20 Manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat buah delima
image by pixabay.com

Manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan. Buah delima berbentuk bulat memiliki rasa manis dan biji merah yang berair kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti vitamin B3, B5, c adalah asam amino mineral juga ditemukan lagu Delima zat besi niasin kalium Medan sehingga tidak mengherankan jika buah delima dianggap sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat di bumi ini senyawa tanaman seperti bicara hadits dan asam Jin yang hadir dalam buah delima memiliki khasiat sebagai yang sangat kuat.

1. Mengurangi risiko pengembangan kanker Prostat

Salah satu jenis kanker yang paling umum dialami oleh pria adalah kanker prostat. Berbicara tentang manfaat kesehatan buah delima yang luar biasa, kurang lengkap rasanya jika tidak menyebutkan kemampuannya dalam mengurangi risiko kanker prostat ini. Manfaat ekstrak buah delima tersebut telah terbukti dengan banyak penelitian di laboratorium. Ekstrak buah delima sangat efektif dalam menghambat dan membunuh sel kanker.

2. Mencegah Kanker Payudara

Jika kanker prostat adalah penyakit yang umum dialami oleh pria, sedangkan kanker payudara merupakan penyakit yang lumrah dialami oleh wanita. Asupan ekstrak buah delima secara teratur bisa membantu menghambat produksi sel kanker payudara pada wanita. Meskipun demikian studi laboratorium lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk melihat sejauhmana keefektifan buah delima dalam mencegah penyakit kanker

3. Meringankan Nyeri/Sakit Radang Sendi

Arthritis adalah radang sendi yang menyebabkan nyeri akut pada sendi. Buah delima dapat meringankan nyeri sendi karena mengandung senyawa tanaman yang memiliki efek antiinflamasi. Sehingga tidak mengherankan bila manfaat buah delima untuk kesehatan mampu mengurangi nyeri sendi dan nyeri artritis. Ekstrak buah delima cukup efektif dalam menghambat produksi enzim yang menyebabkan kerusakan pada sendi. Alasan Ini pula yang membuat ekstrak delima sangat dianjurkan untuk pasien yang mengalami osteoarthritis.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Ada hubungan yang cukup erat antara tekanan darah tinggi dan tingginya risiko penyakit yang mengancam jiwa. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung jika tidak segera dikontrol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, dianjurkan minum jus delima setiap hari sampai 2 minggu.

5. Kurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung bisa menyebabkan kematian. Manfaat buah delima untuk kesehatan banyak didominasi oleh kandungan asam punicic, yaitu asam lemak di dalam buah delima. Penggunaan ekstrak dan jus buah delima  cukup efektif dalam menurunkan trigliserida dan kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat mengarah pada penyakit jantung

6. Perlakukan disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi disebabkan oleh aliran darah yang kurang pada jaringan ereksi. Penyebab utamanya adalah kerusakan oksidatif. Minum jus delima dapat membantu meningkatkan aliran darah, sehingga memperbaiki disfungsi ereksi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat buah delima ini.

7. Mencegah penyakit Alzheimer

Jus delima sangat dianjurkan bagi orang yang banyak menggunakan kemampuan memori otak dalam pekerjaan mereka. Orang tua yang sering mengkonsumsi buah delima cenderung memiliki risiko penyakit Alzheimer dan kehilangan ingatan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan buah delima memiliki manfaat dalam meningkatkan daya ingat. Minum jus delima setiap hari bisa meningkatkan memori visual dan verbal. Jus delima dianjurkan untuk orang-orang yang menderita penyakit Alzheimer.

8. Melindungi tubuh dari bakteri dan jamur

Buah delima mengandung senyawa tanaman yang sangat kuat dimana senyawa ini dapat melindungi tubuh Anda dari mikroorganisme berbahaya. Karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri, membuat jus delima dapat membantu mencegah peradangan dan infeksi di mulut. Minum buah delima akan membantu mengurangi risiko seperti periodontitis, radang gusi, dan stomatitis gigi tiruan.

9. Meningkatkan performa fisik

Minum buah delima sangat dianjurkan untuk atlet karena dapat meningkatkan performa saat berolahraga. Minum segelas buah delima selama 30 menit sebelum berolahraga dapat membantu meningkatkan stamina dengan meningkatkan aliran darah. Senyawa kuat di delima buah delima juga efektif untuk menghindari kelelahan dan meningkatkan efisiensi dalam berolahraga.

