4 Cara memerahkan bibir dengan madu secara alami dan efektif

Cara memerahkan bibir dengan madu
image by pexels.com

Cara memerahkan bibir dengan madu dan bahan alami lainnya yang sudah terbukti digunakan oleh banyak orang. Madu memang memiliki sangat banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh. Diantara banyak khasiat madu bagi tubuh yaitu untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit ringan seperti kelelahan dan demam. Yang akan dibahas pada artikel ini adalah khasiat madu yang lainnya yaitu untuk memerahkan bibir. Memiliki bibir dengan warna merah merona merupakan impian setiap wanita. Wanita akan terlihat lebih fresh dan cantik dengan warna bibir yang cerah. Selain itu, jika memiliki warna bibir yang cerah akan semakin mempermudah wanita untuk memilih lipstik. Karena bibir yang cerah akan mudah cocok dengan warna lipstik apapun. Bibir yang pucat akan membuat wanita tampil tidak fresh dan loyo. Oleh karena itu, wanita biasanya akan melakukan banyak cara demi memiliki warna bibir yang cerah dan merona.

Madu memiliki kekuatan untuk melembabkan dan mengatasi beberapa masalah kulit termasuk pada bibir anda, sehingga menjadikan madu sebagai bahan perawatan yang sangat ideal untuk memerahkan bibir. Selain itu, madu juga memiliki kekuatan antibakteri, yang membantu mencegah infeksi berkembang pada bibir pecah-pecah, dimana bibir kering dan pecah-pecah juga menjadi penyebab utama bibir menjadi lebih gelap. Madu juga memberikan kelembaban alami pada bibir kering sehingga secara cepat dapat mengembalikan kelembaban yang hilang.

Penyebab bibir pucat

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang unik karena tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat. Kelenjar minyak dan keringat pada kulit memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban. Kulit pada bagian bibir lebih tipis dibandingkan dengan kulit pada bagian lainnya. Kulit yang tipis pada bibir inilah yang membuat pembuluh darah mudah pada bagian bibir. Peran pembuluh darah lah yang bisa mempengaruhi warna bibir. Saat seseorang merasa kedinginan atau ketakutan pembuluh darah pada bibir aka menyempit. Penyempitan pembuluh darah inilah yang membuat warna bibir menjadi pucat. Warna kehitaman pada bibir biasanya juga membuat bibir menjadi tidak terlihat indah. Berbeda dengan warna pucat, penyebab warna kehitaman pada bibir biasanya disebabkan oleh kandungan nikotin dari rokok. Perhatikan saja warna bibir perokok dan warna bibir yang tidak merokok. Warna bibir perokok akan terlihat lebih hitam dan kusam dibandingkan dengan warna bibir orang yang tidak merokok.  Warna hitam pada bibir juga bisa disebabkan karena alergi atau iritasi karena produk lipstik yang tidak cocok. Alergi atau iritasi akan membuat bibir menjadi gatal secara berulang-ulang. Akibatnya luka yang disebabkan oleh alergi atau iritasi tersebut akan membuat warna bibir menjadi hitam.

Memerahkan bibir dengan madu

Cara memerahkan bibir secara alami dengan madu lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan dibandingkan harus melakukan sulam bibir. Cara kerja yang dilakukan adalah membuang sel kulit mati yang ada pada bibir sehingga bibir akan terlihat lebih merah merona. Sel kulit mati biasanya menempel pada bagian epidermis kulit dan membuat warna kulit bibir menjadi tidak cerah. Caranya cukup mudah yaitu siapkan madu secukupnya. Gosokkan pada bibir kira-kira 10-15 menit setelah mandi atau lebih tepat setelah penggunaan pasta gigi. Lakukan secara teratur setiap hari sebanyak 2 kali sehari. Kandungan vitamin C yang ada dalam madu akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat warna bibir menjadi lebih cerah. Setelah menggosok bibir dengan madu, diamkan hingga mengering. Untuk memberikan hasil yang lebih maksimal gunakan lip balm.

