6 Cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat

Cara menghilangkan noda hitam pada gigi
image by hypescience.com
Beberapa informasi mengenai cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat tanpa efek samping. Semua orang pasti menginginkan memiliki penampilan yang menarik dan sempurna karena memang pada dasarnya penilaian terhadap seseorang akan dijatuhkan pertama kali pada penampilan luarnya baik dari segi kerapian maupun kebersihan dari orang tersebut.

Kita semua tahu bahwa senyuman adalah salah satu hal yang pertama diperhatikan oleh seseorang. Menurut sebuah penelitian, senyuman adalah kualitas daya tarik kedua yang paling penting (setelah kepribadian) dan lebih tinggi nilainya daripada wajah, bentuk tubuh, tinggi badan, mata dan rambut. Namun kebanyakan orang tidak puas dengan senyuman mereka dan salah satu alasan utamanya adalah perubahan warna pada gigi.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjang penampilan agar terlihat menarik, salah satunya yaitu dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Coba saja anda bayangkan seseorang yang memiliki paras cantik atau tampan didukung pula dengan penampilan fisik yang menawan namun kebersihan mulut dan giginya kurang terjaga, sudah pasti hal ini akan mengurangi penilaian terhadap orang tersebut. oleh sebab itu, bagi anda yang mengalami masalah noda hitam pada gigi, berikut ini akan disampaikan mengenai cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat.

Ada dua tipe utama noda hitam di gigi yaitu bersifat ekstrinsik dan intrinsik. Pewarnaan intrinsik biasanya berasal dari lapisan dalam gigi, baik dari pulpa atau dentin. Penyebab umum pewarnaan jenis ini adalah trauma gigi, fluorosis, atau jenis antibiotik tertentu. Sedangkan pewarnaan ekstrinsik hanya perubahan warna pada permukaan gigi, di enamel atau bagian luar dari badan gigi. Biasanya, noda hitam ekstrinsik disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti tidak menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan baik merokok juga dapat meninggalkan noda hitam pada gigi anda.

Alasan mengapa bisa muncul noda hitam pada gigi

Tahukah anda bahwa sebenarnya penyebab munculnya noda hitam pada gigi bukanlah hal yang istimewa melainkan berasal dari kebiasaan yang anda lakukan setiap harinya. Sedangkan mengenai cara mengatasi noda hitam pada gigi dengan cepat juga bukanlah hal sulit dan bahkan terbilang sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Namun sebelum anda mengetahui tentang bagaimana cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat sebaiknya anda juga wajib mengetahui tentan apa sajakah yang umumnya bisa memicu timbulnya noda hitam pada gigi ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Noda bekas makanan dan minuman

  • Makanan Manis
Apakah anda salah satu penggemar makanan manis? Jika iya, sebaiknya anda mulai berhati-hati dan mulai membatasi mengkonsumsi makanan tersebut. Karena ternyata makanan manis menjadi salah satu pemicu munculnya noda hitam pada gigi. Memang siapapun pasti tidak akan tahan melihat berbagai sajian makanan manis seperti desert berupa cake, puding, es krim, coklat dan yang lainnya. Namun jika anda tidak ingin direpotkan harus melakukan cara membersihkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat, maka sebaiknya anda mulai mengurangi konsumsi makanan manis. Atau sebisa mungkin usahakan untuk berkumur atau menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis tersebut agar tidak meninggalkan noda hitam pada gigi anda.

  • Minuman
Kopi merupakan minuman sejuta umat yang banyak digilai karena merupakan teman paling pas ketika bersantai dengan sahabat, pasangan maupun keluarga tercinta. Terlebih saat ini, varian kopi sudah sangat beragam sehingga semakin memanjakan para pecinta kopi. Selain itu soda merupakan minuman yang cocok diminum ketika cuaca sedang panas. Sensasi segarnya akan membuat anda lebih rileks. Sedangkan alkohol meskipun sangat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, namun masih saja terdapat beberapa orang yang hobi mengkonsumsinya.

Namun tahukah anda bahwa beberapa jenis minuman diatas merupakan penyebab mengapa gigi anda bisa memiliki noda hitam. Sehingga cara mencegah munculnya noda hitam pada gigi secara alami adalah dengan menghindari beberapa jenis minuman yang telah disebutkan diatas.

Kebersihan gigi yang kurang terjaga

Selain faktor makanan dan minuman yang sudah dijelaskan diatas, penyebab lain mengapa noda hitam bisa menghiasi gigi anda adalah karena kesalahan anda sendiri yang kurang menjaga kebersihan mulut terutama gigi. Tumpukan noda baik dari makanan maupun minuman yang anda konsumsi dan bahkan seperti kebiasaan anda merokok lama-kelamaan bisa berubah menjadi plak atau karang gigi yang membuat gigi anda berwarna kuning, kecoklatan maupun berwarna hitam. Jika dibiarkan terus berlanjut maka bisa memicu timbulnya karies gigi, noda hitam pada gigi maupun gigi berlubang. Sehingga jika anda malas harus melakukan cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat maka sebaiknya anda selalu menerapkan pola menyikat gigi secara teratur pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, berkumurlah setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

Penggunaan obat kumur chlorohexadine

Chlorohexadine adalah obat kumur yang biasa diresepkan untuk mengobati dan melawan penyakit gusi. Sifat antimikroba yang dimilikinya amat sangat baik untuk mencegah bakteri di gigi. Tetapi sayangnya obat gusi ini memiliki efek samping yaitu membuat gigi menjadi hitam. Jadi anda tidak dianjurkan untuk terlalu sering menggunakan obat kumur tersebut terutama dalam jumlah yang banyak.

