16 Manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat minyak pohon teh
image by rd.com, manfaat minyak pohon teh

Manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan dan kecantikan anda. Minyak pohon teh adalah antiseptik alami yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis luka dengan cepat. Minyak yang juga dikenal dengan nama minyak melaleuca ini dapat digunakan sebagai antibakteri, antiseptik, antiviral, antimikroba, balsamik, cicatrisant, ekspektoran, insektisida, stimulan, fungisidadan zat sudorif. Selain itu, ekstrak minyak ini juga dapat ditemukan di berbagi macam prduk seperti sampo, krim kulit, sabun pencuci muka dan lotion. Berikut 16 manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan secara lebih rinci:

1. Mengobati luka cukur

Manfaat minyak pohon teh yang pertama dalam artikel ini adalah mengobati luka cukur. Apabila tidak diatasi dengan benar, luka cukur akan menjadi sangat menyakitkan dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, setelah mencukur sebaiknya teteskan beberapa minyak pohon teh pada selembar kapas dan kemudian oleskan pada area yang terluka. Selain itu, minyak pohon teh juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut yang tumbuh ke dalam. Adapun caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air dan kemudian mengoleskannya pada area yang bermasalah

2. Merawat kulit

Minyak pohon teh dapat digunakan sebagai anti jamur dan anti virus untuk mengobati jamur pada kuku dan infeksi pada kaki. Minyak ini juga mengandung antiseptik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis luka (luka bakar, luka terjatuh, luka sayat dll), bisul dan gangguan kulit lainnya. Adapun caranya adalah dengan mencampurkan minyak pohon teh dengan air atau merebus pohonnya dan kemudian mengoleskannya pada area yang bermasalah. Minyak pohon teh ini akan memberikan rasa nyaman pada kulit yang luka sekaligus menyembuhkannya secara alami.

3. Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat minyak pohon teh untuk kecantikan adalah menyehatkan kulit wajah. Minyak pohon teh ini dapat digunakan untuk mengobati bercak putih, jerawat dan bintik hitam pada kulit. Cukup dengan meneteskan beberapa minyak pohon teh pada selembar kapas kemudian mengoleskannya pada kulit yang bermaslah. Jel dan sabun pencuci wajah yang mengandung minyak pohon teh dapat juga digunakan sebagai alternatif lainnya. Cara ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan alkohol dan bahan kimia lainnya.

4. Mengobati kutil, katimumul, kadas dan kurap

Minyak pohon teh adalah solusi yang baik bagi penderita kutil, katimumul, kadas dan juga kurap. Cukup langsung oleskan minyak pohon teh ke area yang diinginkan tanpa mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Cara ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari dan setiap hari. Jika kulit anda sensitif, maka minyak pohon teh ini harus dicampur dengan air sebelum anda menggunakannya.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat lain yang terdapat dari minyak pohon teh ini adalah untuk mengatasi jerawat pada kulit. Minyak pohon teh adalah salah satu alternatif bahan alami untuk mengatasi jerawat tanpa harus menggunakan obat kimia. Penelitian telah membuktikan bahwa minyak pohon teh sama baiknya dengan benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat pada kulit. Penggunaan minyak pohon teh dapat mengatasi jerawat yang menyebabkan munculnya bakteri dan menurunkan intensitas sebun pada kulit. Minyak ini juga dapat digunkan untuk mengatasi kulit yang berminyak. Cukup dengan mencampurkan 2-3 tetes minyak pohon teh dengan satu sendok yoghurt dan satu sendok madu. Oleskan campuran ketiga bahan tadi pada kulit yang berjerawat dengan menggunkan ujung jari dan jangan terlalu tebal. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air.

6. Mengatasi masalah kulit kering 

Minyak pohon teh ini merupakan alternatif yang tepat untuk mengobati kulit yang kering. Cukup dengan mencampur 5 sendok minyak pohon teh dengan satu sendok minyak almond kemudian oleskan pada kulit yang disertai dengan pijatan yang lembut. Biarkan sebentar setelah itu bilas dengan air. Pemakaian secara teratur akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan menjadikannya lebih kenyal, lembut, dan bercahaya.

7. Mengobati gigitan serangga, ruam dan daging tumbuh

Minyak pohon teh memiliki beberapa manfaat untuk meringankan ruam dan daging tumbuh pada kulit. Selain itu, minyak pohon teh juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk meringankan rasa sakit pada kulit yang terkena gigitan serangga. Cukup dengan mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air kemudian oleskan pada area kulit yang diinginkan. Minyak pohon teh ini juga akan menghilangkan berbagai jenis alergi pada kulit dengan membunuh jamur dan bakteri.

