32 Manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan
manfaat kayu manis, image by pixabay.com

Beberapa Manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui. Pohon kayu manis sering ditemukan di wilayah timur tengah dan Asia selatan. Selain dijual dalam bentuk batangan kayu manis juga bisa dibeli sebagai bubuk. Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu untuk menguatkan rasa pada makanan. Kayumanis memiliki rasa manis yang sering ditambahkan ke banyak resep untuk memberikan rasa yang lezat pada makanan. Minyak kayu manis dan bubuk kayu manis telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad di berbagai negara. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan mari simak ulasannya berikut ini

1. Memiliki kandungan antioksidan

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat. Hal ini lah yang membuat kayu manis dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas sekaligus memperlambat proses penuaan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek antioksidan dari 16 bumbu dapur, kayu manis memiliki tingkat antioksidan lebih tinggi dibandingkan bumbu dan rempah lainnya seperti bawang putih, oregano, dan rosemary. Sebagian besar manfaat kayu manis tersebut didapat dari kandungan antioksidan kuat seperti apa asam fenolik, polifenol dan flavonoid. Di mana antioxidant tersebut juga ditemukan pada makanan seperti anggur merah buah, berry, dan coklat hitam. Kesemua senyawa tersebut sangat efektif dalam melawan stres yang dapat menyebabkan penyakit terkait dengan penuaan.

2. Memiliki efek anti-inflamasi

Menurunkan peradangan dan pembengkakan merupakan salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan yang sangat luar biasa antioksidan yang ditemukan dalam kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi resiko kanker, penyakit jantung, penurunan fungsi otak, dsb. Kayu manis mengandung senyawa flavonoid yang berguna mengurangi tingkat peradangan di tubuh. Penggunaan kayu manis secara rutin dipercaya bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan.

3. Membantu mengobati diabetes

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan tanpa menyebutkan sifat anti-diabetes yang dimilikinya. Kayumanis berguna meningkatkan kepekaan terhadap insulin, menurunkan kadar gula darah, dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Studi telah menemukan bahwa ekstrak kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah yang cukup signifikan pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Perlu Anda ketahui jika penyakit diabetes dapat menyebabkan penyakit jantung jika tidak segera diobati.

4. Melindungi kesehatan jantung anda

Konsumsi kayu manis secara rutin sebagai teh atau bumbu dapur dapat melindungi kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan trigliserida. Ini adalah salah satu manfaat kayu manis yang cukup diperhitungkan. Tekanan darah tinggi dan kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Selain itu kayu manis juga berguna meningkatkan sirkulasi darah untuk mempercepat proses penyembuhan jaringan tubuh yang rusak.

5. Menjaga kesehatan otak anda

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu melindungi fungsi otak dan mencegah penurunan kognitif. Kayu manis mengandung antioksidan penting yang dapat Melindungi otak dari gangguan neurologis seperti Penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kayu manis berguna meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi kesehatan otak karena kandungan senyawa dalam kayu manis memiliki kemampuan untuk mengaktifkan protein neuroprotektif. Protein neuroprotektif inilah yang membantu mencegah kerusakan dan mutasi pada sel otak. Selain itu, senyawa anti inflamasi dan kandung antioksidan dalam kayu manis dapat mencegah efek penuaan pada otak dan tubuh.

6. Mencegah infeksi dan melawan virus

Ada banyak manfaat kayu manis untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, salah satu yang patut Anda perhitungan adalah kemampuannya dalam melindungi tubuh dari serangan infeksi dan virus. Penggunaan kayu manis dapat membantu sistem imun dalam melawan berbagai macam penyakit karena efek antivirus yang dimilikinya. Kayu manis memiliki sifat antibiotik, antimikroba, antiviral dan antijamur. Minyak Kayu manis juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu tubuh dalam melawan berbagai macam bakteri sehingga kayu manis bisa digunakan sebagai obat yang efektif untuk mengatasi flu dan pilek.

7. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang cukup mematikan di mana penyakit ini dapat menimpa siapa saja. Mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna dan bahan pengawet secara berlebihan merupakan salah satu penyebab umum penyakit kanker. Selain itu, penyakit kanker juga bisa disebabkan oleh efek buruk radikal bebas. Karena kayu manis mengandung antioksidan yang kuat maka penggunaannya dapat mencegah kerusakan DNA, pertumbuhan kanker dan mutasi sel. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kayu manis juga berguna melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Studi telah menemukan bahwa kayu manis dapat mencegah kanker usus besar.

