20 Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami
 sakit tenggorokan, image by doctoroz.com

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat yang cukup efektif untuk anda terapkan di rumah. Sakit tenggorokan atau suara serak merupakan salah satu masalah kesehatan ringan tetapi cukup membuat kita merasa tidak nyaman. Sakit tenggorokan sangat beragam sekali seperti terlalu banyak merokok mengkonsumsi minuman manis secara berlebihan sampai kanker laring.

Sekilas mengenai sakit tenggorokan

Beberapa orang yang mengalami sakit tenggorokan biasanya terdapat benjolan pada tenggorokan mereka. Dalam kebanyakan kasus hal ini akan menyebabkan hilangnya suara sementara. Jika tidak diobati dengan cepat sakit tenggorokan bisa menyebabkan komplikasi serius dan mempengaruhi laring dalam jangka panjang. Tetapi secara umum sakit tenggorokan akan hilang sekitar seminggu dan bukan merupakan kondisi medis yang membahayakan.

Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus dan penyebab mekanis seperti bernafas melalui mulut yang secara umum dapat ditangani di rumah, sehingga Anda tidak perlu mengunjungi dokter. Sakit tenggorokan biasanya akan menyebabkan rasa terbakar atau goresan di bagian belakang tenggorokan yang juga disertai dengan rasa nyeri saat menelan makanan.

Beberapa penyebab sakit tenggorokan

Infeksi Virus: Pada umumnya sakit tenggorokan disebabkan oleh virus yang juga menjadi penyebab flu dan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Virus tertentu seperti virus influenza (influenza, flu), virus Epstein-Barr (mononucleosis), virus gondok (gondok), virus parainfluenza (croup) dan virus Coxsackie A (herpangina) juga menyebabkan sakit tenggorokan.

Infeksi bakteri: Sedangkan penyebab yang jarang terjadi bagi penderita sakit tenggorokan adalah infeksi bakteri infeksi bakteri dapat menyebabkan radang tenggorokan seperti abses peritonsillar, abses retropharyngeal, difteri, epiglotitis, dan tonsilitis.

Racun/Iritasi: Berapa zat yang terkandung dalam asap rokok, polusi udara, dan bahan kimia berbahaya yang kita hirup atau kita konsumsi dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu kondisi medis seperti tetes postnasal, alergi, batuk, penyakit refluks gastroesophageal (GERD), dan tumor juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Trauma/Cedera: Benturan/cidera langsung ke daerah tenggorokan atau leher bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu benda asing  misalnya duri yang tertelan secara tidak sengaja juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Cara mengobati sakit tenggorokan

Anda bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan beberapa teknik menggunakan bahan alami yang bisa dengan cepat dan efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Berikut cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat yang bisa anda praktekkan di rumah:

1. Cuka sari apel

Cara mengobati sakit tenggorokan yang pertama dalam menggunakan cuka Sari. apel cuka Sari apel dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh radang tenggorokan. Cuka Sari apel memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi yang menjadi penyebab sakit tenggorokan dan suara serak. Berikut beberapa cara yang harus anda lakukan untuk mengobati sakit radang tenggorokan dengan cuka Sari apel: Campur satu sendok teh cuka Sari apel mentah dengan 1 gelas air hangat. Konsumsi secara rutin beberapa kali sehari untuk mengobati sakit tenggorokan.

2. Menggunakan pelega

Menggunakan pelega juga bisa Anda coba untuk mengobati sakit tenggorokan. Menghisap lozenges akan membantu melonggarkan lendir di membran Anda yang juga dapat membantu pergerakan air liur untuk menghindari kekeringan pada tenggorokan yang menjadi penyebab utama sakit tenggorokan. Cara menggunakan pelega sangat mudah sekali anda hanya perlu mengeluarkan permen karet di mulut kemudian enyedotnya sampai tenggorokan Anda terasa lebih baik.

