18 Cara memutihkan ketiak secara alami dengan cepat

Cara memutihkan ketiak secara alami
Cara memutihkan ketiak secara alami

Cara memutihkan ketiak secara alami dengan cepat sekaligus mencerahkan ketiak menggunakan bahan rumahan. Memiliki ketiak yang gelap, sebenarnya tidak berarti Anda mengalami kondisi medis tertentu atau penyakit. Perubahan warna gelap di area ketiak secara umum tidak menimbulkan masalah pada kesehatan anda secara keseluruhan. Diketahui bahwa hitamnya area ketiak disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, misalnya paparan sinar matahari yang berlebihan pada area ketiak. Penyebab lain hitamnya area ketiak adalah mencukur ketiak, keringat berlebih, penggunaan krim pengisap rambut, atau penggunaan pakaian ketat. Selain itu akumulasi sel kulit mati dan penggunaan deodoran berbahan alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan ketiak anda menjadi hitam. 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memutihkan ketiak termasuk penggunaan krim tertentu, obat dari dokter, dan pengelupasan kimia atau perawatan laser. Namun, cara memutihkan ketiak di atas selain mahal terkadang juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Usahakan anda menggunakan bahan alami untuk memutihkan ketiak, karena selain aman bahan alami umumnya juga murah. Berikut cara memutihkan ketiak secara alami dan cepat menggunakan bahan rumahan:

1. Kentang

Karena kentang memiliki sifat asam yang ringan, membuatnya dianggap sebagai obat pemutihan yang efektif terutama untuk memutihkan area tertentu pada tubuh kita termasuk ketiak dan selangkangan. Berbeda dengan bahan kimia, kentang tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti iritasi dan kemerahan. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan kentang sebagai bahan alami untuk memutihkan ketiak mereka. Cara memutihkan ketiak dengan kentang: pertama anda harus memotong kentang menjadi beberapa irisan kecil. Setelah itu, gosok irisan tadi di lengan Anda. Selain cara tadi anda juga bisa mengekstrak jus kentang dengan blender. Oleskan kentang yang anda haluskan tadi pada ketiak anda. Biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit sampai kering. Setelah itu, bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Ulangi proses tadi beberapa kali setidaknya 3 minggu.

2. Mentimun

Mentimun adalah bahan rumahan yang cukup efektif untuk memutihkan ketiak secara alami. Cara menggunakannya cukup mudah karena anda hanya perlu menggosokkan irisan mentimun dengan lembut pada ketiak selama beberapa menit. Cara lain yang juga bisa anda lakukan untuk memutihkan ketiak dengan mentimun adalah dengan mengoleskan pasta dari mentimun yang anda haluskan. Kemudian biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. 

3. Lemon

Dikarenakan buah lemon memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, sehingga membuatnya sebagai obat yang cukup efektif untuk memutihkan ketiak yang gelap secara alami. Bukan hanya memutihkan ketiak, lemon juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah pada ketiak anda termasuk bau badan. Namun, karena buah lemon bisa membuat kulit menjadi lebih kering, sebaiknya gunakan pelembab seteah anda menerapkan lemon. Cara memutihkan ketiak dengan bahan lemon cukup mudah arena anda hanya perlu menggosokkan buah lemon ke daerah ketiak selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 5 menit, setelah itu, bilas dengan air hangat

4. Baking soda

Baking soda biasanya digunakan sebagai scrub pengelupasan sel kulit mati pada beberapa area tubuh kita termasuk ketiak. Apalagi baking soda ini juga cukup efektif dalam merawat ketiak yang gelap agar tampak lebih putih alami. Menerapkan larutan baking soda dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati yang dapat memicu ketiak menjadi lebih gelap. 
Cara memutihkan ketiak dengan baking soda
Cara memutihkan ketiak dengan baking soda


Selain itu, baking soda juga membantu membuka pori-pori kulit. Jika Anda menggunakan perawatan ini, sebaiknya tambahkan satu sendok makan baking soda dalam air yang cukup untuk membuat pasta kental. Terapkan pasta yang telah anda buat tadi pada ketiak. Biarkan kering selama beberapa menit (jangan terlalu lama). Setelah itu, bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi proses tadi beberapa kali dalam seminggu.

5. Kulit jeruk

Jika Anda ingin mencari cara memutihkan ketiak secara alami dan mudah maka bisa menggunakan kulit jeruk. Alasannya mungkin dikarenakan kulit jeruk dapat mengelupaskan sel kulit mati sekaligus membersihkan ketiak secara alami. Cara memutihkan ketiak dengan cepat menggunakan kulit jeruk: Letakkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari untuk memastikan agar benar-benar kering dan haluskan untuk dibuat menjadi bedak. Setelah itu, tambahkan dua sendok teh bubuk kulit jeruk ke dalam campuran air mawar dan susu. Kemudian terapkan campuran bahan tadi di ketiak dan biarkan selama sekitar 10 sampai 15 menit. Langkah terakhir bersihkan ketiak anda dengan air hangat. Dianjurkan mengulangi perawatan ini tiga kali seminggu.

