18 Cara menumbuhkan jenggot secara alami dan cepat

Cara menumbuhkan jenggot
freegreatpicture.com

Ulasan cara menumbuhkan jenggot secara alami dan cepat serta memperlebat brewok menggunakan bahan alami dan non alami yang bisa anda coba di rumah. Banyak pria di seluruh dunia bermimpi memiliki jenggot yang tebal dan bagus untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih maskulin. Sayangnya beberapa pria sering merasa kesulitan untuk menumbuhkan jenggot dengan cepat secara alami. Pertumbuhan jenggot yang cepat dan lebat juga dipengaruhi faktor hormon dan juga keturunan. Jadi bagi orang yang memiliki keturunan memiliki jenggot yang lebat kemungkinan dia lebih mudah untuk mendapatkan jenggot yang lebat pula. Begitu juga sebaliknya bagi mereka yang tidak memiliki keturunan yang memiliki brewok atau janggut lebat mereka secara umum sedikit kesulitan untuk mendapatkannya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan jenggot secara alami tanpa menggunakan obat, selengkapnya bisa anda baca dalam artikel berikut ini:

1. Kemiri

Minyak kemiri merupakan bahan alami yang paling populer untuk menumbuhkan jenggot dengan cepat dan aman. Minyak kemiri juga sangat praktis dan mudah digunakan sehingga banyak orang menggunakannya untuk menumbuhkan brewok seperti jenggot dan kumis. Caranya cukup mudah anda hanya perlu mengoleskan minyak kemiri pada area janggut dan sekitar wajah anda. Lakukan secara rutin setidaknya dalam jangka waktu 2 minggu.

2. Mentega

Selain kemiri, mentega juga merupakan bahan yang mudah digunakan untuk menumbuhkan jenggot dengan cepat dan praktis. Cara penggunaannya juga hampir sama dengan minyak kemiri, yaitu dengan mengoleskannya pada area wajah (jangan terlalu tebal) terutama janggut. Biarkan selama sekitar 15 menit kemudian anda bisa membilasnya dengan air.

3. Kayu manis dan jus jeruk nipis

Cara menumbuhkan jenggot yang selanjutnya dalam artikel ini adalah menggunakan jus jeruk nipis dan kayu manis. Anda bisa mencampur kedua bahan tersebut untuk dibuat menjadi pasta yang bisa meningkatkan pertumbuhan jenggot dengan cepat secara alami. Menurut sebuah penelitian mengenai penggunaan kayu manis untuk pertumbuhan rambut Anda dapat menggunakan kayu manis untuk menumbuhkan brewok atau jenggot dengan mudah dan nyaman.

Berikut langkah demi langkah yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan jenggot menggunakan kayu manis dan jeruk nipis:

  • Pertama campur satu sendok teh kayu manis dengan dua sendok makan jus lemon untuk dibuat menjadi pasta. 
  • Kemudian oleskan pasta yang anda buat tadi ke kulit wajah terutama bagian yang anda inginkan untuk ditumbuhi jenggot. 
  • Diamkan sekitar 25 sampai 30 menit. Jika sudah selesai bersihkan wajah anda dengan air. 
  • Ulangi cara ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

Catatan: Anda harus segera menghentikan penggunaan metode ini jika merasa adanya iritasi pada kulit.

4. Kayu manis

Kayu manis adalah bahan alami yang dapat menumbuhkan jenggot dengan mudah dan juga cepat. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menggunakan kayu manis:

  • Campur satu sendok teh bubuk kayu manis dengan 2 sendok jus lemon segar.
  • Oleskan campuran kedua bahan tadi ke kulit wajah dan bilas dengan air. dingin setelah mendiamkannya selama sekitar 20 menit lakukan. 
  • Cara ini sekitar 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Minyak kelapa

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menumbuhkan jenggot secara alami adalah menggunakan minyak kelapa. Menurut sebuah penelitian mengenai manfaat minyak kelapa untuk pertumbuhan rambut, minyak kelapa bisa memberi Anda brewok yang anda inginkan seperti jenggot dan kumis. Untuk hasil terbaik Anda harus melakukannya secara rutin dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Campuran minyak kelapa dan minyak rosemary dengan perbandingan 10 banding 1 
  • Kemudian oleskan pasta ini ke kulit wajah dengan menggunakan bola kapas
  • Diamkan selama sekitar 16 menit dan dibersihkan dengan air dingin. 
  • Ulangi kembali perawatan ini dua sampai tiga kali seminggu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Sawi hijau dan minyak amla
Cara menumbuhkan jenggot dengan amla
menumbuhkan jenggot dengan minyak amla

Jika anda sedang mencari cara menumbuhkan brewok dengan cepat termasuk rambut pada wajah anda seperti jenggot dan kumis, maka anda tidak boleh melewatkan penggunaan minyak Amla. Cara menumbuhkan brewok menggunakan minyak Amla dan sawi hijau:

  • Pertama, campurkan seperempat cangkir minyak Amla dengan sekitar 3 sendok makan daun sawi hijau (yang sudah dihaluskan). 
  • Aduk dengan baik hingga Anda mendapati teksturnya kental seperti pasta. 
  • Oleskan pasta yang telah anda buat tadi langsung ke kulit wajah terutama bagian janggut. 
  • Tinggalkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bersihkan seperti biasa. 

