13 Cara mengobati mata bintitan secara alami dan cepat

Cara mengobati bintitan
Cara mengobati bintitan, image by healthline.com

Cara mengobati mata bintitan secara alami dengan cepat menggunakan bahan rumahan seperti daun sirih dan kunyit. Bintitan atau juga disebut timbilan di beberapa daerah merupakan sejenis infeksi mata yang ditandai dengan benjolan di bagian dalam atau luar kelopak mata yang menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman. Awalnya, kelopak mata akan berwarna merah, lalu membengkak membentuk benjolan dan menyebabkan rasa sakit ringan. Setelah 2 sampai 4 hari, rasa sakit akan meningkat dan bintitan akan membentuk nanah kemudian nanah dan akarnya akan pecah. Kali ini, rasa sakit dan ketidaknyamanan akan hilang.

Penyebab mata bintitan

Bintitan biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri staphylococcus yang hidup di permukaan kulit dan sering muncul pada kebanyakan orang. Sebagian besar bintitan terjadi dalam jangka pendek dengan gejala merah, nyeri, dan bengkak. Pada umumnya bintitan tidak berbahaya dan jarang mempengaruhi bola mata atau penglihatan.

Kenapa seseorang mengalami bintitan? anda mungkin sudah familiar Bagaimana jerawat dapat berkembang di wajah seseorang. Jerawat daat berkembang dikarenakan kelenjar kulit yang tersumbat dan teriritasi. Kira-kira penyebab bintitan hampir sama dengan jerawat yaitu kelenjar di kelopak mata bisa tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, atau minyak. Fakta yang menarik namun tidak diketahui banyak orang adalah kelenjar minyak pada kelopak mata biasanya menghasilkan zat minyak yang dikombinasikan dengan air mata untuk menjaga agar mata tetap lembab dan sehat.

Selain itu faktor utama yang menyebabkan bintitan adalah aliran keluar sebum yang lamban dari kelenjar meibomian atau kelenjar tarsal. Ini adalah kelenjar yang melapisi tepi kelopak mata. Orang dengan kondisi yang disebut disfungsi kelenjar meibomian umumnya memiliki aliran sebum suboptimal ini dari kelenjar meibomian. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan bintitan adalah penyumbatan pembukaan kelenjar oleh jaringan parut sebagai akibat trauma, infeksi atau luka bakar. Kelenjar kelopak mata yang penting juga bisa tersumbat oleh hal-hal seperti makeup dan debu, terutama bila kelopak mata tidak dibersihkan dengan benar secara teratur.

Tips mencegah mata bintitan
  • Jangan sering menggosok mata Anda karena bisa menyebarkan bakteri sehingga akan  menyebabkan ketidaknyamanan pada mata. 
  • Cuci tangan Anda dengan sabun antiseptik terutama saat saat ingin menyentuh bagian mata.
  • Jangan gunakan handuk, lap dan sejenisnya milik orang lain.
  • Setelah menggunakan riasan mata, bersihkan make up dengan bersih.
  • Ganti masam setidaknya setiap 6 bulan sekali karena bakteri bisa berkembang biak dalam kosmetik basi.
  • Saat keluar atau membersihkan rumah, Anda harus memakai kacamata untuk melindungi mata dari debu dan mencegah kontaminasi.
  • Bila ada gejala mata bintitan, Anda harus segera melakukan perawatan agar tidak menyebar.

Cara mengobati mata bintitan secara alami

1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antijamur yang sangat efektif dalam mengobati mata bintitan yang mudah dan bisa anda terapkan di rumah. Campuran antara susu dan kunyit bisa membantu mengurangi gejala mata bintitan sekaligus memperbaiki proses penyembuhan kulit yang terkena. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu minum campuran susu dan kunyit sekali sehari sampai kondisi bintitan pada mata Anda mulai membaik.

2. Seledri

Seledri bekerja sebagai agen yang dapat menghilangkan racun sekaligus mempercepat proses penyembuhan pada kulit. Solusi untuk mengobati mata bintitan dengan seledri sangat mudah. Pertama siapkan segenggam seledri untuk dimasak dalam air mendidih selama 10 menit. Setelah itu celupkan kain bersih ke dalam rebusan seledri tadi. Oleskan pada mata bintitan selama sekitar 15 menit.

3. Bawang merah

Bawang merah merupakan ramuan yang paling banyak digunakan untuk perawatan kesehatan terutama untuk mengobati berbagai macam masalah kulit, salah satu manfaat bawang merah yaitu mengobati mata bintitan secara alami dan cukup efektif. Bawang merah dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh mata bintitan sekaligus mempermudah proses penyembuhan kulit yang meradang akibat bintitan. Cara menggunakan bawang merah untuk mengobati mata bintitan: anda hanya perlu menggunakan beberapa irisan bawang merah untuk dioleskan di atas mata yang terinfeksi bintitan dan diamkan beberapa saat setelah itu bersihkan wajah anda dengan air.

