20 Cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat

Cara menghilangkan kantung mata
image by newyorkskinsolutions.com.sg, ilustrasi cara menghilangkan kantung mata

Beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat menggunakan bahan rumahan yang mudah didapat. Kantung mata dapat mempengaruhi fisik seseorang karena dapat membuat orang yang mengalaminya menjadi terlihat lelah, tidak bersemangat, dan lebih tua dari usia yang seharusnya. Kantunga mata hitam disebabkan oleh banyak hal mulai dari kurang tidur, terlalu banyak menangis, dan juga berada di depan komputer dalam waktu yang lama.
Bagi Anda yang ingin menghilangkan kantung mata dengan cara alami dan cepat kami sudah merangkumnya dalam artikel berikut ini:

1. Kentang

Cara menghilangkan kantung mata yang pertama dalam menggunakan kentang. Kentang memiliki sifat anti-inflamasi dan juga beberapa nutrisi penting termasuk vitamin C, dan fitonutrien yang bermanfaat mengurangi kantung mata. Caranya:

  • Ambil satu buah kentang berukuran sedang, kemudian kupas lalu cuci dan keringkan 
  • Parut kentang tersebut dan masukkan ke dalam kain yang lembut dan bersih Lalu Letakkan kain di atas kelopak mata Anda selama beberapa menit. 
  • Ulangi proses ini setidaknya dua kali sehari sampai bengkak di sekitar mata berkurang. 
  • Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata dengan kentang adalah iris kentang menjadi 2 bagian. 
  • Setelah itu, dinginkan selama 10 menit dan secara perlahan tempelkan kentang yang telah anda iris tadi ke kantung mata anda. 
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit setelah itu Angkat dan bersihkan wajah anda.

2. Menggunakan susu

Cara menghilangkan kantung mata secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan susu. Susu memiliki asam laurat, dan vitamin yang ditemukan dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami dan cukup efektif. Selain menghilangkan kantung mata, susu juga dapat mengurangi kandungan dan ukuran kantung mata dengan cepat. Cara memanfaatkan susu:
  • Celupkan 2 bantalan kapas ke susu dingin.
  • Setelah itu tempatkan bantalan kapas ini pada kelopak mata Anda dan biarkan selama 20 - 30 menit.
  • Jika sudah selesai angkat dan bersihkan area sekitar mata anda.

3. Minyak vitamin E

Minyak vitamin E terbukti memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah katarak dan masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan mata. Minyak vitamin E juga bisa menghilangkan kantung mata secara alami berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya. Cara menghilangkan kantung mata dengan minyak vitamin E:
  • Pertama-tama Ambil sedikit air dingin dan tuangkan dalam mangkuk kecil.
  • Setelah itu, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E yang berkualitas baik. 
  • Selanjutnya campuran kedua bahan tadi dengan baik dan celupkan dua alas kapas ke dalam campuran bahan tadi. 
  • Tempatkan di daerah mata selama sekitar 20 menit.
  • Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan di sekitar area mata anda.

4. Mentimun

Mentimun merupakan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit sekaligus membantu menghilangkan kantung mata secara alami. Kandungan zat dan enzim yang terdapat dalam mentimun dapat menghilangkan kantung mata dan lingkar hitam dengan mengurangi peradangan pada kulit sekitar area mata. Selain itu penerapan irisan mentimun dingin di kulit dapat membantu mengurangi keriput di sekitar mata yang menjadi salah satu tanda penuaan. Cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun:
  • Pertama-tama dinginkan mentimun selama 10 menit lalu potong menjadi irisan yang tebal.
  • Tempelkan irisan mentimun tadi ke area mata Anda dan pastikan irisan mentimun bisa menutupi semua kantung mata.
  • Biarkan irisan mentimun menempel pada kantung mata setidaknya selama 10 menit atau lebih sampai menjadi hangat.

5. Putih telur

Putih telur dapat mengencangkan kulit secara alami yang bisa memberi ketenangan pada kantung mata serta membantu mencegah keriput. Cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun tergolong mudah, berikut langkah yang harus anda lakukan:
  • Langkah pertama pisahkan putih telur dari kuningnya. 
  • Tempatkan putih telur pada mangkuk kecil dan aduk dengan baik sampai memiliki tekstur yang tidak terlalu kental. 
  • Kemudian tambahkan beberapa tetes Which Hazel dan aduk kedua bahan tadi dengan baik menggunakan kain lembut atau sikat. 
  • Setelah itu oleskan campuran bahan tadi di sekitar mata dan biarkan selama 20 menit sampai kering, jika sudah selesai bilas dengan air dingin.

