10 Cara membersihkan usus besar dari racun dan limbah

Cara membersihkan usus besar
usus besar, image by healthpro.com

ini dia beberapa cara membersihkan usus besar dari racun dan limbah berbahaya. Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bertanggung jawab atas penyerapan kembali garam dan air dari sampah yang terbentuk setelah pencernaan dan sebelum dikeluarkan dari tubuh. Pergerakan peristaltik pada usus besar biasanya untuk memastikan pembuangan limbah dari tubuh selama sekitar 16 sampai 24 jam makan. Dalam beberapa kasus pembentukan limbah berbahaya di usus besar bisa terjadi akibat kerusakan yang dialami usus besar. Hal ini akan menyebabkan racun dalam limbah yang dapat merusak dinding usus besar.

Akibatnya kondisi ini dapat membahayakan sistem pencernaan, kekebalan tubuh, mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan, dan menyebabkan kenaikan berat badan yang itu sangat tidak sehat. Usus besar bekerja untuk mengekstrak garam, air, nutrisi, dan vitamin dari makanan yang kita konsumsi yang mana hal ini tidak dapat dicerna oleh usus kecil. Usus besar juga bekerja menghilangkan racun dan limbah padat dari dalam tubuh kita. Mengingat pentingnya peran usus besar tersebut, bila usus besar tidak berfungsi dengan baik maka dia akan menyerap limbah dan racun berbahaya yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh.

Akibatnya disfungsi usus besar dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit kronis pada pencernaan, sakit kepala, sembelit, kembung, menurunnya energi tubuh, dan kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Hal ini bisa terjadi akibat makanan yang dicerna oleh usus besar tersebut mengandung bahan pengawet atau bahan kimia lainnya yang bisa menyebabkan perkembangan lendir di usus besar sehingga menciptakan limbah dan racun berbahaya yang berdampak buruk bagi tubuh.

Racun dan limbah dalam usus besar yang tidak dibersihkan akan menyebabkan masalah kesehatan serius seperti batu empedu, alergi kulit, asma, penyakit hati dan penyakit jantung. Pergerakan usus secara teratur dapat membantu mencegah endapan limbah di usus besar tersebut. Tetapi gerakan normal pada usus besar tidak sepenuhnya dapat membuang limbah, sehingga pembersihan ekstensif yang menggunakan berbagai metode sangat diperlukan.

Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir karena diketahui ada banyak makanan atau bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu membersihkan usus besar dari limbah dan racun yang tidak diinginkan yang dapat merusak fungsi dari usus besar tersebut. Di bawah ini cara membersihkan usus besar dari racun dan limbah yang tidak diinginkan:

1. Banyak minum air putih

Cara membersihkan usus besar dari racun dan limbah berbahaya yang tergolong mudah dan murah adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Minum setidaknya 8 sampai 9 gelas setiap hari dapat membantu tubuh dalam meningkatkan suplai cairan yang berguna sebagai pelumas untuk membuang limbah berbahaya dan racun dari dalam tubuh. Selain itu, minum banyak air juga dapat merangsang tindakan peristaltik alami yang membantu makanan bergerak sepanjang sistem pencernaan anda. Kurang mengkonsumsi air putih selain dapat memperburuk sistem pencernaan juga bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker usus besar.

2. Jus apel

Selain banyak mengkonsumsi air putih, minum jus apel juga dapat membantu membersihkan usus besar dari limbah dan racun. Jus apel sangat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh dan pembuangan limbah dari dalam usus besar. Mengkonsumsi jus apel secara teratur dapat mendorong pergerakan usus, mencegah racun, dan memperbaiki fungsi hati.

Ambil beberapa buah apel setelah itu buat menjadi jus dengan cara diblender. Minum jus apel tanpa disaring terlebih dahulu. Tunggu selama 30 menit selanjutnya minumlah air putih. Lakukan secara rutin agar pencernaan Anda bisa terbebas dari racun dan limbah yang tidak diinginkan. Selain mengkonsumsi jusnya, makan buah apel secara langsung juga dapat membantu Anda membersihkan usus dari limbah, tapi jus apel memiliki tingkat keefektifan yang lebih baik. Pastikan juga Anda memilih apel organik agar hasilnya lebih maksimal.