8. Menumbuhkan rambut

Salah satu manfaat terbaik minyak pohon teh adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut. Minyak pohon teh akan bekerja dengan cara membungkus kantung rambut serta memberi nutrisi pada akar. Cukup campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak pelarut setelah itu oleskan pada kulit yang disertai dengan pijatan. Sebagai tambahan, minyak pelarut ini adalah minyak yang sangat kuat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

9. Mengatasi kulit kepala yang kering

Manfaat minyak pohon teh yang lainnya adalah untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Minyak pohon teh dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala dan rambut sehingga menjadikannya terasa lembab dan tidak mudah kering. Bukan hanya itu, minyak pohon teh juga bermanfaat menghilangkan sumbatan pada pori-pori kulit. Cukup campurkan minyak pohon teh dengan minyak pelarut seperti minyak jojoba setelah itu oleskan sambil sedikit memijat pada kulit selama 10-15 menit. Biarkan sebentar kemudian bersihkan dengan air.

10. Mengatasi ketombe dan kutu rambut

Mengatasi ketombe dan kutu rambut juga merupakan salah satu manfaat terbaik dari minyak pohon teh. Yang dibutuhkan hanyalah beberapa tetes minyak pohon teh yang dicampur dengan sampo yang sering digunakan sehari-hari. Gunakan sampo tersebut sebagaimana biasanya, alhasil ketombe dan kutu rambut akan hilang.

11. Mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri

Sifat dan bahan alami yang terdapat dalam minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Biasanya, infeksi akan menyebabakan iritasi pada kulit kepala.

12. Mencegah Rambut rontok

Mencegah rambut rontok juga merupakan salah satu manfaat utama dari minyak pohon teh ini. Pada umumnya produk komersial sering kali lebih memberikan dampak negatif pada rambut jika dibandingkan dengan dampak positif yang diperoleh dari pemakaiannya. Dan sebagai hasilnya adalah rambut rontok. Minyak pohon teh ini membantu memberikan nutrisi pada rambut.

13. Menyembuhkan penyakit ringan pada organ vital dan memperkuat kinerjanya

Penyakit, stres, konsumsi antibiotik serta obat-obatan lainnya dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh manusia menurun. Minyak pohon teh dapat meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh manusia. Tidak berhenti sampai di situ minyak pohon teh juga dapat menyembuhkan berbagai masalah pernafasan seperti flu, batuk, bronkitis dan asma. Selain itu, minyak pohon teh juga memiliki sifat anti virus yang dapat membantu menyembuhkan flu, cacar air, campak dll.

14. Mengobati mata merah 

Salah satu manfaat minyak pohon teh untuk kesehatan yang paling utama adalah mengobati mata bintitan secara alami. Bintitan pada mata disebabkan oleh virus dan jika dibiarkan akan mengakibatkan  konjungtivitis. Minyak pohon teh ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan rasa sakit pada mata bintitan. Rebus beberapa kantong teh hijau dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial pohon teh. Rebus selama lima menit dan dinginkan. Kemudian letakkan pada mata bintitan dan biarkan sekitar 20 menit.

15. mengatasi berbagai masalah mulut

Jika digunakan sebagai cairan mulut, maka minyak pohon teh dapat membantu mengatasi bau mulut, radang gusi dan gusi yang terluka. Karena sifat anti-bakteri yang terkandung di dalamnya, minyak pohon teh bekerja dengan melawan bakteri di mulut sehingga akan mengurangi iritasi dan rasa sakit. Cukup dengan mencampurkan tiga tetes minyak esensial pohon teh dengan satu mangkuk air hangat kemudian gunakan untuk mencuci mulut dua kali sehari. Alhasil berbagai masalah mulut akan lekas hilang.

16. Mengusir serangga

Minyak pohon teh juga dapat bekerja sebagai pengusir serangga sehingga nyamuk, kutu, lalat dan serangga lainnya akan menjauh. Cukup campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak pelarut seperti minyak bunga matahari atau minyak mineral kemudian oleskan pada kulit.

Kiat tambahan: Minyak pohon teh dapat digunakan sebagai pembersih multifungsi. Minyak ini dapat digunakan untuk membersihkan ubin, piring, lantai, tikar, pakaian dan lain-lain. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, cukup campurkan dua tetes minyak pohon teh dengan satu cangkir air dan kemudian masukkan dalam satu botol semprotan. Semprotan ini juga dapat menjadikan pakaian wangi dan bersih.

Share On