6. Menghindrasi tubuh

Salah satu cara yang tergolong cukup baik untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan mencukupi nutrisi dan memenuhi kebutuhan air putih. Mengkonsumsi banyak air diketahui dapat melindungi kulit kita agar tidak kering dan mudah terkelupas. Minum banyak air dan menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu anda lebih energik dan memulihkan tubuh setelah lelah bekerja atau beraktivitas. Saat tubuh anda terhidrasi dengan baik, maka akan mengurangi kemungkinan retensi air yang dapat menyebabkan kelopak mata dan bagian tubuh lainnya membengkak. Memenuhi kebutuhan air juga dapat membantu membuang limbah dan racun yang ada di dalam tubuh.

7. Kantung teh celup

Apa yang anda lakukan pada kantung teh bekas? kebanyakan dari orang pasti akan membuangnya. Padahal bekas kantung teh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satunya adalah membantu menghilangkan kantung mata secara alami dan pastinya aman. Manfaat kantung teh tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam teh itu sendiri. Secara umum teh memiliki sifat anti-iritasi yang dapat mengurangi bengkak pada kantung mata. Selain itu, kantung teh juga bisa memberi perawatan untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada kantung mata anda. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menempelkan dua kantung teh ke area kantung mata Anda. Biarkan selama setidaknya 10 menit setelah itu angkat dan bersihkan wajah anda.

8. Menggunakan strawberry

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan sangat banyak sekali selain memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah kanker dan penyakit terkait melemahnya sistem imun buah strawberry ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan yang cukup efektif untuk menghilangkan kantung mata. Kandungan Alpha hidroksil yang terdapat dalam buah strawberry dapat membuat kulit anda terlihat lebih muda dan halus. Selain itu, Alpha hidroksil dalam buah strawberry juga dapat membantu mengurangi pembengkakan di area bawah mata anda. Cara menghilangkan lingkar hitam atau kantung mata dengan buah strawberry:
  • Masukkan buah stroberi segar ke dalam kulkas dan Diamkan selama sekitar 30 menit 
  • Setelah di keluarkan potong buah strawberry menjadi bagian yang tebal
  • Tempelkan potongan tadi ke area kantung mata dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sambil berbaring

9. Air panas dan garam

Ternyata ada 2 bahan sederhana yang bisa anda pilih untuk membantu meringankan mata panda atau kantung mata Anda kedua bahan tersebut adalah air hangat dan garam ingin tahu caranya Mari ikuti langkah di bawah ini:
  • Ambil segelas air hangat (pastikan airnya tidak terlalu panas ) dan campurkan dengan setengah sendok teh garam 
  • Selanjutnya rendam dua bola kapas ke dalam air yang sudah dicampur dengan garam tadi. 
  • Setelah itu, terapkan ke bawah mata Anda yang bengkak selama beberapa menit (lakukan dengan hati-hati agar air garam tadi tidak mengenai mata anda).

10. Air dingin

Air dingin atau es batu ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengurangi bengkak pada kantung mata. Air dingin atau es batu dapat menyempitkan pembuluh darah sekaligus mengurangi ukuran kantung mata. Caranya cukup mudah, ikuti langkah di bawah ini: Bilas wajah dengan percikan air dingin untuk merilekskan wajah anda termasuk mata dan ulangi cara ini beberapa kali sehari. Selain menggunakan air dingin, Anda juga bisa mengompres kantung mata dengan es batu yang dibungkus dengan kain. Cara ini tergolong simpel tetapi memiliki tingkat keefektifan yang cukup baik.

11. Memijat dengan sendok dingin

Untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat di rumah, Anda bisa mencobanya dengan memijat mata menggunakan sendok dingin. Cara ini sangat simpel dan cukup efektif karena bermanfaat membantu mengencangkan kantung mata Anda. Bukan hanya itu, pijatan ini juga berguna mengendurkan pembuluh darah di sekitar mata sekaligus memberikan relaksasi pada mata anda.

