20 Cara mengatasi mata merah karena iritasi secara alami

Cara mengatasi mata merah
Cara mengatasi mata merah, image by vkool.com
Cara mengatasi mata merah karena iritasi secara alami dan efektif menggunakan bahan rumahan. Ada banyak penyebab mata merah termasuk tukak kornea, merokok, herpes okular, alergi, iritasi dan kurang tidur. Tetapi kebanyakan mata merah yang dialami adalah karena alergi atau iritasi yang terjadi pada mata akibat gesekan atau debu.

Berikut beberapa cara mengatasi mata merah secara alami yang disebabkan oleh alergi dan debu:

1. Biji Adas

Biji adas merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin C dan A yang dikenal sebagai antioksidan untuk meningkatkan kesehatan mata. Penelitian DIPSAR (Delhi Institute of Pharmaceutical Sciences and Research) telah menemukan bahwa adas dapat membantu mengurangi tekanan pada mata sekaligus meningkatkan pelebaran pembuluh darah, sehingga membantu mengobati atau mencegah glaukoma (suatu penyakit penglihatan). Biji adas juga mengandung antioksidan yang berguna mengatasi peradangan sehingga sangat efektif untuk mengobati mata merah. Lantas Bagaimana cara mengatasi mata merah dengan biji adas? ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama-tama tambahkan setengah sendok teh biji adas ke dalam secangkir air. Rebus air tersebut dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, saring untuk diambil airnya. Bilas mata anda dengan menggunakan ramuan yang anda buat tadi. Ulangi secara teratur untuk membantu menyembuhkan mata merah anda.

2. Daun sirih

Daun sirih adalah ramuan yang sangat terkenal mampu menyembuhkan luka dan mencegahnya dari infeksi yang dapat membahayakan. Selain kemampuannya tersebut, daun sirih juga sangat efektif untuk mengatasi mata merah dan perih yang disebabkan oleh iritasi atau alergi. Caranya: ambil 5-6 lembar daun sirih kemudian campur dengan air matang. Rebus sampai mendidih setelah itu tunggu hingga dingin. Tuangkan ke dalam piring dan celupkan wajah anda sambil membuka dan menutup mata.

3. Chamomile

Chamomile adalah salah satu bahan dengan kandungan zat antiinflamasi yang yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada mata. Cara mengatasi mata merah dengan chamomile adalah: pertama tambahkan satu sendok teh bunga chamomile ke dalam secangkir air kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu saring dan biarkan hingga dingin. Gunakan larutan ini untuk mencuci mata anda.

4. Air mawar

Air mawar adalah salah satu obat rumahan yang sangat baik untuk mengatasi mata merah. Air mawar sangat berguna mengobati mata merah karena memiliki efek menenangkan yang membantu merilekskan mata yang terkena iritasi atau alergi. Cara mengatasi mata merah secara alami menggunakan air mawar ambil beberapa tetes air mawar kemudian masukkan ke dalam alat penetes mata setelah itu Teteskan sekitar 2 sampai 3 tetes di atas mata anda. Cara ini mampu mengurangi mata merah dan gatal yang diakibatkan oleh alergi atau iritasi.

5. Mentimun

Mentimun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda termasuk untuk perawatan kulit dan Mengatasi mata merah mentimun bisa digunakan untuk membersihkan debu yang disertai partikel kecil di mata anda. Cara menggunakan mentimun untuk mengatasi mata merah anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini: potong beberapa mentimun menjadi bagian yang tipis. Setelah itu tempelkan mentimun pada kelopak mata Anda dan tinggalkan sekitar 35 sampai 40 menit. Langkah terakhir bilas wajah anda dengan baik.

6. Kantung teh bekas

Selain dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata secara alami kantung teh yang tidak dipakai dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi mata merah. Kantung teh ini bermanfaat menenangkan dan mengurangi rasa gatal pada mata. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan menggunakan kantung teh:
Pertama-tama diinginkan buah kantung teh selama sekitar 2 sampai 3 jam Setelah itu tempatkan kantung teh buku tadi di kelopak mata anda. Biarkan sekitar 20 sampai 30 menit kemudian bilas wajah anda dengan air dingin. Cara ini bisa membantu  meminimalkan kemerahan sekaligus gatal pada mata.

