13 Cara menyembuhkan dan mengeringkan luka dengan cepat

Cara menyembuhkan dan mengeringkan luka
luka ringan, image by dreams.metroeve.com

Cara menyembuhkan dan mengeringkan luka dengan cepat secara alami dan aman. Luka merupakan hal yang sangat umum terjadi pada kehidupan kita sehari-hari yang kadang tidak bisa kita hindari. Ada banyak hal yang dapat menimbulkan tubuh kita terluka misalnya saja terkena pisau, terjatuh, atau gigitan hewan. Cepat atau lambatnya proses penyembuhan luka sangat tergantung dengan tingkat keparahan, sifat, dan juga letak luka tersebut. Misalnya luka pada lutut secara umum lebih lama untuk disembuhkan karena pada bagian tersebut sering digunakan untuk bergerak.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan luka menggunakan bahan alami yang insyaa Allah aman untuk Anda terapkan di rumah, beberapa bahan tersebut diantaranya adalah:

1. Basuh luka dengan air

Hal pertama yang perlu Anda lakukan segera setelah mengalami luka adalah membersihkannya dengan air. Meskipun sebenarnya hal ini bukan pengobatan untuk menyembuhkan luka, tetapi sangat berguna sebagai pertolongan pertama. Pembersihan yang tepat dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat saat luka dirawat dengan benar. Selain itu, pembersihan juga mencegah bakteri yang masuk ke dalam luka sehingga menyebabkan infeksi.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa anda jadikan untuk mengobati luka agar cepat sembuh dan kering. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi dan menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu, minyak kelapa juga membantu mengurangi peradangan pada luka. Pengolesan minyak kelapa ke luka juga bisa mencegah infeksi akibat bakteri yang masuk. Belum lagi penggunaan minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya jaringan parut atau bekas luka yang biasanya terjadi pada luka bakar.

3. Lidah buaya

Bahan alami yang wajib Anda coba untuk menyembuhkan luka dengan cepat yaitu menggunakan lidah buaya. Gel dari lidah buaya sangat bagus digunakan sebagai obat alami untuk mengeringkan dan menyembuhkan luka karena memiliki kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Lidah Buaya memiliki sifat analgesik, menenangkan, dan antiinflamasi yang berguna mengurangi rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan pada luka. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat melembabkan luka sehingga mempercepat proses penyembuhan. Cara menyembuhkan luka dengan lidah buaya: kupas lidah buaya kemudian ambil gelnya. Oleskan secara perlahan gel tersebut pada luka dan area sekitarnya. Biarkan sampai mengering dengan sendirinya sekitar 20 menit, setelah itu bersihkan dengan air jika sudah selesai. Lakukan beberapa kali sehari sampai luka Anda mulai mengering.

4. Kentang

Jika anda menganggap kentang hanya sebagai bahan masakan saja, maka anda salah karena sebenarnya kentang memiliki manfaat lebih dari itu. Kentang bertindak sebagai pengobatan alami untuk mengeringkan dan menyembuhkan luka karena efek penyembuhan yang menakjubkan. Para peneliti mengungkapkan bahwa kentang memiliki sejenis tarikan gravitasi yang dapat mencegah infeksi secara efektif. Ini menjadi indikasi yang sangat baik untuk membantu mencegah infeksi pada luka yang anda alami. Selain itu, kentang juga dapat mendorong proses penyembuhan luka agar cepat sembuh dan kering sekaligus menjaga jaringan lukal untuk tidak menimbulkan bekas.

Cara menyembuhkan luka dengan menggunakan tentang: pertama parut kentang kemudian oleskan ke sepotong kain bersih. Setelah itu, gunakan kain tersebut untuk diletakkan pada luka Anda dan biarkan selama 4 sampai 5 jam. Langkah terakhir bersihkan dengan air hangat.

5. Madu murni

Madu merupakan bahan alami yang sudah terbukti sangat baik untuk merawat segala macam masalah kesehatan termasuk luka ringan. Selain alami, madu juga memiliki efek antibakteri yang berguna mencegah infeksi pada luka. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015 yang dilakukan oleh Peter Molan dan Tanya Rhodes mengandung bioaktiv yang bekerja secara bersamaan dengan tujuan mempercepat proses penyembuhan. Singkatnya, madu dapat membantu menyembuhkan luka ringan secara alami dan efektif. Untuk menggunakan madu dalam menyembuhkan dan mengeringkan luka, Anda bisa menerapkan madu pada luka yang anda alami kemudian bungkus dengan perban.

6. Bunga Chamomile

Tahukah Anda jika bunga chamomile bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati luka. Bunga indah ini sangat terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering dijadikan teh yang sehat. Saat ini orang juga menyadari bahwa bunga chamomile memiliki efek penyembuhan. Menurut beberapa penelitian chamomile jauh lebih cepat dalam menyembuhkan luka dibandingkan beberapa kortikosteroid. Anda bisa menggunakan kantong teh chamomile untuk menyembuhkan luka secara alami dengan tingkat keefektifan yang baik. Caranya cukup mudah, anda tinggal menerapkan kantong teh bunga camomile pada area yang terluka, setelah itu bungkus luka dengan kain kasa untuk mencegah bakteri masuk ke luka anda.

