17 Cara menghilangkan kumis pada wanita secara permanen dan alami

Cara menghilangkan kumis pada wanita
image by thecrapulent.com, Cara menghilangkan kumis pada wanita

Cara menghilangkan kumis pada wanita secara permanen dan alami. Munculnya rambut wajah yang tidak diinginkan termasuk kumis pada wanita merupakan salah satu hal yang tidak normal yang dikenal sebagai hirsutisme dalam istilah medis. Munculnya kumis pada wanita ini sering dialami oleh mereka yang memiliki pigmen hitam dan lebat. Ada berbagai macam penyebab munculnya kumis pada wanita, salah satunya adalah perubahan level estrogen secara tiba-tiba. Selain itu, menopause juga dapat menyebabkan munculnya kumis pada wanita akibat perubahan hormon.

Penyebab tumbuhnya kumis pada wanita

Masalah kesehatan tertentu seperti gangguan kelenjar adrenal, sindrom ovarium polikistik, kondisi hormonal dan penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan munculnya kumis pada wanita. Jika anda mengalami rambut wajah dan kumis tersebut bisa menerapkan beberapa tips berikut ini yang kami rangkum dalam beberapa pilihan cara menghilangkan kumis pada wanita secara permanen dan alami:

Cara menghilangkan kumis pada wanita dengan cepat

1. Waxing

Waxing merupakan suatu metode yang paling umum untuk menghilangkan rambut di bagian tubuh tertentu yang tidak diinginkan termasuk kumis pada wanita. Waxing biasanya menggunakan lilin lunak yang dilepas dengan strip kain atau lilin keras yang hanya mengeras dan terlepas dengan sendirinya. Menurut Michelle Yagoda, M.D Waxing dapat menyebabkan iritasi karena kulit bisa sensitif terhadap produk seperti yang diterapkan pada permukaan.  Sebelum melakukan waxing sebaiknya pilih klinik kecantikan yang sudah teruji dan tenaga medis profesional untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa ditimbulkan.

2. Threading

Cara menghilangkan kumis pada wanita secara permanen yang selanjutnya adalah menggunakan teknik trading trading merupakan metode yang sangat Umum dilakukan di negara-negara Timur Tengah dan Asia yang menggunakan benang katun tipis berlipat yang ditarik kencang untuk menggulung bintik-bintik di mana anda ingin melepaskan rambut. Teknik ini sedikit lebih mudah dibandingkan Anda harus mencabut kumis satu persatu. Pastikan anda menarik dengan cepat agar tidak terlalu sakit. Teknik threading biasanya bekerja cukup baik pada area yang terdapat rambut tidak terlalu banyak seperti kumis alis, dan pipi. Bagi Anda yang tidak pernah menggunakan threading mungkin akan sedikit kesulitan dan bisa menimbulkan rasa sakit. Untuk itu sebaiknya carilah tenaga profesional yang dapat membantu anda melakukan threading tersebut.

3. Menggunakan laser

Cara menghilangkan kumis pada wanita yang cepat dan permanen sekaligus praktis adalah menggunakan laser. Terapi laser dilakukan dengan cara menembakkan cahaya gelombang tertentu yang secara khusus diserap oleh folikel rambut itu sendiri. Bila cahaya itu diserap maka akan diubah menjadi panas yang dapat membunuh folikel rambut. Kekurangan metode ini adalah harganya cukup mahal sehingga cukup menguras kantong.

4. Elektrolisis

Pilihan lain untuk menghilangkan kumis pada wanita secara cepat dan permanen adalah menggunakan metode elektrolisis. Elektrolisis memanfaatkan panas pekat untuk menghancurkan setiap folikel satu-persatu agar rambut tidak tumbuh kembali. Elektrolisis merupakan metode yang cukup ideal untuk orang yang ingin menghilangkan rambut di bagian wajah termasuk kumis secara permanen.

Cara menghilangkan kumis pada wanita secara alami

5. Gula pasir

Salah satu cara menghilangkan kumis pada wanita yang cukup efektif adalah memanfaatkan gula. Caranya cukup mudah yaitu anda perlu mencampur satu sendok teh madu, satu sendok teh air, dan 2 sendok teh gula pasir. Masukkan ke 3 campuran bahan tadi ke dalam microwave sampai berubah menjadi coklat dan bergelembung. Biarkan selama beberapa menit sampai mendingin kemudian terapkan campuran ini di atas area kumis atau kulit wajah anda yang memiliki bulu. Gunakan jari untuk memijatnya secara lembut kemudian ulangi setidaknya dua kali dalam seminggu.

