17 Cara menghilangkan stres saat hamil secara alami dan cepat

Cara menghilangkan stres saat hamil
image by negativepregnancytest.com

Cara menghilangkan stres saat hamil secara alami dan cepat yang mudah anda terapkan. Kebanyakan wanita sangat mengidam-idamkan kehamilan karena datangnya seorang anak merupakan pelengkap kebahagiaan dalam hidup mereka. Namun kehamilan bukan hanya membawa kebahagiaan tetapi juga menimbulkan stres. Wanita yang pertama kali mengalami kehamilan biasanya memiliki perasaan takut dan bahkan stres. American Congress of obstetricians and gynecologists menunjukkan bahwa sekitar 14 sampai 23% wanita merasa sulit untuk menghilangkan stres dan depresi selama kehamilan. Depresi, stres dan gangguan mood dapat mempengaruhi orang pada beberapa titik selama hidup mereka. Wanita yang pertama kali hamil cenderung mengalami depresi dan stres lebih sering dibandingkan wanita yang tidak hamil.

Stres selama kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan kimia yang terjadi pada otak. Kehamilan menyebabkan perubahan hormonal yang berefek pada zat kimia otak. Ini merupakan alasan utama kenapa wanita hamil lebih cenderung mengalami stres dan gangguan mood. Berikut beberapa cara menghilangkan stres saat hamil secara alami yang bisa anda terapkan di rumah:

1. Berolahraga

Jika anda peduli dengan kesehatan fisik dan mental Anda selama kehamilan sebaiknya tidak melewatkan waktu berolahraga. Berolahraga sangat efektif dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan mood Anda, sehingga tidak mengherankan jika melakukan olahraga secara rutin dapat menghilangkan stres secara alami selama masa kehamilan dan pasca persalinan. Saat Anda mengalami stres dan ketakutan saat hamil tubuh anda mungkin akan melepaskan kadar hormon yang tinggi seperti adrenalin, kortisol dan noradrenalin. Stres berlebihan dapat merugikan ibu hamil dan bayi mereka karena meningkatkan resiko sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu mengatur emosi dan menghilangkan stres secara alami.

2. Terapi cahaya

Terapi cahaya atau light therapy merupakan salah satu cara menghilangkan stres saat hamil dengan cepat yang bisa dicoba oleh ibu hamil. Terapi cahaya diyakini bisa mengurangi gejala stres dengan mempengaruhi zat kimia di otak yang berhubungan dengan tidur dan mood. Selain itu, terapi cahaya juga bisa mengatasi gangguan tidur dan masalah lainnya terkait kehamilan.

3. Terapi akupuntur

Akupuntur yang berasal dari pengobatan Timur telah menjadi salah satu teknik paling populer untuk menghilangkan stres selama kehamilan dan pasca persalinan. Akupuntur bisa memperbaiki aliran darah dan sirkulasi darah secara alami. Memasukkan jarum pada beberapa titik di dalam tubuh tertentu cukup efektif dalam memfasilitasi sirkulasi darah. Selain itu, akupuntur juga membantu memproduksi dan merangsang zat kimia penghilang rasa sakit di sistem saraf anda. Hal ini juga meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan kerusakan dan mengendalikan emosi seperti stres dan kecemasan berlebih. Bagi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan akupuntur.

4. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi yang belum lahir. Apalagi mengkonsumsi makanan sehat juga dapat melindungi kesehatan tubuh dan meningkat kesehatan mental Ibu hamil. Beberapa makanan yang tidak sehat dapat mengakibatkan gangguan mood dan memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Sebaiknya Pilihlah jenis makanan yang mengandung tinggi vitamin dan rendah lemak seperti buah dan sayur segar. Beberapa makanan yang sangat baik untuk ibu hamil di antaranya adalah makanan yang mengandung tinggi asam folat, vitamin B6, B12, zat besi, dan kalsium. Berapa jenis buah-buahan yang mengandung tinggi antioksidan seperti anggur, strawberry, blueberry, blackBerry dan buah naga juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan stres saat hamil.

5. Mencukupi kebutuhan istirahat

Tidur yang nyenyak merupakan salah satu hal yang terpenting untuk menghilangkan stres selama kehamilan. Sebaiknya Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup selamat setidaknya 8 jam perhari, Anda bisa membaginya antara tidur siang dan malam hari. Saat hamil dokter mungkin akan menyarankan untuk tidur di sisi kiri. Hal ini dapat mengurangi tekanan berat badan bayi ke pembuluh darah dan menjaga fungsi jantung agar bekerja lebih baik. Selain itu, tidur di sisi kiri juga meningkatkan sirkulasi ke jantung dan memastikan aliran darah ke rahim, janin, dan ginjal lebih lancar.

6. Membicarakan masalah anda

Saat wanita dalam keadaan hamil biasanya mereka akan mengalami ketakutan, kekhawatiran, dan kebingungan terutama saat pertama kali mengalaminya. Hal ini tentunya akan berdampak kurang baik untuk kesehatan mental terutama manajemen stres. Jika anda memiliki emosi dan pikiran negatif sebaiknya bicarakan dengan keluarga atau teman Anda. Keluarga atau teman dapat memberikan masukan yang positif bagi anda untuk menghilangkan pikiran buruk yang dapat mengakibatkan stres dan depresi. Selain itu, Anda juga harus mengatasi berbagai macam pemicu depresi selama kehamilan seperti masalah keluarga, pengalaman pribadi, trauma ,atau hal-hal buruk di masa lalu. Meningkatkan hubungan keluarga atau mempererat tali silaturahim juga sangat penting sekali untuk terhindar dari stres dan gangguan mental lainnya.

7. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Saat hamil atau setelah melahirkan dianjurkan untuk mendapatkan sinar matahari ringan karena dapat menghangatkan suasana hati dan meningkatkan mood anda. Berada di bawah sinar matahari pagi bisa memberi Anda kenyamanan dan relaksasi yang dapat menghilangkan stres secara alami. Selain membantu meringankan stres, sinar matahari pagi juga sangat diperlukan untuk perkembangan bayi yang belum lahir karena sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan tulang bayi anda.

8. Curhat di buku harian

Hal-hal ringan seperti menuliskan pengalaman di buku harian ternyata dapat membantu menghilangkan stres secara alami. Bagi Anda yang sedang hamil menulis beberapa pengalaman anda di buku harian dapat membuat anda lebih rileks. Menuliskan sesuatu di buku harian dapat membantu mengungkapkan isi hati anda sehingga akan membuat anda lebih tenang. Jadi curhat di buku harian menjadi salah satu cara menghilangkan stres saat hamil yang mudah dan praktis.

9. Melakukan aktivitas yang menarik

Mengerjakan aktivitas yang menarik bagi anda selama kehamilan dapat menghilangkan stres secara alami karena akan membuat anda lebih rileks dan bahagia. Melakukan hal-hal positif yang dapat membuat anda sibuk seperti memasak atau mengerjakan hobi bisa mengalihkan perhatian dan mengurangi tingkat stres akibat munculnya prasangka negatif di dalam diri anda. Tetap berada di rumah dan tidak melakukan apapun dapat membuat wanita hamil merasa mudah stres dan kurang bersemangat.

10. Tetap berada di tengah orang-orang baik

Orang-orang di sekitar Anda ternyata dapat mempengaruhi mood dan emosi. Wanita hamil dapat dengan mudah merasa tertekan atau stres jika mereka berbicara atau berhubungan dengan orang-orang yang berperangai buruk. Sehingga sangat penting sekali untuk tetap berada di sekitar orang-orang yang baik. Untuk itu sebaiknya pilihlah lingkungan yang mendukung untuk membuat anda menjadi lebih baik. Memilih lingkungan yang baik bukan hanya membantu menghilangkan stres saat hamil tetapi juga akan memberikan sarana bagi anak anda untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik pula.

11. Berdoa

Berdoa memberikan keterangan kepada jiwa Anda sehingga akan membuat seorang ibu hamil lebih sedikit mengalami stres. Berdo’a akan membuat pelakunya merasa dekat dengan Allah sehingga kekhawatiran berlebih akan mulai hilang dengan sendirinya. Selain itu berdo’a juga akan membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

12. Tawakal

Tawakal atau menyerahkan semua urusan kepada Allah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat baik sekali. Tawakal akan memberikan ketenangan kepada jiwa seseorang dan menjadikannya lebih mudah untuk menerima segala sesuatu yang telah Allah berikan. Tawakal ternyata juga cukup efektif untuk menghilangkan stres terutama pada saat hamil.

13. Meningkatkan asupan probiotik

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan makanan yang mengandung tinggi probiotik dapat membantu menghilangkan stres, kecemasan berlebih dan depresi secara alami. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kandungan probiotik aktif dalam yoghurt dapat meningkatkan mood terutama pada wanita hamil. Bagi Anda yang sedang hamil dapat mengkonsumsi yogurt secara rutin untuk mengurangi depresi, stres sekaligus meningkatkan mood.

14. Melihat pemandangan indah

Menikmati pemandangan indah yang menakjubkan dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga akan mengurangi stres secara alami. Pergi ke luar rumah dengan melihat pepohonan yang rindang dapat menyejukkan mata dan menghilangkan beban pikiran anda terutama setelah lelah beraktivitas. Bagi ibu hamil sebaiknya mendapatkan lebih banyak waktu keluar rumah untuk melihat panorama alam karena mereka lebih rentan mengalami stres dan gangguan mental.

15. Mengkonsumsi cokelat hitam

Coklat telah lama dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan mood dengan cepat. Mengkonsumsi coklat dapat membantu anda meringankan stres terutama saat hamil karena coklat dapat mengurangi kadar hormon stres. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian di tahun 2009 oleh para peneliti dari Swiss yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam sangat berguna mengurangi kadar hormon stres. Bahkan, coklat hitam diketahui juga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi sehingga makanan ini sangat cocok sekali dikonsumsi oleh ibu hamil.

16. Teh hijau

Selain coklat mengkonsumsi teh hijau ternyata juga dapat meringankan stres saat hamil. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dimana antioksidan ini sangat penting sekali untuk mencegah efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan stres dan depresi. Sebuah penelitian pada tahun 2011 telah menghubungkan kandungan L-theanine asam amino yang terdapat dalam teh hijau dapat memberikan ketenangan bagi seseorang. Selain itu teh hijau juga memiliki beberapa kandungan kafein dengan porsi yang pas untuk meningkatkan energi dan fokus.

17. Minum obat herbal penghilang stres

Jika stres yang anda alami sudah mulai sulit dikendalikan dengan menggunakan cara alami. Mengkonsumsi obat herbal bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa ditempuh. Penggunaan obat herbal ini tentunya harus dengan seizin dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Menerapkan ke 17 cara di atas dengan benar insyaa Allah dapat membantu menghilangkan stres saat hamil secara alami. Pastikan anda berkonsultasi dengan dokter jika masalah stres yang anda alami tidak kunjung sembuh.

Share On