30 Top Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat minyak kelapa
manfaat minyak kelapa, image by standardcoldpressedoil.com

Top daftar manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan nutrisi di dalamnya yang perlu Anda ketahui. Minyak kelapa merupakan salah satu makanan sehat di dunia yang telah melalui lebih dari 1500 penelitian. Minyak kelapa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kesehatan kardiovaskular, mencegah masalah ginjal, mengobati tekanan darah tinggi, meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi penyakit diabetes.Manfaat minyak kelapa tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki nya dimana nutrisi tersebut membantu mencegah berbagai macam penyakit sekaligus meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan mari simak ulasannya dalam artikel berikut ini:

1. Mencegah penyakit alzheimer

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan yang pertama adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Saat dicerna minyak kelapa akan merangsang pembentukan keton yang merupakan energi yang mudah diakses oleh otak. Keton memiliki kemampuan untuk memasok energi ke otak anda meski kapasitas insulin melemah karena penyakit Alzheimer. Insulin memainkan peran penting dalam memproses glukosa dan menyalakan sel otak. Sayangnya otak para penderita penyakit Alzheimer tidak bisa menciptakan insulin sendiri dengan benar dan efektif sehingga pasien dengan penyakit alzheimer harus menambahkan minyak kelapa ke menu makanan mereka.

2. Mencegah penyakit kanker

Peningkatan produksi ketan saat mengkonsumsi minyak kelapa bukan hanya dapat mencegah penyakit Alzheimer tetapi juga mengurangi resiko penyakit kanker. Penelitian telah menemukan bahwa ada kaitan yang sangat erat antara tingginya produksi ketogenik dari minyak kelapa dan menurunnya resiko penyakit kanker. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan bakteri helicobacter pylori yang merupakan penyebab utama kanker perut.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat anda lebih mudah terserang penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus untuk itu sangat penting sekali menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat. Salah satu manfaat minyak kelapa untuk kesehatan yang utama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda yang merupakan benteng pertahanan tubuh melawan berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun. Minyak kelapa dapat menghilangkan candida, membunuh bakteri, dan melawan virus berbahaya.

4. Meningkatkan fungsi otak

Sejalan dengan kemampuan minyak kelapa dalam mencegah penyakit Alzheimer, penggunaan minyak kelapa secara rutin juga dapat meningkatkan fungsi otak anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Neurobiology of Aging pada tahun 2004 lalu menemukan bahwa minyak kelapa dapat mengobati masalah menurunnya daya ingat di masa lalu. Minyak kelapa merupakan sumber asam lemak sehat yang memiliki kemampuan mendukung dan melindungi sel otak secara efisien.

5. Meningkatkan energi tubuh

Minyak kelapa memiliki kemampuan dalam memasok energi dan meningkatkan metabolisme tubuh yang merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Dan inilah yang membuat banyak atlet menggunakan minyak kelapa sebagai sumber energi untuk mereka sebelum bertanding. Anda bisa mengkonsumsi campuran minyak kelapa dan madu murni untuk meningkatkan energi dengan cepat. Konsumsi ramuan ini 30 menit sebelum melakukan aktivitas fisik.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang yang disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium, efek buruk radikal bebas, dan stres oksidatif. Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh melawan efek buruk radikal bebas tersebut, sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis. Selanjutnya, mengkonsumsi minyak kelapa juga bisa membantu meningkatkan penyerapan kalsium di pencernaan anda. Seperti yang disebutkan tadi bahwa kekurangan kalsium dapat menyebabkan pengeroposan tulang yang menjadi penyebab utama osteoporosis. Jadi, selain mengkonsumsi makanan tinggi kalsium Anda juga harus menambahkan minyak kelapa ke menu sehat harian Anda.

7. Meringankan dan mencegah stres

Stres merupakan masalah umum bagi manusia yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan dan penyakit berbahaya. Stres dapat mempengaruhi sistem imun sehingga membuatnya kurang bekerja dengan optimal. Belum lagi stres juga dapat mempercepat proses penuaan kulit. Minyak kepala telah ditemukan oleh para peneliti dapat membantu mengurangi stres. Hal ini dikarenakan asam lemak sehat yang terdapat dalam minyak kelapa bertanggung jawab dalam mengurangi tingkat stres pada diri seseorang.

8. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pencernaan yang sehat dapat menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit seperti kanker usus besar dan sembelit. Selain itu, pencernaan juga memainkan peran penting dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi seperti mineral dan vitamin. Sebaiknya adalah salah satu manfaat minyak kelapa untuk kesehatan adalah meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Konsumsi minyak kelapa secara teratur dapat mengurangi berbagai macam masalah pencernaan seperti sulit buang air besar atau sembelit. Belum lagi pencernaan yang sehat juga memainkan peran penting dalam membersihkan usus besar dari racun dan limbah yang tidak diinginkan.