7. Susu

Susu merupakan salah satu obat alami yang aman digunakan untuk mata merah yang disebabkan oleh iritasi atau alergi. Cara menggunakan susu: rendam beberapa katun ke dalam susu dingin kemudian tekan katun tersebut untuk mengurangi kelebihan susu yang menempel. Tempatkan katun yang anda rendam tadi ke kelopak mata yang tertutup. Tinggalkan sekitar 15 sampai 20 menit kemudian bilas wajah anda sampai bersih.

8. Madu

Madu adalah ramuan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Madu sangat berguna untuk mengurangi kemerahan pada mata yang terjadi akibat alergi dan debu. Madu memiliki beberapa zat yang berguna menenangkan mata yang gatal. Cara menggunakan madu untuk mengatasi mata merah: Anda hanya perlu mengoleskan madu ke bagian kelopak dan area sekitar mata dalam keadaan tertutup, setelah itu biarkan selama 10 menit. Jika sudah selesai bilas wajah anda sampai bersih. Pastikan tidak ada madu yang masuk ke mata Anda karena dapat memberikan terasa perih.

9. Mengkompres mata anda

Anda juga bisa mengkompres mata Anda menggunakan es batu yang digulung dengan kain kemudian meletakkan kepada mata Anda dalam keadaan tertutup. Penggunaan kompres dingin berguna menyempitkan pembuluh darah di mata yang pada gilirannya akan mengurangi kemerahan dan bengkak. Selain itu, menggunakan kompres dingin juga dapat menurunkan retensi cairan di sekitar mata yang bisa menyebabkan kantung mata.

10. Menggunakan sendok dingin

Cara yang praktis dan mudah untuk membantu meringankan kemerahan pada mata Anda yaitu menggunakan sendok dingin. Caranya cukup mudah, pertama siapkan 4 sendok makan setelah itu masukkan masing-masing ke dalam air es. Jika sudah dingin tempatkan sendok tadi di kelopak mata Anda. Saat kedua sendok tersebut sudah mulai hangat, ambil dua sendok berikutnya dan tempatkan kembali ke mata Anda yang bengkak atau kemerahan. Lakukan cara ini terus hingga kemerahan atau bengkak pada mata Anda mulai berkurang.

11. Lidah buaya

Banyak yang sudah membuktikan mengenai manfaat lidah buaya untuk perawatan kecantikan dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan termasuk iritasi pada kulit. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi mata merah menggunakan lidah buaya: pertama bekukan sedikit jus lidah buaya kemudian campur dengan air dingin. Rendam bantalan kapas ke dalamnya, setelah itu letakkan di atas mata Anda. Cara ini bisa menenangkan kulit sekaligus mencegah peradangan pada mata. Cara lainnya: campur dua sampai tiga sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan madu, dan setengah cangkir teh daun elderberry. Gunakan campuran ke tiga bahan tadi untuk membilas mata dua kali sehari selama kurang lebih 2 sampai 3 hari.

12. Penuhi kebutuhan vitamin harian anda

Vitamin memainkan banyak peran penting untuk menunjang kesehatan organ di dalam tubuh kita tidak terkecuali mata. Untuk itu Anda memenuhi kebutuhan vitamin harian anda dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, E, A, dan B. Untuk mencegah mata merah sebaiknya cukupi kebutuhan vitamin B dan A. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan lutein dan karotenoid untuk mencegah berbagai macam penyakit mata. Makanan berikut ini sangat baik untuk kesehatan mata: minyak biji rami, buah naga, wortel, bayam, dan buah anggur.

