Pengertian, manfaat dan makanan sumber likopen

makanan sumber likopen
image by pixabay.com

Informasi mengenai pengertian likopen, manfaat nya dan makanan yang mengandung sumber likopen mulai dari buah dan sayur yang bisa Anda coba untuk dijadikan menu sehat harian Anda

Sekilas mengenai likopen

Likopen adalah nutrisi atau senyawa yang berasal dari pigmen karotenoid yaitu fitokimia yang biasanya terdapat dalam buah dan sayuran. Manfaat likopen untuk tubuh kita adalah berperan sebagai antioksidan yang membantu menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem kekebalan tubuh kita termasuk penyakit kanker dll.

Manfaat likopen untuk kesehatan

Meningkatkan konsumsi likopen dari makanan yang anda konsumsi dapat membantu melawan penyakit kanker. Likopen juga telah terbukti dapat memperlambat proses penuaan dengan melawan efek buruk radikal bebas.

Likopen tidak digunakan oleh tubuh sebagai gantinya dia akan tertinggal untuk membersihkan radikal bebas. Misalnya, likopen akan berkumpul di jaringan paru-paru dan kemudian menangkal efek buruk radikal bebas untuk mencegahnya merusak sel. Sehingga likopen dianggap cukup efektif dalam mencegah berbagai jenis kanker.
Asupan likopen dari makanan yang kita konsumsi dapat melindungi tubuh dari radiasi sinar matahari yang dapat merusak kulit dan sel, sehingga konsumsi likopen bisa mencegah kanker kulit. Kebutuhan likopen setiap harinya dari makanan yang kita konsumsi sekitar 4 sampai 8 mg, ada banyak makanan yang merupakan sumber likopen terutama dari buah dan sayur.

Makanan sumber likopen

Berikut daftar makanan yang mengandung tinggi likopen yang dapat mencegah penyakit kanker dan masalah kesehatan lainnya:

1. Tomat

Diantara semua daftar makanan yang mengandung tinggi likopen mungkin tomat merupakan salah satu yang paling terkenal. Secangkir buah tomat segar mengandung sekitar 6,7 mg likopen. Jumlah tersebut akan bertambah saat dilepaskan hingga 3 kali di dalam tubuh kita.

2. Jambu biji (berawarna merah)

Jambu biji bukan hanya sumber vitamin C, tetapi juga juga menyediakan nutrisi penting yaitu likopen, sehingga membuatnya menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker. Vitamin C dan likopen yang terdapat dalam jambu biji bahu-membahu dalam mengurangi risiko penyakit kanker dengan cara mencegah radikal bebas merusak sel di dalam tubuh.

3. Buah pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang mudah tumbuh di tempat-tempat hangat di seluruh dunia. Buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi penting, salah satu diantaranya adalah likopen yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam satu cangkir buah pepaya mengandung sekitar 2,6 mg likopen. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan buah pepaya dalam daftar sumber makanan tinggi likopen

4. Buah semangka

Semangka adalah buah musim panas yang memiliki kadar air cukup banyak. Buah ini diperkaya dengan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Bukan hanya itu, di dalam buah semangka juga terdapat sekitar 40% kandungan likopen dibandingkan tomat, mengkonsumsi hanya satu irisan semangka dapat membantu memenuhi kebutuhan likopen harian Anda.

5. Jeruk Limau

Jeruk limau baik yang berwarna merah maupun merah muda memiliki kandungan likopen yang setara dengan buah tomat segar. Mengkonsumsi satu porsi buah jeruk di pagi hari dapat membantu anda memenuhi kebutuhan antioksidan dari kandungan likopen yang dimilikinya. Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, jeruk juga kaya akan sumber serat dan vitamin C yang keduanya merupakan nutrisi penting untuk tubuh kita. Namun, sebaiknya anda berhati-hati jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus jeruk limau karena bisa menyebabkan peningkatan batu ginjal

6. Buah strawberry

Strawberry adalah buah segar dengan tampilan yang sangat menarik. Buah ini sangat digemari anak-anak karena memiliki warna merah yang sangat menggoda. Tetapi bukan hanya tampilan dari buah ini yang menarik, kandungan nutrisi di dalamnya juga patut untuk diperhitungkan. Selain mengandung tinggi vitamin C, buah strawberry juga menyediakan kandungan likopen yang merupakan antioksidan penting untuk mencegah penyakit kanker. Sehingga Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk memasukkan strawberry ke dalam daftar makanan sehat harian Anda.

7. Cabai

Makanan yang mengandung sumber likopen selanjutnya adalah cabai. Cabai adalah makanan yang paling banyak digunakan dalam masakan di Indonesia. Meskipun demikian, jarang orang yang mengetahui jika ternyata cabai memiliki kandungan likopen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

8. Kubis ungu

Makanan selanjutnya yang tidak kalah dari sisi kandungan likopen nya adalah kubis ungu. Kubis ini memiliki warna yang cukup mencolok yang itu mengindikasikan bahwa dia kaya akan kandungan antioksidan penting. Anda bisa menambahkannya di dalam makanan yang anda konsumsi atau membuatnya menjadi salad. Yang jelas Anda harus memasukkannya ke dalam makanan sehat harian Anda.

9. Hati sapi atau domba

Yang menarik dalam daftar makanan sumber likopen kali ini adalah masuknya salah satu produk hewani di dalamnya yaitu adalah hati. Hati merupakan sumber likopen yang biasanya terdapat pada buah dan sayur, meskipun kandungan likopen di dalam hati tidak begitu banyak, tetapi makanan ini bisa menjadi tambahan yang baik.

Efek samping kelebihan dosis likopen

Secara umum kelebihan likopen tidak menyebabkan bahaya yang dapat mengancam jiwa. Meskipun demikian, beberapa kelebihan dosis likopen dapat menyebabkan kulit menjadi berwarna orange, jika seperti ini anda harus membatasi konsumsi likopen, tetapi biasanya anda akan kembali normal dalam beberapa minggu setelah mengurangi dosis likopen tersebut.

Kasus kelebihan likopen secara umum sangat jarang sekali ditemui karena nutrisi ini tidak banyak ditemukan dalam makanan. Kasus kelebihan likopen secara umum didapat karena mengkonsumsi suplemen dengan dosis yang berlebih. Jadi kemungkinan kelebihan dosis likopen akan sangat jarang sekali Jika anda mendapatkannya dari makanan yang anda konsumsi

Share On