Selain minyak Amla Anda juga bisa menggunakan minyak biji anggur dan minyak jojoba dengan manfaat yang tidak jauh berbeda.

7. Minyak kayu putih

Menurut sebuah penelitian minyak kayu putih dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan jenggot atau brewok pada area wajah. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya jangan mengoleskan minyak kayu putih langsung ke kulit wajah anda. Sebagai gantinya Anda harus mencampur minyak kayu putih dengan beberapa air hangat atau menggunakan produk kulit wajah yang memiliki kandungan minyak kayu putih sebagai bahan utamanya. Berikut petunjuk lengkap mengenai penggunaan minyak kayu putih untuk menumbuhkan jenggot secara alami:

  • Langkah pertama, encerkan minyak kayu putih dengan menambahkan air, perbandingannya sekitar 1 banding 4.
  • Kemudian oleskan langsung ke kulit wajah menggunakan bola kapas.
  • Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas wajah anda dengan benar. 

Catatan: jika anda merasa iritasi pada kulit sebaiknya segera cuci wajah anda kemudian jangan menggunakan metode ini lagi. Selain itu pelembab dan pembersih wajah yang mengandung minyak kayu putih lebih dianjurkan daripada menggunakan minyak kayu putih secara langsung.

8. Melakukan pijatan ringan

Cara yang tergolong mudah dan praktis untuk menumbuhkan jenggot secara alami yaitu merangsang folikel rambut dengan pijatan. Menurut sebuah studi, pijatan ringan di kulit bisa membantu menstimulasi folikel rambut agar pertumbuhannya lebih cepat. Untuk melakukan pemijatan ringan tersebut, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Pijat dengan lembut pada area sepanjang kulit wajah di mana anda ingin merangsang pertumbuhan rambut seperti pada daerah janggut dan sekitarnya. Lakukan pemijatan sekitar 10 sampai 15 menit. Ulangi cara ini dua kali sehari agar anda memperoleh hasil yang memuaskan.

9. Menjaga kebersihan wajah anda
Cara menumbuhkan jenggot dengan mencuci wajah
image by greatist.com

Perlu diingat bahwa sel kulit mati, minyak, serta kotoran yang menumpuk di wajah bisa membuat folikel rambut menjadi sulit untuk tumbuh dengan cepat. Jadi Jika anda ingin menumbuhkan jenggot secara alami dengan cepat maka anda harus menjaga kebersihan wajah anda.

Anda bisa melakukan pembersihan wajah menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, dan buah-buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai scrub wajah. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali sehari agar Anda bisa mendapatkan jenggot lebat seperti yang anda inginkan. Jika tidak ingin membersihkan wajah dengan bahan alami. Anda bisa mencoba membeli pembersih wajah yang ada di toko, tetapi pastikan untuk memilih jenis pembersih wajah yang tidak menyebabkan komedo atau non comedogenic.

10. Kontrol stres

Stress merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh orang di seluruh dunia. Gaya hidup yang kurang sehat dan juga pekerjaan yang menumpuk dapat memperburuk kondisi. Mungkin tidak asing bagi anda jika stres dapat menimbulkan kebotakan dan juga munculnya uban lebih cepat dari yang seharusnya. Jadi stres dapat menghambat tumbuhnya brewok dan usaha anda dalam memperoleh jenggot yang lebat seperti impian anda.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengontrol stres, salah satunya adalah dengan berolahraga terutama di pagi hari seperti bersepeda, jalan kaki, atau sekedar bermain kejar-kejaran dengan anak anda. Berolahraga terutama di pagi hari dapat meningkatkan energi dan mengurangi tekanan dimana hal ini sangat baik sekali untuk kesehatan mental anda.

11. Berolahraga secara teratur
Cara menumbuhkan jenggot dengan olahraga
image by freegreatpicture.com

Berbicara mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan tidak akan ada habisnya. Olahraga sangat penting sekali untuk meningkatkan fungsi organ tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Seperti yang anda tahu bahwa sirkulasi darah yang baik sangat membantu mempertahankan tingkat metabolisme yang tinggi. Selain itu, metabolisme yang baik juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang pada akhirnya akan mempermudah kita menumbuhkan brewok termasuk jenggot.

12. Memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks

Cara menumbuhkan jenggot yang tidak kalah penting adalah dengan meningkatkan asupan vitamin B kompleks. Vitamin B7 atau yang disebut dengan biotin merupakan salah satu vitamin terbaik untuk menumbuhkan jenggot atau rambut di sekitar wajah. Selain bioting, vitamin B3, B5, serta B9 juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Bioting sering ditemukan ada makanan seperti kuning telur dan kacang-kacangan. Jika anda tidak bisa mengkonsumsi makanan kaya biotin tersebut, pilihan lainnya adalah dengan mengambil suplemen.

13. Memenuhi kebutuhan vitamin harian anda

Vitamin A, C, dan E bekerja sama dalam menciptakan keseimbangan untuk pertumbuhan rambut termasuk jenggot. Vitamin C membantu dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh, vitamin E bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah sedangkan vitamin A berguna menjaga sebum dan folikel rambut tetap sehat dan stabil. Anda bisa mendapatkan kesemua vitamin tersebut dari buah dan sayur segar seperti jeruk, buah naga, wortel dak beberapa jenis kacang-kacangan.

14. Cukur rambut wajah anda

Tahukah Anda jika mencukur ternyata dapat merangsang folikel rambut untuk tumbuh lebih tebal dan kencang. Hal ini bisa Anda coba untuk menumbuhkan jenggot dengan cepat yaitu dengan cara sering mencukur wajah terutama bagian janggut. Jadi, ini merupakan solusi yang mudah dan bisa anda terapkan untuk meningkatkan pertumbuhan jenggot.

15. Menggunakan minoxidil
Cara menumbuhkan jenggot dengan minoxidil
image by holdthehairline.com

Minoxidil merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Minoxidil dapat menumbuhkan brewok dengan cepat meskipun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan mengenai efek samping yang ditimbulkannya. Cara menggunakan minoxidil untuk menumbuhkan jenggot sangat mudah sekali, anda hanya perlu mengoleskan minoxidil secara lembut pada area yang anda inginkan untuk ditumbuhi rambut atau jenggot. Ingat, fokus hanya pada bagian-bagian yang perlu untuk ditumbuhi rambut saja. Langkah terakhir cuci sampai bersih setelah 2 sampai 3 jam.

Catatan: Pastikan anda membaca petunjuk secara terperinci untuk menghindari overdosis. Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Selain dapat menumbuhkan jenggot dengan cepat, minoxidil mungkin memiliki beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti iritasi pada kulit, menimbulkan ketombe, dan masalah kulit lainnya.

16. Mencukupi kebutuhan istirahat

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga semua organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sehingga memudahkan proses pertumbuhan jenggot dan rambut secara keseluruhan. Ingatlah bahwa tidur adalah periode atau waktu ketika tubuh meregenerasi sebagian besar sel yang hilang. Akibatnya pertumbuhan rambut cenderung lebih efektif selama periode tidur. Menurut sebuah penelitian kurang tidur dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut dan juga jenggot.

17. Hilangkan kelebihan sel kulit mati di wajah anda

Dalam beberapa kasus kelebihan sel kulit mati dapat menghalangi pertumbuhan jenggot, jadi sangat dianjurkan untuk menggunakan scrub exfoliating setidaknya dua kali seminggu. Selain itu, sangat dianjurkan untuk memilih jenis scrub yang diformulasikan khusus untuk pria yang cocok untuk semua jenis kulit. Penggunaan scrub exfoliating dapat membantu mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan wajah sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan jenggot dengan maksimal.

18. Memenuhi kebutuhan lemak dan protein

Memenuhi kebutuhan protein dan lemak sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cepat termasuk pertumbuhan jenggot. Perlu diingat bahwa rambut dibuat dari protein. Perlu diingat bahwa asupan lemak dan protein dapat membantu dalam meningkatkan kadar testosteron yang merupakan pemain kunci untuk meningkatkan pertumbuhan jenggot.

Untuk mempercepat pertumbuhan jenggot Anda juga bisa mengambil suplemen testosteron. Suplemen testosteron dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga jenggot dalam kasus testosteron pria dibawah tingkat optimal. Selain itu, ukuran dan kualitas rambut wajah juga tergantung pada jumlah folikel rambut pada pria dan juga pendistribusiannya. Artinya beberapa pria mungkin dapat meningkatkan pertumbuhan jenggot dengan suplemen testosteron ini, dan mungkin untuk beberapa pria tidak akan terlalu banyak berpengaruh.

Tetapi yang perlu anda perhatikan adalah, terlalu banyak mengkonsumsi suplemen ini dapat merusak hati, menyebabkan masalah pembuluh darah, dan meningkatkan risiko serangan jantung. Bukan hanya itu, kelebihan dosis suplemen testosteron juga dapat meningkatkan ukuran prostat yang keduanya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan resiko kanker prostat.


Nah,,demikian tadi 18 tips dan cara menumbuhkan jenggot dengan cepat secara alami, semoga bisa membantu anda mendapatkan brewok seperti yang anda inginkan.

Share On