15 Manfaat brokoli untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya

Manfaat brokoli untuk kesehatan
Manfaat brokoli, image by pixabay.com

Manfaat brokoli untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya yang wajib anda ketahui. Brokoli telah lama dianggap sebagai makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, kalsium, karbohidrat vitamin A dan Vitamin C. Karena kandungan nutrisinya tersebut maka tak heran jika manfaat brokoli sangatlah banyak sekali. Berikut beberapa daftar manfaat brokoli untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang cukup sulit untuk diobati, tetapi dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti brokoli. The Cancer Association of the United States merekomendasikan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi brokoli dan sayuran cruciferous lainnya secara teratur karena mengandung phytochemical yang dapat melawan kanker. Studi epidemiologis telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi banyak brokoli dapat membantu tubuh dalam melawan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker paru-paru.

2. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah yang disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti kue kering, pemanis buatan, permen,donat, dan makanan kemasan lainnya. Diabetes ini bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dan kromium yang terdapat dalam brokoli. Pasokan kromium yang banyak di dalam brokoli dapat membantu mengatur kadar insulin yang pada gilirannya berguna mengendalikan atau mencegah penyakit diabetes. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki resiko tinggi mengalami diabetes sebaiknya banyak mengkonsumsi brokoli.

3. Mencegah anemia

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah anemia. Defisit darah merah atau yang dikenal dengan sebutan anemia merupakan penyakit yang ditandai dengan mudah lelah, pusing, lunglai dan kurang bersemangat yang tentu sangat mengganggu. Anemia dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti yang terdapat dalam brokoli. Selain zat besi, brokoli juga memiliki beberapa kandungan asam folat dimana salah satu manfaat asam folat untuk kesehatan ini adalah membantu menciptakan sel darah merah bersamaan dengan zat besi. Sehingga mengkonsumsi brokoli memberikan banyak sekali manfaat bagi anda terutama yang sedang mengalami anemia.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam brokoli berperan penting dalam membantu menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh secara efektif sistem kekebalan tubuh bekerja dalam melawan berbagai jenis penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Jadi bagi Anda yang sering sakit-sakitan seperti flu, sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi vitamin C seperti brokoli. Selain vitamin C kandungan antioksidan yang terdapat dalam brokoli juga berguna mencegah beberapa penyakit seperti kanker.

5. Baik untuk ibu hamil

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa brokoli mengandung tinggi asam folat yang berguna mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Jadi, brokoli merupakan makanan yang sangat baik sekali dikonsumsi selama masa kehamilan. Pastikan anda memilih brokoli segar dan organik agar manfaat yang didapat lebih maksimal. Berapa ibu hamil kadang mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian mereka meskipun hal itu diperbolehkan oleh dokter tetapi mendapatkan asam folat dari makanan yang anda konsumsi sangat dianjurkan karena selain alami juga minim efek samping.

6. Mencegah penuaan dini

Munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus di wajah menjadi salah satu masalah tersendiri bagi kaum wanita. Hal ini dikarenakan mereka sangat memperhatikan penampilan tanda-tanda penuaan dapat dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat termasuk mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti brokoli. Antioksidan berperan penting dalam mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan lebih awal seperti kerutan dan garis halus di wajah. Mengkombinasikan brokoli dan makanan yang mengandung tinggi antioksidan lainnya seperti buah blueberry sangat dianjurkan terutama bagi Anda yang ingin terlihat tetap awet muda secara alami.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Serat merupakan nutrisi yang membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik sehingga proses pengeluaran racun dan limbah di dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, bagi mereka yang menderita sembelit akibat kurangnya asupan serat sebaiknya banyak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli. Selain mengandung tinggi serat brokoli juga menyediakan banyak nutrisi penting lainnya yang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi ada banyak alasan bagi anda untuk rutin mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

8. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol kadarkolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya termasuk penyakit jantung dan stroke untuk itu sebaiknya kontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda pada tingkat yang normal. Para pakar kesehatan telah merekomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti brokoli untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang pada gilirannya mampu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular anda.

9. Menjaga kesehatan mata

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa kandungan betakaroten dalam brokoli sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Betakaroten dapat membantu melawan degenerasi makula dan mencegah katarak. Jadi, bagi Anda yang sudah mulai merasakan mengalami penurunan penglihatan sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi betakaroten seperti brokoli dan sayuran sehat lainnya. Mengkonsumsi setidaknya satu porsi brokoli segar dapat membantu anda menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari menurunnya penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak.

10. Mencegah penyakit alzheimer

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam folat dapat membantu mengurangi resiko penyakit Alzheimer, dan brokoli merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan asam folat cukup baik. Untuk itu sebaiknya tambahkan brokoli ke dalam menu sehat harian Anda untuk mencegah penyakit alzheimer.

11. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh para lansia terutama bagi mereka yang kurang mencukupi kebutuhan kalsium di masa mudanya. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang diperkaya dengan kalsium, magnesium, seng, dan fosfor yang kesemuanya sangat baik sekali untuk mencegah Osteoporosis. Kesemuan mineral tersebut dapat membantu menguatkan sekaligus mencegah pengeroposan pada tulang. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan bagi lansia untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti brokoli.

12. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan adalah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dimana hal ini juga berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Tingginya kadar kolesterol dalam darah sering dikaitkan dengan resiko penyakit jantung dan stroke sehingga kedua penyakit ini sering berkaitan erat. Selain itu, karotenoid Lutein yang terdapat dalam brokoli juga dapat membantu mencegah penebalan Arteri jantung sehingga bermanfaat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

13. Mencegah kanker prostat

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan di Inggris menunjukkan bahwa mengkonsumsi kembang kol dan brokoli selama satu minggu sekali dapat membantu mengurangi hingga 52% risiko terkena kanker prostat pada pria. Manfaat brokoli yang satu ini didapat dari zat tumbuhan yang disebut sulforaphane yang merupakan senyawa antikanker pada brokoli.

14. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal merupakan impian hampir semua orang di dunia baik pria maupun wanita. Berat badan yang ideal bukan hanya membuat anda terlihat lebih menarik tetapi juga mengindikasikan bahwa kebutuhan nutrisi di dalam tubuh anda terpenuhi. Untuk mendapatkannya Anda harus menerapkan pola hidup sehat seperti banyak berolahraga dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak plus mengandung tinggi serat seperti halnya brokoli. Kandungan serat dalam brokoli selain berguna melancarkan pencernaan yang dapat mencegah sembelit juga dapat membuat anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil terutama di malam hari.

15. Mencegah alergi dan peradangan

Brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan kaempferol dan isothiocyanat yang merupakan nutrisi penting untuk mencegah alergi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kaempferol memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak zat yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh kita. Selain mencegah alaegi, brokoli juga diperkaya dengan asam lemak omega 3, yang dikenal sebagai agen antiinflamasi.

Share On