak sehingga bisa dijadikan alternatif sumber protein yang aman dan pastinya sehat. Bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan secara alami dianjurkan mengkonsumsi setidaknya 50 sampai 55 gram kedelai setiap hari dan itu bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai.

13. Kacang hijau

Kacang hijau diperkaya dengan mineral penting yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Mengkonsumsi kacang hijau secara teratur dapat meningkatkan tulang dan memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi kacang hijau secara rutin akan membantu meningkatkan tinggi badan dengan cepat secara alami.

14. Oatmeal

Tahukah Anda jika oatmeal merupakan satu dari sekian banyak makanan penambah tinggi badan yang padat akan nutrisi penting? protein yang ditemukan dalam oatmeal memainkan peran penting dalam membangun massa otot dan meningkatkan tinggi badan secara alami. Selain itu, kandungan protein dalam oatmeal juga berguna memperbaiki jaringan yang rusak dan meningkatkan pembentukan jaringan baru. Belum lagi oatmeal juga mengandung asam amino yang sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal sekaligus meningkatkan fungsi organ di dalam tubuh. Agar pertumbuhan tinggi badan Anda maksimal anda setidaknya dianjurkan mengkonsumsi 50 gram oatemal di pagi hari sebagai sarapan.

15. Biji-bijian

Jika ingin menambah tinggi badan secara alami dan cepat di masa remaja pastikan anda mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi. Nutrisi sangat diperlukan sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang optimal. Masa anak-anak dan remaja membutuhkan banyak energi untuk pertumbuhan yang optimal dan maksimal. Makanan yang berbahan dasar tepung dan biji-bijian bisa memberi tubuh anda nutrisi untuk aktivitas sehari-hari dan meningkatkan pertumbuhan sehingga menambah asupan biji-bijian utuh merupakan salah satu langkah terbaik untuk meningkatkan tinggi badan dengan cepat dan alami. Biji-bijian utuh merupakan sumber zat besi, vitamin B, magnesium, dan serat yang kesemuanya merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan dan memaksimalkan pertumbuhan anda.

16. Biji labu

Labu merupakan makanan serbaguna yang memberikan banyak manfaat bagi manusia. Selain dagingnya yang bisa dikonsumsi biji labu juga bisa dimanfaatkan sebagai camilan yang menyediakan nutrisi seperti protein dan mineral. Konsumsi biji labu secara rutin dapat membantu menambah tinggi badan Anda secara alami dan cepat karena memiliki berbagai macam kandungan nutrisi penting seperti asam amino. Asam amino dapat merangsang pertumbuhan hormon termasuk hormon yang berperan menambah tinggi badan.

17. Okra

Okra merupakan sayuran bergizi yang sangat berguna meningkatkan pertumbuhan kelenjar di tubuh anda. Okra sangat sarat dengan protein, serat, kalsium, karbohidrat dan vitamin penting yang bermanfaat menambah tinggi badan dan meningkatkan pertumbuhan anda. Jadi sebaiknya Anda tidak mengabaikan Okra dalam daftar makanan penambah tinggi badan yang ingin anda konsumsi.

Share On