20 Cara mengatasi sembelit secara alami dan cepat

cara mengatasi sembelit, image from hellodoktor.com

Beberapa tips dan cara mengatasi sembelit secara alami dan cepat hanya 12 jam menggunakan obat rumahan yang aman. Sembelit adalah kondisi yang sangat umum dialami oleh setiap orang. Masalah kesehatan ini terjadi ketika Anda tidak bisa buang air besar seperti biasa dan Anda tidak bisa menyelesaikan pengosongan usus. Sembelit bisa terjadi saat tinja Anda lebih keras dan sulit dikeluarkan. Sembelit secara umum disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat, air putih, dan aktivitas fisik yang cukup. Sembelit memiliki banyak jenis termasuk sembelit dalam waktu yang lama dan singkat.

Meskipun bukan penyakit berbahaya, sembelit secara tidak langsung dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lain termasuk berat badan berlebih, wasir, bahkan kanker usus. Hal ini bisa terjadi akibat limbah, racun, dan kotoran yang seharusnya dikeluarkan menjadi terlalu lama mengendap di usus. Untuk itu sebaiknya anda tidak meremehkan masalah sembelit ini. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi atau paling tidak meringankan masalah sembelit yang anda alami. Berikut beberapa cara mengatasi sembelit dengan cepat secara alami:

1. Minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali. Minyak zaitun sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan yang bisa mengurangi sembelit. Minyak zaitun mengandung berbagai macam vitamin yang juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa menambahkan minyak zaitun ke berbagai resep masakan Anda atau mengkonsumsinya secara langsung. Cara mengatasi sembelit dengan minyak zaitun: pertama campur satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok makan minyak zaitun dan aduk hingga merata. Setelah itu, konsumsi pada pagi hari saat perut kosong. Mengkonsumsi ramuan tadi secara rutin selain dapat mengatasi sembelit juga membantu membersihkan usus besar dari racun dan limbah yang tidak diinginkan.

2. Buah lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting termasuk di antaranya vitamin, mineral dan serat. Buah ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga mengatasi sembelit secara alami. Sama halnya dengan minyak zaitun, lemon juga berguna membersihkan pencernaan dari limbah dan racun yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit pada sistem pencernaan. Selain itu, buah lemon juga bermanfaat menyeimbangkan kadar pH, mendukung kesehatan pencernaan, memasok sumber magnesium, fosfor, kalsium, potassium, dan asam sitrat. Mengkonsumsi jus lemon yang ditambahkan dengan secangkir air hangat dapat membantu anda melancarkan buang air besar.

3. Minyak biji rami

Anda bisa memanfaatkan minyak biji rami untuk membantu mengatasi masalah sembelit yang anda alami minyak biji rami dapat meningkatkan pergerakan usus Sehingga dapat mengurangi gejala sembelit secara alami Anda bisa mencampur jus jeruk dengan minyak biji rami untuk dikonsumsi saat mengalami masalah sembelit. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi biji rami yang juga memiliki manfaat tidak jauh berbeda dengan minyaknya.

4. Lidah buaya

Tanaman ini sangat mudah sekali dibudidayakan dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Lidah buaya dianggap sebagai tanaman yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Lidah buaya mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Secara alami lidah buaya dapat membantu mengatasi sembelit, membersihkan usus besar, dan mencegah timbulnya masalah kesehatan pencernaan lainnya. Dengan menggunakan lidah buaya anda tidak perlu lagi menggunakan obat sembelit yang biasanya selain memiliki manfaat juga terdapat efek samping yang tidak diinginkan.

5. Buah plum

Cara mengatasi sembelit dengan pulm
buah pulm untuk sembelit, image by pixabay.com

Buah plum merupakan makanan yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara mencegah perut buncit. Buah ini memang sangat baik untuk diet dikarenakan mengandung tinggi serat yang bisa mencegah dan mengatasi sembelit secara alami tanpa efek samping. Kandungan serat dan sorbitol dalam buah pulm dapat melunakkan tinja dan memberi lebih banyak cairan agar lebih mudah dikeluarkan dari sistem pencernaan. Meskipun demikian, anda tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi buah plum ini karena dapat menyebabkan tinja terlalu lembut.