9. Membentuk otot

Bagi yang mengidam-idamkan memiliki tubuh ideal tidak ada salahnya memulai dengan mengkonsumsi minyak kelapa. Minyak kelapa bukan hanya dapat membakar lemak tubuh tetapi membantu membangun otot. Hal ini tentu membuat minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang sangat bagus untuk dikonsumsi terutama bagi mereka yang menginginkan tubuh berotot dan terbebas dari lemak.

10. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Di berbagai negara minyak kelapa telah digunakan sebagai bahan alami yang sangat efektif untuk mencegah gusi berdarah dan kerusakan pada gigi. Minyak kelapa juga terkenal karena memiliki kemampuan dalam memperkuat gusi, gigi, dan rahang Anda. Oleh karena itu, konsumsi minyak kelapa sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anda secara keseluruhan. Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki minyak kelapa akan memastikan kesehatan mulut Anda terjaga dengan baik.

11. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Ginjal dan hati merupakan dua organ penting yang harus dijaga dengan baik. Minyak kelapa melindungi hati dan ginjal dari kerusakan yang diakibatkan oleh racun. Para ilmuwan menemukan bahwa senyawa aktif yang terdapat dalam minyak kelapa bertanggung jawab dalam menjaga kedua organ tersebut dari kerusakan.

12. Meningkatkan kesehatan kandung kemih dan mencegah batu ginjal

Minyak kelapa merupakan sumber asam lemak rantai yang dapat merangsang produksi monogliserida yang dikenal sebagai monooctanoin yang efektif dalam melarutkan batu empedu. Banyak pasien yang menderita batu kandung kemih dan batu ginjal mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tersebut sehingga kebanyakan dari mereka bahkan bisa sembuh dari penyakit tanpa melalui proses pembedahan.

13. Mendukung fungsi tiroid

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah membantu mendukung kesehatan dan fungsi tiroid. Minyak kelapa dapat mengatur detak jantung, pernafasan, dan produksi hormon. Kelenjar tiroid menghasilkan 2 hormon spesifik yang berperan penting dalam meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. Fungsi tiroid yang normal dapat memastikan detak jantung yang tepat, menjaga berat badan tetap ideal, dan produksi hormon yang seimbang.

14. Mencegah diabetes

Para penderita diabetes bisa merasakan manfaat minyak kelapa karena kemampuannya dalam mengatur kadar glukosa darah di tubuh. Penelitian selama 4 minggu yang dilakukan pada tikus telah menunjukkan bahwa ada efek penurunan kadar gula darah yang signifikan pada tikus yang diberi minyak kelapa. Selain itu, minyak kelapa juga terbukti tidak hanya mengatur kadar glukosa darah tetapi juga menyeimbangkan berbagai hormon penting di dalam tubuh.

15. Mencegah infeksi jamur kandida

Minyak kelapa dianggap sebagai obat alami yang sangat efektif dalam mengatasi infeksi jamur candida. Manfaat minyak kelapa tersebut didapat karena adanya asam laurat dan asam kaprat yang memiliki sifat antimikroba. Studi dan penelitian telah menemukan adanya hubungan yang sangat erat antara konsumsi lemak sehat seperti yang terdapat dalam minyak kelapa dan berkurangnya infeksi jamur kandida. Jamur candida dapat menyerang beberapa organ penting seperti area kelamin, mulut, kulit, dan darah.

16. Menyeimbangkan hormon tubuh

Banyak penyakit muncul diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Sangat penting untuk diketahui bahwa salah satu manfaat minyak kelapa untuk kesehatan adalah menyeimbangkan hormon karena mengandung lemak jenuh seperti asam laurat. Konsumsi minyak kelapa dapat membantu menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh kita. Selain minyak kelapa beberapa sumber lemak sehat lainnya adalah buah alpukat dan biji rami.

17. Mencegah kejang/step pada anak

Minyak kelapa memiliki kandungan keton yang sangat efektif dalam mengurangi kejang pada anak. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University college London Inggris menemukan adanya hubungan erat antara asupan ketogenik dan pencegahan penyakit epilepsi. Selain itu tingginya asupan ketogenik juga membantu mengurangi kejang pada anak-anak.

18. Membantu program diet anda

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan bisa memanfaatkan minyak kelapa. Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan minyak kelapa dapat membantu anda kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan, terutama makanan yang mengandung tinggi karbohidrat.

19. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Berbagai macam studi klinis telah menemukan bahwa low density lipoprotein atau LDL dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, sebaliknya high density lipoprotein atau HDL dapat melindungi jantung anda dengan cara menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Minyak kelapa memiliki kandungan HDL yang sangat baik dikonsumsi terutama bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung. Pastikan anda memilih minyak kelapa extra Virgin yang memiliki kualitas terbaik.

