10 Cara menghilangkan bau bawang merah dan putih di mulut

Cara menghilangkan bau bawang
ilaustrasi cara menghilangkan bau bawang

Cara menghilangkan bau bawang merah dan putih di mulut  secara alami dan tips mengatasi bau mulut setelah makan bawang. Salah satu penyebab bau mulut adalah mengkonsumsi makanan tertentu seperti bawang. Bawang adalah salah satu makanan yang memiliki bau yang kurang sedap dan cukup mengganggu. Secara umum bawang dikelompokkan dalam famili Allium yang memiliki kandungan senyawa sulfur sehingga membuatnya memiliki rasa yang khas. Namun kandungan senyawa sulfur tersebut ternyata selain memberikan rasa yang khas juga menimbulkan bau yang kurang enak terutama saat dikonsumsi. Pada artikel ini kita akan mencari tahu bagaimana menghilangkan bau bawang merah di mulut kita dengan mudah menggunakan bahan alami:

1. Menyikat gigi

Cara menghilangkan bau bawang merah di mulut yang pertama dan paling mudah adalah menyikat gigi. Menyikat gigi akan membantu membersihkan bakteri dan juga sisa bawang di mulut kita. Selain gigi sebaiknya Anda juga menyikat bagian atap lidah dan mulut secara perlahan menggunakan sikat gigi yang lembut.

2. Menggunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur adalah solusi menghilangkan bau bawang merah dan putih yang cepat dan bekerja cukup efektif. Sebaiknya pilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar tidak menyebabkan sensasi terbakar pada mulut Anda.

3. Membersihkan lidah

Menggunakan pembersih lidah juga bisa dicoba untuk menghilangkan bau mulut akibat bawang merah dan bawang putih. Seperti yang anda ketahui bersama bahwa bakteri bisa berkembang di bawah lidah dimana sikat gigi tidak dapat menjangkau nya. Anda bisa menggunakan beberapa pembersih lidah seperti sikat lidah dan pencakar lidah yang berguna membersihkan area tersebut.

4. Minyak sensial

Minyak esensial sering direkomendasikan untuk bahan perawatan kesehatan dan kecantikan karena memiliki banyak manfaat. Minyak esensial biasanya digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau mulut karena memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bau mulut termasuk yang diakibatkan oleh bawang merah dan putih.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Selain dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri cuka sari apel juga berguna mengurangi bau nafas yang diakibatkan oleh bawang merah dan bawang putih. Cara menggunakan cuka sari apel adalah: aduk 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air putih. Kemudian minum ramuan tersebut sesudah mengkonsumsi bawang merah dan putih.

6. Minum susu

Meskipun terdengar aneh tetapi mengkonsumsi susu ternyata dapat mengurangi bau bawang merah dan putih di mulut Anda dengan cukup efektif. Hal ini dikarenakan lemak yang terkandung dalam susu dapat membantu menetralkan komponen belerang dari bawang. Disarankan untuk mengkonsumsi susu murni karena mengandung lebih banyak lemak.

7. Teh hijau

Bahan lain yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau bawang merah dan putih di mulut Anda adalah menggunakan teh hijau. Kandungan antioksidan kuat yang disebut polifenol dalam teh hijau diketahui dapat membantu menghancurkan senyawa sulfur dalam bawang sehingga akan mengurangi bau mulut akibat mengkonsumsi bawang tersebut. Cara memanfaatkan teh hijau untuk menghilangkan bau bawang di mulut Anda adalah: pertama ambil daun teh hijau kemudian tambahkan dengan secangkir air mendidih. Tutup selama 5 menit setelah itu saring kemudian seduh dengan madu.

8. Daun mint

Daun mint telah lama dikenal karena memiliki manfaat untuk menyegarkan nafas. Daun mint memiliki kandungan klorofil yang dapat membantu menyegarkan nafas dan menghilangkan bau bawang di mulut. Selain itu sifat antiseptiknya yang ringan juga membuat daun mint berguna menghilangkan bau mulut secara alami. Cara menggunakan daun mint adalah: pertama Ambil 1 sendok makan daun mint yang telah dihancurkan kemudian tambahkan dengan secangkir air panas. Tutup cangkir tersebut selama 10 menit kemudian minum bersama dengan madu. Jika tidak ingin kerepotan anda bisa mengkonsumsi permen mint.

9. Menggunakan lemon

Bahan selanjutnya yang bisa anda pilih untuk menghilangkan bau bawang di mulut Anda adalah lemon. Sifat antibakteri yang dimiliki lemon dapat membantu membunuh lapisan bakteri di mulut sehingga mampu menetralkan bau bawang merah dan putih di mulut Anda. Cara memanfaatkan lemon adalah campur 1 sendok makan lemon dalam secangkir air. Gunakan air tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit.

10. Baking soda

Cara menghilangkan bau bawang di mulut Anda yang berakhir adalah menggunakan baking soda. Baking soda bisa menetralkan bau bawang merah dan menyeimbangkan tingkat PH di mulut Anda, sehingga akan mencegah bakteri tumbuh dan membuat nafas anda menjadi bau. Berikut petunjuk terperinci menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau mulut akibat mengkonsumsi bawang: campur satu sendok teh baking soda dengan sejumlah garam laut dengan perbandingan yang sama. Tambahkan kedua bahan tadi dengan air hangat. Gunakan ramuan yang telah anda buat tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi bau bawang di mulut Anda.

Share On