10 Manfaat minyak chamomile untuk kesehatan dan kecantikan

bunga chamomile
image by pixabay.com, bunga chamomile

Sejak dulu minyak chamomile sering digunakan sebagai bahan kecantikan alami yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Hingga kini minyak chamomile telah berkembang menjadi produk yang sangat berguna sebagai minyak esensial. Minyak chamomile diekstrak dari bunga chamomile yang memiliki manfaat tidak jauh berbeda dari bahan dasarnya. Berikut beberapa manfaat minyak chamomile untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan kesehatan kulit anda

Satu dari sekian banyak manfaat minyak chamomile untuk kecantikan adalah meningkatkan kesehatan kulit anda. Minyak chamomile dapat meningkatkan tekstur dan membuat kulit anda tampak lebih halus dan sehat. Selain itu, minyak chamomile juga mampu meredakan iritasi karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat kuat, sehingga membuat banyak produk yang menggunakan bahan dasar minyak chamomile sebagai obat untuk iritasi, kulit memar, sariawan, luka bakar, bahkan infeksi pada telinga.

2. Mengatasi jerawat 

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan menggunakan minyak chamomile. Berkat sifat anti-inflamasi yang dimilikinya minyak chamomile dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan menghilangkan bekas luka pada kulit yang terkena jerawat. Anda bisa menggunakan beberapa tetes minyak chamomile untuk menghilangkan eksim dan jerawat dengan mudah.

3. Melembabkan kulit secara alami

Manfaat minyak chamomile yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam membantu melembabkan kulit secara alami minyak chamomile. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering tidak ada salahnya menggunakan minyak chamomile secara rutin untuk membantu meringankan kulit kering yang anda alami. Selain mengatasi kulit kering, penggunaan minyak chamomile juga bisa melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat.

4. Membuat kulit tampak muda dan segar

Menggunakan minyak chamomile secara rutin dipercaya dapat membantu anda memiliki kulit yang terlihat lebih muda dan terbebas dari noda. Para ahli perawatan kulit telah menunjukkan bahwa penggunaan minyak chamomile mampu menghilangkan lingkar hitam dibawah mata yang dapat membuat anda tampak sayu atau kurang bersemangat.

5. Menghilangkan ketombe

Selain berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit minyak chamomile ternyata juga dapat digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi ketombe secara alami dan efektif. Minyak chamomile dapat menenangkan kulit kepala yang teriritasi berkat efek antiinflamasi yang dimilikinya. Belum lagi kemampuan minyak chamomile dalam melembabkan kulit kepala juga membantu mencegah dan mengurangi ketombe secara alami.

6. Pelembab alami rambut

Seperti kebanyakan minyak esensial lainnya, minyak chamomile juga bisa digunakan untuk melembabkan rambut Anda. Minyak chamomile juga sangat terkenal karena kemampuannya dalam menenangkan dan menyehatkan rambut. Bagi Anda yang memiliki rambut kering tidak ada salahnya memanfaatkan minyak chamomile secara rutin untuk menjaga kelembaban nya.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Minyak chamomile bermanfaat membantu menenangkan pikiran sehingga sangat berguna bagi mereka yang sedang mengalami masalah mental seperti stres dan depresi. Minyak chamomile bertindak sebagai obat penenang ringan untuk mengurangi kecemasan karena dapat menenangkan saraf dengan cara merilaksasikan nya. Selain itu, penggunaan minyak chamomile secara rutin juga bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang sehingga sangat berguna bagi mereka yang mengalami masalah insomnia.

8. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat minyak chamomile untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Jika anda mengalami beberapa masalah dengan pencernaan seperti sembelit, diare dan sejenisnya, tidak ada salahnya menggunakan minyak esensial dari bunga chamomile karena dapat memperbaiki dan meningkatkan kekuatan pencernaan sekaligus mengurangi gas yang terakumulasi di perut. Menurut para peneliti, minyak chamomile merupakan bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi perut kembung. Sifat antiseptik yang dimilikinya memungkinkan minyak chamomile untuk menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya yang ada di dalam usus.

9. Membantu mengatasi alergi

Minyak chamomile memiliki fungsi sebagai antimikroba dan antioksidan penting yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam alergi. Minyak chamomile sangat bermanfaat untuk meredakan iritasi, pembengkakan, dan kondisi kulit yang terkait dengan gejala alergi musiman.

10. Mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat paling penting dari minyak chamomile adalah dapat memberikan kontribusi untuk mengurangi resiko perkembangan penyakit kanker. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa minyak chamomile telah menjadi obat yang sangat menjanjikan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Sampai saat ini, ada banyak penelitian yang dilakukan untuk menunjukkan sejauh mana efek minyak chamomile untuk pencegahan dan mengurangi gejala penyakit kanker.

Share On