7. Minyak Lavender

Minyak lavender adalah salah satu obat terbaik untuk mengatasi luka ringan yang diakibatkan oleh jatuh atau gesekan pada kulit. Menggunakan minyak esensial untuk menyembuhkan luka bahkan lebih mudah daripada menggunakan pengobatan kimia. Anda hanya butuh meneteskan 2-4 tetes minyak lavender pada luka yang anda alami. Lakukan sekitar 2 sampai 3 kali serhari untuk mendapatkan hasil terbaik.

8. Cabai rawit

Siapa yang menyangka Jika ternyata cabai rawit bisa digunakan untuk membantu meringankan atau menyembuhkan luka yang anda alami selama ribuan tahun yang lalu cabe rawit telah digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi banyak masalah kesehatan. Bahan aktif yang diberi nama capsaicin dalam cabai rawit memiliki fungsi analgesik yang membuatnya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Cabe rawit dapat bertindak sebagai agen penyembuhan yang membantu menghentikan pendarahan dengan cepat. Tetapi menyembuhkan luka dengan cabe rawit memiliki sensasi yang panas dan mungkin membuat sangat tidak nyaman. Untuk itu jika anda tidak bisa tahan dengan efek tersebut sebaiknya pilih bahan lain yang lebih ramah.

9. Akar Marshmallow

Akar marsmellow sebenarnya sangat baik digunakan untuk menyembuhkan luka terutama luka ringan yang dialami oleh kulit. Marshmallow sangat baik untuk menarik racun dan bakteri yang ditemukan pada luka saat digunakan sebagai obat. Penggunaan marshmallow juga dapat mempersingkat waktu penyembuhan dengan menarik kotoran pada luka, hal ini sangat efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan memar.

10. Minyak pohon teh

Selain minyak lavender obat rumahan yang baik untuk menyembuhkan luka secara alami adalah minyak pohon teh. Seperti yang kita ketahui jika minyak esensial ini terkenal karena kemampuannya dalam mencegah infeksi sehingga penerapan minyak pohon teh pada luka ringan dapat membantu meringankan luka. Menurut sebuah penelitian tentang minyak pohon teh yang dilakukan pada tahun 2013 mengungkap bahwa minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, anti bakteri, dan anti jamur yang berkontribusi untuk menyembuhkan luka secara efektif.

11. Goldenseal

Goldenseal adalah tanaman dengan zat astringent dan antiseptik yang sangat terkenal. Goldenseal dikategorikan ke dalam kelompok obat herbal yang sangat efektif untuk menyembuhkan luka termasuk luka gigitan, sengatan serangga, dan luka memar. Kandungan senyawa alkaloid yang terdapat dalam goldenseal dapat menghancurkan infeksi, virus dan bakteri. Anda bisa menggunakan salep yang berbahan goldenseal untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka ringan yang anda alami.

12. Calendula

Bunga Calendula, atau yang juga dikenal dengan sebutan Pot Marigold merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga Asteraceae. Bunga ini memiliki warna kuning atau jingga cerah yang sangat cantik.Bunga kecil yang indah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat digunakan secara topikal untuk menyembuhkan luka seperti lecet.

13. Witch Hazel

Witch Hazel merupakan tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis Virginiana, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan. Witch Hazel memiliki kandungan zat yang sangat menguntungkan seperti procyanidins, dan flavonoid yang memiliki kemampuan menenangkan dan antiinflamasi. Anda bisa menggunakan switch Hazel pada beberapa jenis luka ringan seperti memar dan gigitan serangga. Witch hazel mampu mengurangi pendarahan, dan pembengkakan, sekaligus mempercepat waktu penyembuhan dan mencegah infeksi.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat luka:

  • Pertama bersihkan luka secara berkala menggunakan air bersih untuk mencegah infeksi.
  • Jika anda ingin menyentuh luka sebaiknya bersihkan tangan anda lebih dahulu untuk mencegah kuman atau bakteri masuk ke dalam luka yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Infeksi yang terjadi pada luka dapat memperlambat proses penyembuhan sehingga Anda harus benar-benar menjaga kebersihan luka anda dengan baik.
  • Jangan menggosok luka terlalu keras terutama saat Anda membersihkannya karena dapat membuat muka menjadi bertambah parah.
  • Jika luka yang anda alami semakin parah dan tidak kunjung sembuh maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.
  • Ganti perban Anda secara berkala untuk mencegah infeksi.

Catatan penting: Yang perlu anda perhatikan adalah beberapa cara menyembuhkan luka dengan cepat di atas hanya berlaku untuk jenis luka ringan seperti memar dan cidera ringan (termasuk terkena pisau) bukan luka parah atau sobekan yang terlalu dalam. Untuk luka yang terjadi pendarahan hebat anda harus membawanya ke tenaga medis profesional untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Share On