20 Fungsi & manfaat asam folat untuk kesehatan dan kecantikan

makanan sumber asam folat
ilustrasu makanan sumber asam folat, image by pixabay.com

Fungsi & manfaat asam folat untuk kesehatan dan kecantikan anda. Asam folat merupakan nutrisi penting yang juga dikenal dengan nama lain Vitamin B9. Asam folat ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Wanita bagi wanita yang ingin cepat mendapatkan momongan sebaiknya tingkatkan asupan asam folat karena asam folat bukan hanya baik bagi ibu hamil tetapi juga dapat membantu menyuburkan kandungan bagi wanita. Selain mencegah cacat pada bayi, berikut beberapa manfaat asam folat untuk kesehatan anda:

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat asam folat untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Asam folat telah dihubungkan dengan vitamin B12 untuk memperbaiki metabolisme dengan cara mengatur metonin dan homosistein. Tingginya tingkat homosistein di dalam tubuh biasanya berkaitan erat dengan kurangnya asupan asam folat yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah penyakit alzheimer

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas California pada tahun 2000 lalu menerangkan bahwa mengkonsumsi asam folat dapat membantu menghindarkan seseorang dari penyakit alzheimer. Mencukupi kebutuhan asam folat Setiap hari dapat menghindarkan anda dari penyakit Alzheimer hingga 50%. Selain mencegah penyakit alzaimer mencukupi kebutuhan asam folat juga membantu meningkatkan fungsi otak.

3. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Karena asam folat dapat membantu memecah trigliserida di dalam tubuh, maka membuatnya dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan kegemukan. Untuk itu bagi Anda yang sedang menderita atau memiliki resiko tinggi mengalami penyakit diabetes sebaiknya menambahkan lebih banyak makanan yang mengandung asam folat ke menu harian Anda.

4. Mencegah stres dan depresi

Tahukah Anda jika ternyata kekurangan asam folat di dalam tubuh dapat meningkatkan depresi dan stres. Sebenarnya depresi telah lama dikaitkan dengan kurangnya asupan makanan yang mengandung asam folat sehingga mengkonsumsi makanan sumber asam folat secara rutin dapat membantu anda mengurangi depresi dan stres.

5. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan The American Cancer  Society telah menemukan bahwa penyakit kanker ternyata berkaitan erat dengan rendahnya kandungan asam folat di dalam tubuh. Salah satu jenis penyakit kanker yang paling beresiko untuk menyerang seseorang dengan defisit asam folat adalah kanker kolorektal. Hal ini mungkin terjadi karena asam folat membantu kreasi sel baru yang memperbaiki sel-sel yang rusak yang dapat menyebabkan kanker.

6. Meningkatkan kesehatan usus

Salah satu masalah yang akan dialami saat mengalami kekurangan asupan asam folat adalah menurunnya kesehatan pencernaan asam folat berperan penting dalam mempromosikan kesehatan pencernaan dimana nutrisi ini berguna dalam mencerna protein di dalam tubuh. Selain itu kekurangan vitamin B9 juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, penurunan berat badan, dan kehilangan nafsu makan.

7. Baik untuk wanita pada masa menstruasi

Manfaat asam folat untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengurangi efek buruk menstruasi. Kekurangan asam folat dan zat besi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi dapat membuat meningkatnya rasa nyeri dan kelelahan pada saat menstruasi. Jadi untuk mencegah masalah menstruasi tersebut sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan kaya asam folat seperti kacang-kacangan dan sayur segar.

8. Mencegah anemia

Anemia merupakan salah satu masalah yang sangat umum dialami oleh orang tua, muda, maupun anak-anak. Gejala anemia meliputi pusing, mudah lelah, dan tidak bersemangat yang sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Untuk mencegah anemia Anda bisa meningkatkan asupan zat besi dan asam folat dari makanan yang anda konsumsi. Hal ini dikarenakan zat besi maupun asam folat sangat penting sekali dalam pembentukan sel darah merah.

9. Asam folat menjadikan kulit sehat dan bercahaya

Asam folat ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit karena membantu meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang bagus dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam asam folat dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Mengkonsumsi asam folat yang tepat juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga menjadikan kulit lebih bercahaya secara alami. Jadi mulai dari sekarang cobalah untuk menambahkan makanan yang mengandung tinggi asam folat ke menu harian anda!

10. Asam folat dapat mengencangkan kulit

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh dan dianggap sebagai bagian penting dari nutrisi yang anda butuhkan. Asam folat juga dikenal sebagai Vitamin B9, yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi perkembangan sel, pertumbuhan jaringan serta perkembangan otak yang sehat. Selain itu, mengkonsumsi asam folat juga dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, sehingga Anda akan terlihat lebih muda dari usia anda sebenarnya.

Asam folat dikenal sebagai salah satu nutrisi terbaik untuk kulit, jadi Anda dan pembaca lainnya harus mencoba menambahkannya ke menu sehat harian untuk mendapatkan kulit yang lebih muda.

11. Asam folat mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar matahari

Kulit manusia mudah rusak akibat radiasi ultra violet dari matahari. Radiasi matahari ini dapat merusak DNA, sel kulit, dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Mengkonsumsi asam folat dapat membantu memperbaiki DNA, kulit yang rusak, dan sekaligus menjaga replikasi sel kulit sehingga kulit dapat terhindar dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari. Saya sarankan anda harus mencoba mengkonsumsi asam folat untuk kesehatan rambut dan kulit sesegera mungkin.

