12 Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat blueberry untuk kesehatan
Manfaat blueberry, image by pixabay.com

Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kecantikan anda. Buah blueberry bukan hanya memiliki warna yang eksotis dan tekstur yang lembut tetapi juga kandungan nutrisi yang melimpah. Hal ini membuat blueberry memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Blueberry memiliki beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, asam folat, riboflavin, niasin, serat, kalium, magnesium, tembaga, mangan, seng, dan sebagian kecil zat besi. Selain kaya akan kandungan nutrisinya buah blueberry juga sangat rendah kalori sehingga menjadikannya buah yang benar-benar sehat untuk anda. Untuk mengetahui lebih lanjut Mari simak selengkapnya mengenai manfaat buah blueberry untuk kesehatan anda:

1. Mencegah kanker

Manfaat buah blueberry untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah penyakit kanker. Blueberry memiliki kemampuan dalam mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker mulut, hati, usus besar, dan kanker paru-paru. Buah blueberry mengandung senyawa fenolik tinggi, vitamin C, dan tembaga yang memiliki sifat antioksidan untuk membantu tubuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, buah blueberry juga memiliki beberapa fitokimia dan mineral yang juga berperan penting dalam mencegah terbentuknya sel kanker untuk menyebar lebih luas di dalam tubuh.

2. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat buah blueberry yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kemampuan otak. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tahun 2014 lalu yang menyatakan bahwa blueberry mampu melindungi kinerja otak dan mengurangi resiko penyakit parkinson. Kemampuan blueberry tersebut tidak terlepas dari dua kandungan fitokimia tertentu yaitu proanthocyanidins dan anthocyanin yang memiliki tanggung jawab dalam memberikan manfaat neuroprotektif. Selain itu, beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, dan E serta beberapa mineral penting seperti seng, selenium, tembaga dan potasium memainkan peran penting dalam meningkatkan berbagai fungsi otak dalam kemampuan motorik, kapasitas belajar, dan kemampuan mengingat.

3. Menjaga kesehatan mata anda

Mata merupakan salah satu organ penting yang memiliki tugas kompleks. Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatannya dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah blueberry. Sebuah studi pada tahun 2012 lalau telah menemukan bahwa blueberry memiliki senyawa yang disebut antosianin yang mampu mengurangi ketegangan mata, meningkatkan penglihatan dan menjaga kesehatan retina. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dlam buah blueberry dapat membantu mencegah beberapa masalah penglihatan terkait usia seperti miopia, katarak, retinopati diabetes, dan degenerasi makula.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Buah blueberry memiliki kemampuan dalam menghambat bakteri yang sangat bermanfaat dalam melindungi dinding kandung kemih dari serangan bakteri. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam blueberry juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang juga berperan penting dalam mengurangi infeksi saluran kemih. Jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat hal tersebut dapat mendukung kandung kemih dapat berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan manfaat blueberry yang satu ini anda bisa mengkonsumsi setidaknya satu cangkir blueberry segar yang bisa anda konsumsi di pagi hari sebelum sarapan.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan anda

Jika anda sedang mengalami masalah pada pencernaan seperti sembelit atau perut kembung mungkin anda bisa mengkonsumsi blueberry secara rutin. Blueberry memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan. Kandungan antioksidan dan serat secara bersama-sama membantu membersihkan usus besar dari racun dan limbah yang tidak diinginkan yang pada gilirannya juga dapat mencegah penyakit kanker usus besar. Tidak berhenti sampai di situ, blueberry juga mampu melawan infeksi dan pembengkakan di saluran pencernaan anda. Pastikan anda mendapatkan buah blueberry segar untuk mendapatkan manfaat darinya. Minum jus blueberry mungkin tidak akan memiliki manfaat yang sama terutama untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

6. Menghambat proses penuaan dini

Penuaan merupakan proses alami yang dapat menimpa semua orang tanpa terkecuali. Untuk itu penuaan bukan hal yang perlu Anda khawatirkan. Tetapi penuaan mungkin bisa datang lebih cepat pada beberapa orang. Hal ini terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi junkfood, serta kurangnya waktu istirahat yang cukup. Untuk itu sebaiknya hindari makanan cepat saji yang umumnya tidak sehat, sekaligus banyak mengkonsumsi buah dan sayur seperti blueberry. Selain mengandung tinggi antioksidan blueberry juga diperkaya dengan vitamin yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus dibawah mata. Sangat direkomendasikan Anda mengkonsumsi blueberry organik agar manfaat yang didapat lebih maksimal.

7. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah blueberry untuk kesehatan selanjutnya yang cukup mengagumkan adalah kemampuannya dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes, di mana penyakit ini sangat sulit diobati tetapi bisa dilakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti blueberry. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 2 cangkir blueberry segar setiap harinya dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Hal ini mungkin terjadi akibat kandungan serat dan vitamin serta antioksidan dalam blueberry membantu menjaga kestabilan tingkat kadar gula darah.

8. Menjaga kesehatan jantung

Jangan jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti di seluruh dunia. Penyakit ini sangat sulit dideteksi sehingga banyak orang yang tidak sadar jika dirinya sedang mengalami penyakit jantung. Ada banyak penyebab kenapa penyakit jantung bisa menimpa seseorang salah satu yang utama adalah gaya hidup tidak sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, dan minimnya waktu istirahat terutama di malam hari. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat termasuk dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi serat dan antioksidan seperti blueberry.

Mengkonsumsi setidaknya 1 ½ cankir buah stroberi dan blueberry per minggu dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung pada wanita. Kemampuan blueberry tersebut tidak terlepas dari kandungan senyawa yang dimilikinya di mana senyawa tersebut dapat memperlebar Arteri sehingga dapat mencegah penumpukan plak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

9. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet sebaiknya tidak melupakan blueberry sebagai menu sehat harian Anda. Blueberry sangat kaya akan kandungan nutrisi sekaligus memiliki lemak yang rendah. Ini menjadi indikasi yang sangat bagus jika buah blueberry dapat membantu anda menurunkan berat badan. Buah blueberry memiliki polifenol yang bisa membantu memecah lemak di perut sekaligus mengurangi faktor yang menjadi risiko penyebab sindrom metabolik. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah blueberry juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi keinginan kita untuk mengkonsumsi banyak makanan karena serat sudah membantu anda tetap kenyang.

10. Mengencangkan kulit

Selain dikonsumsi secara langsung buah blueberry juga dapat diterapkan sebagai masker wajah untuk membantu mengencangkan kulit secara alami. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah blueberry mengandung antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti hilangnya elastisitas kulit, munculnya kerutan, dan garis garis halus di wajah. Manfaat blueberry untuk kecantikan ini bisa anda dapat dengan cara menerapkan pasta buah blueberry ke kulit wajah anda secara rutin setidaknya dua kali seminggu.

11. Mengurangi morning sickness

Morning sickness atau mual dan muntah saat masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Meskipun demikian, morning sickness biasanya cukup mengganggu karena bagi sebagian orang intensitasnya bisa lebih meningkat dibandingkan yang lainnya. Anda bisa mengurangi morning sickness tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti blueberry. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah ini secara teratur untuk meredakan muntah dan mual saat awal masa kehamilan.

12. Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat blueberry untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah penyakit darah tinggi. Blueberry mengandung berbagai macam senyawa penting seperti flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam blueberry sangat efektif dalam mencegah hipertensi dan mengurangi tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi blueberry secara rutin terutama bagi Anda yang sedang atau beresiko tinggi menderita hipertensi.

Share On