6. Sugaring

Sugaring merupakan teknik untuk menghilangkan kumis pada wanita yang sangat terkenal di Mesir. Cara ini bisa menghilangkan rambut wajah dan bagian tubuh tertentu yang tidak diinginkan dengan cara menarik rambut dan menghambat pertumbuhannya. Namun tidak seperti waxing sugaring pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau iritasi pada kulit.
Berikut beberapa cara menghilangkan kumis pada wanita menggunakan teknik sugaring: pertama rebus 1 cangkir air kemudian tambahkan dengan seperempat cangkir jus lemon dan dua cangkir gula pasir. Rebus ke semua bahan tadi sampai bergelembung kemudian turunkan panasnya dan simpan di suhu rendah. Setelah itu didihkan selama sekitar 25 menit sampai warnanya berubah kuning gelap. Matikan api dan tunggu selama beberapa menit sampai adonan menjadi dingin. 

Sebelum menerapkan ramuan yang anda buat tadi untuk menghilangkan kumis sebaiknya oleskan bedak atau tepung maizena ke kulit wajah anda terlebih dahulu. Setelah itu baru anda bisa menerapkan pasta tadi ke bagian kumis yang ingin anda hilangkan. Masukkan setrip kapas di atas pasta yang telah anda oleskan lalu biarkan selama beberapa menit. Langkah terakhir tarik ke arah pertumbuhan rambut wajah.

7. Teh spearmint

Jika munculnya kumis pada wanita disebabkan oleh produksi androgen yang berlebihan di tubuh, menggunakan spearmint bisa menjadi pilihan. Teh spearmint adalah salah satu obat rumahan yang sangat menakjubkan untuk menghilangkan kumis pada wanita tanpa menimbulkan rasa sakit atau iritasi. Ramuan ini bisa bekerja dengan cara mengatur kadar hormon. Peneliti dari Turki telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa spearmint dapat memecahkan hirsutisme pada wanita.

Berikut beberapa cara memanfaatkan spearmint untuk menghilangkan kumis pada wanita: langkah pertama panaskan secangkir air dalam panci kemudian masukkan satu sendok teh spearmint kering ke dalam air tersebut. Tutupi wajan dan tempelkan selama sekitar 5 sampai 10 menit. Saring teh tersebut kemudian kemudian minum.

8. Lemon dan madu

Manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak sekali diantaranya adalah menghilangkan kumis pada wanita secara alami. Jus lemon memiliki efek pembersih kulit sekaligus membantu pengelupasan sel kulit mati yang sangat berguna untuk membantu mengurangi pertumbuhan kumis pada wanita. Sementara madu sangat efektif dalam melembabkan dan menghidrasi kulit anda. Menggunakan madu dan jus lemon secara topikal bukan hanya berguna menghilangkan bulu halus dan kumis pada wanita tetapi juga melembut kan atau mengurangi rambut tersebut. Selain itu, madu dan jus lemon memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi iritasi pada kulit. Belum lagi jus lemon juga bermanfaat memutihkan kulit secara alami.

Cara menyingkirkan kumis pada wanita menggunakan lemon dan madu: campur empat sendok makan madu dengan 1 sendok makan jus lemon segar. Terapkan kedua bahan tadi di kulit wajah anda terutama bagian kumis dan biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Jika sudah selesai rendam kain bersih di air hangat kemudian gunakan untuk membersihkan madu dan lemon yang menempel di kulit wajah tersebut.

9. Buah pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Selain berguna menghaluskan kulit secara alami pepaya juga dapat mengurangi bulu di wajah termasuk kumis pada wanita. Sehingga tidak mengherankan jika pepaya sering dijadikan sebagai ramuan alami untuk menghilangkan kumis secara permanen. Cara memanfaatkan pepaya untuk mengatasi kumis pada wanita adalah: campur pulp pepaya mentah dengan satu sendok teh bubuk kunyit. Terapkan pasta tersebut ke kulit wajah sambil memijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini selama setidaknya satu kali dalam seminggu.

10. Kunyit

Saat dikombinasikan dengan bahan lain kunyit bisa dijadikan sebagai ramuan alami yang cukup efektif untuk mengurangi kumis pada wanita secara permanen dan pastinya aman. Kunyit tidak menimbulkan efek samping yang serius bila digunakan secara topikal. Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan bulu di wajah atau kumis pada wanita adalah: campur tepung terigu dengan kunyit dalam jumlah yang sama. Tambahkan beberapa minyak wijen ke dalam kedua campuran bahan tadi. Terapkan pasta kental yang telah anda buat tersebut di kumis atau bagian wajah yang ditumbuhi bulu. Biarkan selama setengah jam setelah itu bersihkan menggunakan air hangat.

