10 Cara mengobati gigitan laba-laba secara alami

gigitan laba-laba
image by pixabay.com

Sebelum kita mencari cara mengobati gigitan laba-laba secara alami, sebaiknya kita mencari tahu dulu bagaimana mengenali tipe dari gigitan laba-laba. Biasanya gigitan laba-laba hampir mirip dengan gigitan serangga lainnya, dimana gigitan laba-laba ditandai dengan benjolan merah dan meradang pada sekitar kulit yang tergigit. Selain itu, gigitan laba-laba yang tidak berbahaya umumnya juga terasa gatal dan nyeri tetapi anda masih bisa beraktivitas normal.

Identifikasi tipe laba-laba yang menggigit dapat memudahkan kita untuk melakukan penanganan. Misalkan laba-laba Black Widow dapat menghasilkan beberapa tanda atau gejala seperti rasa sakit dalam waktu 1 jam dan akan terjadi di sekitar bekas gigitan laba-laba tersebut. Gejala lainnya yaitu rasa sakit bisa menyebar ke punggung, perut, dan dada disertai keringat.

Yang perlu Anda ingat adalah pengobatan rumahan untuk gigitan laba-laba ini hanya dapat membantu mengatasi gigitan laba-laba yang tidak beracun dimana laba-laba jenis ini hanya menghasilkan luka luar dan beberapa gejala yang ringan seperti bengkak dan panas pada sekitar kulit. Untuk laba-laba beracun sebaiknya Anda langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Nah bagi Anda yang ingin mengobati luka bekas gigitan laba-laba yang tidak beracun dengan cara mudah dan murah Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Bawang merah

Pernahkah Anda mendengar mengenai manfaat bawang merah untuk penyembuhan luka? bawang merah merupakan obat rumahan yang sangat baik untuk mengatasi gigitan laba-laba pada kaki, lengan, dan juga area sekitar wajah anda. Bawang merah dapat mengurangi peradangan pada area yang terkena gigitan serangga atau laba-laba. Anda bisa mengoleskan bawang merah ke area yang baru saja mendapat gigitan laba-laba (yang tidak beracun).

2. Kunyit

Kunyit memiliki efek pengobatan yang sangat baik untuk mengatasi gigitan laba-laba. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat antiseptik, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat meringankann gejala gigitan laba-laba. Selain itu kunyit juga membantu mempercepat pemulihan berkat kemampuannya dalam meringankan rasa sakit, melawan peradangan, dan mengurangi pembengkakan pada area yang tergigit oleh laba-laba.
Cara mengobati gigitan laba-laba dengan kunyit: pertama-tama campur bubuk kunyit dengan minyak zaitun untuk dibuat menjadi pasta kental. Oleskan campuran kedua bahan tadi ke kulit yang terkena gigitan laba-laba, dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

3. Menggunakan es batu

Salah satu bahan alami yang mudah untuk mengatasi gigitan laba-laba adalah menggunakan es batu. Mengompres gigitan laba-laba dengan es batu dapat memberikan pertolongan pertama untuk mengurangi sensasi gatal dan pembengkakan pada area yang terkena gigitan. Cara mengobati gigitan laba-laba dengan es batu sangat mudah anda hanya perlu membungkus es batu dengan kain kemudian tempatkan bungkusan tadi pada area kulit yang digigit laba-laba. Metode ini sangat dianjurkan untuk memberikan pertolongan pertama dalam kurun waktu kurang dari 24 jam setelah digigit laba-laba.

4. Buah lemon

Lemon merupakan bahan alami yang sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, terutama juga yang menyangkut peradangan seperti gigitan laba-laba. Menurut para ilmuwan, jus lemon bisa membantu mengurangi rasa gatal, bengkak, dan peradangan yang kesemuanya biasanya dirasakan oleh orang yang terkena gigitan laba-laba. Cara menggunakan lemon untuk merawat kulit yang digigit laba-laba: pertama ambil air dari jus lemon kemudian oleskan ke daerah yang terkena gigitan laba-laba. Tunggu sekitar 10 menit setelah itu bersihkan dengan air dingin.

5. Bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga memiliki efek penyembuhan yang luar biasa, termasuk dalam hal mengobati gigitan laba-laba. Bawang putih mengandung sifat antibiotik yang bermanfaat membunuh bakteri. Bersamaan dengan sifat antibiotik tersebut bawang putih juga dapat mempercepat proses pemulihan luka. Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan bawang putih adalah: pertama kupas kulit bawang putih mentah dan hancurkan dengan cara ditumbuk. Campur bawang putih dengan jus lemon kemudian oleskan pada area yang terkena gigitan laba-laba. Biarkan selama setengah jam setelah itu bilas dengan air dingin.

6. Lidah buaya

Satu lagi bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam gigitan serangga termasuk laba-laba, yaitu lidah buaya. Gel dari lidah buaya benar-benar merupakan bahan yang aman dan efektif untuk menenangkan berbagai macam gigitan serangga seperti laba-laba. Lidah buaya memiliki fungsi sebagai antiseptik, menenangkan, dan antiinflamasi yang dapat meringankan gejala gigitan laba-laba. Caranya: Anda bisa secara langsung mengoleskan gel dari lidah buaya ke kulit yang terkena gigitan laba-laba. Diamkan selama minimal 10 menit setelah itu bersihkan area yang tergigit laba-laba tersebut.

7. Daun mint

Jika anda mengira bahwa daun mint hanya sebagai hiasan saja, maka anda salah besar. Daun mint memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan kulit anda terutama saat digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi gigitan laba-laba. Komposisi yang terdapat dalam daun mint seperti menthol, memiliki sifat analgesik alami, di mana hal ini dapat bekerja sebagai agen anti inflamasi yang mengurangi rasa sakit, bengkak, dan melawan peradangan yang disebabkan oleh gigitan laba-laba.

8. Cuka sari apel

Manfaat cuka Sari apel sangat banyak sekali untuk kesehatan maupun kecantikan, selain berguna mengobati jerawat, cuka Sari apel juga memiliki sifat anti inflamasi dan infeksi yang dapat meringankan gejala gigitan laba-laba. Menggunakan cuka sari apel secara topikal dapat mengurangi rasa sakit, bengkak, dan gatal yang dialami seseorang saat digigit laba-laba. Anda bisa secara langsung mengoleskan cuka sari apel ke tangan atau bagian tubuh lain yang digigit laba-laba dan membiarkannya sesaat sebelum membersihkannya dengan air.

9. Baking soda

Obat alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi gigitan laba-laba yang selanjutnya adalah baking soda/soda kue. Anda bisa mencampur baking soda dengan air untuk membuat sebuah pasta kental yang nantinya bisa anda terapkan ke kulit yang tergigit laba-laba. Biarkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan dengan air.

10. Garam

Jangan pernah menganggap remeh bumbu dapur yang biasa anda gunakan memasak. Bumbu dapur seperti garam ternyata selain berguna menambah cita rasa pada makanan juga bermanfaat mengobati gigitan laba-laba. Caranya basahi perban dengan sedikit air, dan taburi dengan garam. Setelah itu, tempelkan di daerah yang tergigit laba-laba dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit. Kemudian buka dan bersihkan dengan air.

Demikian tadi 10 cara mengobati gigitan laba-laba dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Sekali lagi saya ingatkan, jika treatment di atas hanya dapat membantu mengobati gigitan laba-laba yang tidak beracun. Untuk tipe laba-laba beracun Anda disarankan untuk pergi ke dokter.

Share On