7 Manfaat biotin (vitamin B7) untuk kecantikan kulit dan rambut

Manfaat bioting untuk kecantikan kulit
image from gnc.com

Biotin jenis vitamin yang sangat penting bagi perkembangan tubuh. Anda dapat dengan mudah mendapatkan makanan dan suplemen yang mengandung kedua vitamin tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebaiknya anda lebih mengutamakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan biotin dan asam folat serta mengesampingkan penggunaan suplemen. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping dari penggunaan suplemen tersebut pada tubuh. Dengan memebaca artikel ini, anda akan mengetahui bahwa penggunaan biotin tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga dapat memperbaiki rambut dan kulit agar menjadi lebih indah. Berikut daftar manfaat asam biotin untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Untuk meningkatkan kesehatan kulit

Biotin disebut juga dengan istilah "Vitamin kecantikan". Penamaan istilah tersebut berlandaskan pada fungsi utama biotin yang berhubungan dengan kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Biotin akan membantu mengubah Anda dari orang biasa menjadi cantik. Hal ini terjadi karena mengkonsumsi biotin dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit sekaligus bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang bercahaya dan terbebas dari kerutan.

Vitamin yang larut dalam air ini sangat penting untuk pemecahan asam lemak, pembagian, serta pendistribusian asam lemak dengan tepat yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Proses ini nantinya akan menghasilkan kulit yang lebih halus, lembab dan terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari yang dapat merusak kulit. Kekurangan biotin juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti ruam dan kulit kering. Krim kulit yang terbuat dari biotin dapat memperbaiki kulit kering dan gatal secara efektif. Sangat penting untuk dicatat bahwa krim ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan biotin.

2. Biotin meredakan kulit kering dan gatal

Memperbaiki kulit kering dan gatal merupakan salah satu manfaat utama biotin bagi kulit yang banyak orang di dunia telah menggunakannya dalam rutinitas perawatan kulitnya. Biotin sangat baik untuk kulit yang sehat. Salah satu manfaat biotin untuk kulit adalah untuk memperbaiki kulit yang kering dan gatal. Faktanya adalah bahwa biotin membantu penyerapan dan pendistribusian lemak dengan tepat. Meskipun demikian, sangat jarang ditemui orang dengan kondisi kekurangan biotin. Jadi, jika Anda bukan peminum berat atau pengonsumsi telur mentah dengan jumlah yang banyak atau pengguna antibiotik dalam jangka panjang, maka anda tidak perlu khawatir kekurangan biotin ini.

Sebenarnya, banyak krim dan lotion yang mengandung biotin untuk memperbaiki kulit yang kering dan gatal. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam mengatasi kulit kering dan gatal, Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung biotin setiap hari.

3. Biotin memperkuat rambut dan kuku

Meski ada hasil penelitian yang mendukung manfaat biotin pada pertumbuhan rambut, namun ada juga bukti kuat yang mendukung gagasan bahwa kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut rontok. Vitamin ini juga membantu perkembangan dan pencegahan kerusakan kulit ari kuku. Bahkan beberapa perusahaan perawatan rambut sekarang telah memasukkan biotin ke dalam produk mereka.

4. Biotin menyembuhkan dan melembabkan kulit

Karena sifat pelembab dan penyembuhannya, biotin banyak digunakan pada minyak pijat. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan kulit yang sehat, namun Anda tidak ingin melakukan operasi atau menggunakan bahan kimia, maka sebaiknya konsumsi suplemen biotin setiap hari. Namun perlu diingat, dosis penggunaan biotin juga tergantung pada kondisi kesehatan anda. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

5. Membangun dan memperbaiki jaringan kulit

Seperti vitamin B7, biotin juga telah terbukti membantu pemeliharaan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Selain itu, biotin juga dapat membantu membangun dan memperbaiki otot. Biotin akan membantu proses ini saat tubuh mulai memecah jaringan, yaitu dengan menyediakan nutrisi dan mineral penting yang membantu meregenerasi jaringan tubuh.

6. Biotin dapat digunakan pada berbagai jenis kulit

Vitamin B memainkan peran kunci dalam fungsi sistem saraf dan dapat mempengaruhi fungsi hormon. Jika kulit tidak diberi nutrisi dari dalam, maka toksisitas akan muncul pada permukaan kulit. Inilah salah satu tanda terbesar yang mengindikasikan kekurangan biotin.

Tidak benar anggapan bahwa biotin tidak baik digunakan untuk kulit berminyak, tapi sebaiknya anda perlu konsultasi ke dokter sebelum minum suplemen biotin jika memiliki kulit berminyak. Biotin juga dapat digunakan dalam bentuk krim dan lotion yang membantu memperbaiki kulit kering dengan cara mendistribusikan lemak secara berimbang dan tepat.

Meskipun biotin dapat membantu dalam memperbaiki kulit, namun mengkonsumsi suplemennya dalam jumlah banyak dapat menimbulkan beberapa masalah kulit seperti: pigmentasi kulit, kulit kering, kulit berminyak, jerawat dan alergi.

7. Biotin bagus untuk rambut anda

Seperti asam folat, biotin juga dapat mencegah rambut patah, rambut kering dan rambut rontok. Biotin berperan penting dalam mengatur tingkat insulin yang berguna untuk pembelahan sel. Biotin juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mencegah diabetes, dan mengurangi masalah rambut. Selain itu, biotin juga sangat membantu untuk menjadikan rambut lebih kuat dan lebih panjang. Makanan kaya biotin untuk pertumbuhan rambut diantaranya adalah wortel, bayam, kol, kembang kol, kacang, kedelai, jamur, unggas-unggasan, ikan, telur, biji-bijian, selai kacang, kacang polong, kacang kedelai, tiram, oatmeal, bit swiss, hati, dan daging.

Bila Anda ingin mengkonsumsi asam biotin, maka anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Obat-obatan tertentu dapat menurunkan jumlah biotin dalam tubuh, yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan Anda untuk mengkonsumsi dosis biotin lebih tinggi dari biasanya. Jika Anda minum obat apapun, mintalah saran dokter untuk meningkatkan asupan biotin sehingga anda akan terhindar dari kekurangan. 
  • Meskipun biotin tidak akan menyebabkan efek yang tidak diinginkan, namun penggunaan suplemen biotin sangat mungkin dikombinasikan dengan obat lain dan suplemen lain. Jika Anda mendapatkan alergi tanyakan kepada dokter.
Demikian tadi manfaat dan kegunaan biotin untuk kesehatan dan kecantikan. Jika anda ingin mencoba memperoleh manfaat biotin, maka anda harus membaca artikel ini dan kemudian menerapkannya. Faktanya, manfaat biotin ini telah terbukti efektif dalam memberikan hasil terbaik untuk kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit anda.

Share On