17 Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat secara alami

image by www.cdc.gov

Beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat secara alami hanya 15 menit menggunakan bahan yang mudah didapat. Apa yang Anda rasakan saat menderita flu? Pasti sangat terganggu dan ingin cepat-cepat mencari solusi untuk mengatasi Atau paling tidak meringankan gejalanyanya. Sebenarnya flu bukan penyakit yang berbahaya tetapi gejala yang ditimbulkannya cukup mengganggu aktifitas kita bahkan saat kita tidur. Hidung tersumbat adalah gejala umum dari flu selain meriang dan bersin-bersin. Meskipun penyakit ini tergolong ringan dan secara umum tidak membutuhkan perawatan dokter, tetapi karena gejala yang ditimbulkan cukup mengganggu maka sebagian besar orang mencari solusi yang bisa dengan cepat dan tepat mengatasinya.

Hidung tersumbat secara umum terjadi saat pembengkakan terbentuk di daerah rongga hidung yang menyebabkan terbentuknya lendir, sehingga kita menjadi sulit bernafas seperti biasanya karena lubang hidung tersumbat oleh lendir tersebut. Hidung tersumbat umumnya berhubungan dengan gejala flu, pilek, dan reaksi alergi.

Ada beberapa cara alami yang bisa anda tempuh untuk membantu mengatasi Atau paling tidak meringankan gejala hidung tersumbat tersebut. Apa saja yang harus dilakukan? Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Menghirup uap dari biji carom

Cara mengatasi hidung tersumbat yang cukup efektif yaitu menghirup uap dari biji carom. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menghancurkan satu sendok makan biji carom dan masukkan ke dalam air yang mendidih kemudian hirup uap larutan tersebut. Anda juga bisa menambahkan dengan minyak peppermint ke dalam air mendidih tersebut untuk memberikan manfaat yang lebih.

2. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel diketahui dapat membersihkan hidung tersumbat dengan cepat karena ramuan ini dipercaya mampu mengencerkan lendir secara alami. Selain itu, cuka Sari apel juga diperkaya dengan nutrisi penting sehingga sangat baik untuk kesehatan dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cuka sari apel: campurkan 2 sendok makan cuka Sari apel dengan 1 sendok makan madu dengan satu cangkir air hangat. Kemudian minum campuran ramuan ini dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari atau sampai hidung tersumbat Anda mulai hilang.

3. Menggunakan minyak kayu putih

Cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah dan cepat bereaksi adalah dengan cara mengoleskan minyak kayu putih ke bagian atas hidung dan di depan lubang hidung. Cara ini cukup efektif untuk bisa melancarkan pernapasan dengan menghangatkan area sekitar hidung.

4. Mengunakan jahe

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan jahe
image by pixabay.com

Jahe merupakan ramuan alami yang bermanfaat menghangatkan tubuh fakta ini juga menjadi dasar kenapa jahe bisa digunakan sebagai bahan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe secara langsung, atau dengan menghirup uap dari jahe rebus untuk melegakan hidung yang tersumbat. Anda juga bisa menambahkan satu sendok madu untuk memberikan manfaat yang lebih.

5. Menggunakan larutan garam

Salah satu solusi paling populer untuk mengatasi hidung tersumbat yang banyak digunakan orang adalah dengan menggunakan air garam. Garam dapat membantu membersihkan hidung yang tersumbat dan melancarkan pernapasan anda. Caranya: campurkan satu sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Kemudian aduk hingga merata setelah itu tuangkan larutan tadi ke lubang hidung menggunakan alat penetes.

6. Mengkonsumsi makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas ternyata juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Saat anda memiliki masalah dengan hidung tersumbat sebaiknya banyaklah mengonsumsi makanan pedas, karena hal ini dapat meringankan lendir dari saluran hidung sehingga hidung yang tadinya tersumbat akan kembali lancar. Tetapi ingat, bagi Anda yang memiliki perut sensitif sebaiknya hindari cara ini karena dapat membuat anda bolak-balik pergi ke kamar mandi.

7. Kompres hidung anda

Selain menggunakan uap, Anda juga bisa mencoba mengompres hidung anda dengan air hangat. Caranya: ambil kain bersih kemudian celupkan ke air hangat. Setelah itu, letakkan pada area hidung yang tersumbat. Diamkan selama 10 menit setelah hidung anda mulai bisa digunakan untuk bernafas maka anda bisa mengangkatnya.

8. Mandi dengan air panas

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan air panas
image by publicdomainpictures.net

Hampir sama dengan mengompres air hangat atau mengkonsumsi makanan pedas, mandi air panas juga bisa membuat lendir mudah mengalir keluar dari lapisan hidung. Caranya cukup mudah karena anda hanya perlu berdiri di bawah pancuran air panas sampai ada uap panas di sekitar Anda. Jadi jika anda menderita flu atau hidung tersumbat sebaiknya tidak mandi menggunakan air dingin. Selain itu, usahakan jangan mandi terlalu sore untuk menghindari semakin parahnya hidung tersumbat yang anda alami.