13. Cuka sari apel

Cuka sari apel dikemas dengan asam malat yang bisa membantu melawan infeksi bakteri yang memicu kemerahan & gatal pada mata. Berikut adalah petunjuk rinci penggunaan cuka sari apel untuk mengatasi mata merah yang bisa anda terapkan: Campur 1 sdm cuka sari apel dengan 1 gelas air. Percikkan larutan tadi ke mata anda sekitar 3 kali per hari. Cara lain Anda bisa mencampur 1 sdm cuka sari apel ke dalam secangkir air. Kemudian ambil 2 bola kapas dan celupkan ke dalam larutan tadi. Setelah itu usapkan ke mata anda dalam posisi tertutup

14. Kentang

Kentang memiliki sifat astringent yang dapat membantu mengurangi peradangan serta lingkaran hitam di sekitar mata Anda. Berikut beberapa cara menggunakan kentang untuk mengatasi mata merah akibat iritasi: Kupas kentang berukuran sedang kemudian potong menjadi beberapa irisan. Tempatkan irisan kentang tadi atas mata yang tertutup lakukan selama 3 malam berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

15. Biji fenugreek

Salah satu pengobatan alami untuk mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan biji fenugreek. Caranya cukup mudah, rendam beberapa biji fenugreek sekitar 7 sampai 8 jam atau semalaman. Kemudian giling untuk dibuat menjadi pasta yang halus. Terapkan pasta tersebut ke mata yang tertutup selama sekitar 15 sampai 20 menit.

16. Bilberry

Bilberry adalah bahan yang cukup efektif dalam menyelesaikan permasalahan mata merah karena memiliki kandungan antioksidan dan antosomosida yang kuat. Ambil ekstrak bilberry (¼ cangkir) dan tiriskan ke penetes mata. Setelah itu, teteskan secara bertahap di setiap mata dengan menggunakan alat tetes. lakukan setidaknya selama 3 hari untuk mengobati mata merah dan gatal.

17. Raspberry

Raspberry hadir dengan banyak senyawa seperti asam malat, asam tartarat dan asam sitrat. Raspberry memiliki efek astringent dan antiseptik karena senyawa yang dimilikinya tersebut. Cara mengatasi mata merah menggunakan daun raspberry:
Pertama, ambil daun raspberry (1 gelas) dan air (1 gelas). Kemudian masukkan daun tadi ke dalam air. Rebus selama sekitar sepuluh menit. Kemudian saring biarkan hingga dingin. Ambil kain bersih dan masukkan ke dalam ramuan tersebut. Tekan kain di mata secara perlahan selama sekitar lima belas menit.

18. Sayuran beku

Anda bisa mencoba mengatasi masalah iritasi dan kemerahan pada mata anda menggunakan sayuran beku. Cara ini cukup simpel tetapi cukup membantu meredakan perih pada mata. Caranya: Bekukan sayuran seperti wortel ke dalam freezer. Iris tipis-tipis setelah itu tempelkan pada kelopak mata anda. Biarkan selama kurang lebih 10 menit kemudian angkat.

19. Minyak jarak

Minyak jarak sangat ampuh melawan peradangan dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal. Ambil beberapa minyak jarak kemudian oleskan ke kelopak mata anda sampai merata. Ulangi empat kali sehari untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan iritasi pada mata.

20. Wortel dan bayam

Cara mengtasi mata merah dan iritasi secara alami yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi wortel dan bayam. Jika sebelumnya kita sudah menggunakan semua bahan tadi untuk diterapkan secara topikal maka kali ini anda harus menggunakan bayan dan wortel untuk dikonsumsi. Keduanya menyediakan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan mata anda sekaligus mencegah iritasi dan kemerahan yang merupakan tanda iritasi.

Tips mencegah mata kering dan merah

Mungkin anda pernah mendengar jika mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, Anda perlu membatasi unsur-unsur berbahaya yang menyebabkan mata merah dan iritasi.


Pertama, hindari terlalu lama berada di depan layar HP atau komputer karena dapat menyebabkan mata menjadi kering dan merah. Jika anda kesulitan untuk melakukannya karena aktivitas harian anda sudah tergantung dengan komputer paling tidak atur tingkat pencahyaan dengan menyesuaikan dengan cahaya ruangan anda. Selain itu, anda juga bisa mengambil waktu untuk break sejenak selama setidaknya 10 menit untuk memberikan waktu istirahatn pada mata anda.

Selain itu merokok juga menjadi salah satu pemicu kemerahan pada mata sehingga anda harus menghindarinya. Belum lagi ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok seperti menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Selain rokok konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan iritasi dan rasa sakit pada mata.

Share On