11. Gula, telur dan tepung jagung

Jika anda sedang mencari cara menghilangkan kumis pada wanita secara alami dan permanen tidak ada salahnya memanfaatkan putih telur dan tepung jagung. Ketiga bahan ini cukup efektif dalam mengurangi pertumbuhan sekaligus membantu menyingkirkan rambut di wajah termasuk kumis pada wanita. Berikut beberapa tips menggunakan ketiga bahan tadi: pertama pisahkan putih telur dari kuningnya kemudian kocok sampai berbusa. Campur putih telur tersebut dengan satu setengah sendok makan tepung jagung dan 1 sendok makan gula. Terapkan campuran bahan tadi ke wajah dan bagian kumis Anda. Biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini tiga atau empat kali dalam seminggu selama sekitar 4 Minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Kentang

Manfaat masker kentang untuk kecantikan kulit wajah sudah mulai diketahui banyak orang. Selain berguna memutihkan wajah secara alami kentang juga berguna menghilangkan kumis pada wanita. Bahkan di negara India kentang telah lama digunakan selama berabad-abad yang lalu sebagai bahan alami untuk menghilangkan rambut pada wajah bagi wanita. Berikut langkah demi langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan kumis pada wanita menggunakan kentang: Pertama tambahkan secangkir lenting kuning ke dalam air secukupnya lalu biarkan selama semalaman. Hancurkan kacang lentil sampai menjadi pasta yang kental. Di saat yang bersamaan haluskan kentang kemudian campurkan dengan pasta lentil tersebut dan aduk hingga merata. Setelah itu terapkan campuran kedua bahan tadi ke kumis atau kulit wajah anda yang ditumbuhi bulu kemudian tinggalkan selama 20 menit sampai mengering.

13. Lilin molase

Molase merupakan produk sampingan gula tebu yang masih memiliki kandungan asam organik. Menggunakan lilin molase bisa menjadi salah satu solusi yang aman dan mudah untuk menghilangkan rambut atau kumis pada wanita. Cara menggunakan molase untuk menyingkirkan kumis pada wanita cukup mudah, berikut beberapa langkah yang harus anda tempuh: campurkan satu cangkir gula dengan molase atau sirup jagung. Kemudian aduk hingga merata selama beberapa menit dan masukkan ke dalam microwave. Panaskan selama 2 sampai 3 menit setelah itu tunggu sampai adonan mendingin. Langkah selanjutnya tuangkan satu sendok teh lemon ke dalam campuran bahan tadi kemudian aduk dan panaskan kembali di microwave. Terapkan ramuan yang telah anda buat tadi ke wajah atau kumis anda hingga merata.

14. Bawang merah dan kemangi

Bahan alami selanjutnya untuk menghilangkan kumis pada wanita adalah bawang merah dan kemangi. Berikut cara memanfaatkan bawang merah dan kemangi untuk menghilangkan bulu halus di wajah atau kumis: potong bawang merah menjadi dua bagian untuk mendapatkan selaput tipis. Tambahkan 10-12 lembar daun kemangi segar ke dalam mangkok setelah itu hancurkan daun kemangi dan bawang merah dengan menggunakan palu sampai menjadi pasta yang halus. Aplikasikan pasta bawang merah dan daun kemangi ke kumis atau wajah anda yang ditumbuhi bulu. Biarkan setidaknya 20 menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat.

15. Masker gelatin

Masker gelatin bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pertumbuhan sekaligus menghilangkan bulu halus di wajah termasuk kumis pada wanita secara alami dan mudah. Gelatin cukup baik untuk menyingkirkan kumis dan bulu halus jika diterapkan dengan benar. Caranya: campur satu sendok makan bubuk gelatin dengan 3 sendok makan susu dan 1 tetes minyak esensial. Masukkan ke dalam microwave untuk memanaskan ramuan tadi selama 20 detik. Jika sudah selesai oleskan campuran bahan tadi ke kumis atau wajah anda yang terdapat bulu halus. Selain membantu menghilangkan bulu di wajah masker gelatin ini juga efektif menghilangkan sel kulit mati dan komedo yang tidak diinginkan.

16. Tepung maizena dan telur

Campuran tepung maizena dan telur ternyata cukup berguna untuk menyingkirkan kumis pada wanita secara alami. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan: siapkan tepung maizena, gula, dan satu butir telur. Pecahkan telur lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan satu sendok makan gula pasir dan setengah sendok makan tepung maizena ke dalam mangkok tersebut. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam campuran bahan tadi dan aduk sampai menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta tadi ke kumis atau bagian wajah yang ditumbuhi bulu kemudian pijatkan selama kurang lebih 2 menit. Biarkan setidaknya 10 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

17. Pisang dan oatmeal

Oatmeal memiliki avenanthramide yang bisa membantu meredakan gatal dan kemerahan pada kulit karena avenanthramide memiliki sifat antioksidan. Menggunakan oatmeal bukan hanya berguna menghilangkan kumis pada wanita tetapi juga membuat kulit menjadi lebih halus dan terhidrasi. Sedangkan pisang merupakan buah dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menutrisi kulit Anda, sehingga mengkombinasikan kedua bahan tadi menjadi salah satu metode yang cukup baik untuk menyingkirkan bulu halus dan kumis pada wanita.

Share On