6. Susu

Susu mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi penting yang sangat berguna untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Susu bahkan bisa memutihkan ketiak yang gelap. Untuk memutihkan kulit ketiak yang gelap dengan susu, Anda harus membuat campuran satu sendok makan tepung, dua sendok susu dan satu sendok teh yoghurt organik. Aduk rata ketiga bahan tadi untuk dijadikan pasta kental. Setelah itu, terapkan pada area ketiak anda dan biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Langkah terakhir bilas dengan air suam-suam kuku. Dianjurkan mengulang proses beberapa kali dalam seminggu untuk mencapai hasil yang maksimal. 

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel memang sangat sering digunakan untuk perawatan kecantikan termasuk menghilangkan bau badan dan menghilangkan ketombe secara alami. Selain itu, cuka sari apel ternyata juga sangat berguna dalam membantu memutihkan kondisi ketiak yang gelap. Diketahui bahwa cuka sari apel bermanfaat membunuh kuman dan bakteri di sekitar area ketiak anda. Bukan hanya itu, menggunakan cuka sari apel juga berguna menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan bau tidak enak pada area ketiak Anda. 

8. Tepung beras

Solusi rumahan yang bisa secara alami dan efektif dalam memutihkan ketiak adalah tepung beras. Caranya adalah: Campur satu sendok teh yoghurt, dua sendok makan tepung beras dan jus lemon secukupnya untuk dibuat menjadi pasta kental. Setelah itu, oleskan pasta tadi pada area ketiak anda. Biarkan selama beberapa menit kemudian bersihkan dengan air suam-suam kuku dan sabun dengan lembut. Jika Anda ingin cara tersebut efektif dalam memutihkan ketiak sebaiknya lakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu. 

9. Kayu cendana

Kayu cendana dianggap sebagai ramuan alami yang dapat mengatasi masalah kulit ketiak gelap sekaligus membuatnya tampak putih seperti bagian tubuh anda lainnya. Cara memanfaatkan kayu cendana untuk memutihkan ketiak adalah dengan mencampur bubuk kayu cendana dengan sedikit air mawar. Seperti biasa terapkan campuran kedua bahan yang telah anda buat tadi ke ketiak. Setelah itu, biarkan selama sekitar 15 menit kemudian bersihkan dengan air suam-suam kuku. Jika Anda mengulangi perawatan selama beberapa minggu, secara bertahap area gelap pada ketiak akan berangsur putih. Apalagi perawatan ini juga sangat membantu menghilangkan bau badan, sehingga anda akan menikmati manfaat ganda.

10. Buah apel 

Cara memutihkan ketiak dengan apel
Cara memutihkan ketiak dengan apel

Karena sifat asam yang dimiliki apel maka buah ini sangat berguna membunuh bakteri dan kuman yang dapat memicu ketiak lebih gelap. Anda harus menghaluskan buah apel terlebih dahulu untuk bisa menerapkannya ke ketiak anda. Atau anda juga bisa menggosokkan irisan buah apel dengan lembut di daerah ketiak untuk membuatnya tampak lebih putih alami. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. 

11. Minyak kelapa

Kita semua tahu bahwa minyak kelapa sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut Anda. Minyak kelapa bisa digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit dan mengatasi banyak masalah pada kulit dan rambut seperti ketombe. Apalagi, minyak kelapa mengandung tinggi vitamin E, yang bisa digunakan sebagai obat untuk memutihkan ketiak yang gelap secara alami dan cepat. Dengan memanfaatkan minyak kelapa, Anda tidak perlu membeli anti-perspirants atau deodoran yang memiliki beberapa efek samping yang tidak diinginkan untuk kulit Anda. Cara memutihkan ketikan dengan cepat menggunakan minyak kelapa adalah dengan menggunakan satu sendok makan minyak kelapa kemudian oleskan minyak ini ke daerah ketiak. Dianjurkan untuk melakukan sedikit pijatan pada daerah yang gelap dengan lembut selama beberapa menit. Setelah selesai cuci minyak kelapa dengan air hangat dan sabun. Setelah mencoba selama beberapa minggu, banyak orang merasakan bahwa ramuan ini bekerja dengan cukup efektif dalam memutihkan ketiak. Anda harus mengulangi proses ini beberapa kali untuk mencapai hasil yang optimal. Anda juga bisa membaca manfaat minyak kelapa untuk wajah

12. Minyak telur

Minyak telur memiliki kandungan omega-3 yang berperan penting dalam memproduksi sel kulit baru. Karena itu, menggunakan minyak telur akan membuat kulit Anda halus dan putih secara alami. Gunakan perawatan menggunakan minyak telur untuk memutihkan ketiak secara teratur agar ketiak yang gelap bisa segera diatasi. Caranya adalah: Gunakan ujung jari untuk memijat ketiak dengan minyak telur secara lembut. Karena minyak telur lebih aman untuk kulit, Anda bisa menggunakannya secara rutin. Anda harus melakukan perawatan tersebut beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga ketiak tetap putih.

