16 Cara menghilangkan bercak putih di wajah secara alami

Cara menghilangkan bercak putih secara alami
image from qsota.com

Beberapa informasi yang mengupas tuntas mengenai cara menghilangkan bercak putih di wajah secara alami dan aman. Dalam istilah medis, masalah bercak putih pada kulit juga disebut vitiligo. Masalah ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh termasuk bibir, wajah, kaki, lengan, kaki, tangan, dan sekitar mulut dan mata.

Selain vitiligo pityriasis Alba juga memiliki gejala hampir sama yaitu munculnya bercak putih di wajah dan beberapa bagian tubuh lainnya. Sama dengan vitiligo pityriasis Alba tidak hanya muncul di kulit wajah tetapi di beberapa bagian kulit kita secara keseluruhan bisa juga terkena. Biasanya bagian atau anggota tubuh lain yang bisa terkena bercak putih ini adalah tangan serta punggung.

Faktor pemicu bercak putih di kulit ini masih belum jelas. Para ahli percaya bahwa kemungkinan bercak putih muncul akibat suatu kelainan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel penghasil melanosit atau melanosit.

Faktor pemicu lainnya yang dapat menyebabkan masalah kulit ini adalah kekurangan vitamin B12, stres berlebih, paparan sinar matahari berlebih, dan predisposisi genetik. Selain itu bercak putih pada kulit ini juga bisa dipicu oleh infeksi jamur superfisial, seperti psoriasis, eksim, tinea versicolor, atau masalah kulit lainnya.

Terlepas dari apa penyebab munculnya bercak putih tersebut, masalah kulit yang satu cukup mengganggu dan membuat seseorang menjadi kehilangan kepercayaan diri. Memang tidaklah menyenangkan jika kita memiliki bercak putih ini di kulit wajah. Tidak hanya akan mengurangi penampilan kita secara keseluruhan namun juga akan berpengaruh kepada rasa percaya diri. Bisa membuat kita minder serta malu. Banyak orang pasti akan menganggap bercak putih itu panu.

Oleh karena itulah segala daya dan upaya harus kita kerahkan demi mendapatkan kulit wajah yang mulus kembali, terbebas dari bercak-bercak putih. Cara menghilangkan bercak putih di kulit wajah secara alami yang kita cari dan dijadikan pilihan. Karena cara alami akan jauh lebih aman, tidak akan mendatangkan efek samping dan juga tidak akan menguras kantong.

Cara menghilangkan bercak putih di wajah secara alami

Bercak putih yang terdapat pada kulit wajah yang putih akan membuat kulit putihnya ternoda terlebih lagi jika bercak putih tersebut tumbuh di kulit wajah yang coklat bahkan hitam, akan membuat bercak putih tersebut terlihat lebih jelas. Yang lebih ekstrimnya lagi banyak orang yang menganggapnya sebagai panu. Hal inilah yang membuat pemiliknya merasakan malu yang teramat sangat, menjadikannya minder.
Karena telah menimbulkan masalah dan mengakibatkan turunnya rasa kepercayaan diri seseorang maka bercak-bercak putih ini memang harus dihilangkan. Cara yang paling cepat adalah mengunjungi ahli atau dokter kecantikan yang sangat terkenal atau salon-salon kecantikan ternama. Pasti bercak-bercak putih akan segera hilang dengan cream-cream yang mereka berikan.

Memang akan cepat hilang namun bukan berarti masalah akan langsung hilang. Seperti yang telah kita ketahui bersama, cream-cream tersebut terbuat dari bahan-bahan kimia. Biasanya akan ada efek sampingnya. Bisa-bisa yang diharapkan tidak akan terjadi. Bercak-bercak putihnya tidak bisa hilang malah akan timbul infeksi. Harga cremnya tentunya juga tidak murah.

Untuk itulah karena alasan-alasan tersebut orang-orang lebih memilih cara tradisional, yakni cara menghilangkan bercak putih di kulit wajah secara alami.  Banyak sekali cara alami yang bisa dipilih. Antara lain adalah seperti yang diuraikan di bawah ini :

1. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang kuat sehingga dapat membantu menghilangkan jamur yang bisa menyebabkan munculnya bercak putih pada kulit wajah anda. Selain itu cuka sari apel juga dianggap dapat membantu memperbaiki masalah asam lambung yang rendah yang sering dikaitkan dengan munculnya masalah bercak putih pada wajah anda. Ada cara sederhana yang bisa anda coba untuk menghilangkan bercak putih di wajah. Pertama konsumsi satu gelas air yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka sari apel sebelum makan.

