17 Top makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami

makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh
image by pixabay.com

Top makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami agar tidak mudah sakit. Makanan merupakan komponen yang sangat penting sekali untuk menunjang kesehatan kita secara keseluruhan tidak terkecuali dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan yang kita konsumsi bisa menjadi tolak ukur kesehatan seseorang. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang diketahui dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh anda agar bekerja dengan baik. Melemahnya sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri termasuk flu.

Selain itu, lemahnya sistem imun juga membuat kita lebih mudah terkena alergi dan infeksi sehingga sangat penting sekali memilih makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut daftar makanan yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda:

1. Teh hijau

Makanan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang pertama adalah teh hijau. Teh hijauh mengandung tinggi katekin yang merupakan antioksidan terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kedua zat tersebut mampu membunuh virus penyebab flu. Perlu diketahui bahwa jangan mengkonsumsi teh hijau bersamaan dengan susu karena kandungan dalam susu dapat menghilangkan katekin dari teh hijau.

2. Madu

Manfaat madu untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain memiliki sifat antibakteri madu juga merupakan obat yang sangat efektif dalam mengatasi luka bakar. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan madu dalam meregenerasi sel. Madu memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap seperti vitamin A, C, dan E yang kesemuanya merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Blueberry

Blueberry adalah makanan yang sangat luar biasa di mana buah ini memiliki banyak sekali nutrisi penting seperti antioksidan, serat dan berbagai macam vitamin penting lainnya. Salah satu manfaat utama adalah dari blueberry adalah kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena blueberry merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, dimana antioksidan ini sangat baik dalam melawan kanker dan penyakit lain yang berhubungan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Banyak penelitian yang telah mengungkap bahwa kandungan vitamin C dan senyawa fenolik dalam blueberry memiliki sifat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Sayuran berdaun hijau

Secara umum sayuran berdaun hijau mengandung tinggi asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh anda. Menurut banyak penelitian ilmiah orang-orang yang mengalami kekurangan asam folat tidak dapat melepaskan sejumlah antibodi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Ibu hamil merupakan kelompok yang sangat membutuhkan asupan asam folat, di mana pada masa kehamilan kebutuhan asam folat bagi ibu hamil akan semakin banyak untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Jadi memasukkan sayuran hijau seperti bayam ke dalam makanan sehat harian anda terutama saat hamil merupakan pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

5. Makanan sumber zinc

Zicnc merupakan mineral penting yang berfungsi pada tingkat optimum. Zinc membantu sel darah putih meningkatkan kapasitas antibakteri mereka dan bertindak sebagai katalisator dalam reaksi sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa makanan yang mengandung tinggi zinc diantaranya seperti kepiting, tiram dan daging merah. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mendapatkan asupan zinck dari makanan yang anda konsumsi, karena mendapatkan zinc dari suplemen memiliki efek samping sehingga anda tidak direkomendasikan mengambil suplemen zinc.

6. Makanan sumber vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh orang-orang di segala usia. Kekurangan vitamin E dapat mempengaruhi kemampuan antibakteri sistem kekebalan tubuh sehingga mengkonsumsi banyak makanan yang kaya vitamin E akan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Cara mendapatkan asupan vitamin E adalah dengan mengkonsumsi makanan seperti buncis, biji wijen, kacang kedelai, dan biji bunga matahari. Jika anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan asupan vitamin E dari makanan, Anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin E. Akan tetapi sebelum melakukannya pastikan anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

7. Yoghurt

Kandungan bakteri baik yang terdapat dalam yoghurt dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan anda dari serangan kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada pencernaan. Meskipun probiotik bisa ditemukan dalam bentuk suplemen tetapi penelitian yang dilakukan di Universitas Wina di Austria menemukan bahwa mengkonsumsi setidaknya 7 ons yoghurt setiap hari memiliki efisiensi lebih baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt bukan hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga bermanfaat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melindunginya dari serangan berbagai macam penyakit terutama yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Yoghurt mampu merangsang produksi interferon yang merupakan komponen penting untuk membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh anda. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa mengkonsumsi yoghurt setiap hari bisa membantu mengurangi risiko pengembangan infeksi jamur pada dah organ kewanitaan anda.

8. Kunyit

Kunyit telah lama dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang dapat mendukung sistem imun. Kunyit diperkaya dengan vitamin B6 dan mineral seperti potasium, mangan dan zat besi yang memainkan peran kunci dalam banyak kinerja di seluruh sistem tubuh. Kunyit juga mengandung kurkumin yang merupakan antioksidan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dalam melawan berbagai macam bakteri dan virus berbahaya. Antioksidan dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker, katarak, dan alzheimer.

