10 Cara mengatasi telinga yang kemasukan air dengan mudah

Cara mengatasi telinga yang kemasukan air
image by www.wisegeekhealth.com

Berenang memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan saat musim panas. Tetapi ada satu hal yang kadang membuat kita harus waspada yaitu kemasukan air pada telingan. Masalah klasik yang satu ini memang kerap menimpa kita di saat asyik berenang atau mandi. Meskipun masalah sepele tetapi telinga yang kemasukan air cukup mengganggu karena membuat telinga menjadi tidak bisa mendengar.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa akumulasi air di telinga dapat menimpa siapa saja. Namun bayi dan anak-anak merupakan kedua jenis kelompok usia yang paling sering mengalaminya. Telinga yang kemasukan air dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi dan jika tidak segera diatasi bisa mengakibatkan infeksi dan pembengkakan pada saluran telinga. Masalah ini juga dikenal dengan istilah telinga otitis. Jika anda mengalami kemasukan air pada telinga, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Memiringkan kepala

Salah satu cara mengeluarkan air di telinga Anda adalah menggunakan gravitasi yaitu dengan cara memiringkan kepala ke samping sejajar dengan tanah. Setelah itu gunakan telapak tangan untuk ditempelkan ke telinga kemudian tekan selama beberapa detik dan lepas tangan anda dengan cepat. Cara ini merupakan vakum sementara yang berguna membuat akumulasi cairan dan air di telinga akan segera keluar.

2. Manuver valsalva

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air adalah menggunakan metode manuver valsava. Cara ini bisa anda lakukan dengan cara mencubit hidung anda untuk menutupi kedua lubang hidung. Kemudian bernafas dalam-dalam dan tekan udara pada hidung Anda secara perlahan, pastikan mulut Anda tertutup saat melakukannya. Melakukan cara ini dengan benar dapat melegakan telinga dan mengeluarkan air dengan cepat. Namun penting untuk diketahui bahwa jangan meniup dengan keras dan kuat karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

3. Menggunakan hair dryer

Alat yang biasa digunakan untuk mengeringkan rambut ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan air di dalam telinga. Menggunakan hair dryer pada telinga dapat membantu mempercepat penguapan air yang berada di dalam telinga Anda. Udara hangat dan kering dari pengering rambut akan membuat air yang terperangkap di telinga menguap lebih cepat. Cara menggunakannya adalah: pertama Anda harus menarik lobus telinga ke bawah. Setelah itu hidupkan hair dryer dan Arahkan ke telinga Anda. Perlu diingat untuk tidak terlalu mendekatkan hairdryer ke telinga karena dapat melukai dan membakar paling anda. Untuk itu pastikan jarak antara hairdryer dan telinga tidak kurang dari 10 inci.

4. Cuka sari apel dan alkohol

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi pada telinga Anda. Sedangkan alkohol berguna mengeringkan air dengan cepat sehingga menggabungkan kedua bahan ini dapat membantu mengatasi telinga kemasukan air secara alami dan cepat. Pertama campurkan cuka sari apel dan alkohol dengan perbandingan yang sama. Masukkan ke dalam penetes telinga, setelah itu teteskan pada telinga dengan hati-hati dan lembut. Tunggu sekitar 30 detik setelah itu miringkan kepala anda hingga air bisa mengalir keluar.

5. Terapi panas

Diantara cara mengatasi telinga kemasukan air yang cukup efektif adalah menggunakan terapi panas. Kompres panas dapat membantu membuka tabung eustachian dimana air dan cairan terakumulasi, akibatnya fluida dan air akan mudah keluar. Untuk melakukan terapi panas tersebut Anda membutuhkan beberapa alat penunjang seperti kain lap dan semangkok air hangat. Pertama celupkan kain lap yang bersih ke dalam air hangat dan peras untuk menghilangkan kelebihan air. Setelah itu tempatkan kain lap tadi ke telinga yang kemasukan air selama kurang lebih 30 menit. Lepaskan kain lap jika sudah selesai kemudian Istirahatlah selama 1 menit, setelah itu ulangi metode tersebut.

6. Metode uap

Diketahui bahwa menghirup uap adalah cara yang efektif untuk mengatasi telinga kemasukan air. Terapi uap dapat membantu meringankan cairan yang ada di telinga dengan mudah dan efektif. Hal ini bisa terjadi karena uap akan membuka tabung  Eustachian sehingga akan meningkatkan pelepasan air yang berada di dalam telinga. Untuk melakukannya Anda memerlukan handuk bersih dan semangkok air mendidih. Tempatkan mangkok besar yang berisi air mendidih tersebut di atas meja atau tanah di depan Anda. Tutupi kepala anda dengan handuk dan cobalah menghirup uap yang berasal dari air mendidih selama sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah itu miringkan kepala anda untuk mengeluarkan air dari telinga.

7. Hidrogen Peroksida

Cara mengeluarkan air di telinga yang selanjutnya adalah menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida memiliki sifat effervescent sehingga membuatnya dapat membantu mengeluarkan air di dalam telinga dengan mudah. Caranya adalah siapkan hidrogen peroksida dan penetas telinga. Setelah itu tuangkan hidrogen peroksida tadi kedalam penetes dan masukkan 3/4 tetes hidrogen peroksida di telinga yang kemasukan air. Tunggu satu atau dua menit setelah itu miringkan kepala ke samping agar air di dalam telinga bisa keluar dengan mudah.

8. Menggunakan garam

Ternyata garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air dengan mudah dan pastinya bekerja cukup efektif. Garam diketahui mampu menyerap air yang berada di dalam telinga sehingga membantu melegakan telinga yang kemasukan air dengan mudah. Cara melakukannya adalah: Pertama-tama tempatkan secangkir garam di microwave. Hidupkan dan tunggu selama beberapa menit untuk membuat garam menjadi panas. Setelah itu, tempatkan garam dalam kain katun dan ikat dengan kencang. Selanjutnya tahan kain ini di dekat telinga yang kemasukan air selama sekitar 3 sampai 4 menit. Anda bisa mengulangi perawatan ini beberapa kali untuk mempermudah proses pengeluaran air di dalam telinga.

9. Menggunakan minyak zaitun

Selain menggunakan alkohol dan cuka sari apel, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Sifat antiseptik yang dimiliki minyak zaitun juga berguna mengurangi risiko terkena infeksi telinga dan pembengkakan akibat air yang masuk ke dalam telinga. Cara mengeluarkan air di dalam telinga menggunakan minyak zaitun adalah: pertama tuangkan minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil kemudian hangatkan sebentar. Setelah itu gunakan penetes telinga untuk menaruh beberapa tetes minyak zaitun tersebut. Jika sudah, teteskan minyak zaitun ke telinga anda dan tunggu sekitar 10 menit. Langkah terakhir miringkan kepala anda ke samping agar air di dalam telinga bisa mengalir keluar.

10. Mengusap telinga dengan air

Ada cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengeluarkan air ditelinga Anda yaitu dengan mengusapkan kain ke telinga. Menyeka bagian luar telinga dengan kain atau handuk bersih yang lembut akan membantu menyingkirkan air atau cairan yang ada di telinga Anda. Lakukan cara ini sambil memiringkan kepala ke bawah untuk membuat air lebih mudah mengalir. Sebaiknya jangan menekan kain atau handuk di dalam telinga Anda karena akan membuat air tidak bisa keluar.

Demikian tadi beberapa metode dan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air dengan mudah dan pastinya aman untuk diterapkan. Lakukan dengan benar agar proses pengeluaran air di dalam telinga bisa bekerja dengan baik. Jika mengalami masalah pada telinga Anda maka sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Share On