Cara kedua: campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan yang sama. Cuci kulit yang memiliki bercak putih dua kali sehari dengan campuran kedua bahan tadi. Lakukan selama kurang lebih 1 bulan, maka bercak putih di wajah anda akan segera memudar atau hilang.

2. Menggunakan biji lobak

Menggunakan pasta cuka dan biji lobak tanah merupakan salah satu cara menghilangkan bercak putih pada wajah secara alami yang cukup terkenal. Bercak putih yang umumnya dipicu oleh leukoderma atau vitiligo dapat diatasi dengan kedua bahan tadi. Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama-tama siapkan 25 gram biji lobak dan giling menjadi bubuk yang kasar. Campur serbuk biji lobak dengan 2 sendok teh cuka untuk membuat pasta kental. Gunakan pasta yang telah anda buat tadi untuk diterapkan ke kulit wajah yang mengalami bercak putih. Biarkan selama sekitar setengah jam kemudian bersihkan dengan air hangat. Terapkan metode ini sekitar 2 sampai 3 bulan untuk melihat hasilnya.

3. Menggunakan tanah liat

Tanah liat memiliki kadar tembaga yang tinggi yang dapat membantu memulihkan pigmen kulit dan menghilangkan bercak putih secara alami dan efektif. cara menghilangkan bercak putih secara alami dengan tanah liat:

Campur jus jahe ke dalam tanah liat dengan perbandingan yang sama. Setelah itu gunakan pasta dari jahe dan tanah liat tadi untuk diterapkan ke area kulit yang terdapat bercak putih. Tunggu hingga benar-benar kering, kemudian gunakan air bersih untuk membilasnya. Terapkan metode ini selama kurang lebih 2 sampai 3 bulan sampai bercak putih di kulit wajah anda hilang.

4. Menggunakan tembaga

Ramuan alami yang diketahui sangat baik untuk membantu menghilangkan bercak putih di wajah adalah tembaga. Cara menghilangkan bercak putih dengan tembaga:  Pertama-tama tuangkan air minum ke dalam bejana atau panci yang terbuat dari tembaga. Biarkan sampai pada suhu kamar selama semalaman. Jangan sekali-kali memasukkan air ini ke dalam lemari es karena bisa merusak efeknya atau membuatnya menjadi tidak berguna atau kurang efisien. Keesokan paginya air akan diinfuskan dengan ion tembaga yang bisa membantu meningkatkan produksi melanin. Konsumsilah air ini setiap pagi dalam keadaan perut kosong

5. Minyak kelapa

Cara menghilangkan bercak putih di wajah yang selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat membantu menghilangkan peradangan kronis dan menenangkan kulit. Hal ini dapat membantu dalam pengobatan bercak putih karena akan mempromosikan pigmentasi kulit. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung efek anti bakteri dan anti jamur yang dapat melawan beberapa infeksi yang terkait dengan munculnya bercak putih. Caranya cukup mudah, yaitu anda hanya perlu menggunakan minyak kelapa extra Virgin untuk diterapkan secara topikal pada kulit wajah yang terdapat bercak putih. Lakukan setidaknya dua kali sehari selama kurang lebih 2 sampai 3 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menggunakan ginkgo biloba

Penelitian telah menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat membantu menghilangkan bercak putih secara efektif karena memiliki sifat imunomodulator dan antioksidan yang kuat. Sehingga ginkgo biloba dapat mengurangi perkembangan bercak putih dan pada saat yang bersamaan akan membantu menginduksi repigmentasi kulit. Anda bisa mengambil sekitar 40 sampai 80 mg dosis ginkgo biloba 3 kali per hari. Tetapi sebaiknya anda melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengambil ginkgo biloba untuk mengetahui kesesuaian dan dosis obat herbal ini.