10. Memiliki sifat anti-inflamasi

Salah satu manfaat buah delima untuk kesehatan yang perlu diperhatikan adalah sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Peradangan kronis adalah penyebab banyak penyakit yang mengancam jiwa seperti penyakit kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, diabetes tipe 2 dan bahkan obesitas. Punisagin yang terdapat pada buah delima tidak hanya mengandung sifat anti-inflamasi tapi juga bertindak sebabagi antioksidan. Banyak manfaat luar biasa dari buah delima ini berasal dari sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

11. Mengatasi masalah gangguan perut

Buah delima juga berguna mengobati gangguan perut dan masalah pencernaan seperti diare. Daun delima bisa digunakan untuk membuat teh yang juga efektif dalam menyembuhkan banyak masalah pencernaan. Buakan hanya itu minum jus delima bisa membantu mengatasi masalah seperti kolera dan disentri.

12. Bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut

Buah delima memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Sehingga rutin mengkonsumsi jus delima dapat membantu menghilangkan efek plak gigi dan mencegah berbagai penyakit mulut.

13. Menyembuhkan Anemia

Minum buah delima sangat dianjurkan bagi penderita anemia. Mengkonsumsi buah delima bisa membantu meningkatkan kualias dan kuantitas darah, sehingga bisa meringankan anemia. Buah delima mengandung zat besi yang berperan penting dalam mengurangi gejala anemia seperti pusing, kelelahan, gangguan pendengaran dan lemah.

14. Membalikkan osteoartritis

Pengerasan dan penebalan pada sendi dan tulang rawan dan dinding arteri dapat menyebabkan kerusakan seperti osteoarthritis dan aterosklerosis. Mengkonsumsi buah delima bisa meringankan efek tersebut. Hal Ini menjadikan buah delima sangat baik digunakan sebagai obat alami untuk osteoarthritis dan aterosklerosis. Senyawa bermanfaat yang ditemukan pada buah delima mampu menghambat produksi enzim yang menyebabkan kerusakan pada jaringan ikat.

15. Meningkatkan kesehatan penceraan

Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk memberi energi tubuh dalam aktivitas sehari-hari, membakar lemak, dan mendukung penurunan berat badan. Selain itu pencernaan yang sehat akan memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisi. Sayuran dan buah merupakan makanan sumber serat termasuk buah delima.

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi buah delima setiap hari bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah delima mengandung tinggi antioksidan. Oleh karena itu, buah delima sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bukan hanya itu, buah delima merupakan sumber vitamin C yang berguna merangsang produksi antibodi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang sehat memainkan peran penting dalam melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

17. Membantu mengurangi kelebihan berat badan

Antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah delima dapat membantu mengontrol penambahan berat badan sekaligus mempertahankan berat badan tetap ideal. Mengkonsumsi buah delima dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membakar lebih banyak kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan. Buah delima juga sumber serat yang membantu tubuh tetap kenyang sehingga mengurangi keinginan makan berlebih.

18. Mencegah diabetes

Ada kaitan erat antara rutin mengkonsumsi buah delima dan menurunnya penyakit diabetes. Jus buah delima dapat membantu mengurangi kadar glukosa, sehingga bermanfaat meringankan diabetes tipe 2.

19. Mencegah tanda penuaan pada kulit 

Salah satu manfaat buah delima untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Buah delima memiliki sifat anti-penuaan. Minum segelas jus buah delima setiap hari dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Sifat antioksidan pada buah delima juga membantu meningkatkan regenerasi sel kulit baru.

20. Meringankan bekas luka

Mengkonsumsi buah delima dapat meningkatkan regenerasi sel kulit baru pasca luka. Oleh karena itu, buah delima dianggap sebagai obat rumahan yang efektif untuk mengatasi berbagai macam luka. Penggunaan delima bisa membantu menyembuhkan luka sekaligus menyamarkan bekas luka. Minyak biji buah delima juga kaya nutrisi penting yang membantu menguatkan sel di epidermis kulit. Selanjutnya, jus buah delima juga dapat menyembuhkan kulit dari sengatan sinar matahari dan kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan sinar matahari.

Share On