9. Ramuan herbal

Ramuan seperti peppermint, thyme, chamomile, blackberry, atau daun rosmarin adalah obat yang baik untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Anda bisa membuat teh dari bahan-bahan tadi kemudian meminumnya secara rutin sampai hidung yang tersumbat mulai lega.

10. Mengkonsumsi minuman hangat

Banyak orang yang meyakini bahwa mengkonsumsi minuman hangat dapat membantu menghilangkan hidung yang tersumbat. Tetapi apakah hal ini benar, dan kenapa bisa terjadi? penjelasannya adalah rasa minuman panas berkontribusi terhadap respon yang baik bagi mereka yang mengalami hidung tersumbat. Secara kongkrit minuman panas seringkali memiliki rasa lebih intens yang merangsang aliran lendir dan air liur yang pada akhirnya dapat menenangkan hidung yang tersumbat dan membantu membersihkan virus dan bakteri.

11. Mengkonsumsi sup ayam


Cara mengatasi hidung tersumbat dengan sup ayam
image by pixabay.com

Percayakah Anda jika mengkonsumsi sup ayam dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat? hal ini kelihatannya aneh tetapi penjelasannya cukup masuk akal. Studi ilmiah menunjukkan bahwa sebenarnya sup dapat menurunkan produksi lendir saat mempengaruhi peradangan dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, panas dan uap dari sup ayam juga membantu meringankan hidung tersumbat.

12. Menggunakan lada hitam

Salah satu bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah lada hitam. Bumbu dapur ini sangat bermanfaat untuk mengatasi sinus yang tersumbat dengan cara menginduksi bersin, sehingga menyingkirkan alergen dan lendir di sinus Anda. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lada hitam setelah itu tambahkan 3 tetes minyak wijen. Celupkan jari kedalam campuran bahan tadi, setelah itu oleskan di bawah hidung dan hirup aromanya.

13. Tomat dan bawang putih

Bawang putih merupakan ramuan yang sangat baik dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan termasuk hidung tersumbat. Saat dikombinasikan dengan bahan bahan lain seperti tomat, bawang putih akan memiliki manfaat yang lebih. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan bawang putih dan tomat: pertama-tama rebus 1 cangkir jus tomat segar, 1 sendok makan bawang putih, 1 sendok makan jus lemon dan sedikit garam laut. Minum ramuan tadi secara perlahan dalam keadaan hangat.

14. Biji Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Biji fenugreek bisa membantu meredakan hidung tersumbat karena memiliki zat antiinflamasi. Selain itu, biji fenugreek juga bisa membantu membersihkan selaput lendir. Kelembaban dan panas dari teh fenugreek juga membantu mengencerkan lendir sehingga dapat melegakan hidung tersumbat. Caranya cukup mudah anda hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh biji fenugreek ke dalam air panas kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu saring dan minum airnya saat masih hangat.

15. Madu dan air hangat

Madu merupakan ramuan yang memiliki banyak sekali khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit mulai penyakit ringan sampai yang terberat sekalipun. Madu memiliki kandungan vitamin dan mineral serta beberapa sifat antibakteri yang sangat berguna untuk mencegah dan meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan meriang. Mengkonsumsi madu murni yang dicampur dengan air hangat diyakini dapat mengatasi hidung tersumbat secara alami dan aman. Selain itu, madu juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai macam serangan virus yang menjadi penyebab flu.

16. Gunakan bantal yang tinggi

Selain menggunakan bahan alami, Anda juga bisa mengatur bantal yang Anda gunakan untuk tidur dalam rangka meringankan hidung tersumbat yang anda alami. Mengangkat kepala anda saat tidur dapat membantu meringankan hidung tersumbat sehingga Anda akan bisa tidur lebih nyenyak. Cara ini bisa anda gunakan sebagai tips tambahan selain menggunakan beberapa metode di atas.

17. Menghisap permen mint

Cara ini tergolong simpel tetapi cukup membantu anda dalam mengatasi hidung tersumbat. Permen mint secara umum memiliki rasa dan aroma yang dapat melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Tips ini hanya sebagai tambahan saja dan bukan dijadikan sebagai perawatan utama.

Mungkin anda tidak bisa menerapkan ke semua tips untuk mengatasi hidung tersumbat di atas, tetapi paling tidak lakukan yang mungkin dan bisa anda lakukan. Jadi, anda bisa memilihnya salah satu atau mengkombinasikan beberapa metode di atas. Lakukan dengan cara yang benar agar hasil yang didapat lebih maksimal

Saya sangat merekomendasi anda menggunakan bahan alami karena selain aman juga tidak kalah efektif dibandingkan dengan obat yang berbahan kimia. Selain itu, karena flu tergolong sebagai penyakit yang mungkin mudah menyerang, anda tidak mungkin selalu mengandalkan obat berbahan kimia yang jangka panjang dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian tadi beberapa rangkaian cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat secara alami yang insyaa Allah aman untuk Anda terapkan secara rutin. Semoga bermanfaat bagi anda. Dan jangan lupa untuk selalu meminta pertolongan kepada Allah agar hidung tersumbat yang saat ini anda alami segera dihilangkan.

Share On