17 Manfaat buah belimbing untuk kesehatan, kecantikan dan ibu hamil

Manfaat buah belimbing
image by freegreatpicture.com

ini dia daftar manfaat buah belimbing untuk kesehatan, kecantikan dan ibu hamil yang perlu anda ketahui. Belimbing memiliki pohon yang lebat dan biasanya mudah tumbuh di kondisi iklim yang tropis tanaman ini memiliki bunga berbentuk lonceng yang nantinya akan menjadi buah dengan tepi lima siku seperti bintang laut. Buah ini sangat segar karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Buah belimbing juga dikenal dengan nama lain Carambola yang merupakan buah berbentuk bintang berwarna hijau muda sampai kekuningan kalau sudah masak, dengan rasa asam dan manis. Rasa asam dan manis pada buah belimbing tergantung pada kadar asam oksalatnya. Dalam 100 gram buah belimbing hanya menyediakan sekitar 31 kalori, jauh lebih rendah dibandingkan buah-buahan lainnya. Namun buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin, antioksidan, dan juga serat yang sangat baik untuk kesehatan anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah belimbing untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Menurunkan berat badan

Seperti yang sudah kita ketahui di awal bahwa buah belimbing memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit dan serat yang cukup banyak, ini menjadi indikasi yang sangat baik jika buah belimbing dapat membantu mengontrol berat badan Anda. Selain itu buah blimbing juga kaya akan kandungan mineral sehingga membuatnya menjadi menu diet yang sangat ideal. Kombinasi antara kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah belimbing membantu memastikan anda memiliki pencernaan yang sehat sehingga akan mencegah sembelit yang pada gilirannya akan mengurangi perut buncit.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pencernaan yang sehat dapat membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dengan maksimal. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa buah belimbing memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat merangsang gerak peristaltik. Peningkatan sekresi cairan lambung dapat mendukung pencernaan dan mencegah kondisi kesehatan seperti konstipasi. Selain itu, serat dalam buah belimbing juga dapat membersihkan kolesterol dari pembuluh darah dan arteri.

3. Mencegah penyakit kanker

Buah belimbing memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi di mana antioxidant sangat penting untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Sedangkan kandungan serat dalam buah belimbing membantu membersihkan racun yang tersimpan di usus besar, sehingga akan menurunkan resiko kanker usus besar. Satu cangkir buah belimbing memiliki 4 gram serat, hal ini dapat dijadikan sebagai makanan sumber serat yang baik untuk anda konsumsi setiap hari.

4. Mencegah penyakit hipertensi

Salah satu kandungan mineral yang terdapat dalam buah belimbing adalah potassium, mineral ini sangat penting sekali untuk menjaga Irama jantung tetap stabil sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi. Satu cangkir buah belimbing mengandung kira-kira 176 mg potasium dan hanya memiliki 2,6 mg sodium. Belum lagi buah belimbing juga mengandung magnesium yang merupakan mineral penting untuk mengatur fungsi otot termasuk otot jantung, ekspansi dan kontraksi otot jantung akan menghasilkan detak jantung di mana detak detak jantung yang tepat dapat memudahkan aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung anda

Manfaat buah belimbing yang sangat penting yaitu mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Gaya hidup yang tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Anda bisa mengurangi resiko penyakit jantung dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran. Salah satu buah yang dapat anda jadikan sebagai menu sehat untuk mencegah penyakit jantung adalah buah belimbing. Buah belimbing dapat membantu mengontrol otot jantung sekaligus mengurangi kadar kolesterol di dalam darah yang pada gilirannya akan mencegah penumpukan plak pada dinding arteri.

6. Mencegah insomnia

Masalah susah tidur atau insomnia, saat ini tampaknya sudah mempengaruhi banyak orang, gaya hidup yang tidak sehat masih menjadi alasan utama. Sering begadang dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan memperparah kondisi tersebut. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ternyata buah belimbing mampu membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga ini akan mencegah insomnia lebih parah atau mungkin bisa menyembuhkan insomnia anda. Kandungan magnesium dalam buah belimbing lah yang bertanggungjawab memberikan Anda ketenangan saat tidur. Magnesium dapat meningkatkan durasi, kualitas, dan ketenangan kita saat tidur. Selain itu buah ini juga membantu dalam mengatur metabolisme mengurangi gangguan tidur, dan terjadinya insomnia.

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah belimbing ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air. Buah belimbing memenuhi setidaknya 76% vitamin C yang anda butuhkan setiap hari. Vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan serangan virus seperti flu dan penyakit lain yang menyerang sistem imun.

8. Mengurangi peradangan

Radikal bebas yang tidak terkontrol bukan hanya dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, tetapi juga mengintensifkan peradangan yang terjadi di dalam tubuh dan memperlambat perbaikan jaringan. Karena buah belimbing mengandung tinggi antioksidan, maka membuatnya sangat berguna untuk melindungi tubuh dari peradangan. Vitamin C tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membersihkan racun, tetapi juga menghasilkan kolagen yang merupakan komponen vital untuk memperbaiki tulang, pembuluh darah, dan Arteri. Peran penting ini pada gilirannya akan mengurangi kerusakan yang terjadi pada jaringan di tingkat sel.

9. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi merupakan mineral yang membantu menciptakan pigmen merah pada hemoglobin. Selain fungsinya tersebut, zat besi juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hemoglobin, sehingga akan memudahkan tubuh dalam mendistribusikan darah keseluruh organ-organ penting di dalam tubuh. Kekurangan zat besi umumnya terjadi dan meluas terutama di negara-negara berkembang di mana di negara tersebut belum mendapatkan cukup nutrisi seperti mineral. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan pucat di lidah, sering mengantuk, kelelahan, sakit kepala, dan pusing. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi memaksimalkan penyerapan nya juga sangat penting. Kandungan vitamin C dalam buah belimbing dapat membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga akan memastikan tubuh mendapatkan asupan zat besi yang dibutuhkan, hal ini tentunya akan mencegah masalah kesehatan terkait menurunnya kadar hemoglobin seperti anemia.

10. Meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui

Banyak ibu yang pertama kali hamil mengeluh mereka tidak menghasilkan produksi susu yang mencukupi. Padahal ketidakmampuan dalam memproduksi susu dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk bayi mereka. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pada bulan-bulan awal khususnya 6 bulan pertama bayi sangat membutuhkan asupan nutrisi dari ASI di mana kebutuhan ini tidak bisa tergantikan oleh makanan dari luar.


Kurangnya produksi susu pada ibu menyusui biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan hormon. Masalah ini sangat umum dan sering di atasi dengan mengkonsumsi pil hormon, meskipun sebenarnya ada cara alami yang bisa ditempuh seperti mengkonsumsi buah belimbing atau makanan lain yang dapat meningkatkan produksi ASI. Pastikan anda memilih buah belimbing yang masih segar dan terbebas dari pestisida agar manfaat yang dihasilkannya lebih maksimal.

11. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata anda. Kandungan antioksidan penting dalam buah belimbing dapat melindungi mata dari katarak yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah belimbing berperan penting dalam melindungi dan memberi nutrisi pada mata anda. Sehingga mengkonsumsi buah belimbing secara rutin akan meningkatkan daya penglihatan.

12. Membantu mengatasi jerawat

Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata buah belimbing juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, pertama-tama siapkan 3 buah belimbing segar, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya parut buah belimbing dan tambahkan sedikit garam. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat dua kali sehari. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menambahkan setengah sendok teh belerang bubuk, 2 sendok makan jus lemon ke dalam semangkuk buah belimbing tadi. Campuran ke semua bahan tadi dapat digunakan untuk menggosok kulit yang berjerawat. Ulangi hingga dua sampai tiga kali sehari agar jerawat anda cepat hilang.

13. Menyembuhkan batuk

Bagi Anda yang sedang atau pernah mengalami batuk tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan dari buah belimbing. Apa saja yang perlu Anda persiapkan? pertama-tama ambil satu buah belimbing, daun, beserta bunganya. Setelah itu masing-masing rebus selama setengah jam kemudian minum airnya.

14. Meringankan penyakit diabetes

Satu lagi manfaat buah belimbing yang luar biasa untuk kesehatan adalah mencegah dan meringankan penyakit diabetes. Anda bisa membuat ramuan sederhana dari buah belimbing untuk membantu mengobati penyakit diabetes. Caranya: ambil tiga buah belimbing segar, setelah itu parut dan rebus dengan secangkir air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari. Ramuan ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga akan membantu meringankan penyakit diabetes anda.

15. Menjaga kesehatan rambut

Karena buah belimbing kaya akan kandungan vitamin C, maka dapat menciptakan dan mempertahankan jumlah kolagen yang cukup. Kolagen merupakan nutrisi penting yang terdapat pada kulit dan rambut. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan vitamin A yang bisa menjaga rambut tetap lembab melalui peningkatan produksi sebum. Tidak berhenti sampai disitu, kandungan vitamin C dengan antioksidan penting dalam buah belimbing ternyata juga dapat mengatasi rambut rontok secara alami yang disebabkan oleh efek buruk radikal bebas.

16. Menjaga kesehatan kulit anda

Satu lagi manfaat buah belimbing untuk kecantikan adalah menjaga kesehatan kulit Anda. Seperti yang sudah kita ketahui di awal bahwa buah belimbing mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit secara alami, sehingga anda akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi satu buah belimbing segar ini.

17. Memperlambat proses penuaan

Buah belimbing mengandung tinggi vitamin A dan C yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit dan juga munculnya tanda-tanda penuaan lebih awal seperti garis halus dan kerutan di sekitar wajah.

Peringatan: Meskipun buah belimbing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan akan tetapi buah ini mengandung kadar asam oksalat dan karamboxin cukup tinggi, sehingga tidak baik untuk orang yang menderita batu ginjal, gagal ginjal, atau mereka yang menjalani perawatan ginjal dialisis. Orang yang mengalami gagal ginjal bisa merasakan efek samping seperti muntah, cegukan, dan mual saat mengkonsumsi buah belimbing. Selain itu, buah belimbing juga bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Jadi, jika Anda menggunakan obat apapun, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah belimbing.

Share On