7. Psoralea corylifolia atau Babchi

 Cara menghilangkan bercak putih dengan babachi
image by flickr.com

Psoralea corylifolia atau Babchi diyakini merupakan obat alami yang sangat efektif dalam menghilangkan bercak putih pada kulit wajah anda. Komponen aktifnya dapat membantu mengurangi bercak putih pada kulit secara efektif. Babchi juga memiliki sifat antipsoriatik yang kuat yang dapat membantu menghilangkan psoriasis. Ada beberapa cara sederhana yang harus Anda coba dalam memanfaatkan babchi untuk menghilangkan bercak putih. Berikut caranya:

Pertama, oleskan minyak babchi ke area kulit yang terkena bercak putih secara langsung dan biarkan kulit anda terkena sinar matahari dalam waktu sekitar lima belas menit (mulailah dengan durasi yang singkat untuk memeriksa apakah responsnya menguntungkan atau tidak).

Pilihan lainnya adalah merendam biji babchi dalam jus jahe selama 3 hari. Jangan lupa ganti jus jahe setiap harinya. Kemudian, gosok biji babachi di antara kedua tangan Anda untuk melepaskan sekam. Setelah itu jemur biji babachi di bawah sinar matahari sampai kering. Jika sudah kering, haluskan biji babachi kemudian tambahkan serbuk babachi tadi ke 1 gelas susu setiap hari selama empat puluh hari. Cobalah menerapkan cara di atas dengan sabar agar bercak putih di wajah segera hilang.

8. Dengan menggunakan madu

Madu kita oleskan secara merata di kulit wajah. Setelah kita diamkan selama kurang lebih 20 menit barulah kita bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Lakukan satu hingga dua kali seminggu sampai bercak putihnya hilang.

9. Menggunakan neem

Cara menghilangkan bercak putih dengan neem
image by wikimedia.org

Neem adalah tumbuhan yang sangat bagus untuk mengatasi beberapa masalah yang berhubungan dengan kulit. Neem juga dianggap dapat membantu memulihkan pigmentasi kulit dan bercak putih yang tidak diinginkan. Saat neem digunakan secara internal dia akan bekerja cukup efektif dalam mendorong sistem kekebalan tubuh dan pembersihan darah.

10. Memanfaatkan kunyit

Kunyit dihaluskan, setelah itu dicampur dengan air sedikit sampai menjadi seperti pasta. Secara merata kita oleskan ke seluruh wajah. Kita cuci dengan air sampai bersih setelah mendiamkannya selama kira-kira 20 menit.

11. Dengan menggunakan jahe

Menurut ramuan tradisional China jahe bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bercak putih. Jahe diketahui dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan produksi melanin. Jahe bisa digunakan dengan dua cara. Pertama diolah menjadi jus, diminum secara teratur. Cara satunya lagi dengan mengoleskan potongan jahe ke seluruh wajah. Didiamkan kurang lebih selama 20 menit kemudian baru dibilas dengan air sampai bersih.

12.  Menggunakan lidah buaya

Daun lidah buaya dioleskan ke seluruh wajah. Kira-kira selama 10 menit kita diamkan terlebih dahulu. Setelah itu baru bilaslah dengan air sampai benar-benar bersih.

13. Susu atau yoghurt

Yogurt atau susu yang sudah dikemas dalam bentuk masker kita oleskan secara merata ke seluruh wajah. Bersihkan dengan air setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit.

14. Jeruk nipis atau jeruk lemon

Berbicara mengenai manfaat jeruk nipis atau lemon memang tidak akan ada habisnya, kedua bahan ini sudah lama dikenal sebagai salah satu ramuan yang cukup efektif untuk menghilangkan berbagai macam masalah kulit termasuk bercak putih di wajah.

Cara menghilangkan bercak putih di wajah dengan lemon/jeruk nipis cukup mudah, pertama bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Setelah itu satu buah jeruk nipis atau jeruk lemon kita peras kemudian perasannya kita oleskan ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas menggunakan air hingga benar-benar bersih.

15. Dengan menggunakan buah pisang

Buah pisang kita jadikan masker terlebih dahulu dengan cara menghaluskannya kemudian dicampur dengan madu. Dioleskan secara merata ke seluruh wajah. Setelah didiamkan selama kira-kira 20 menit cucilah dengan air sampai betul-betul bersih.

16. Dengan menggunakan buah pepaya

Buah pepaya bukan hanya enak dimakan tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti menghilangkan bercak putih secara alami dan cukup efektif. Caranya ambil buah pepaya yang sudah matang kemudian haluskan dengan blender. Oleskan secara merata ke kulit wajah dan diamkan selama setengah jam, setelah itu baru cuci sampai bersih.

Demikian beberapa cara menghilangkan bercak putih secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional. Semoga dapat membantu mengatasi masalah anda.

Share On