Penggunaan suplemen zat besi 

Suplemen zat besi selain baik untuk meningkatkan asupan zat besi ternyata juga memiliki efek samping yang menyebabkan noda hitam pada gigi. Suplemen ini biasanya diresepkan dalam bentuk cair yang biasa dikonsumsi oleh balita atau anak-anak. Noda hitam pada gigi ini sebenarnya mudah dihilangkan oleh dokter gigi tetapi biasanya bisa muncul kembali dengan cepat jika seseorang mengkonsumsi nya terus menerus

Cara menghilangkan noda hitam pada gigi

Berbicara mengenai cara cepat menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Dalam dunia kedokteran sendiri sudah sering dijelaskan tentang bagaimana cara merawat kebersihan gigi. Selain itu, sudah banyak dokter gigi yang bisa membantu anda untuk membantu menghilangkan noda pada gigi tersebut dengan berbagai treatment gigi yang saat ini sudah bisa dimanfaatkan baik itu seperti whitening maupun metode pembersihan gigi lainnya. Namun tentunya untuk bisa melakukan berbagai treatment tersebut diperlukan biaya yang tidak sedikit. Sehingga hal seperti inilah yang cukup menjadi kendala bagi sebagian orang. Tapi sebenarnya anda tidak perlu berkecil hati karena sebenarnya terdapat cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat sebagai solusinya. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa selain menggunakan treatment secara medis, anda bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan noda hitam pada dengan cepat. Cara ini tentunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa anda temukan disekitar anda. Beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan antara lain sebagai berikut :

1. Buah-buahan

Mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa beberapa buah tak hanya bisa menyehatkan tubuh saja karena kaya akan antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Beberapa jenis buah-buahan bahkan bisa membantu anda membersihkan noda hitam pada gigi secara alami. Beberapa jenis buah tersebut antara lain : Strawberry, Semangka, Apel, Pepaya, Jeruk. Beberapa jenis buah tadi mengandung banyak air sehingga bagus untuk membantu membersihkan noda pada gigi. Konsumsi buah setiap hari memberikan dua manfaat sekaligus yaitu bagi tubuh dan juga gigi anda. Efektif bukan?

2. Arang

Mungkin anda pernah mendengar cerita bahwa jaman dulu ketika belum ada pasta gigi, orang-orang memanfaatkan arang kayu sebagai media untuk membersihkan giginya. Caranya juga terbilang sangat mudah yaitu dengan menggosokkan arang kayu tersebut pada gigi sama ketika anda menggogok gigi menggunakan sikat gigi.
Namun yang perlu anda ingat bahwa sebaiknya penggunaan arang ini jangan berlebih karena justru bisa merusak email gigi yang merupakan pelindung penting bagi gigi. Sehingga gunakanlah secukupnya saja dan jangan terlalu sering.

3. Air putih

Air putih memang sangat baik bagi kesehatan, begitu pula bagi gigi. Dengan minum air setelah makan dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Sehingga bisa meminimalisir noda pada gigi anda.

4. Baking Soda

Untuk noda hitam yang membandel dan sulit dihilangkan anda bisa menggunakan pasta dari baking soda untuk mengatasinya. Caranya: campurkan baking soda dengan air, kemudian aduk hingga mengental. Terapkan ke gigi anda yang terdapat noda hitam dengan gerakan melingkar.

5. Kulit Buah

Apakah anda hobby makan buah jeruk dan pisang? Kedua jenis buah ini memang memiliki kandungan vitamin yang snagat baik bagi tubuh. Selain itu keduanya juga sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Namun tahukah anda bahwa tak hanya buahnya saja yang bermanfaat karena kulit jeruk dan kulit pisang bisa anda manfaatkan sebagai bahan untuk membersihkan noda pada gigi. Anda hanya cukup menggunakan bagian dalam kulit jeruk dan kulit pisang tersebut untuk menggosok gigi. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Garam

Salah satu cara membersihkan noda hitam pada gigi yang mudah dan cukup efektif adalah menggunakan garam. Selain berguna membersihkan gigi garam juga membantu mengembalikan kandungan mineral pada gigi dan membersihkan noda hitam di gigi akibat makanan atau minuman.

Noda hitam yang dapat di atasi menggunakan cara alami di atas umumnya adalah noda ekstrinsik, yang itu artinya, noda hitam di gigi tersebut berasal dari lapisan eksterior gigi dan kemungkinan besar dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan bahan alami. Akan tetapi untuk kasus yang lebih parah mungkin memerlukan perawatan dari dokter seperti pemutihan daya atau pemutihan laser.

Itulah tadi informasi seputar kebersihan gigi serta bagaimana cara menghilangkan noda hitam pada gigi secara alami dan cepat,  semoga bermanfaat bagi anda semua.

Share On