17 Manfaat jagung untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Manfaat jagung untuk kesehatan
image by wikimedia.org

Daftar kandungan nutrisi dan manfaat jagung untuk kesehatan termasuk baik bagi ibu hamil yang wajib anda ketahui. Jagung adalah makanan dengan padat nutrisi yang memiliki banyak varian. Jika selama ini anda hanya mengenal jagung dengan warna kuning, sebenarnya jagung memiliki banyak warna seperti biru, ungu, hitam, pink, merah, dan putih. Jagung biasanya mudah tumbuh pada musim panas dan sangat cocok ditanam di iklim Indonesia.

Kandungan nutrisi jagung

Secara umum dalam 100 gram jagung kuning menyediakan sekitar 96 kalori, 73% air, 21 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 3,4 gram protein dan 4,5 gram gula yang meliputi 2,7 gram sukrosa, 0,8 gram glukosa, 0,8 gram fruktosa dan 0,2 gram laktosa. Selanjutnya jagung mengandung 1,5 gram lemak yang terdiri dari 0,2 gram lemak jenuh, 0,57 gram lemak tak jenuh tunggal, 0,6 gram lemak tak jenuh ganda, 0,02 gram asam lemak omega-3 serta 0,59 gram lemak omega-6. Selain nutrisi di atas jagung juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan anda.

Namun, setiap jenis jagung memberikan jumlah vitamin dan mineral yang berbeda. Tetapi secara umum jagung memiliki kandungan mineral seperti mangan, fosfor, magnesium, seng, potasium, dan tembaga. Dan beberapa vitamin seperti asam folat, vitamin B6, niasin dan vitamin A. Fakta juga menunjukkan bahwa jagung juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang lebih tinggi daripada banyak biji sereal lainnya. Senyawa antioksidan ini mengandung zeaxanthin, lutein, anthocyanin dan ferulic acid, serta phytic acid.

Manfaat jagung untuk kesehatan

1. Sumber karbohidrat

Jagung merupakan makanan padat yang sangat mengenyangkan, hal ini menjadi indikasi bahwa jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Maka tidak heran jika beberapa masyarakat Indonesia seperti Madura menggunakan jagung sebagai makanan pokok mereka. Selain tinggi karbohidrat, jagung juga memiliki banyak nutrisi sehingga bisa dijadikan sebagai pilhan makanan poko yang sehat untuk menggantikan beras. Konsumsi setengah cangkir jagung dapat memberikan hingga 80 kalori.

2. Sumber antioksidan penting

Jagung memiliki kandungan phytochemicals yang merupakan antioksidan penting untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan antioksidan di dalam jagung bervariasi tergantung warna dari jagung tersebut, misalnya jagung yang berwarna ungu memiliki asam protocatechuic terbaik yang bisa bertindak sebagai antioksidan kuat, sedangkan jagung biru diketahui mengandung banyak antosianin dan jagung kuning memiliki kandungan karetenoid yang tinggi di antara jenis jagung lainnya.

3. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat jagung untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala anda. Minyak jagung diketahui cukup baik untuk membuat rambut anda menjadi lebih lembut dan halus. Hal ini dikarenakan di dalam jagung terdapat banyak asam lemak omega 3 dan 6. Seperti yang telah kita ketahui bersama jika keduanya merupakan nutrisi penting untuk membantu mengendalikan peradangan dan mencegah ketombe di kulit kepala. Asam lemak ini juga merupakan unsur penting dari semua struktur yang menciptakan pengangkutan lemak sehingga jika anda mengalami kekurangan asam lemak dari kedua jenis di atas, maka dapat menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh atau mudah rontok.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jagung untuk kesehatan yang luar biasa adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan jantung. Omega 3 dan 6 merupakan kedua nutrisi yang bertanggungjawab dalam membantu mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam darah. Hal ini tentunya akan menurunkan peluang tersumbatnya Arteri dan juga menurunkan tekanan darah. Sehingga Anda akan mengurangi resiko menderita stroke dan serangan jantung.

5. Menurunkan LDL (kolesterol jahat)

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah artikel mengatakan bahwa mengkonsumsi jagung dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Bagaimana caranya jagung membantu menurunkan kolesterol LDL? jagung dapat menurunkan kolesterol jahat dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh kita. Menurunkan kolesterol jahat dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan aterosklerosis.

6. Mencegah diabetes 

Manfaat jagung untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko diabetes dan hipertensi. Saat ini banyak orang di seluruh dunia menderita diabetes. Itulah alasan mengapa mengobati atau mencegah diabetes merupakan hal yang perlu dilakukan setiap orang. Ada dua cara utama yang bisa anda lakukan untuk mengobati atau mencegah diabetes. Cara pertama adalah dengan menggunakan obat-obatan, namun terkadang cara ini dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Sedangkan cara kedua adalah mengatur pola diet yang seimbang dan sehat dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Anda bisa menambahkan jagung ke dalam menu sehat harian Anda, karena selain rendah indeks glikemiknya jagung juga memilik sejumlah serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

7. Mencegah anemia

Anemia sebenarnya bukanlah penyakit berbahaya tetapi efek buruknya akan semakin fatal jika dialami oleh ibu hamil. Pada masa kehamilan sang Ibu membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung kesehatan janin, kekurangan darah (anemia) dapat menghambat penyaluran oksigen ke jaringan tubuh janin. Secara umum salah satu faktor utama penyebab anemia adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa jagung memiliki kandungan zat besi yang merupakan mineral penting untuk menciptakan sel darah merah. Sehingga mengkonsumsi jagung secara rutin dapat membantu anda mencegah anemia.

8. Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu nutrisi penting yang terdapat dalam jagung adalah serat, dimana nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Serat juga sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit diabetes. Selain itu, jagung juga dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus besar, wasir, dan diare karena memiliki kandungan serat larut dan tidak larut. Sehingga anda akan mendapatkan banyak manfaat dari serat yang dikandung oleh jagung.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Perlu kita ketahui bahwa jagung mengandung zeaxanthin dan lutein yang dapat melindungi protein di lensa mata dari oksidasi yang menyebabkan rabun pada mata. Kandungan vitamin A yang dihasilkan dari betakaroten pada jagung juga dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah penyakit degenerasi makula (menurunnya penglihatan pada orang yang memasuki usia senja).

10. Mencegah rambut kering dan rontok

Ada cara mengatasi rambut rontok secara alami yang cukup mudah yaitu menggunakan minyak jagung. Minyak jagung memberikan kombinasi nutrisi yang sangat baik seperti vitamin E dan asam lemak sehingga penggunaan minyak jagung secara topikal di rambut Anda dapat membantu menjaga folikel rambut tetap sehat, terhidrasi, dan memperlambat proses penuaan rambut. Hal ini dilakukan dengan cara menangkal efek buruk radikal bebas yang berbahaya. Dengan demikian menggunakan minyak jagung sangat berguna dalam mencegah dan melawan kerontokan rambut. Selain itu jagung juga mengandung vitamin K yang dapat memberi bantuan dalam penyerapan kalsium sehingga mencegah rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

11. Baik untuk kesehatan tulang 

Tahukah Anda jika mengkonsumsi jagung ternyata dapat meningkatkan kesehatan tulang anda? Beta-cryptoxanthin dalam jagung dapat membantu mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti reumatoid artritis. Mengkonsumsi jagung secara rutin juga dapat meningkatkan kepadatan tulang karena mengandung magnesium, zat besi, seng dan fosfor. Selain itu mengkonsumsi jagung juga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang.

12. Meningkatkan energi tubuh

Seperti yang kita ketahui jika jagung memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat yang dimiliki jagung rendah indeks glikemik sehingga tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Bukan hanya itu, jagung juga memiliki kandungan asam pantotenat dan vitamin B yang bisa berubah menjadi glukosa untuk membantu meningkatkan energi anda.

13. Mencegah penyakit kanker

Manfaat jagung untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya di duania. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh efek buruk radikal bebas dan juga makanan yang kita konsumsi, terutama makanan yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pewarna, borax, bahan pengawet, dsb. Berkat senyawa fenolik dan asam ferulic yang terdapat dalam jagung membuatnya mampu melawan tumor dan kanker payudara. Selain itu, kandungan serat dalam jagung juga dapat mencegah penyakit kanker usus besar, sembelit, wasir dan masalah pencernaan lainnya.

14. Baik untuk wanita hamil

Bagi seorang ibu hamil mencukupi kebutuhan nutrisi merupakan hal yang sangat penting, terutama asam folat. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan resiko bayi cacat tabung saraf. Karena jagung mengandung asam folat sehingga membuatnya sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain asam folat, jagung juga mengandung banyak nutrisi penting seperti mineral, vitamin, antioksidan, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan bayi, sehingga Anda harus memperhitungkan untuk memasukkan jagung ke dalam daftar makanan sehat harian Anda.

15. Baik untuk kesehatan kulit anda

Apakah anda sedang membutuhkan makanan sehat untuk kulit anda? Jika iya sebaiknya mulailah dengan mengkonsumsi jagung. Seperti yang sudah kita ketahui jika jagung memiliki banyak sekali vitamin seperti vitamin A, C, dan beta-karoten yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, jagung juga dapat menghasilkan kolagen yang dibutuhkan untuk perawatan rambut dan elastisitas kulit anda. Saat seseorang mulai bertambah tua mereka akan membutuhkan lebih banyak kolagen untuk memperlambat keriput.

16. Kaya akan kandungan mineral

Jagung mengandung banyak mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Dan mendapatkan mineral dari makanan merupakan salah satu cara terbaik, karena selain aman juga dapat meminimalisir kelebihan mineral atau efek samping yang tidak diinginkan. Mengkonsumsi jagung dapat membantu anda meningkatkan asupan mineral seperti tembaga, zat besi, seng, mangan, magnesium, kalium, dan fosfor. Bukan hanya itu, jagung juga dapat merangsang fungsi ginjal, perbaikan tulang, dan pertumbuhan tubuh terutama bagi anak-anak.

17. Mencegah sembelit dan perut buncit

Serat merupakan nutrisi penting yang terdapat dalam jagung, dimana nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus mencegah sembelit. Pencernaan yang kurang lancar selain dapat mengakibatkan sembelit juga memperbesar resiko penyakit kanker usus besar. Selain itu, kurang lancarnya pencernaan juga akan membuat perut buncit.

Share On