20 Cara mengatasi nyeri punggung secara alami dan efektif

Cara mengatasi nyeri punggung
 nyeri punggung, image by rheumatology.org

Cara mengatasi nyeri punggung secara alami dan efektif dengan metode yang mudah dipraktekkan. Nyeri punggung pada dasarnya bukan merupakan penyakit serius tetapi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan cukup mengganggu dalam beraktivitas. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri atau sakit pada punggung, beberapa diantaranya adalah terlalu lama di depan komputer, mengangkat sesuatu yang terlalu berat, kecelakaan, atau keadaan tidak normal pada tulang seseorang.

Nyeri punggung sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja dengan tidak mengenal usia. Akan tetapi biasanya nyeri punggung lebih sering dialami oleh orang yang memiliki usia di atas 40 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut kepadatan tulang mulai terkikis, apalagi jika kebutuhan nutrisi tulang tidak terpenuhi dengan baik. Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasi nyeri punggung secara alami:

1. Jahe 

Jahe memiliki zat antiinflamasi yang dapat memberikan kelegaan kepada nyeri di punggung. Cara meredakan nyeri punggung dengan jahe: Pertama haluskan 1 rimpang jahe untuk dibuat menjadi pasta. Oleskan pasta jahe tadi ke area punggung kemudian pijat kulit dengan lembut dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

2. Pijat dengan minyak zaitun

Pijatan ringan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang memberi kenyamanan pada nyeri punggung. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond untuk memijat punggung dengan lembut, tetapi sebelumnya panaskan minyak tersebut terlebih dahulu dan setelah mulai hangat baru gunakan untuk memijat punggung. Lakukan secara rutin ntuk meringankan nyeri punggung yang anda alami.

3. Bawang putih

Menambahkan bawang putih untuk masakan sehari-hari sangat baik untuk membantu meringankan nyeri punggung yang anda alami. Bawang putih mengandung tinggi nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, mangan, tembaga, fosfor kalsium dan vitamin B1. Efek antiinflamasi yang dimiliki bawang putih dapat membantu mengurangi rasa sakit pada nyeri punggung Anda secara signifikan.

4. Gandum

Jika anda sedang mencari cara meringankan atau mengobati sakit punggung maka gandum bisa menjadi pilihan yang tepat. Gandum memiliki banyak nutrisi penting seperti vitamin B, E, kalsium, asam folat, seng, fosfor, zat besi, tembaga, dan serat dimana semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, gandum juga menjadi salah satu obat rumahan yang sangat efektif untuk mengobati sakit punggung karena sifat analgesik yang dimilikinya mampu meringankan rasa nyeri pada punggung.

5. Minyak kelapa

Salah satu obat rumahan yang patut Anda perhitungkan untuk mengatasi nyeri punggung adalah minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya sangat efektif dalam mengurangi nyeri dan pembengkakan pada punggung. Untuk mengobati sakit punggung, Anda bisa mengkonsumsi campuran 2 sendok makan minyak kelapa dengan mentega. Sebagai alternatif lainnya Anda juga bisa mencampur minyak kelapa dengan bubuk Kakao. Konsumsi secara rutin untuk meringankan masalah nyeri punggung anda.

6. Garam Epsom

Garam epsom diketahui sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit pada punggung. Oleh karena itu garam epsom bisa menjadi salah satu obat yang cukup efektif untuk mengatasi nyeri punggung. Cara menggunakan garam epsom adalah: campur beberapa garam epsom dengan sejumlah air panas untuk dibuat menjadi pasta kental. Setelah itu gunakan handuk untuk mengoleskan pasta yang anda buat tadi di punggung yang mengalami nyeri. Suhu hangat dari garam epsom dapat meredakan radang dan pembengkakan pada punggung. Selain cara tersebut, Anda juga bisa memasukkan garam epsom di bak mandi yang berisi air hangat, setelah itu gunakan untuk bersantai selama setengah jam.

7. Tidur yang berkualitas

Kualitas dan kuantitas tidur sangat penting bagi orang yang menderita nyeri punggung. Tidur yang tenang dapat membantu mengurangi stres, dan peradangan pada persendian sekaligus menyembuhkan nyeri punggung. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas kita bisa memulai dengan memilih kasur yang bagus dan posisi tidur yang benar. Beberapa tips berikut ini dapat membantu anda mengurangi nyeri punggung yang anda alami: Saat tidur taruh bantal diantara kedua lutut agar tulang belakang tetap dalam posisi netral. Tempat tidur dianjurkan lebih lembut terutama pada punggung Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang tidur di tempat tidur yang lebih keras mengalami lebih banyak sakit punggung daripada yang menggunakan kasur empuk.

8. Atur posisi duduk dengan benar

Cara dan posisi duduk ternyata dapat mempengaruhi kondisi nyeri punggung seseorang. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer selama 8 jam atau lebih memiliki resiko lebih tinggi mengalami tekanan pada punggung. Posisi duduk yang benar juga bisa mengurangi nyeri dan ketidaknyamanan pada punggung. Usahakan Tempat duduk anda untuk bekerja memiliki sandaran yang nyaman dan empuk untuk menahan punggung anda. Selain itu, jangan membungkukkan badan dalam mengerjakan sesuatu atau berada di depan komputer, jadi pastikan postur tubuh anda tetap tegak.