8. Melawan alergi

Kandungan senyawa bermanfaat dalam Kayu manis diketahui dapat membantu mengatasi gejala alergi karena mampu mengurangi peradangan sekaligus mengobati reaksi histamin di tubuh anda. Hal ini juga menjadikan kayu manis diketahui sangat baik untuk mengobati penyakit asma yang umumnya terjadi akibat alergi.

9. Sebagai pengganti gula

Rasa manis yang dimiliki oleh kayu manis dapat digunakan sebagai pengganti gula yang sehat dan pastinya aman untuk kesehatan. Gula secara umum memiliki efek buruk pada kesehatan seperti menyebabkan obesitas, kolesterol tinggi, kadar gula darah yang meningkat, dan munculnya keriput.

10. Membunuh bakteri di pencernaan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan dengan cara menghentikan pertumbuhan candida di saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan karena kayu manis memiliki efek anti jamur yang kuat. Penggunaan kayu manis dapat membantu membunuh sejumlah candida albicans yang dapat mengancam kesehatan pencernaan.

11. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut merupakan indikasi adanya gangguan kesehatan pada gigi dan mulut. Bau mulut secara umum disebabkan oleh terlalu banyaknya bakteri yang ada di mulut yang biasanya disebabkan oleh kelebihan mengkonsumsi makanan lengket atau mengandung gula. Bakteri sering datang dan tumbuh dalam tenggorokan dan belakang lidah anda, mereka melepaskan senyawa belerang yang dapat menyebabkan bau yang tidak enak pada mulut. kayu manis memiliki sifat antibakteri yang membuatnya bermanfaat menghilangkan bau mulut saat digunakan sebagai obat kumur alami.

12. Menjaga kesehatan gigi

Satu lagi manfaat kayu manis untuk kesehatan mulut Anda yaitu mengatasi kerusakan gigi. kayu manis memiliki sifat antibakteri yang bisa dijadikan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri di mulut Anda yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut.

13. Sebagai pengawet alami

Karena sifat antibakteri yang dimilikinya kayu manis sangat bermanfaat untuk mengawetkan makanan secara alami tanpa menggunakan bahan kimia Anda bisa menutupi buah dengan ekstrak kayu manis agar tetap segar lebih lama. Selain itu kayu manis juga memiliki kemampuan menghambat tirosinase sehingga akan mencegah perubahan warna pada buah dan sayur.

14. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat merupakan salah satu dari penyebab utama banyak masalah kesehatan termasuk penyakit jantung dan stroke. Menjaganya tetap stabil merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Kayu manis membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh sekaligus menurunkan kolesterol buruk atau LDL.

15. Mencegah Polycystic ovary syndrome atau PCOS

Sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan keseimbangan kadar hormonal. Kayu manis membantu mengelola berbagai macam masalah yang berkaitan dengan sindrom ovarium polikistik. Kayu manis dapat mengatasi resistensi insulin dan kenaikan berat badan yang disebabkan oleh PCOS. Selain itu, penggunaan kayu manis juga bermanfaat mengurangi pendarahan pada saat menstruasi dan kondisi kesehatan wanita lainnya seperti menorhagia endometriosis dan fibroid uterus.

16. Memerangi Virus HIV

Virus HIV dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan AIDS jika tidak diobati. Sebuah studi laboratorium pada sel yang terinfeksi HIV menunjukkan bahwa kayu manis memberi hasil terbaik di antara 69 tanaman obat lainnya. Sehingga ini menjadi indikasi yang baik bahwa kayu manis mampu membunuh virus HIV. Meskipung demikian penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk melihat sejauh mana efek kayu manis pada virus HIV.

17. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan adalah menurunkan konsentrasi glukosa darah dan meningkatkan sensitifitas insulin sehingga membuatnya berguna menurunkan berat badan. Kayu manis dapat membantu memperlambat respons glukosa postprandial dan mengurangi kadar gula darah. Mencegah kenaikan gula darah secara tiba-tiba dapat membantu mengendalikan kenaikan berat badan Anda.

18. Mencegah batuk dan sakit tenggorokan

Kayu manis dianggap sebagai salah satu obat alami yang cukup efektif untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Kayu manis bisa digunakan sebagai obat kumur Untuk meringankan sakit tenggorokan. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menambahkan beberapa bubuk kayu manis ke secangkir air hangat setelah itu gunakan sebagai obat kumur untuk melegakan tenggorokan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kayu manis memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri di sekitar tenggorokan.

19. Mengobati gejala ADHD

ADHD attention deficit hyperactivity disorder merupakan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas pada anak. Aromaterapi kayu manis diketahui efektif dalam mengobati ADHD pada anak-anak. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki kandungan antioksidan kuat yang dapat mengatasi stress oksidatif yang biasanya dialami oleh anak yang mengalami ADHD.

20. Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan yang luar biasa adalah meningkatkan ketahanan sistem kekebalan tubuh. Sangat dianjurkan mengkonsumsi beberapa cangkir teh kayu manis di siang hari untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun. Dalam kayu manis terdapat banyak senyawa organik yang dapat membunuh dan melawan patogen yang menyebabkan penyakit dan infeksi di dalam tubuh.

21. Mencegah berbagai macam penyakit

Kandungan antioksidan dalam kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit lain yang menyerang sistem imun. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ke dalam Menu sehat harian Anda untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

22. Mengatasi berbagai macam masalah pencernaan

Senyawa aktif yang menguntungkan dalam kayu manis memiliki kemampuan untuk merangsang asam lambung dan cairan lambung. Ini adalah alasan mengapa kayu manis sering digunakan sebagai obat rumah yang efektif untuk berbagai masalah pencernaan seperti mengatasi sembelit, gas, kram, kembung, dan sakit perut.

23. Mengurangi gejala menstruasi

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan wanita adalah mengurangi gejala menstruasi. Konsumsi kayu manis secara rutin dapat membantu meringankan kram dan rasa sakit pada saat menstruasi.

24. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup sulit untuk dihilangkan dan membuat kita kehilangan percaya diri. Meskipun demikian ternyata ada obat yang cukup ampuh untuk membantu mengatasi jerawat dengan efektif dan aman yaitu menggunakan manfaat kayu manis. Caranya: Anda bisa mencampur satu sendok makan kayu manis dan tiga sendok makan madu. Oleskan campuran kedua bahan tadi ke kulit wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Jika sudah selesai bilas dengan air hangat.

25. Membantu mengatasi kulit kering

Selain jerawat masalah kulit yang juga bisa diatasi dengan manfaat kayu manis adalah kulit kering. Penggunaan kayu manis pada kulit wajah dapat membantu melembabkan kulit secara alami dan meningkatkan elastisitasnya. Selain itu, penggunaan kayu manis juga dapat menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi semakin kering. Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti minyak almond, madu, atau minyak zaitun agar efek pengobatannya semakin baik.

26. Membuat kulit tampak cantik bersinar

Penggunaan kayu manis secara topikal pada kulit wajah dapat membuatnya tampak sehat berkilau secara alami. Anda bisa menggunakan kayu manis sebagai masker wajah yang berguna mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit anda lebih sehat terawat. Belum lagi efek anti jerawat yang dimilikinya juga memberikan daya tarik tersendiri.

27. Mengobati eskim

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kayu manis sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit kering termasuk eksim. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat astringent dan antiseptik yang berguna mengobati eksim. Anda bisa membuat pasta dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh madu kemudian menerapkannya ke kulit. Kemudian biarkan selama 15 sampai 20 menit.

28. Mencegah keriput 

Antioksidan kuat yang terdapat dalam kayu manis bermanfaat memperlambat proses penuaan dengan mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus di kulit wajah. Aplikasi kayu manis secara dapat meningkatkan aliran darah dan membawa lebih banyak oksigen ke permukaan kulit Anda. Sehingga, meningkatkan elastin dan produksi kolagen kulit. Munculnya keriput dan garis-garis halus lebih awal disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastin pada kulit.

29. Mencegah infeksi pada luka

Salah satu manfaat kayu manis yang lainnya adalah menjaga agar tidak terdapat infeksi pada luka. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki sifat antibakteri yang berguna mencegah infeksi pada luka.

30. Menghaluskan kaki

Jika Anda mengalami masalah dengan kaki kasar dan pecah-pecah Anda bisa menggunakan manfaat kayu manis. Caranya campur satu sendok makan minyak zaitun, jus lemon, susu dan kayu manis. Gunakan ramuan ini untuk merendam kaki Anda selama 15 sampai 20 menit untuk menghaluskan dan menghilangkan bau kaki secara alami.

31. Menghilangkan ketombe

Kayu manis ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya cukup mudah, pertama campur 1 sdm madu, 1 sdt bubuk kayu manis, dan seperempat cangkir minyak zaitun hangat. Gunakan ramuan ini untuk dioleskan ke rambut dan kulit kepala Anda kemudian diamkan selama 20 menit. Jika sudah selesai bilas rambut anda hingga bersih.

32. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan yang terakhir adalah membantu merangsang pertumbuhan rambut. Memijat kulit kepala dengan kayu manis dan madu dengan lembut dapat merangsang sirkulasi darah yang pada gilirannya akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Demikian tadi informasi mengenai 32 manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui. Selain di atas, tentu masih banyak lagi manfaat yang dimiliki oleh kayu manis yang mungkin masih belum tercantum dalam artikel ini.

Share On