3. Garam dan air hangat

Jika anda sedang mencari cara mengobati sakit tenggorokan yang mudah dan juga bekerja efektif, maka tidak ada salahnya menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam dapat mengobati serak atau radang pada tenggorokan Anda. Garam bekerja dengan cara membantu menyingkirkan lendir dari saluran pernapasan. Sedangkan air hangat memiliki kemampuan untuk mengurangi iritasi di tenggorokan Anda. Selain itu garam juga memiliki sifat antiseptik yang membantu mengurangi infeksi pada tenggorokan. 


Bukan hanya itu, berkumur menggunakan air garam juga akan mengurangi rasa sakit dan menghilangkan virus yang menempel di tenggorokan. Cara memanfaatkan air garam untuk mengobati sakit tenggorokan adalah: tambahkan satu sendok teh garam ke dalam gelas yang berisi air hangat. Aduk sampai merata kemudian gunakan untuk berkumur selama 2 sampai 4 kali sehari.

4. Lemon

Lemon bisa dijadikan salah satu obat yang sangat efektif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan secara alami. Manfaat lemon untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi karena lemon memiliki banyak nutrisi penting seperti vitamin C yang dapat mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Lemon dapat menjaga agar tenggorokan anda tetap lembab alami sekaligus memberi kelegaan akibat peradangan dan rasa sakit yang ditimbulkan.

Kandungan vitamin C dalam buah lemon juga berkontribusi besar dalam memperlambat penyebaran infeksi yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu, lemon juga bisa mengurangi lendir sehingga membuatnya menjadi bahan yang benar-benar baik untuk mengobati radang atau sakit tenggorokan. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk meredakan sakit tenggorokan menggunakan lemon: pertama-tama ambil air lemon segar lalu encerkan dengan menambahkan setengah cangkir air hangat. Gunakan air lemon ini untuk berkumur setidaknya dua kali sehari. Anda juga bisa menambahkan beberapa garam ke air lemon ini untuk menambah khasiatnya.

5. Cabe rawit

Siapa yang menyangka jika ternyata cabe rawit bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit tenggorokan. Ya,, salah satu bumbu dapur yang memiliki rasa pedas dan panas ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satu yang perlu Anda ketahui adalah melegakan sakit tenggorokan. Cabe rawit membantu menenangkan tenggorokan dan mengurangi pembengkakan yang menyebabkan sakit tenggorokan.
Berikut cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan cabe rawit: Pertama campur setengah sampai satu sendok teh bubuk cabai rawit bersama dengan 1 sendok makan madu murni. Konsumsi ramuan ini perlahan-lahan Untuk meringankan gejala sakit tenggorokan.

6. Kayu manis

Manfaat kayu manis untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Selain dapat mencegah penyakit jantung, kayu manis juga berguna mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cukup efektif. Kayu manis dapat melegakan dan membersihkan tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Selain itu, kayu manis juga berguna memperbaiki sirkulasi darah sekaligus menyembuhkan jaringan dan selaput yang ada di tenggorokan.

Kegunaan kayu manis bukan hanya dapat menyembuhkan sakit atau radang tenggorokan, tetapi juga beberapa kondisi seperti batuk dan pilek. Lantas bagaimana cara menggunakan kayu manis untuk mengobati sakit tenggorokan? berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan: Pertama campur sedikit bubuk kayu manis dengan satu sendok makan madu murni. Konsumsi campuran kedua bahan tadi setidaknya setiap hari selama satu minggu untuk meredakan sakit tenggorokan anda.

7. Slippery Elm

Slippery Elm merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal untuk terapi di beberapa negara khususnya di Amerika selama ratusan tahun. Lippery elm Adalah bahan alami yang sangat luar biasa dalam mengobati sakit tenggorokan karena mampu melapisi selaput lendir sekaligus menyingkirkan suara serak secara efektif dalam beberapa hari. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan ramuan ini adalah: Campur kan slippery elm (2 sendok makan) dengan 2 gelas air matang. Biarkan larutan ini selama 3 sampai 5 menit kemudian minum 3 kali sehari.

8. Lobak putih

Lobak putih juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan suara serak secara alami dan efektif. Sayuran berakar ini memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, dan beberapa mineral seperti kalsium, potasium, zat besi, sodium dan seng. 


Cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat
mengobati sakit tenggorokan, image by entdoctor.co.za

Cara memanfaatkan lobak putih untuk mengobati sakit tenggorokan: ambil lobak putih kemudian potong secara horizontal. Tambahkan sedikit madu ke dalam irisan lobak putih tersebut kemudian potong lagi secara vertikal. Setelah itu tambahkan beberapa sendok teh madu lagi ke irisan lobak putih tadi kemudian gunakan benang bersih untuk mengikatnya. Biarkan campuran kedua bahan ini selama sekitar 12 sampai 14 jam untuk mendapatkan sirup dari lobak putih dan madu. Anda bisa mengkonsumsi sirup dari lobak putih dan madu dengan cara menambahkan sedikit air hangat agar teksturnya lebih saya encer.

9. Bawang putih

Bawang putih memiliki kemampuan dalam mencegah peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan Anda. Cara menggunakan bawang putih untuk melegakan sakit tenggorokan cukup mudah. Berikut beberapa tips yang harus anda lakukan: Potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian. Letakkan keduanya di dua sisi mulut kemudian gigit dengan lembut. Cara ini bisa membantu merangsang proses penyembuhan karena bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang bisa meringankan radang atau sakit tenggorokan.

10. Kapulaga hijau

Kapulaga hijau telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan selama bertahun-tahun. Kapulaga hijau dapat melawan peradangan dan juga menenangkan selaput lendir pada tenggorokan. Hanya dengan mengunyah Kapulaga dapat melembabkan mulut dan selaput lendir. Cara meredakan sakit tenggorokan menggunakan kapulaga hijau: Ambil biji kapulaga kemudian hancurkan mereka. Setelah itu, campurkan biji kapulaga yang telah anda hancurkan tadi dengan satu sendok makan madu murni. Konsumsi setiap hari agar sakit tenggorokan yang anda alami bisa segera sembuh.

11. Uap panas

Terapi kelembaban dan panas merupakan metode yang sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Cara ini akan membantu mengurangi radang pada tenggorokan sekaligus meningkatkan kejernihan pita suara. Cara melakukannya adalah: pertama ambil handuk kemudian letakkan di atas bahu anda. Selanjutnya taruh diri Anda berdiri di atas satu mangkok berisi air matang yang panas. Sekarang bernafaslah dalam-dalam untuk menyerap uapnya. Agar memberikan hasil yang maksimal tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air rebusan tersebut.

12. Madu murni

Madu merupakan obat rumahan yang cukup efektif untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Madu diyakini dapat membantu menyembuhkan iritasi dan meredakan suara serak karena memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Cara memanfaatkan madu untuk mengobati sakit tenggorokan adalah: campur 1 sendok makan madu dan beberapa tetes jus lemon atau tambahkan satu sendok teh madu ke dalam jus daun kemangi. Konsumsi larutan bahan tadi untuk mengurangi serak dan sakit tenggorokan.

13. Jahe

Selain berguna mengatasi hidung tersumbat secara alami dan cepat. Jahe juga biasa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan dan serak. Jahe sangat berguna dalam menenangkan dinding lendir di sekitar laring dan juga mengurangi infeksi pada saluran pernapasan seperti tenggorokan. Selain itu, jahe juga berperan penting sebagai perisai alami untuk melindungi saluran pernapasan dari serangan bakteri. Cara memanfaatkan jahe untuk mengobati sakit tenggorokan adalah: ambil potongan jahe dan masukkan ke dalam segelas air mendidih. Tutup air tersebut selama beberapa menit sampai airnya memiliki warna kekuningan. Setelah dingin tambahkan sedikit madu untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Minum ramuan tadi perlahan selama dua kali sehari.