9. Berlutut jangan membungkuk

Kebiasaan anda dalam mengangkat sesuatu ternyata dapat mempengaruhi kesehatan punggung. Saat anda ingin mengangkat beban berat yang ada di bawah usahakan jangan membungkuk, melainkan Anda harus berlutut untuk mengangkat benda tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban pada punggung yang pada gilirannya akan mencegah nyeri punggung.

10. Senam atau yoga

Menurut Susi Hately, pemilik Functional Synergy Inc. di Alberta, Kanada, dan penulis beberapa buku yoga terlaris, yoga dapat sangat terapeutik untuk orang-orang yang mengalami nyeri punggung. Sebuah tinjauan terhadap penelitian ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2013 di Clinical Journal of Pain menemukan bukti kuat bahwa yoga dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah yang kronis. Gerakan yoga dapat membantu memperbaiki nyeri punggung dengan melonggarkan otot yang kencang, membangun kekuatan tulang dan jangkauan gerak.

11. Kontrol berat badan

Kelebihan berat badan ternyata bisa menjadi masalah pada kesehatan tulang Anda termasuk dapat menyebabkan nyeri pada punggung. Untuk itu sebaiknya kontrol berat badan Anda pada tingkat yang ideal. Selain dapat menyebabkan nyeri punggung, berat badan berlebih juga akan berakibat buruk pada kesehatan anda secara keseluruhan. Menurut para ahli penurunan berat badan pada penderita nyeri punggung dapat meringankan masalah mereka.

12. Olahraga secara teratur

Meskipun bagi Anda yang mengalami nyeri punggung mungkin sulit untuk melakukan olahraga. Tetapi anda tetap harus melakukankarena olahraga sangat baik sekali untuk mempercepat proses penyembuhan sakit punggung. Berolahraga akan meningkatkan fleksibilitas tulang dan punggung sehingga akan berdampak pada pengurangan nyeri. Pastikan anda memilih jenis olahraga yang ringan yang tidak memberatkan punggung, seperti bersepeda atau sekedar jalan pagi. Beberapa jenis senam juga sangat dianjurkan untuk dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki masalah pada nyeri punggung.

13. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dilakukan secara rutin karena memiliki manfaat yang sangat banyak dan resiko yang sedikit. Berenang dapat meningkatkan fleksibilitas tulang Anda sehingga membuatnya mudah untuk bergerak dan tidak kaku. Penelitian juga menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kesehatan tulang belakang, kaki, punggung, lengan dan hampir semua otot di dalam tubuh anda.

14. Akupuntur

Akupuntur adalah teknis medis yang berasal dari Asia Timur. Dalam akupuntur jarum akan dimasukkan ke dalam beberapa titik spesifik tubuh yang terkait dengan berbagai sistem kesehatan emosional dan fisik. Akupuntur sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, migrain, morning sickness, dan sakit punggung. Namun, akupunktur harus dilakukan oleh ahlinya karena dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti sakit kepala, mual, dan overstimulasi terutama pada orang yang sedang hamil atau didiagnosis dengan kondisi kesehatan tertentu.

15. Kompres dingin

Penerapan kompres dingin pada punggung yang nyeri dapat mengurangi peradangan sementara dan mengurangi ketidaknyamanan dengan mencegah saraf pengirim sinyal rasa sakit ke otak. Cara mengatasi nyeri punggung dengan kompres dingin: pertama tempatkan es batu ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan handuk dan taruh di area yang sakit selama 20 menit lakukan beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Terapi hangat

Selain melakukan kompres dingin, Anda juga bisa menggunakan terapi panas untuk meringankan nyeri punggung yang anda alami. Prinsipnya setelah 48 jam terkena cedera Anda harus beralih dari terapi dingin ke panas untuk merangsang aliran darah. Kehangatan berguna menghilangkan rasa sakit karena memungkinkan otot lebih rileks dan memperlambat proses inflamasi.

17. Istirahatkan punggung

Mengistirahatkan punggung dapat memberikan relaksasi setelah duduk seharian. Bagi Anda yang memiliki aktivitas duduk selama berjam-jam sebaiknya ambil waktu sejenak untuk sekedar mengendurkan otot punggung. Selain itu, mengubah posisi duduk juga dapat membantu mengistirahatkan punggung agar tidak tegang.

18. Ramuan cuka sari apel

Cuka Sari apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga sering digunakan untuk keperluan medis. Orang sering menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi masalah masalah kesehatan pada otot, kakau, kram dan nyeri punggung. Caranya: tambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air putih. Minum setiap hari sampai sakit punggung anda mereda.

19. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan setelah tidur juga bisa membantu meringankan nyeri punggung. Setelah anda tidur selama berjam-jam tubuh biasanya akan merasa lemas sehingga jika anda langsung bergerak dengan cepat atau bangun secra tiba-tiba akan meningkatkan resiko cidera punggung.

20. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat sangat baik sekali untuk kesehatan anda secara keseluruhan termasuk kesehatan tulang dan punggung makanan yang mengandung tinggi kalsium potasium sangat baik dikonsumsi untuk meringankan nyeri punggung. Salah satu makanan yang bisa Anda coba adalah buah pisang. Pisang mengandung tinggi potasium dimana satu buah pisang berukuran besar mengandung hingga 450 mg potasium. Menurut American dietetic Association tubuh Anda membutuhkan setidaknya 2000 mg potasium setiap harinya.

Demikian tadi 20 langkah untuk mengatasi nyeri punggung secara alami. Semoga dapat membantu meringankan masalah nyeri punggung anda.

Share On