Selain madu, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk membantu mencerahkan warna bibir. Kandungan yang ada dalam jeruk nipis hampir sama dengan kandungan yang terdapat dalam madu. Peras air jeruk nipis hingga air hasil perasannya mencapai 2 atau 3 sendok. Campurkan sedikit gula kedalamnya, lalu gosokkan pada bibir. Gosokkan selama 15 detik dan setelah itu diamkan hingga 30 menit. Setelah keadaan bibir mulai mengering bilas dengan air hangat. Cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis juga terbukti ampuh seperti cara memerahkan bibir dengan madu.

Cara memerahkan bibir dengan madu dan bahan lainnya

1. Gula dan madu

Gula berfungsi sebagai exfoliator yang bagus untuk bibir hitam dan kering. Gula juga membantu menghilangkan sel-sel kering dan mati pada area bibir yang pada gilirannya akan membuat bibir tampak lebih merah merona. Selain dapat memerahkan bibir gula dan madu juga dapat membuat bibir lebih lembut dan halus sekaligus kenyal secara alami. Cara menggunakan madu untuk memerahkan bibir: Campur 2 sendok teh gula dan 1 sendok teh madu dalam mangkuk. Oleskan ke bibir yang kering atau hitam dan biarkan selama 5 - 8 menit. Pijat bibir anda secara perlahan dengan jemari untuk melonggarkan sel kulit yang kering. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

2. Air mawar dan madu

Air mawar bekerja dalam melembabkan, memerahkan dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami dan aman. Air mawar juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-oksidan yang memiliki efek menenangkan pada bibir kering. Saat dikombinasikan dengan madu air mawar bisa menjadi bahan alami yang cukup efektif untuk memerahkan bibir. Cara memerahkan bibir dengan madu dan air mawar: Campurkan 1 sendok teh madu dan air mawar bersama-sama dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran kedua bahan tadi secara merata pada bibir yang kusam. Biarkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Madu dan mentimun

Bahan utama yang terdapat dalam mentimun adalah air yang membuatnya menjadi zat alami untuk membuat bibir anda tampak lembab secara alami, sehingga sangat baik untuk mengatasi bibir kering sekaligus membuatnya tampak merah dengan mudah. Mentimun juga membantu meredakan gejala nyeri dan peradangan yang yang terjadi pada bibir pecah-pecah. Cara memanfaatkan madu dan mentimun untuk memerahkan bibir yang gelap: Simpan mentimun di kulkas selama beberapa jam untuk mendinginkannya. Setelah dingin, potong menjadi bagian yang tipis sekitar 3-4 mm. Usapkan mentimun tadi ke bibir gelap anda selama 1-2 menit. Kemudian biarkan sekitar 2-3 menit. Langkah kedua terapkan lapisan madu di bibir tadi dan biarkan selama 10 menit sebelum akhirnya membilas dengan air.

4. Madu dan minyak zaitun/minyak kelapa

Minyak zaitun atau minyak kelapa adalah pelembab alami yang berfungsi sebagai lip balm yang menghidrasi bibir kering anda sehingga dapat secara perlahan memerahkan bibir. Saat digunakan bersama-sama dengan madu, minyak zaitun mampu menenangkan dan menghidrasi bibir kering dari dalam dan mencegahnya kehilangan kadar air. Cara memerahkan bibir dengan madu dan minyak zaitun/minyak kelapa: Ambil 1 sendok makan minyak minyak zaitun/kelapa dalam mangkuk kecil. Tambahkan ¾ sendok teh madu dan aduk hingga merata. Oleskan campuran ketiga bahan di atas sebagai lip balm dan biarkan semalaman. Langkah terakhir cuci dengan air dingin di pagi hari.

Demikian tadi bebera cara memerahkan bibir dengan madu dan bahan lainnya yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan alami agar agar tidak ada efek samping yang ditimbulkan setelahnya.

Share On