6. Garam epsom

Garam epsom merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk mengobati sembelit karena garam ini diketahui dapat melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah melewati sistem pencernaan. Garam epsom juga mengandung tinggi magnesium sehingga dapat merangsang kontraksi otot pada usus. Cara mengatasi sembelit dengan garam epsom cukup mudah, pertama tambahkan satu sendok teh garam epsom ke dalam secangkir jus buah, kemudian larutkan garam epsom ke dalam air dan minum setiap 4 jam. Untuk anak-anak sebaiknya gunakan dosis separuh orang dewasa. Hentikan pemakaian jika masalah sembelit anda sudah mulai teratasi.

7. Makanan tinggi probiotik

Hampir dari kita sudah mengetahui jika makanan yang mengandung tinggi probiotik sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kapan pun anda mengalami sembelit dan masalah pencernaan lainnya tidak peduli bagi orang dewasa maupun atau anak-anak bisa mengkonsumsi makanan tinggi probiotik seperti yoghurt. Makanan ini sangat ampuh meningkatkan bakteri baik di usus untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Anda hanya perlu mengkonsumsi setidaknya 2-3 cangkir yoghurt tanpa pemanis.

8. Buah alpukat

Seiring dengan gaya hidup yang tidak sehat, makanan sangat mempengaruhi kesehatan Anda secara langsung dan bisa menyebabkan banyak penyakit termasuk sembelit. Lemak adalah salah satu komponen penting untuk menentukan kesehatan anda. Memilih sumber lemak sehat seperti buah alpukat dan membantu mengatasi sembelit secara alami. Anda bisa menambahkan makanan sumber lemak sehat ke menu harian anda. Selain itu, buah alpukat juga sangat baik dikonsumsi saat diet karena mengandung tinggi serat.

9. Perbanyak aktivitas fisik

Sembelit akan semakin diperparah jika anda sering duduk dalam waktu yang lama. Jadi untuk membantu mengatasi masalah sembelit sebaiknya anda mulai perbanyak aktivitas fisik. Bagi anda yang bekerja dikantoran sebaiknya luangkan waktu pada pagi hari untuk berolahraga setidaknya 20 menit. Selain itu, kurangnya olahraga di pagi hari juga membuat seseorang malas untuk bergerak sehingga membuat dia  kurang cekatan dalam bekerja.

10. Biji wijen

Biji wijen sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan penceranaan karena bisa melembabkan usus Anda sehingg akan membantu meringankan sembelit. Anda bisa menambahkan biji wijen ke dalam salad, sereal, dan kue yang anda buat.

11. Molases

Cara mengatasi sembelit dengan molases
molases untuk sembelit, image by wikimedia.org

Molases merupakan hasil sampingan dari industri pengolahan gula yang memiliki warna gelap dan berbentuk cair. Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok makan molases sebelum tidur, dan anda akan merasakan kenyamaan pada perut  keesokan paginya. Bahan ini direbus dan disaring selama 3 kali sehingga sangat tinggi magnesium, mineral, dan vitamin yang bisa membantu mengurangi sembelit.

12. Makanan tinggi serat

Pada dasarnya masalah sembelit terjadi akibat anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat. Jadi, untuk mengatasi sembelit anda harus menambahkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian anda. Serat bisa dikatakan sebagai nutrisi yang berguna membersihkan sistem pencernaan anda. Beberapa makanan seperti buah dan sayur sangat baik untuk dikonsumsi karena selain tinggi serat juga diperkaya dengan mineral dan vitamin.