12. Menggunakan lidah buaya

Gel lidah buaya sangat sering digunakan sebagai bahan utama untuk perawatan kecantikan termasuk menghilangkan kantung mata secara alami dan aman. Kandungan Antioksidan dan vitamin E dalam gel lidh buaya sangat efektif dalam menghilangkan bengkak di bawah mata Anda. Selain itu lidah buaya juga dapat membantu mengobati peradangan pada area mata. Tidak berhenti sampai di situ, gel lidah buaya juga berguna memperbaiki sirkulasi darah serta membersihkan cairan yang ada di sekitar mata Anda, sehingga mengurangi pembengkakan. Namun, Anda harus berhati-hati saat menerapkan gel lidah buaya di sekitar mata Anda, jangan sampai gel masuk ke dalam mata. Jika Anda merasa kerepotan saat menggunakan ekstrak lidah buaya, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit lain yang mengandung ekstrak lidah buaya.

13. Posisi tidur yang benar

Posisi tidur terlentang diyakini akan menghentikan penumpukan cairan di sekitar mata Anda dengan mencegah gravitasi. Namun, jangan memaksakan diri terlalu banyak untuk mengubah posisi karena jika Anda tidak bisa tidur, lingkaran hitam yang muncul akan membuat masalah semakin buruk.

14. Hindari banyak mengkonsumsi garam

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa adanya fakta mengenai kelebihan sodium dapat meningkatkan retensi cairan, yang dapat menyebabkan bengkak di sekitar mata. Untuk itu, sebaiknya kurangai mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam seperti pizza, dan makanan cepat saji lainnya.

15. Bersihkan sisa make up anda.

Bila Anda meninggalkan riasan sepanjang hari tanpa dibersihkan terlebih dahulu terutama menjelang tidur, maka dapat menyebabkan iritasi sehingga membuat mata menjadi bengkak.

16. Hindari minuman beralkohol

Tidak ada keraguan tentang efek negatif alkohol pada kesehatan kita. Banyak mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko banyak penyakit termasuk penyakit hati. Bukan hanya itu ternyata alkohol juga berkontribusi besar dalam mendehidrasi tubuh dan kulit kita, sehingga membuat area sensitif di sekitar mata menjadi lebih gelap. Selain itu konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan mata menjadi merah dan terlihat lelah.

17. Pemijatan pada area mata

Salah satu cara sederhana untuk menghilangkan kantung mata yaitu dengan merileksasi area sekitar mata. Kantung mata bisanya juga dipicu oleh penumpukan/kelebihan cairan yang terjebak di bawah dan di sekitar mata. Saat memberikan pijatan lembut pada area tersebut, akan membantu memindahkan cairan yang terperangkap untuk menjauh dari area kulit di bawah mata Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang tepat untuk memijat area bawah mata anda:

18. Hindari rokok

Tidak diragukan lagi jika merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan termasuk timbulnya kantung mata. Mungkin merokok memang tidak secara langsung dapat mengakibatkan munculnya kantung mata, tetapi kebiasaan merokok diketahui dapat menyebabkan penuaan dini terutama pada area sekitar mata. Selain itu, merokok juga dapat melemahkan dan mengeringkan tubuh termasuk kulit. Belum lagi zat kimia yang terdapat dalam rokok juga dapat membuat kulit menjadi lebih kusam dan terlihat tidak sehat.

19. Dapatkan waktu istirahat yang cukup

Memenuhi kebutuhan kualitas dan kuantitas tidur menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kurang tidur selain dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan juga dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Untuk itu sebaiknya Anda mendapatkan waktu tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap harinya. Kurang tidur selain dapat mengakibatkan kantung mata juga membuat anda menjadi tidak bersemangat dan terlihat lesu. Jadi cara menghilangkan kantung mata yang baik adalah mendapatkan waktu istirahat yang cukup dari segi kualitas dan kuantitas, terutama tidur di malam hari.

20. Minyak almond

Minyak almond dapat mengurangi bengkak dan lingkar hitam di sekitar mata. Kandungan vitamin yang sangat kaya dalam minyak almond dapat memberi nutrisi pada kulit yang berguna melembabkannya agar tidak mudah kering. Cara menghilangkan kantung mata dan lingkar hitam pada mata adalah: ambil 2 sampai 3 tetes minyak almond kemudian oleskan pada area bawah mata anda. Kemudian pijat daerah tersebut dengan lembut menggunakan jari manis Anda sebelum tidur. Pemijatan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata dan mengurangi retensi air yang dapat menyebabkan kantung mata.

Demikian tadi 20 cara menghilangkan kantung mata dan lingkar hitam pada area mata.
Semoga dapat memberi solusi bagi anda yang membutuhkan. Dan jangan lupa untuk selalu konsisten dalam menerapkan ke semua tips di atas karena keberhasilan sebuah usaha tergantung kepada kesabaran dan konsistensi anda saat melakukannya.

Share On