12. Asam folat mencegah penuaan pada kulit

Mengkonsumsi asam folat yang dikombinasikan dengan kreatin asam amino dapat membantu memperbaiki keriput dan garis halus pada kulit. Asam folat membantu menjaga produksi kolagen yang sehat. Menurut beberapa penelitian mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.
Ini adalah salah satu manfaat utama asam folat yang harus anda ketahui dan praktekan demi kebaikan diri anda, terutama jika Anda sedang menghadapi tanda-tanda penuaan pada kulit.

13. Asam folat mencegah perubahan warna kulit

Manfaat lain dari asam folat adalah dapat melawan perubahan warna kulit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asam folat dapat membantu memperbaiki gejala vitiligo yang terjadi karena penghancuran melanin yang bertugas memproduksi sel kulit. Asam folat bekerja dengan cara memecah asam amino yang disebut homosistein. Tingkat homosisstein yang tinggi dapat merusak produksi sel dengan cara meningkatkan tekanan oksidatif pada sel. Jadi mencukupi kebutuhan asam folat mungkin juga dapat menghilangkan bercak putih di wajah yang mirip dengan panu.

14. Asam folat membantu menumbuhkan jaringan kulit

Jika Anda mendapatkan asupan asam folat secara teratur dengan porsi yang cukup, maka rambut Anda akan tumbuh dengan cepat. Asam folat juga sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok atau alopecia. Jika Anda menderita kerontokan atau beberapa masalah dengan rambut, mungkin anda sedang mengalami kekurangan asam folat.

15. Asam folat merangsang pertumbuhan rambut

Bila rambut memiliki cukup vitamin, nutrisi, dan mineral, maka ia akan tumbuh dengan cepat dan kuat. Asam folat mendukung pertumbuhan jaringan dan sel, sehingga mencukupi kebutuhannya dapat membantu anda memiliki rambut yang bagus. Apakah kamu ingin memiliki rambut panjang? Jawabannya adalah segera dapatkan manfaat dari asam folat ini.

16. Asam folat mencegah rambut rontok

Selain membantu mempertahankan produksi sel, asam folat juga dapat mencegah kerontokan rambut dengan sangat sempurna. Manfaat asam folat untuk rambut tidak terbatas karena tidak hanya membantu Anda memiliki rambut yang bagus tapi juga dapat mencegah masalah rambut seperti rambut rontok.

17. Asam folat mencegah munculnya jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dan sangat menyusahkan penderitanya. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan munculnya jerawat. Selain itu, asam folat juga dapat mengatur dan memperbaiki metabolisme tubuh sehingga dapat membantu menghilangkan toksin dari tubuh dengan baik. Anda bisa menambahkan makanan yang mengandung tinggi asam folat pada menu harian anda seperti sayuran hijau, sereal, kacang kering, telur, buah dan jus.

18. Asam folat merangsang pertumbuhan kuku

Jika Anda menginginkan kuku yang panjang dan bagus, maka anda harus mengonsumsi lebih banyak asam folat. Asam folat membuat kuku Anda lebih kuat dan lebih sehat. Asam folat dapat membuat jaringan baru, sel dan meningkatkan pertumbuhan kuku. Mengonsumsi makanan kaya asam folat bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya.

19. Asam folat mencegah rambut beruban

Pemberian asupan asam folat untuk rambut adalah seusuatu yang sangat penting, karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan rambut beruban. Vitamin ini dapat mencegah masalah rambut seperti kebotakan, rambut rontok atau alopesia dan masalah rambut lainnya. Selain itu, kekurangan asam folat juga akan meyebabkan anemia. Semakin sel darah merah membesar, semakin mungkin pula anda tekena anemia. Bila mendapatkan asupan asam folat secara cukup, maka sel darah merah akan menjadi normal. Beberapa makanan kaya asam folat diantaranya adalah jamur, jeruk, paprika merah, kacang polong hitam, raspberry, alpukat, asparagus, artichoke, pepaya, kacang lentil, dan bayam.

20. Asam folat memperbaiki kulit anda

Asam folat sangat baik untuk kulit Anda. Kulit Anda akan kering jika Anda tidak cukup meneripa asupan asam folat. Salah satu cara terbaik untuk memasok vitamin ramah ini adalah dengan memakan wortel, jagung, kembang kol, kacang-kacangan, kubis Brussel, alpukat, kacang polong, kacang-kacangan, jeruk-jerukan, brokoli, dan bayam. Sangatlah penting bagi anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat agar anda memiliki kulit yang sehat.

Untuk mendapatkan beberapa manfaat asam folat untuk kecantikan, Anda harus menambahkan nutrisi ini ke menu makanan Anda sehari-hari. Cobalah untuk mendapatkan jenis vitamin ini secara langsung dari makanan, bukan suplemennya.

Beberapa makanan yang mengandung tinggi asam folat diantaranya:

  • Kacang kering dan kacang polong
  • Melon dan pisang
  • Buah jeruk 
  • Sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli dan bayam
  • Jus tomat, alpukat, kembang kol, jagung, dan wortel
  • Asparagus dan jamur
  • Unggas-unggasan, kerang, daging, hati, dan ginjal
  • Sereal 
  • Dedak gandum

Share On