14 Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh

image by freegreatpicture.com

Ini dia manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Buah semangka adalah buah lezat menyegarkan yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi di dalam sebuah semangka mengandung setidaknya beberapa nutrisi seperti karbohidrat protein vitamin A, C dan B. Selain itu, buah semangka juga mengandung berbagai mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium eskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Buah semangka juga mengandung asam organik, enzim, dan gula alami yang dapat memberikan energi pada tubuh kita, kandungan air dalam buah ini cukup banyak sehingga sangat berguna dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi selama musim panas. Untuk mengetahui manfaat semangka mari simak ulasan manfaat buah semangka untuk kesehatan:

1. Mencegah dehidrasi 

Buah semangka adalah makanan yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan buah semangka membantu tubuh anda tetap terhidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. dalam buah semangka terdapat lebih dari 90% air yang berguna membantu mengisi kembali cairan pada tubuh kita sekaligus mencegah dehidrasi.

2. Meningkatkan kesehatan mata 

Salah satu manfaat buah semangka untuk kesehatan yang sangat luar biasa adalah membantu memperbaiki kesehatan mata. Semangka merupakan buah dengan kandungan beta karoten yang cukup baik yang dikonversi ke dalam tubuh menjadi vitamin A sehingga buah ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A sendiri merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata yang dapat mencegah beberapa penyakit seperti degenerasi makula dan katarak. Belum lagi kandungan antioksidan seperti likopen dalam buah semangka juga berguna dalam memproduksi pigmen di retina mata yang bisa membantu melindungi mata.

3. Menjaga kesehatan ginjal 

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan ginjal Anda. Buah semangka merupakan diuretik alami yang berguna untuk ginjal Anda. Buah semangka membantu tubuh mengeluarkan racun, merangsang fungsi ginjal, membersihkan hati dan menurunkan asam urat dalam darah Anda. Buah semangka juga membantu proses amonia hati yang merupakan satu jenis produk limbah dari pencernaan protein. Selain itu buah semangka juga dapat mengurangi pembengkakan pada ginjal sekaligus menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Satu lagi manfaat buah semangka untuk kesehatan yang patut Anda coba adalah kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Buah semangka bisa membantu menekan tekanan darah tinggi karena mengandung beberapa mineral seperti potasium, asam amino, dan magnesium, yang berfungsi menangkal sklerosis dan menjaga kesehatan pembuluh darah Anda. Hal ini pada gilirannya akan memperlancar aliran darah. Selain itu, buah semangka juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan keseimbangan asam basa dalam tubuh yang bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit darah tinggi. Sebaiknya konsumsi jus buah semangka setiap hari untuk menjaga keseibangan tekanan darah anda.

5. Meningkatkan energi

Mengkonsumsi buah semangka secara rutin dapat meningkatkan energi di dalam tubuh hingga 23%. Hal ini disebabkan buah semangka mengandung vitamin B1 dan B6. Kandungan magnesium dalam buah semangka juga membantu membentuk adenosin tripospat yang mampu menjaga energi di dalam tubuh kita tetap stabil. Jadi jika anda merasa sering lemas dan lesu sebaiknya konsumsi buah semangka secara rutin.

6. Meningkatkan suasana hati

Bagi Anda yang sedang mengalami masa menstruasi sebaiknya mencoba mengkonsumsi buah semangka, karena buah ini diketahui dapat meningkatkan mood. Buah semangka mengandung vitamin B6 dimana nutrisi penting ini sangat berguna dalam sintesis neuro transmitter tertentu yang bertanggung jawab untuk menenangkan suasana hati. Sedangkan kandungan vitamin C yang kaya dalam buah semangka juga melindungi tubuh melawan radikal bebas. Efek buruk radikal bebas dapat membuat Anda mudah depresi dan tersinggung

7. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah Anda salah satu manfaat buah semangka untuk kesehatan yang mengagumkan adalah menjaga kesehatan jantung? buah semangka memiliki kandungan potasium yang baik untuk membantu melawan penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Kandungan asam amino arginin dan citrulline dalam buah semangka dapat membantu menjaga Arteri, aliran darah, serta fungsi kardiovaskular dalam tingkatan yang baik. Sedangkan kandungan likopen, vitamin C dan betakaroten dalam buah semangka membantu menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai macam masalah pada jantung anda. Mungkin anda sudah tahu jika kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung, sehingga Anda harus menjaganya pada level yang seimbang

8. Sumber antioksidan

Secara umum buah semangka merupakan gudang antioksidan dimana antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Beberapa antioksidan yang terdapat dalam buah semangka diantaranya vitamin C, likopen, betakaroten, haxanthin zeaxanthin dan cryptoxanthin. Radikal bebas yang tidak terkendali dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan, osteoartritis, reumatoid artritis, asma, stroke, dan serangan jantung. Selain dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, antioksidan juga sangat penting dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

9. Meningkatkan sistem imun

Karena buah semangka mengandung tinggi vitamin C maka buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menjaga  integritas redoks sel, sehingga dapat memaksimalkan tubuh dalam melawan efek buruk radikal bebas. Selain itu vitamin C juga memfasilitasi penyembuhan luka untuk pembentukan jaringan ikat yang baru. Tidak berhenti sampai disitu Vitamin C dalam buah semangka juga membantu memproduksi pembentukan kolagen yang merupakan komponen utama dalam proses penyembuhan luka.

10. Mengandung alkali

Mengkonsumsi buah semangka yang sudah masak mengandung alkali pada tubuh. makanan yang membentuk alkali seperti sayuran dan buah-buahan segar dapat mengurangi kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh makanan asam tinggi seperti daging, susu dan telur.

11. Menurunkan berat badan 

Buah semangka mengandung tinggi air sehingga sangat berguna dalam mengatasi sembelit. Hal ini tentunya sangat penting jika anda sedang menjalani diet, dimana sembelit dapat membuat perut menjadi buncit dan membuat proses pembuangan limbah menjadi terhambat.

12. Memperlambat proses penuaan

Pada umumnya efek radikal bebas pada tubuh dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, bintik hitam, dan keriput pada wajah. Karena buah semangka mengandung tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan A membuatnya dapat membantu menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan lebih awal dari yang seharusnya.

13. Sebagai toner alami

Buah semangka adalah bahan alami yang dapat menjaga kelembaban kulit wajah dengan bekerja sebagai toner alami. Untuk menggunakan buah semangka sebagai bahan perawatan wajah anda cukup memijatkan kulit wajah dengan menggunakan satu irisan buah semangka segar, atau Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu murni. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak Anda bisa menambahkan bubuk hazelnut kedalam buah semangka kemudian menerapkannya di leher dan wajah untuk membuat kulit anda tetap lembab alami.

14. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Secara umum buah semangka memiliki kandungan phytonutrisi yang disebut citrulline. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan arginin di dalam tubuh Anda. Arginine adalah asam amino yang berguna meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda, sehingga akan mendorong pertumbuhan rambut.

Demikian informasi mengenai manfaat buah semangka yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat untuk para pembaca

Share On