9. Biji rami

Biji rami mengandung asam alfa linolenat, omega 3 dan lignan. Dimana nutrisi tersebut memainkan peran penting dalam mengatur respons imunitas tubuh. Ketika mempengaruhi komponen yang terlibat dalam respon kekebalan tubuh senyawa ini akan membantu melawan infeksi dan penyakit autoimun dengan sangat baik. Jadi anda bisa mengkonsumsi biji rami secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

10. Bawang putih

Kemampuan bawang putih dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus sudah tidak diragukan lagi. Bawang putih memang terkenal sangat efektif dalam membunuh bakteri dan virus serta memiliki kemampuan anti inflamasi yang kesemuanya merupakan komponen penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bukan hanya itu, bawang putih juga bisa membantu melawan berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kanker. Kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih merupakan salah satu nutrisi yang berguna membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi lebih baik.

11. Buah jeruk

Jika anda sedang mencari makanan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya tidak mengabaikan buah jeruk. Jeruk merupakan buah yang sangat identik dengan kandungan vitamin C-nya, di mana vitamin C merupakan nutrisi utama dalam membantu sel darah putih untuk berfungsi dengan baik, sehingga kemampuannya dalam melawan infeksi menjadi lebih maksimal. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit seperti flu. Belum lagi vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang bisa menjaga tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kanker.

12. Seafood

Kebanyakan makanan laut memang memiliki kandungan mineral dan protein yang keduanya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa jenis makanan laut seperti kerang, kepiting, lobster, dan tiram memiliki kandungan selenium yang membantu sel darah putih menghasilkan sitokin (protein yang membantu melawan virus flu dan mendorongnya keluar dari tubuh). Sedangkan beberapa jenis ikan seperti salmon, herring dan makarel memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dimana nutrisi ini dapat membantu meningkatkan aliran udara, mengurangi peradangan, sekaligus melindungi paru-paru dari infeksi pernafasan dan pilek.

13. Sup ayam

Siapa yang menyangka jika sup ayam ternyata masuk dalam daftar makanan terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Sistein asam amino yang terdapat dalam sup ayam sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Nutrisi tersebut sangat efektif dalam mencegah peradangan yang terjadi pada sel-sel bronkus, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Anda bisa menambahkan jamur dan bawang putih ke dalam sup ayam agar kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih maksimal.

14. Jamur

Jamur merupakan makanan yang cukup populer pada saat ini. Jamur sering diolah menjadi beberapa makanan seperti sup, jamur goreng bahkan ada juga sate jamur. Kepopuleran makanan ini tidak terlepas dari rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap.

Beberapa jenis jamur diketahui dapat membantu tubuh menghasilkan sel darah putih dan menguatkan sel, sehingga membuatnya lebih aktif. Selama berabad-abad yang lalu orang-orang di bumi telah memilih jamur sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Penelitian sekarang ini juga telah mengungkap bahwa jamur dapat membantu meningkatkan aktivitas dan produksi sel darah putih. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sel darah putih adalah komponen penting dalam melawan berbagai macam bakteri di dalam tubuh kita.

15. Daging sapi

Meskipun mengkonsumsi daging secara berlebihan dapat berefek buruk untuk kesehatan, tetapi jika anda bisa mendapatkannya dalam porsi yang cukup maka daging memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Daging merah umumnya memiliki kandungan zinc yang sangat baik sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menyediakan mineral seperti zinc, daging juga diperkaya dengan protein, dimana nutrisi ini juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Pastikan anda mengolah daging dengan benar, hindari mengkonsumsi daging panggang terlalu sering terutama yang diasap.

16. Brokoli dan kembang kol

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan kuat. Brokoli dan kembang kol merupakan sumber antioksidan penting yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Keduanya secara umum merupakan sumber  gluthatione yang sangat baik dalam membantu tubuh melawan virus. Kembang kol dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan karena merupakan sumber kolin yang melimpah. Bahkan brokoli sendiri telah masuk ke dalam daftar makanan teratas yang mengandung antioksidan tinggi.

17. Wortel

Wortel merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan berbagai macam penyakit. Vitamin A juga bertindak sebagai antioksidan penting yang dapat membantu mengurangi stres dan efek buruk radikal bebas lainnya. Mengkonsumsi wortel secara rutin juga berguna meningkatkan kesehatan mata dan mencegahnya dari katarak. Belum lagi sayuran ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Jadi wortel merupakan makanan yang sangat lengkap dalam hal kandungan nutrisi dan manfaatnya.

Share On