4. Biji ketumbar

Salah satu bahan alami yang cukup efektif untuk mengobati mata bintitan adalah biji ketumbar. Cara menggunakan biji ketumbar: pertama rebus segenggam biji ketumbar di dalam air bersih. Kemudian gunakan air rebusan ketumbar tadi untuk membersihkan mata yang terkena bintitan. Lakukan setidaknya 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kantung teh celup

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata secara alami, kantung teh juga berguna mengobati mata bintitan yang mudah dan praktis. Menggunakan kantung teh celup bisa membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh bintitan. Teh memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang membantu menghilangkan bintitan di mata anda. Gunakan kantung teh untuk mencelupkan segelas air panas selama sekitar 3 menit, setelah itu ambil kantung teh tadi dan masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu gunakan untuk mengusap mata Anda yang terinfeksi bintittan.

6. Biji asam jawa

Ternyata selain sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan biji asam jawa bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata bintitan. Gunakan biji asam jawa untuk memijat mata anda untuk memeberikan rasa lega dan rileks pada mata. Cara menggunakan biji asam jawa untuk mata bintittan: anda perlu menyiapkan Segenggam biji asam jawa kemudian rendam ke dalam air hangat selama kurang lebih 12 jam. Kemudian gunakan biji asam jawa tadi untuk memijat mata yang mengalami bintitan. Cara ini harus dilakukan setidaknya dua kali sehari agar hasilnya bisa lebih maksimal.

7. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh juga merupakan bahan alami yang cukup baik untuk digunakan mengobati bintitan pada mata Anda. Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi yang berguna untuk menghilangkan bintitan dan menurunkan peradangan. Cara mengobati mata bintitan secara alami menggunakan minyak pohon teh: pertama ambil 1 sdt minyak pohon teh dan 2 sdm air untuk dicampur dengan baik kemudian masukkan ke dalam lemari es untuk mendinginkannya. Suhu dingin dapat membantu memberikan kenyamanan dan mengurangi pembengkakan pada bintitan. Lakukan setidaknya 3 kali sehari sampai mata bintitan anda berangsur membaik.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah ramuan alami yang bisa berguna untuk mengobati berbagai macam masalah kulit termasuk menghilangkan strechmark. Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi yang sangat efektif dalam penyembuhan kulit terutama pada mata bintitan. Selain itu minyak kelapa juga berguna mengurangi rasa sakit. Anda bisa secara langsung mengoleskan minyak kelapa ke mata bintitan anda beberapa kali sehari sampai bintitan pada mata Anda mulai membaik.

9. Cuka sari apel

Cuka sari apel dianggap sebagai antibakteri dan antiseptik yang sangat bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat mata bintitan. Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati mata bintitan: Pertama cairkan cuka sari apel dengan menambahkan sedikit air dan masukkan ke dalam lemari es untuk mendinginkannya. Setelah itu basuh mata Anda menggunakan air untuk mengurangi infeksi pada bintitan.

10. Kompres air hangat

Mengompres dengan air hangat dapat membantu mengalirkan nanah pada mata bintitan sehingga bermanfaat mengurangi rasa sakit. Cara melakukannya sangat mudah. Rendam air bersih ke dalam air hangat kemudian peras untuk mengurangi kelebihan air. Gunakan kain tersebut untuk menekan mata yang mengalami bintitan selama sekitar 10 sampai 15 menit. Lakukan 4 sampai 5 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang baik.

11. Daun jambu biji

Daun jambu biji dianggap sebagai bahan yang efektif untuk mengobati rasa sakit pada noda bintitan. Cara mengobati mata bintitan dengan daun jambu biji: hangatkan daun jambu biji kemudian tempelkan pada mata bintitan untuk meringankan rasa sakit dan ukuran pembengkakan.

12. Menggunakan daun sirih

Cara mengobati bintitan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya basuh daun sirih kemudian tambahkan dengan secangkir air panas kemudian letakkan cangkir di dekat mata yang terkena bintitan kira-kira 10 cm selama kurang lebih 15 menit. Cara ini sangat berguna untuk mengurangi bintitan dan membantu mempercepat proses penyembuhannya.

13. Pergi ke dokter

Meskipun secara umum bintitan bukan merupakan penyakit berbahaya tetapi jika cara yang anda tempuh tadi tidak berhasil untuk mengobati bintitan secara alami maka anda bisa mengunjungi dokter. Pengobatan dan saran dari dokter sangat diperlukan terutama jika bersifat internal atau mempengaruhi penglihatan anda.

Perhatian: Biarkan bintitan pecah dengan sendirinya, untuk itu sebaiknya jangan memencet atau sering menyentuh mata yang bintitan karena hal ini dapat menyebabkan infeksi.

Demikian tadi 13 cara mengatasi bintitan yang bisa anda terapkan di rumah, semoga bisa membantu mengobati masalah bintitan yang anda atau keluraga anda alami.

Share On