21 Manfaat biji labu untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat biji labu untuk kesehatan
manfaat biji labu, image by pixabay.com

Manfaat biji labu untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat mengagumkan serta kandungan nutrisi di dalamnya. Biji labu mengandung mineral penting seperti seng, magnesium, tembang, kalsium, mangan, dan fosfor sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain mineral, biji labu juga memiliki beberapa antioksidan dari vitamin A dan E yang dapat membantu anda melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Biji labu juga memiliki beberapa asam lemak esensial sekaligus seperti asam oleat, stearat, palmitat dan linoleat. Asam lemak ini sangat penting untuk metabolisme dalam tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan terutama saraf dan pembuluh darah. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat biji labu untuk kesehatan mari baca artikel berikut ini:

1. Melembabkan kulit secara alami

Biji labu bukan hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tetapi juga kecantikan kulit. Biji labu memiliki asam lemak tak jenuh seperti omega 3 yang memiliki sifat alami yang menjaga kelembaban kulit secara alami. Anda bisa menggunakan pasta dari biji labu untuk diterapkan pada kulit dalam rangka mengatasi berbagai macam masalah seperti kulit kering.

2. Mengatasi jerawat di wajah

Manfaat biji labu untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membantu menghilangkan jerawat secara alami dan aman. Biji labu memiliki kandungan seng yang tinggi di mana mineral ini memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi bekas luka dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, kandungan seng dalam biji labu juga membantu menenangkan kelenjar sebasea yang terlalu aktif karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

3. Memperlambat proses penuaan kulit

Paparan sinar matahari berlebih terhadap kulit dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang membuatnya tampak lebih tua dan kusam. Hal ini diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat dari makanan yang kita konsumsi, sehingga dapat meningkatkan tampilan atau pigmentasi kulit yang kurang menarik seperti munculnya keriput dan garis halus di wajah. Biji labu memiliki kandungan antioksidan tinggi termasuk vitamin A dan E yang membantu menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit wajah anda.

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat biji labu untuk kecantikan yang luar biasa adalah meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cepat karena memiliki kandungan l-lysine dan zat besi dalam jumlah yang tinggi di mana kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Bagi anda yang memiliki masalah seperti rambut rontok tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi biji labu secara rutin dalam rangka menyuplai nutrisi bagi rambut agar pertumbuhannya bisa lebih cepat dan maksimal.

5. Mengatasi ketombe secara alami

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sangat mengganggu karena selain mengurangi penampilan juga menyebabkan gatal. Ketombe merupakan iritasi atau pengelupasan yang terjadi pada kulit kepala di mana masalah ini disebabkan oleh jamur. Biji labu dapat mencegah iritasi, pengelupasan, dan terasa gatal yang diakibatkan oleh ketombe karena memiliki sifat anti jamur. Anda bisa menggunakan minyak biji labu secara rutin untuk menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh kita

Sistem kekebalan tubuh merupakan benteng utama tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit sehingga membuatnya tetap berfungsi dengan baik. Biji labu memiliki kandungan seng yang sangat tinggi di mana nutrisi ini berperan penting dalam mencegah pembentukan sitokin inflamasi dan stres oksidatif yang keduanya merupakan penyebab umum melemahnya sistem kekebalan tubuh.

7. Mencegah pendarahan

Biji labu mengandung tinggi vitamin K yang bermanfaat dalam pembekuan darah sehingga memberikan perlindungan dari pendarahan akibat luka dan sejenisnya. Dalam 1 ons biji labu menyediakan sekitar 2 mg vitamin K. Selain mencegah pendarahan, kandungan vitamin K dalam biji labu juga memainkan peran penting dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang kita sehingga menurunkan resiko penyakit osteoporosis. Bagi anda yang sedang hamil tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi biji labu secara rutin untuk mencegah pendarahan pada waktu proses kelahiran.

8. Kaya akan vitamin E

Kandungan vitamin E dalam biji labu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di mana vitamin ini merupakan antioksidan yang berguna menjaga jaringan tubuh dalam melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Vitamin E juga merupakan salah satu benteng utama tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun. Vitamin E juga bermanfaat mengurangi kerusakan hati, mencegah penyakit kanker, stroke, dan dimensia. Belum lagi, kandungan vitamin E dalam biji labu juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit sehingga mengkonsumsi makanan kecil ini akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda.

9. Mencegah insomnia

Bagi anda yang sedang mengalami masalah dengan tidur sebaiknya banyak mengkonsumsi biji labu. Hal ini dikarenakan biji labu memiliki kandungan magnesium dan asam amino yang berguna meningkatkan proses pelepasan stres sehingga membuat anda lebih mudah tidur. Perlu anda ketahui jika stres merupakan salah satu penyebab insomnia atau susah tidur. Belum lagi di dalam biji labu juga terdapat kandungan seng yang membantu otak untuk mengubah triptofan menjadi serotonin yang merupakan hormon bahagia.

10. Membunuh parasit di tubuh

Manfaat biji labu untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mencegah munculnya parasit di dalam tubuh kita. Beberapa parasit seperti cacing pita merupakan pengganggu yang dapat menyerap nutrisi di dalam tubuh sehingga membuat seseorang menjadi mudah sakit dan lemah. Parasit tersebut biasanya masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan air yang kita konsumsi. Cacing pita biasanya sering menimpa anak-anak karena selain lemahnya sistem kekebalan tubuh mereka juga kurang memperhatikan kebersihan.

