30 Manfaat jahe untuk kesehatan yang mengagumkan (teruji klinis)

Manfaat jahe untuk kesehatan
Manfaat jahe untuk kesehatan, image by pixabay.com

Manfaat jahe untuk kesehatan yang mengagumkan dan terbukti oleh penelitian. Jahe merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe juga sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan senyawa yang yang terdapat dalam jahe. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat jahe untuk kesehatan mari simak artikel di bawah ini:

1. Mengobati vertigo

Manfaat jahe untuk kesehatan yang pertama adalah meringankan gejala vertigo. Vertigo merupakan sebuah kondisi pusing yang membuat anda merasa berputar-putar dimana gejala vertigo ini mirip dengan mabuk kendaraan. Meskipun bukan merupakan penyakit berbahaya tetapi vertigo cukup mengganggu sehingga banyak orang yang mencoba mengobatinya secepat mungkin. Salah satu bahan alami yang bisa anda pertimbangkan untuk mengobati vertigo adalah jahe. Untuk mengobati vertigo Anda membutuhkan dosis sekitar 500 mg jahe. Selain aman jahe juga cukup efektif sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan efek samping yang ditimbulkannya.

2. Mengatasi mual dan muntah

Mual atau muntah merupakan kondisi dimana ada dorongan cairan yang kita konsumsi berupa makanan untuk menekan keluar dari mulut. Mual dan muntah atau ketidaknyamanan pada perut merupakan sebagian dari masalah kesehatan yang bisa diobati dengan jahe. Tapi salahnya kebanyakan orang justru memilih obat kimia untuk mengatasi mual.

3. Mengatasi flu

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat adalah menggunakan jahe. Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala flu yang cukup mengganggu di mana biasanya sering dialami oleh mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Jahe diketahui merupakan obat alami yang efektif untuk mengatasi flu karena memiliki sifat anti virus yang melindungi tubuh terhadap bakteri dan virus yang menyebabkan flu dan demam. Selain itu, mengkonsumsi jahe juga berguna membersihkan sistem pernapasan yang pada gilirannya akan mengurangi gejala hidung tersumbat.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Jahe dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan jahe untuk digunakan berendam. Selain menghilangkan racun dari dalam tubuh cara ini cukup efektif untuk menghilangkan stress, ketegangan, dan kelelahan setelah seharian bekerja. Anda hanya perlu melakukan nya selama 5 menit dan semua racun di dalam tubuh anda akan keluar. Semakin banyak keringat yang anda keluarkan maka semakin banyak pula racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

5. Mengatasi morning sickness

Morning sickness atau mual yang dialami oleh ibu hamil merupakan kondisi yang sangat mengganggu selama masa kehamilan. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada pagi hari di awal kehamilan. Jika anda tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia yang memiliki efek samping Anda bisa mengatasi morning sickness ini dengan menggunakan jahe. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam Journal obstetrics and gynecology yang melibatkan 675 peserta, menemukan bahwa jahe benar benar memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dalam mengurangi keparahan muntah selama masa kehamilan.

6. Mencegah kanker kolorektal

Sebuah penelitian di laboratorium yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa menambahkan jahe ke dalam makanannya dapat menurunkan resiko pengembangan dan pertumbuhan sel kanker kolorektal. Menurut Frontiers in Cancer Prevention Research jahe mengandung komponen aktif yang disebut gingerols yang juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker kolorektal pada manusia. Kedua penelitian tersebut tampaknya sudah cukup untuk melihat manfaat jahe dalam hal mencegah penyakit kanker usus besar atau yang sering disebut kanker kolorektal.

7. Mencegah kanker prostat dan kanker Ovarium

Manfaat jahe yang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker prostat dan kanker ovarium. Kedua jenis kanker ini merupakan salah satu musuh utama bagi pria dan wanita dan telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Para ilmuwan telah melakukan banyak penelitian dan semuanya menunjukkan bahwa jahe sangat baik dalam membunuh sel kanker prostat dan ovarium. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan menemukan bahwa jahe sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan ovarium. Selain itu American Association for Cancer juga menyimpulkan bahwa jahe bubuk bisa digunakan untuk mengobati sel kanker.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat memainkan banyak peran penting dalam serangkaian proses kompleks yang bertujuan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit utamanya dari virus. Semakin baik sistem kekebalan tubuh kita maka semakin baik pula pertahanannya melawan penyakit, begitu juga sebaliknya jika sistem kekebalan tubuh kita melemah maka kita akan lebih mudah terkena penyakit seperti flu batuk dan penyakit lainnya yang menyerang sistem imun. Banyak penelitian yang telah mengungkap bahwa jahe bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memastikannya dapat berfungsi dengan baik. Ini mungkin terjadi karena jahe memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas di mana radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya termasuk kanker dan penuaan dini.