3. Jus lemon

Buah lemon merupakan salah satu buah yang terkenal akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang penting untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, kandungan antioksidan dalam lemon juga sangat berguna menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Antioksidan ini juga sangat penting untuk membantu menangkal racun dan limbah berbahaya di dalam tubuh. Cara membersihkan usus besar dari racun dan limbah dengan jus lemon: Pertama ambil beberapa buah lemon kemudian peras untuk diambil airnya tambahkan sedikit garam laut dan madu ke dalam jus lemon. Aduk cairan tadi dengan baik di segelas air hangat kemudian minum jus pada saat perut kosong di pagi hari. Cara ini dapat membantu meningkatkan energi dan memberi gerakan khusus yang lebih baik.

4. Jus lemon dan cabai

Jika anda ingin manfaat lemon untuk membersihkan racun dari usus besar lebih baik lagi, Anda bisa menambahkan cabai sebagai kombinasi. Cabe rawit dapat bekerja dalam memecah lendir, sementara lemon dapat membantu menghilangkan racun di usus besar sehingga kombinasi kedua bahan tadi menjadi ramuan yang cukup efektif untuk membersihkan usus besar anda dari limbah dan racun berbahaya. Anda bisa menambahkan bubuk cabe rawit ke dalam satu gelas jus lemon segar. Setelah itu, nikmati pada saat perut kosong agar limbah dan racun di dalam usus bisa dihilangkan dengan mudah.

5. Jus sayuran segar

Jika anda sedang mencari bahan alami untuk membersihkan usus besar secara efektif dan efisien, sebaiknya gunakan sayur-sayuran segar sebagai kombinasi ramuan yang akan anda buat nanti. Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, bayam, kol, tomat, mentimun dan kangkung ke dalam makanan sehat harian Anda. Atau Anda juga bisa memblender sayuran tadi untuk dijadikan jus. Konsumsi secara rutin agar pencernaan anda lebih sehat dan terbebas dari masalah seperti sembelit dan kembung.

6. Makanan tinggi serat

Pada dasarnya semua jenis buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda tidak terkecuali dalam hal mengeluarkan racun dari usus besar. Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, dan serat yang kesemuanya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan pencernaan Anda secara keseluruhan. Makanan kaya serat dari buah dan sayur juga dapat meningkatkan suplai energi untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Usahakan Anda memilih jenis buah dan sayur yang mengandung tinggi air seperti mentimun, tomat, buah naga, atau semangka. Meskipung sebenarnya semua jenis buah dan sayur umumnya baik untuk pencernaan Anda. Selain buah dan sayur, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian juga sangat baik terutama yang mengandung tinggi serat seperti kacang mete, kacang almond, dan kacang brazil.

7. Yoghurt

Salah satu makanan yang patut Anda coba untuk membantu membersihkan usus besar dari racun dan limbah yang tidak diinginkan adalah yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri baik atau abiotik yang dapat membantu melawan bakteri jahat di usus besar. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam yoghurt juga berguna untuk mencegah pertumbuhan sel yang melapisi usus besar. Dan mungkin anda juga tahu jika kalsium adalah mineral penting untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi yoghurt ini.

8. Biji rami

Biji rami mengandung asam lemak omega 3, serat, dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan usus secara efektif dan alami. Biji Rami dapat menyerap air dan meluaskan usus besar sehingga membantu menghilangkan lendir dan racun saat melewatinya. Cara membersihkan usus besar dengan biji rami cukup mudah anda hanya tinggal memasukkan satu sendok makan biji rami ke dalam segelas air dingin. Aduk hingga rata kemudian minum dua kali sehari (20 menit sebelum sarapan pagi dan 20 menit sebelum tidur). Sebagai alternatif Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan biji rami yang digiling ke dalam sereal dan buah-buahan atau yogurt yang biasa anda konsumsi.

9. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki kemampuan untuk detoksifikasi dan pencahar yang berguna membuang limbah dan racun di dalam usus besar. Lidah buaya juga bermanfaat membantu memperbaiki kondisi usus besar, mengobati sakit kepala, masalah sembelit, diare, nyeri lambung, dan infeksi kulit. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini anda bisa menambahkan jus lemon, kemudian diminum secara rutin khususnya di pagi hari.

10. Jahe

Selain baik untuk pencernaan, jahe juga merupakan obat alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan termasuk kembung, masuk angin, merangsang fungsi usus besar, dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Cara menggunakan jahe untuk membersihkan usus besar: pertama, ambil satu sendok teh jus jahe kemudian tambahkan sedikit air dan madu ke dalamnya. Aduk dengan merata setelah itu konsumsi campuran bahan tadi 2 sampai 3 kali per hari untuk menghilangkan racun berbahaya.

Share On