13. Madu

Madu adalah ramuan yang benar-benar mengagumkan untuk kecantikan kulit wajah. Selain mampu menghilangkan jerawat secara alami madu juga sanga berguna memutihkan ketiak secara alami dan cepat. Alasan yang mungkin masuk akal kenapa madu dapat membantu memutihkan ketiak dengan cepat adalah karena madu memiliki sifat anti-bakteri. Menggunakan madu bisa membunuh semua bakteri dan kuman berbahaya yang menyebabkan ketiak menjadi gelap. Beberapa orang yang mengalami ketiak gelap dan bau tidak enak menemukan bahwa perawatan dengan madu mampu mengurangi gatal dan iritasi pada ketiak mereka. Cara memutihkan ketiak dengan madu cukup mudah karena anda hanya perlu mengoleskan sedikit madu di daerah ketiak yang gelap secara merata. Anda bisa membilasnya dengan air suam-suam kuku setelahnya. 

14. Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari secara alami memiliki sifat pemutih dan pelembab, sehingga membuatnya dianggap sebagai obat rumahan yang efektif untuk memutihkan ketiak yang gelap. Bila diaplikasikan secara teratur, minyak bunga matahari bisa melembutkan dan memutihkan kulit ketiak anda. Selain itu, minyak bunga matahari adalah obat serba guna untuk mengobati berbagai macam masalah kulit seperti stretch mark dan jerawat. Cara menggunakan minyak bunga matahari: Ambil satu sendok makan minyak bunga matahari kemudian oleskan pada ketiak Anda. Biarkan selama beberapa menit setelah itu bersihkan seperti biasa. Akan lebih baik jika Anda mengulangi pengobatan tadi dua kali sehari setelah mandi dan tidur. 

15. Buah pepaya

Pepaya dikenal sebagai obat alami sembelit dan sakit perut. Banyak orang mengkonsumsi pepaya untuk melancarkan buang air besar. Tapi bukan hanya itu saja manfaat dari pepaya, selain berguna melancarkan BAB pepaya juga memiliki enzim yang bisa memutihkan ketiak Anda tanpa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Pepaya dianggap sebagai exfoliant alami yang membantu menyingkirkan sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Akibatnya, tidak hanya bisa memutihkan tapi juga menghaluskan kulit ketiak Anda. Cara memutihkan ketiak dengan cepat menggunakan pepaya: Gosokkan potongan pepaya di bawah lengan atau ketiak Anda dengan lembut. Biarkan selama beberapa menit setelah itu cuci dengan air bersih. Ulangi proses tadi minimal 3 atau 4 kali seminggu untuk menghilangkan ketiak anda yang gelap.

16. Menggunakan scrub alami

Karena sel kulit mati merupakan pemicu ketiak yang gelap, pengelupasan kulit dengan scrub alami dianggap sebagai teknik efektif untuk memutihkan ketiak yang gelap. Untuk memutihkan ketiak Anda, pertama-tama siapkan bubuk kacang kenari, satu sendok makan jus lemon, dan satu sendok makan madu murni. Campur kesemua bahan tadi sampai tercampur sempurna, kemudian oleskan pasta ini pada ketiak yang gelap. Biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Ulangi proses ini dua atau tiga kali seminggu agar hasilnya lebih efektif. Bukan hanya memutihkan kulit ketiak, cara tadi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di area ketiak. 

17. Bahan-bahan herbal

Jika Anda sedang mencari cara yang efektif untuk memutihkan ketiak yang hitam, sebaiknya anda tidak mengabaikan penggunaan bahan herbal. Beberapa bahan yang bisa anda gunakan diantaranya ekstrak akar licorice, ekstrak aspen, dan ekstrak raspberry. Setelah itu, terapkan campuran bahan tadi pada ketiak Anda dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Menggunakan pengobatan herbal akan merangsang produksi pheomelanin. Karena perawatan menggunakan bahan herbal tidak memiliki efek samping berarti, maka dari itu Anda bisa mengaplikasikannya setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu selama satu atau dua bulan untuk mengatasi masalah ketiak yang gelap. 

18. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang sering digunakan di berbagai masakan khas India dan Pakistan. Selain bisa menambah rasa masakan kunyit juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satu yang bisa anda coba adalah kemampuannya dalam memutihkan kulit ketiak. Petama-tama haluskan kunyit dengan cara diparut. Tempelkan parutan kunyit tadi ke ketiak kemudian biarkan sekitar 15-20 menit setelah itu bilas dengan air.


Demikian tadi rangkaian cara memutihkan ketiak secara alami dengan cepat dan Insyaa Allah efektif untuk bisa anda terapkan secara rutin tanpa efek samping berarti. Selamat mencoba

Share On