9. Membantu meringankan asma

Asma merupakan penyakit yang mempengaruhi sistem pernafasan anda, dimana orang yang menderita penyakit ini mengalami kesulitan dalam bernafas. Penyakit asma umumnya terjadi akibat akumulasi lendir sehingga saluran napas menjadi meradang dan menyempit. Beberapa gejala penyakit asma diantaranya sesak dada, sesak napas, batuk, dan mengi. Penyakit ini umumnya cukup sulit disembuhkan secara total, akan tetapi bisa dilakukan perawatan untuk mengurangi tingkat keparahannya. Salah satu bahan alami yang bisa Anda coba untuk meringankan gejala asma adalah jahe. Hal ini dikarenakan jahe mengandung gingerol, zingeron dan shogaols, yang merupakan komponen aktif yang memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi.

10. Memperlancar sirkulasi darah

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar dapat mendukung kesehatan anda secara keseluruhan. Hal ini mungkin terjadi karena jahe memiliki kandungan nutrisi penting seperti asam amino, vitamin dan mineral yang kesemuanya sangat berguna untuk mendukung kelancaran sirkulasi darah.

11. Menjaga kesehatan pencernaan

Jahe dapat membersihkan usus besar dari racun dan limbah yang tidak diinginkan sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan. Mengkonsumsi jahe secara rutin dapat meningkatkan produksi empedu, air liur, dan cairan lambung yang sangat baik untuk pencernaan. Penting untuk diketahui bahwa waktu terbaik untuk mengkonsumsi jahe adalah pada saat perut dalam keadaan kosong atau sebelum makan.

12. Meringankan gejala maag

Banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa manfaat jahe untuk mengatasi penyakit maag lebih efektif dibandingkan obat-obatan kimia. Hal ini tentang tentu menjadi kabar baik bagi anda. Untuk merasakan manfaat jahe yang satu ini anda bisa menambahkannya ke dalam masakan atau mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk wedang jahe.

13. Mengobati sakit perut

Jahe diketahui memiliki banyak khasiat untuk menenangkan mulas, mual, dan masalah kesehatan perut lainnya. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi dalam jahe cukup efektif dalam meningkatkan produksi cairan di sistem pencernaan dan mengatur tingkat keasaman lambung. Hal ini memainkan peran penting dalam membantu meringankan tahu mengatasi berbagai macam masalah yang menyerang sistem pencernaan anda.

14. Mengatasi nyeri

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk meredakan nyeri punggung dan penyakit lain yang disebabkan oleh peradangan. Manfaat jahe untuk kesehatan yang satu ini telah dikonfirmasi oleh Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pain, dimana dalam penelitian tersebut menunjukkan sifat anti-inflamasi yang dimiliki jahe dapat mengurangi peradangan dan nyeri yang lebih efektif dibandingkan obat kimia. Bukan hanya itu,  Dr. Krishna C. Srivastava, seorang peneliti terkenal dari Odense University di Denmark telah melakukan banyak penelitian untuk menemukan manfaat jahe dalam hal mengobati nyeri. Dalam suatu penelitian yang dilakukannya terbukti bahwa pasien yang mengalami arthritis mengalami perubahan positif setelah diberi jahe.

15. Meringankan batuk

Manfaat jahe untuk kesehatan bukan hanya mampu mengatasi hidung tersumbat tetapi juga menyembuhkan batuk yang merupakan penyakit ringan tetapi cukup mengganggu. Faktanya banyak penderita batuk telah menggunakan jahe sebagai obat alami mereka karena terbukti cukup efektif untuk meredakan batuk. Oleoresin yang hadir dalam ramuan jahe yang bertanggung jawab untuk menekan dan meredakan batuk. Bukan hanya itu, jahe juga mengandung senyawa aromatik seperti shogaols, gingerols dan zingerone. Senyawa ini memberi jahe kemampuan dalam meringankan batuk dan sakit tenggorokan.