20. Meningkatkan metabolisme tubuh

Konsumsi minyak kelapa secara rutin sering dikaitkan dengan peningkatan metabolisme tubuh yang pada gilirannya akan membantu membakar lemak dan kalori lebih efisien. Jadi mengkonsumsi minyak kelapa sangat dianjurkan terutama bagi mereka yang memiliki lemak berlebih.

21. Sebagai minyak pijat

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai minyak pijat alami yang murah dan aman. Penggunaan minyak kelapa dapat mengurangi ketegangan otot yang membantu anda lebih rileks.

22. Memperlambat proses penuaan

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang pertama adalah menunda proses penuaan secara alami. Penuaan merupakan proses alami yang dialami semua orang sehingga Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi proses penuaan pada kulit bisa diperlambat dengan cara mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak kelapa bukan hanya membantu menunda proses penuaan pada kulit, tetapi juga mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker kulit dan katarak.

23. Perawatan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk merawat rambut agar tetap sehat dan kuat. Minyak kelapa menyediakan berbagai macam nutrisi alami yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan rambut Anda. Penggunaan minyak kelapa pada rambut dapat membantu pertumbuhan rambut dan membuatnya tampak mengkilap secara alami. Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan rambut rontok.

24. Melembabkan kulit wajah

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda terutama dalam mengatasi masalah kulit kering. Cara melembabkan kulit wajah dengan minyak kelapa sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa extra Virgin ke kulit anda secara merata. Diamkan kira-kira 15 sampai 20 menit setelah selesai bersihkan wajah anda dengan air sampai bersih.

25. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit wajah yang perlu anda perhatikan adalah membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Kandungan zat alami yang ditemukan dalam minyak kelapa berguna sebagai tabir surya alami.  Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh pharmacognosy review menemukan bahwa minyak kelapa dan minyak zaitun memiliki kemampuan memblokir hingga 20% Sinar UV. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa sinar matahari langsung memiliki efek yang buruk pada kulit dan meningkatkan risiko penyakit kanker kulit.

26. Menghaluskan kulit secara alami

Selain membantu mengatasi kulit kering, penerapan minyak kelapa ke wajah anda juga berguna menghaluskan kulit secara alami. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang melimpah di dalam minyak kelapa itu sendiri. Cara menghaluskan kulit wajah secara alami menggunakan minyak kelapa: Pertama-tama ambil minyak kelapa extra Virgin kemudian tambahkan dengan susu murni. Aduk hingga kedua bahan tadi tercampur dengan baik kemudian terapkan ke kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu bilas wajah anda sampai bersih.

27. Sebagai krim cukur alami

Bagi Anda yang masih terbiasa menggunakan krim cukur kimia sebaiknya mulai dari sekarang beralih ke bahan alami seperti minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki efek antimikroba sekaligus melembabkan kulit yang akan dicukur secara alami. Penggunaan minyak kelapa akan mengurangi iritasi pada saat proses mencukur rambut di kaki ataupun bagian lain di tubuh anda.

28. Membersihkan sisa make up di wajah

Menghilangkan riasan atau make up wajah sangat penting sekali untuk mencegah sisa make up menyumbat pori-pori kulit wajah. Hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan sisa make up yang menempel terutama saat menjelang tidur. Selain alami minyak kelapa juga bekerja dengan baik sekaligus menutrisi kulit dari luar yang bukan hanya membersihkan kulit tetapi membuatnya semakin kenyal dan lembab alami.

29. Membersihkan dan mengangkat sel kulit mati di wajah

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan pelembab alami yang dapat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati secara alami. Cara membersihkan wajah dengan minyak kelapa sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini: Pertama cuci wajah anda dengan air terlebih dahulu kemudian oleskan minyak kelapa secara merata pada wajah anda. Gosok secara perlahan dengan gerakan melingkar selama 1 sampai 2 menit. Jika sudah selesai bersihkan dengan air sampai bersih. Cara ini sangat efektif sekali menghilangkan kotoran di wajah yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

30. Melembabkan bibir secara alami

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang luar biasa adalah membantu melembabkan bibir secara alami bagi Anda yang menderita bibir kering dan pecah-pecah tidak ada salahnya menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa selain aman penggunaan minyak kelapa juga cukup efektif. Caranya cukup mudah anda hanya tinggal mengoleskan minyak kelapa ke bibir anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air bersih.

Untuk mendapatkan ke semua manfaat minyak kelapa tersebut Anda harus memilih jenis minyak kelapa yang baik yaitu minyak kelapa yang tidak melalui pemutihan atau pengelolaan kimiawi atau yang dikenal dengan minyak kelapa ekstrak Virgin.

Share On