20 Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami (teruji klinis)

Cara meningkatkan daya tahan tubuh
Ilustrasi Cara meningkatkan daya tahan tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami agar tidak mudah sakit. Sistem kekebalan tubuh adalah jaringan interaktif organ, sel dan protein yang berperan dalam melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri atau zat asing lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Sistem kekebalan tubuh bekerja untuk menetralkan dan menghilangkan patogen seperti bakteri, virus, parasit atau jamur yang dapat merusak tubuh. Sel-sel sistem kekebalan tubuh berasal dari sumsum tulang, yang kemudian bermigrasi untuk menjaga jaringan perifer yang beredar di darah dan dalam sistem khusus pembuluh yang disebut sistem limfatik.

Saat sistem kekebalan tubuh kita bekerja bisa dengan baik maka akan membuat tubuh lebih kuat dalam melawan penyakit. Sebaliknya, lemahnya daya tahan tubuh akan mengakibatkan infeksi dan tumor imunodefisiensi yang parah yang berakibat pada overactive yang menyebabkan alergi dan penyakit autoimun. Sehingga meningkatkan daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting sekali.

Agar daya tahan tubuh kita bekerja dengan baik sistem kekebalan tubuh harus dapat membedakan antara sel “self” dan “non-self”. Zat non-self disebut juga antigen yang mencakup protein pada permukaan bakteri, jamur, dan virus. Ketika sel-sel di dalam tubuh mendeteksi adanya patogen maka sistem imun akan mendeteksi sehingga akan mengingatkan tubuh agar cepat mempertahankan diri terhadap patogen tersebut.

Yang menarik dari sistem kekebalan tubuh ini adalah dimana mereka dapat terus beradaptasi dan belajar sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri atau virus yang berubah dari waktu ke waktu. Secara umum ada dua bagian dari sistem kekebalan tubuh kita. Yang pertama adalah sistem kekebalan bawaan yang bekerja sebagai pertahanan utama tubuh dalam melawan patogen. Sedangkan yang kedua adalah sistem kekebalan tubuh adaptif, dimana tipe ini akan menargetkan patogen yang sangat spesifik yang telah dihubungi oleh tubuh. Kedua sistem kekebalan tubuh ini akan saling melengkapi dalam reaksi terhadap patogen atau zat berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Nah sekarang bagaimana cara kita meningkatkan daya tahan tubuh secara alami berikut penjelasannya:

1. Echinacea

Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang pertama adalah menggunakan tanaman echinacea. Echinacea merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah Amerika Utara dan Eropa. Kebanyakan zat kimia yang dikandung echinacea adalah stimulan bagi sistem imun untuk melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat terpenting echinacea adalah melindungi tubuh dari serangan infeksi. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 lalu yang diterbitkan di “Considence-Based Complementary and Alternative Medicine” menemukan bahwa echinacea memiliki efek maksimal untuk melawan infeksi dan pencegahan flu.

2. Elderberry

Buah dan bunga tanaman elderberry telah lama digunakan sebagai obat selama ribuan tahun yang lalu. Bahkan Hipokrates yang merupakan bapak kedokteran yang berasal dari Yunani telah mengetahui bahwa tanaman ini merupakan kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Dia menggunakan elderberry karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk kemampuannya dalam melawan flu alergi dan pembengkakan. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa elderberry memiliki kekuatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of International Medical Research menemukan bahwa penggunaan elderberry dalam kurun waktu 48 jam saat seseorang mengalami flu dapat dengan efektif mengurangi durasi dan pengurangan gejala flu tersebut.

3. Akar Astragalus

Astragalus adalah tanaman dalam keluarga kacang polong yang memiliki sejarah sangat panjang sebagai ramuan untuk meningkatkan daya tahan secara alami. Akarnya telah lama digunakan sebagai adaptogen dalam pengobatan tradisional China selama ribuan tahun yang lalau. Meskipun astragalus adalah salah satu ramuan penguat kekebalan tubuh yang paling banyak dipelajari, ada beberapa percobaan praklinis yang menunjukkan aktivitas kekebalan yang menarik.

Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan di American Journal of Chinese Medicine menemukan bahwa pengobatan berbasis astragalus telah menunjukkan peningkatan signifikan dari toksisitas yang diinduksi oleh obat-obatan seperti imunosupresan dan kemoterapi kanker. Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak astragalus memiliki efek yang menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh, sekaligus melindungi tubuh dari peradangan dan kanker gastrointestinal.

4. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan sangatlah banyak dan tidak terhitung jumlahnya. Selain baik untuk kesehatan pencernaan, jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara instan. Bahkan jahe dipercaya dapat membantu memecah akumulasi racun di organ tubuh kita karena memiliki efek pemanasan alami. Selain itu, jahe juga dikenal dapat membersihkan sistem limfatik jaringan dan organ tubuh kita yang membantu membersihkan racun, limbah dan bahan-bahan yang tidak diinginkan lainnya.

5. Ginseng

Tanaman ginseng yang masih dalam keluarga Panax, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Akar, batang dan daun ginseng sudah sering digunakan untuk mempertahankan homeostasis kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi. Ginseng meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengatur setiap jenis sel kekebalan tubuh, termasuk makrofag, sel pembunuh alami, sel dendritik, sel T dan sel B. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine menemukan bahwa ekstrak ginseng berhasil menginduksi respon antibodi antigen spesifik saat diberikan secara internal.

6. Koloida perak

Koloida perak telah lama digunakan sebagai obat alami untuk menghentikan penyebaran penyakit. Perak secara historis dan ekstensif telah digunakan sebagai agen antimikroba spektrum secara luas. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa koloid perak mampu secara signifikan menghambat pertumbuhan bakteri yang tumbuh dalam kondisi aerob dan anaerobik.

Cara mendapatkan manfaat koloid perak untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa menggunakan beberapa metode. Pertama Anda bisa mengambil satu tetes koloid perak secara internal, atau Anda juga bisa mengoleskannya ke kulit untuk menyembuhkan luka atau infeksi. Perlu diingat bahwa penggunaan koloid perak ini harus disertai dengan resep dari dokter, sehingga anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya. Selain itu, Anda juga tidak boleh menggunakannya selama lebih dari 14 Hari berturut-turut.

7. Hindari minuman beralkohol

Selain diharamkan dalam Islam minuman beralkohol juga memiliki bahaya yang tidak sedikit. Salah satu yang paling utama adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Brown menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol dapat menjadi racun bagi sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh sel dendritik.

Bahkan mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat menyebabkan tubuh lebih mudah terkena infeksi karena sel-sel yang berperan penting dalam membunuh mikroba tidak dapat bekerja dengan baik. Hasilnya, peminum alkohol akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga lebih mungkin untuk terserang penyakit seperti HIV dan penyakit lain yang berhubungan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh termasuk flu.

8. Kurangi stres

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang tidak kalah penting adalah menghindari stres. Stres yang berlebihan dapat membuat sistem kekebalan tubuh anda menjadi kurang bisa bekerja dengan baik sehingga membuat perlindungan tubuh terhadap penyakit menjadi melemah. Selain itu stres berlebih juga akan meningkatkan munculnya beberapa penyakit kronis yang menyerang sistem imun seperti asma alergi atau infeksi. Anda bisa menghindari stres dengan mendekatkan diri kepada Allah sekaligus memperbanyak olahraga, mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta selalu berfikir positif.

9. Meningkatkan aktivitas fisik

Olahraga secara teratur bukan hanya membantu Anda terhindar dari penyakit jantung, tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh anda secara keseluruhan. Berolahraga selama setidaknya 20 sampai 30 menit perhari dapat meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Berolahraga akan membuat antibodi serta sel darah putih untuk bergerak melalui tubuh lebih cepat, jadi mereka bisa dengan mudah mendeteksi penyakit lebih cepat sehingga bisa segera melakukan penanganan.

olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh
olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Belum lagi berolahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang berperan penting dalam memicu pelepasan hormon yang memberikan peringatan kepada sel kekebalan tubuh untuk menghancurkan patogen berbahaya. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai dan ringan untuk dilakukan setiap hari sehingga Anda tidak bosan untuk melakukannya.

10. Konsumsi minyak zaitun

Salah satu bahan alami yang dipercaya cukup efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah minyak zaitun tanaman zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang bermanfaat sebagai pelumas untuk sel di dalam tubuh. Pelumasan pada sel dapat membantu meningkatkan komunikasi dan fleksibilitas antara sel tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Mengkonsumsi asam lemak Omega 6 dari minyak zaitun dalam jumlah yang tepat sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi asam lemak omega 6 secara rutin memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak.

11. Cukupi kebutuhan tidur

Kualitas dan kuantitas tidur yang cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh anda. Mencukupi kebutuhan istirahat dari tidur yang nyenyak memungkinkan hormon reparatif dan hormon pertumbuhan untuk bekerja dengan baik. Menurut para ilmuwan kurang tidur dapat meningkatkan bahan kimia di dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan tidur setidaknya selama 7 jam per malam memiliki resiko 3 kali lipat yang lebih ringan terkena virus flu. Jadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pastikan anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup terutama di malam hari.

