12 Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang luar biasa

Manfaat teh hitam untuk kesehatan
Manfaat teh hitam untuk kesehatan, image by wikimedia.org

Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang luar biasa dan kandungan nutrisi di dalamnya. Teh hitam merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang merupakan komponen penting untuk menunjang kesehatan anda secara keseluruhan. Ada banyak penelitian yang telah mengungkap mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan tersebut termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi gejala asma, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Membantu mengobati diare

Teh hitam memiliki kandungan tanin yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Tanin dalam teh hitam memiliki efek penyembuhan pada masalah usus termasuk menghentikan diare. Pasien yang mengalami diare hanya perlu mengkonsumsi beberapa cangkir teh hitam untuk mendapat manfaatnya dalam mengurangi gejala diare.

2. Meringankan asma

Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang lain adalah membantu menyembuhkan penyakit asma hitam dapat mengurangi gejala asma dengan memperluas saluran udara dan membuat penderita asma bernafas lebih mudah.

3. Mencegah kanker payudara

Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang terpenting adalah mencegah penyakit kanker payudara. Minum teh hitam bisa menghambat pertumbuhan kanker payudara terutama pada wanita pra-menopause. Hal ini dikarenakan teh hitam memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar hormon globulin selama periode menstruasi. Selain itu, kandungan flavin yang hadir dalam teh hitam juga berguna menghancurkan sel kanker di tubuh sebelum menyebabkan penyakit kanker. Bagi pasien yang menderita kanker payudara tahap awal direkomendasikan untuk mengkonsumsi lebih banyak teh hitam untuk mencegah perkembangan dan komplikasi kanker payudara lebih lanjut.

4. Menurunkan kolesterol

Ada kabar gembira bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena salah satu manfaat teh hitam ialah membantu menurunkan kadar kolesterol darah. American Heart Association di New Orleans melakukan penelitian yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara tingginya asupan teh hitam dan penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kadar kolesterol jahat atau yang dikenal dengan LDL dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke jika tidak segera diatasi. Mengkonsumsi sekitar 3-4 teh hitam setiap hari bisa mengurangi resiko penyakit jantung secara signifikan.

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Diet health research Association menunjukkan bahwa teh hitam sangat efektif dalam mengurangi pembentukan plak dan menghambat pertumbuhan bakteri di mulut yang dapat menyebabkan kerusakan gigi termasuk gigi berlubang. Manfaat teh hitam ini didapat karena adanya kandungan polifenol yang tinggi di dalam teh hitam tersebut. Meskipun demikian tentu teh hitam tidak akan menggantikan fungsi sikat gigi untuk membersihkan gigi anda.

6. Melindungi kesehatan jantung

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa teh hitam dapat membantu menurunkan kolesterol sehingga membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Ada kaitan yang sangat erat sekali antara tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dan resiko penyakit jantung.

7. Mengandung tinggi antioksidan

Kandungan polifenol yang ada dalam teh hitam bekerja sebagai antioksidan kuat yang berperan penting dalam mencegah kerusakan DNA yang berkaitan dengan penggunaan bahan kimia beracun. Mengkonsumsi 3 sampai 4 cangkir teh hitam setiap hari akan membantu Anda mendapatkan manfaat antioksidan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker dan katarak. Selain itu, antioksidan juga penting untuk menangkal efek merugikan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat teh hitam untuk kesehatan yang tidak boleh diabaikan adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan tulang. Teh hitam memiliki kandungan fitokimia kuat yang berguna membuat tulang anda lebih kuat dan mengurangi resiko penyakit Arthritis. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan tulang sebaiknya konsumsi setidaknya 3 cangkir teh hitam setiap hari.

9. Meringankan stres

Stres merupakan salah satu masalah umum manusia yang cukup sulit untuk dihindari. Stres bisa terjadi akibat tingginya aktivitas manusia dan juga gaya hidup yang kurang sehat. Antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat membantu anda meringankan stres dan masalah mental lainnya termasuk kecemasan berlebih. Konsumsi teh di pagi hari membantu anda lebih rileks dan menenangkan pikiran. Manfaat teh hitam ini didapat karena adanya asam amino  L-theanine. Selain itu mengkonsumsi teh hitam juga bisa menurunkan kadar kortisol yaitu hormon stres dalam tubuh.

10. Mencegah diabetes

Diabetes adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah. Penyakit ini sangat sulit diobati tetapi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan banyak berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. Mengkonsumsi teh hitam secara teratur dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 70%. Pastikan anda tidak menambahkan gula ke dalam teh hitam yang anda konsumsi karena hal itu justru akan berdampak buruk kesehatan.

11. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang bisa anda praktekan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti teh hitam. Teh hitam selain memiliki kandungan antioksidan juga mengandung antigen alkiamina  yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Belum lagi kandungan tanin yang ada dalam teh hitam juga berkontribusi besar terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh tersebut. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam mencegah berbagai macam penyakit terutama yang disebabkan oleh virus dan bakteri termasuk flu.

12. Membantu menurunkan berat badan

Teh hitam sangat rendah kalori dan sodium yang sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, teh hitam juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda sehingga mempermudah pembakaran lemak dan kalori. Jadi jangan ragu untuk memasukkan teh hitam ke dalam menu diet sehat anda.

Share On