16. Meringankan Arthritis

Arthritis adalah kondisi peradangan yang menyebabkan rasa sakit pada persendian. Diperkirakan ada sekitar 10 juta orang di Inggris menderita arthritis ini. Pada dasarnya arthiritis dapat dialami oleh orang dengan usia berapapun dan jenis kelamin apapun, meskipun pada umumnya penyakit ini lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki usia di atas 40 tahun. Dokter sering memberi pasien obat tertentu yang diresepkan untuk mengurangi rasa sakit dan meringankan gejala Arthritis. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa manfaat jahe untuk kesehatan ternyata mampu mengobati rheumatoid arthritis dan osteoarthritis (dua jenis arthritis yang paling umum).

17. Meringankan stres

Di zaman sekarang ini stres dan depresi merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh orang terutama yang tinggal di kota-kota besar. Hal ini mungkin terjadi akibat polusi dan juga efek radikal bebas yang semakin menjadi-jadi. Belum lagi masalah masyarakat kota yang semakin hari semakin kompleks juga akan memberburuk kondisi mereka. Banyak praktisi kesehatan yang telah melihat bahwa jahe memiliki potensi yang cukup baik untuk membantu meringankan depresi dan stres pada seseorang. Meskipun tidak banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat jahe untuk kesehatan yang satu ini. Di samping mengkonsumsi jahe secara rutin, anda juga bisa melakukan hal-hal positif seperti olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung tinggi antioksidan untuk mencegah stres.

18. Meringankan nyeri haid

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan wanita adalah meringankan nyeri haid. Kram dan nyeri saat menstruasi merupakan pengalaman yang menyebalkan bagi sebagian besar wanita. Meskipun masalah kesehatan ini cukup sering dialami tetapi tingkat keparahan nyeri pada beberapa orang cukup mengganggu dan membuat mereka kesulitan dalam beraktivitas. Kebanyakan wanita yang mengalami nyeri haid hanya mengandalkan kompres atau obat kimia yang dalam jangka panjang akan memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu sebaiknya Anda beralih menggunakan bahan alami seperti jahe untuk membantu meringankan nyeri haid yang anda alami.

19. Meningkatkan fungsi otak

Mungkin mengkonsumsi jahe secara rutin tidak akan serta merta membuat anda menjadi lebih cerdas. Akan tetapi paling tidak jahe bermanfaat melindungi otak anda dari berbagai macam masalah menurunnya fungsi kognitif otak seperti penyakit alzheimer. Sebuah studi telah menemukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kapasitas memori otak pada tikus yang diberikan ekstrak jahe. Alasannya adalah mengkonsumsi jahe memiliki efek positif pada ERK/CREB, senyawa yang bertanggung jawab mentransmisikan informasi antar sel otak. Dalam rangka mendapatkan manfaat jahe untuk kesehatan yang satu ini anda bisa menambahkan jahe ke dalam masakan seperti sup, smoothie, atau teh.

20. Mencegah infeksi

Manfaat jahe untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mencegah infeksi. Kuman dan bakteri berada di mana-mana yang sewaktu-waktu dapat masuk melalui makanan yang kita konsumsi. Saat hal itu terjadi maka beberapa organ di dalam tubuh termasuk usus, sistem pernapasan dan sistem saluran kencing dapat terkena dampaknya. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada banyak ramuan alami seperti jahe yang sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi dari bakteri tersebut. Namun untuk beberapa kasus infeksi yang parah anda tetap memerlukan antibiotik sehingga penggunaan jahe hanya sebagai bahan tambahan.

21. Mencegah gusi berdarah

Manfaat jahe untuk mencegah infeksi tampaknya juga berguna untuk mengatasi pendarahan gusi berdarah. Gusi berdarah disebabkan oleh berbagai faktor termasuk penyakit leukimia, anemia dan kekurangan vitamin K. Akibatnya gusi akan terasa sakit dan bengkak. Ada banyak obat yang bisa anda temukan di apotek untuk mengatasi masalah tersebut, akan tetapi jahe bisa dijadikan alternatif yang sehat dan aman karena tidak memiliki efek samping berarti. Jahe diketahui sangat efektif dalam menetralkan keasaman yang disebabkan oleh bakteri sehingga akan mencegah pendarahan pada gusi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada bulan September tahun 2008 lalu di Fysiotherapy Research menginformasikan bahwa kandungan gingerol pada jahe sangat baik untuk menghancurkan bakteri berbahaya di mulut Anda yang menyebabkan penyakit gusi.