12. Jadilah orang yang bersosial

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa stress memainkan peran penting dalam menurunnya sistem kekebalan tubuh Anda sehingga mengurangi stres bisa membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi stres adalah dengan banyak bergaul.

berteman untuk meningkatkan daya tahan tubuh
hubungan sosial yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Kenapa hal ini bisa terjadi? kesendirian akan membuat anda menjadi sulit untuk melupakan masalah yang anda alami, sehingga membuat seseorang lebih mudah stres dan depresi. Tetapi sebaliknya berkumpul bersama teman-teman yang baik akan membantu Anda melupakan masalah dan membantu Anda keluar dari masalah tersebut. Tertawa dan bercanda bersama teman sedikit banyak akan membuat anda menjadi lebih rileks sehingga akan mengurangi hormon stress dalam tubuh. Sehingga mempererat hubungan sosial dengan sesama menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang tidak boleh diabaikan.

13. Menikah

Allah telah memerintahkan hambanya untuk menikah tentu bukan tanpa alasan. Selain dapat mensucikan diri dan agamanya, menikah ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini memang terdengar sedikit aneh tetapi penjelasannya cukup masuk akal.

Hubungan yang baik antara laki-laki dan perempuan ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda karena kenyamanan yang dirasakan. Hal ini sangat jauh berbeda jika seseorang laki-laki dan perempuan menjalani hubungan diluar nikah, karena tidak ada ketentraman ataupun kenyamanan yang dirasakan disebabkan karena ketidakpastian antara hubungan mereka. Inilah yang menjadi penyebab utama kenapa menikah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa hubungan intim antara pasangan suami istri dapat menurunkan resiko penyakit flu hingga 30%.

14. Berhenti merokok

Semua sepakat bahwa merokok memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan dan kehidupan kita secara keseluruhan. Selain dapat menyebabkan penyakit jantung impoten dan bahkan penyakit kanker merokok ternyata juga bisa menurunkan daya tahan tubuh seseorang sehingga membuatnya lebih rentan terkena penyakit.

Selain itu, merokok juga dapat memicu peradangan di dalam tubuh, infeksi telinga, dan juga meningkatkan risiko infeksi saluran pernafasan. Oleh sebab itu sebaiknya mulai dari sekarang Anda mulai berhenti merokok agar daya tahan tubuh anda lebih kuat.

15. Konsumsi yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan probiotik alami dimana nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik untuk menekan pertumbuhan bakteri buruk. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan mengurangi resiko beberapa penyakit seperti diare, virus, dan infeksi saluran pernapasan. Belum lagi probiotik di dalam Yoga juga sangat berguna meningkatkan kesehatan pencernaan anda sehingga dapat mencegah beberapa penyakit pencernaan.

16. Memenuhi kebutuhan vitamin D

Salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda adalah vitamin D. Vitamin jenis ini terbukti cukup efektif untuk mencegah beberapa penyakit seperti kanker, asma dan penyakit autoimun termasuk infeksi pernapasan. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan yang anda konsumsi seperti biji-bijian atau melalui sinar matahari pagi terutama di bawah jam 09.30.

Kebutuhan vitamin D pada masing-masing individu ditetapkan sekitar 400 IU per hari. Namun para ahli merekomendasikan setiap orang dewasa setidaknya mendapatkan 1000 IU perhari untuk mencapai batas yang sehat.

17. Penuhi kebutuhan vitamin C harian anda

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Mencukupi kebutuhan vitamin C selain dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan yang anda konsumsi juga berguna melawan berbagai macam serangan penyakit terutama yang disebabkan oleh melemahnya sistem imun. Vitamin C banyak ditemukan dari buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, buah stroberi dan buah kiwi. Usahakan Anda mendapatkan asupan vitamin C dari makanan terutama buah dan sayur bukan dari suplemen, karena selain lebih alami vitamin C yang berasal dari buah-buahan dan sayuran tidak memiliki efek samping apapun.

18. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Makanan yang mengandung tinggi antioksidan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dan melawan berbagai macam serangan penyakit seperti penyakit kanker, flu, katarak, dan penyakit alzheimer. Selain itu memenuhi kebutuhan antioksidan dari makanan yang anda konsumsi akan melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Untuk itu sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah anggur, strawberry blueberry, wortel dan teh hijau.

19. Penuhi kebutuhan protein harian anda

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang selanjutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein. Protein bukan hanya berguna meningkatkan massa otot, tetapi juga membantu menciptakan antibodi yang berguna melawan berbagai macam penyakit.

Anda bisa mengkombinasikannya antara protein hewani dan nabati untuk mencapai keseimbangan yang sehat. Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani seperti daging sapi juga tidak baik sehingga Anda harus mencari alternatif lain dengan memilih protein nabati seperti kedelai dan kacang-kacangan.

Share On