Banyak orang yang telah mengambil biji labu sebagai obat untuk mengatasi parasit karena memiliki sifat pencahar dan antelmintik yang dimilikinya. Terutama, kandungan zat cucurbitins dalam biji labu mampu melumpuhkan cacing sekaligus mengeluarkannya dari dalam tubuh.

11. Meningkatkan kesehatan mental

Salah satu manfaat biji labu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui adalah dapat meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Biji labu memiliki asam lemak yang dapat mengurangi peradangan di sel otak kita. Belum labu memiliki kandungan beberapa senyawa yang menguntungkan dalam biji labu seperti tryptophan dan asam amino yang mampu melawan berbagai macam masalah mental seperti depresi dan kecemasan.

12. Menurunkan kolesterol jahat

Tingginya kadar kolesterol dalam darah secara umum dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Jika tidak segera diatasi, tingginya kadar kolesterol bisa berakibat fatal. Ada banyak makanan yang bisa anda pilih untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tersebut diantaranya adalah biji labu. Kandungan omega-3 yang terdapat dalam biji labu dapat mencegah perkembangan arteriosklerosis dan membantu mencegah penyakit jantung.

13. Meningkatkan kesehatan prostat

Salah satu manfaat biji labu untuk kesehatan pria adalah membantu mencegah timbulnya masalah prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak biji labu dapat mengurangi terjadinya hipertrofi prostat jinak (suatu keadaan dimana kelenjar prostat Anda membesar). Penyakit ini ditandai dengan tidak tuntasnya saat buang air kecil sehingga membuat anda lebih sering buang air kecil dibandingkan biasanya. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan buang air kecil tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi biji labu.

14. Mencegah batu ginjal

Salah satu manfaat terbaik dari biji labu yang perlu Anda ketahui adalah mencegah pembentukan batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi biji labu sebagai makanan ringan dapat membantu menghindarkan nda dari penyakit batu ginjal. Biji labu bermanfaat mengurangi jumlah zat yang dapat menimbulkan pembentukan batu dalam urine sekaligus meningkatkan senyawa yang mencegah pembentukan batu ginjal. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji labu secara teratur dapat meningkatkan kesehatan ginjal Anda secara keseluruhan.

15. Mencegah osteoporosis

Tulang merupakan salah satu organ penting yang terbentuk dari susunan mineral. Oleh sebab itu mencukupi kebutuhan mineral merupakan hal yang mutlak untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa biji labu merupakan makanan yang diperkaya dengan mineral penting seperti seng, kalsium, dan magnesium yang sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan tulang. Perlu Anda ketahui jika sekitar 65% magnesium disimpan di dalam tulang kita yang berfungsi bersama dengan kalsium untuk memperkuat struktur tulang.

Kurangnya asupan kalsium dan magnesium dapat meningkatkan resiko penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jadi sebelum hal ini terjadi sebaiknya cukupi kebutuhan mineral tersebut sedini mungkin dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti biji labu.

16. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah seseorang. Karena biji labu dapat meningkatkan regulasi insulin pada orang yang menderita diabetes sehingga membuatnya sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu mengkonsumsi biji labu secara rutin dapat menghambat beberapa efek buruk dari penyakit diabetes yang biasanya dapat menyerang fungsi ginjal belum lagi biji labu juga bermanfaat mengurangi stres oksidatif yang biasanya sering dialami oleh penderita diabetes.

17. Sumber omega 3

Manfaat omega 3 untuk kesehatan sangat banyak sekali di antaranya mengurangi beberapa masalah mental seperti mania, depresi, dan gangguan bipolar. Selain itu omega 3 juga membantu dalam pengobatan penyakit asma. Bahkan beberapa produk kecantikan juga memasukkan omega 3 ke dalam komposisi bahan mereka. Jadi mengkonsumsi biji labu akan memberikan banyak manfaat dari omega 3 yang dikandungnya.

18. Meningkatkan produksi sel darah merah

Salah satu kandungan mineral penting dalam biji labu adalah zat besi, dimana nutrisi ini memainkan peran utama dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan resiko anemia yang ditandai dengan mudah lelah, tidak bersemangat, dan pusing. Pada beberapa orang anemia tidak akan banyak berpengaruh, tetapi kondisi ini akan sangat dirasakan negatifnya bagi ibu hamil.

19. Mencegah kanker payudara

Bericara mengenai manfaat biji labu untuk kesehatan tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker payudara. Biji labu diketahui memiliki kandungan Fitoestrogen yang menunjukkan aktivitas untuk menghambat sel kanker payudara. Dengan demikian mengkonsumsi biji labu sangat membantu perawatan dan pencegahan kanker payudara.

20. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Biji labu mengandung tinggi serat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara alami. Serat dalam biji labu dapat memperlancar buang air besar dan mengatasi beberapa kondisi seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar, penyakit saluran pencernaan, wasir, dan tingginya kadar kolesterol.

21. Mengontrol berat badan

Salah satu manfaat biji labu untuk kesehatan yang cukup diminati bagi pelaku diet adalah kemampuannya dalam mengontrol berat badan pada tingkat ideal. Biji labu diperkaya dengan serat dan protein yang membantu Anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil terutama di malam hari.

Demikian tadi informasi mengenai 21 manfaat biji labu untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Share On