22. Meringankan CFS (Chronic Fatigue Syndrome)

Chronic Fatigue Syndrome (CFS) atau dalam bahasa Indonesia berarti Sindroma Letih dan Lesu Kronis merupakan suatu sindrom yang memiliki gejala seperti kelelahan, batuk, dan pusing. Sampai saat ini dokter masih belum mengetahui penyebab pasti masalah kesehatan yang satu ini, sehingga langkah pencegahan seperti mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur menjadi salah satu solusi. Meskipun demikian ternyata jahe diketahui cukup efektif dalam mengurangi gejala CFS tersebut. Bagi Anda yang mengalami gejala seperti di atas bisa mengkonsumsi jahe untuk meringankannya.

23. Membantu berhenti merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan risiko banyak penyakit degeneratif seperti masalah kardiovaskular, kanker, gangguan kulit, kerusakan mulut, dan penyakit paru-paru. Ada ribuan orang yang terbunuh oleh kebiasaan merokok ini setiap tahunnya karena rokok mengandung setidaknya 4.000 bahan kimia berbahaya. Bagi kebanyakan orang yang sudah merokok sejak lama, menghentikan kebiasaan tersebut terasa sulit. Untungnya, zat alami yang ditemukan dalam jahe bisa membantu Anda berhenti merokok lebih mudah. Jahe memiliki beberapa senyawa bermanfaat yang bisa mengatasi mual yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Meskipun demikian para peneliti masih mendalami mengenai manfaat jahe yang satu ini untuk melihat sejauh mana pengaruhnya terhadap perokok.

24. Membantu mengatasi kram

Jahe memiliki sifat menghangatkan yang sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuatnya dianggap sebagai ramuan yang cukup efektif untuk meredakan ketegangan pada otot. Berikut beberapa tahapan yang perlu anda lakukan untuk mengatasi kram menggunakan jahe: Haluskan jahe dengan cara memarut. Gunakan parutan jahe tersebut untuk memijat kaki atau bagian tubuh lain yang keram atau kaku selama sekitar 10 menit. Lakukan setidaknya dua hari sekali untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan pada otot.

25. Meringankan migrain

Tidak banyak orang yang mengetahui jika ternyata salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah mengobati sakit kepala sebelah atau migrain. Sakit kepala sebelah atau migrain sering disebabkan oleh kontraksi, peradangan, dan perubahan hormon. Jahe memiliki lebih dari 200 zat yang memiliki kemampuan untuk menonaktifkan prostiglandin yang mengakibatkan kontraksi otot, perubahan hormonal dan pembengkakan.

26. Menghilangkan bau mulut

Bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan bau mulut sebaiknya memanfaatkan jahe untuk mengatasinya. Dibandingkan membeli obat kumur yang mahal dan memiliki efek samping, jahe bisa dijadikan alternatif yang aman dan tidak kalah efektif. Jahe dapat menghilangkan bau mulut karena memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri di mulut Anda.

27. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet tidak ada salahnya untuk memasukkan jahe ke dalam menu sehat harian. Anda dapat menambahkan jahe ke dalam berbagai masakan Anda seperti kue dan sup. Jahe membantu membuat sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik sehingga akan mencegah sembelit yang dapat mengakibatkan perut buncit.

28. Menghangatkan tubuh

Di saat cuaca dingin, menggunakan jahe bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Cuaca ingin dapat membuat otot Anda sulit bergerak sehingga Anda perlu menghangatkannya.

29. Meningkatkan kesehatan pria dewasa

Jahe memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitifitas dan sirkulasi yang dapat membantu meningkatkan gairah pria dewasa.

30. Mengatasi diare

Diare membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi karena banyak kehilangan cairan. Air dan makanan yang terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang satu ini. Ada banyak bahan alam yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare salah satu yang utama adalah jahe. Selain memiliki sifat antibakteri, jahe juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga berguna meringankan dan mengobati diare.

Demikian ulasan mengenai manfaat jahe untuk kesehatan yang luar biasa, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk anda.

Share On