14. Minyak esensial

Minyak esensial memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini membuatnya menjadi obat yang cukup efektif untuk menyembuhkan suara serak dan masalah tenggorokan lainnya. Cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan minyak esensial adalah: Tambahkan beberapa tetes minyak chamomile atau minyak lavender ke dalam panci yang berisi air mendidih. Kemudian hirup uapnya dengan menarik napas dalam dan perlahan. Lakukan perawatan ini minimal dua kali sehari selama beberapa hari untuk menghilangkan sakit tenggorokan dan suara serak.

15. Bawang merah

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan bawang merah. Bawang merawah merupakan obat rumahan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama yang diakibatkan oleh bakteri. Mengkonsumsi jus bawang merah diyakini sangat efektif dalam mengobati sakit tenggorokan serta suara serak. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan menggunakan bawang merah: pertama-tama iris bawang merah kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi air. Rebusan air tersebut sampai airnya berubah menjadi berwarna merah. Campur satu sendok bawang merah tersebut ke dalam segelas air hangat. Jika anda kurang menyukai rasa dari ramuan bawang merah tadi, anda bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon atau madu minum. Minum ramuan tadi sekitar 2 sampai 3 kali sehari Untuk melegakan tenggorokan.

16. Kunyit

Sifat antibakteri yang dimiliki kunyit dapat membantu membunuh segala macam virus dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Sedangkan sifat antiseptiknya memberikan percepatan dalam proses penyembuhan tersebut. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati sakit tenggorokan tidaklah sulit, berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan: tambahkan bubuk kunyit secukupnya ke dalam segelas susu murni. Minum dua kali sehari untuk memberikan kelegaan pada sakit tenggorokan.

17. Latihan pernapasan

Selain mengkonsumsi beberapa ramuan yang telah dibuat tadi melakukan latihan pernafasan juga bisa dijadikan pilihan untuk mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa melakukannya dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya secara perlahan untuk meredakan suara serak dan masalah tenggorokan lainnya cara ini biasanya cukup efektif untuk melonggarkan saluran pernapasan dan juga menjaga agar tenggorokan tetap lembab. Selain itu, usahakan untuk tidak bernafas menggunakan mulut terutama saat berolahraga, karena hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan saluran pernapasan anda.

18. Berolahraga secara teratur

Manfaat olahraga untuk kesehatan memang tidak terhitung banyaknya. Selain dapat meningkatkan kepadatan tulang, menjaga kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, mencegah penyakit diabetes, dan menurunkan kolesterol, berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan pernapasan anda sekaligus mengurangi sakit tenggorokan. Berolahraga secara teratur dengan porsi yang tidak berlebihan bisa melancarkan saluran pernapasan sehingga akan mengurangi masalah seperti serak dan sakit tenggorokan.

19. Banyak mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih menjadi salah satu solusi termurah dan mudah dalam mengurangi sakit tenggorokan yang alami. Metode ini bisa dijadikan sebagai tips tambahan yang disandingkan dengan beberapa cara di atas. Banyak mengkonsumsi air putih akan melembabkan tenggorokan dan melegakan saluran pernafasan anda. Untuk itu sebaiknya cukupi kebutuhan 7 sampai 8 gelas air putih setiap harinya agar anda terbebas dari sakit tenggorokan.

20. Hindari kebiasaan buruk

Selain melakukan kesemua metode tersebut mengubah gaya hidup juga bisa menjadi hal yang tidak kalah penting untuk membantu meningkatkan kesehatan tenggorokan anda. Contohnya penggunaan pita suara yang berlebihan dapat menyebabkan suara menjadi serak dan akan mengganggu kinerja saluran pernapasan seperti tenggorokan. Sebaiknya hindari sering berteriak-teriak jika tidak terlalu diperlukan. Selain itu terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan, jadi sebaiknya kurangi makanan seperti ini terutama pada saat menjelang tidur.

Demikian padi serangkaian cara mengobati sakit dan radang tenggorokan menggunakan bahan alami yang insyaa Allah aman dan cukup efektif untuk meredakan sakit tenggorokan anda. Selain menerapkan metode di atas, pastikan anda menghindari faktor-faktor penyebab sakit tenggorokan agar pengobatan bisa lebih maksimal.

Share On