13. Jahe

Untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, wedang jahe merupakan pilihan tepat bagi Anda. Selain itu menambahkan seduhan daun mint, juga berguna membantu Anda mengendurkan otot. Wedang jahe bisa merangsang pencernaan dan mengurangi sembelit dengan baik.

14. Biji adas

Jika anda sedang mencari obat rumahan untuk mengatasi masalah sembelit yang anda alami, biji adas bisa menjadi pilihan. Biji adas bisa membantu mengatasi beberapa kondisi seperti kembung, gangguan pencernaan, atau iritasi usus. Cara memanfaatkan biji adas: Ambil ½ cangkir biji adas, kemudian panggang dan giling. Simpan ramuan ini ke dalam toples setelah itu anda bisa mengkonsumsinya dengan cara mencampur 1 sdt bubuk biji adas yang ditambahkan dengan air hangat.

15. Buah ara
Cara mengatasi sembelit dengan ara
Ara untuk sembelit, image by pixabay.com

Buah ara adalah pencahar alami yang mengandung tinggi serat dan sangat berguna meringankan ketidaknyamanan akibat sembelit. Buah ara kering merupakan ramuan alami yang berguna untuk mengatasi sembelit. Anda bisa mengambil dua buah ara kering dan kacang almond, kemudian rendam kedua bahan tadi ke dalam air selama beberapa jam setelah itu kupas di giling. Anda bisa mengkonsumsi pasta yang anda buat dari ara dan almond tadi dengan menambahkan beberapa madu di malam hari sebelum tidur.

16. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan pencahar alami yang dapat meningkatkan pergerakan usus. Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok teh minyak jarak saat perut kosong. Atau Anda bisa menambahkan beberapa jus buah untuk mendapatkan lebih banyak rasa. Namun, sebaiknya Anda tidak menerapkan perawatan ini dalam waktu lama untuk menghindari efek samping. Jadi, sebaiknya hentikan pemakaian minyak jarak saat masalah sembelit anda mulai teratasi.

17. Biji rami

Tidak jauh berbeda dengan minyaknya biji rami juga kaya akan asam lemak omega-3, serat, dan beberapa sifat penyembuhan. Biji rami adalah ramuan yang sangat berguna untuk menyembuhkan sembelit. Caranya adalah mencampur air dengan satu sendok makan biji rami dan biarkan selama dua jam. Sebelum tidur, minum air tersebut dan pencernaan Anda akan merasa lebih nyaman di pagi harinya.

18. Buah Anggur

Buah anggur mengandung tinggi serat dan bisa melancarkan buang air besar tanpa menggunakan obat pencahar. Anda bisa makan 1 cangkir buah anggur segar atau minum jus anggur setiap hari. Selain itu, Anda bisa mencampur anggur kering dalam susu dan rebus beberapa menit, setelah minum sebelum tidur. Perawatan alami ini sangat cocok untuk anak-anak dan orang tua.

19. Sayur bayam

Bayam merupakan makanan super yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh anda. Cara termudah untuk mengatasi sembelit secara alami tanpa obat adalah dengan menambahkan bayam ke dalam makanan sehari-hari Anda. Selain itu minum jus bayam (usahakan bayam organik) segar dua kali sehari dalam beberapa hari untuk meringankan sembelit yang anda alami.

20. Banyak mengkonsumsi air putih

Cara mengatasi sembelit secara alami dan cepat yang tidak boleh anda abaikan adalah banyak mengkonsumsi air putih. Mencukupi kebutuhan air putih sangat baik untuk menunjang kesehatan anda secara keseluruhan tidak terkecuali kesehatan pencernaan. Air sangat berguna untuk melunakkan tinja sehingga proses pengeluarannya menjadi lebih mudah. Sebaliknya, kekurangan air dapat meningkatkan risiko sembelit dan masalah kesehatan pencernaan lainnya.

Demikian tadi ulasan mengenai cara mengatasi sembelit secara alami dan cepat. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Share On