17 Fungsi dan manfaat omega-3 untuk kesehatan manusia

manfaat omega-3
image from expertbeacon.com

Beberapa informasi penting mengenai fungsi dan manfaat omega-3 untuk kesehatan manusia. Asam lemak omega-3 yang juga dikenal sebagai asam lemak tak jenuh ganda atau (PUFA) merupakan asam lemak yang penting bagi kesehatan manusia. Karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri sehingga Anda harus mendapatkannya dari makanan yang anda konsumsi seperti ikan tuna, ikan salmon, minyak kacang, dan ganggang. Sehingga American Heart Association (AHA) menyarankan agar kita mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Ada dua jenis asam lemak omega-3 yang pertama adalah asam lemak omega-3 laut yang meliputi asam docosahexaenoic (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA), yang umumnya ditemukan pada ikan.

Sdangkan jenis asam lemak omega-3 yang kedua adalah Asam alfa-linolenat (ALA) yang banyak di temukan pada pada kacang-kacangan, minyak nabati, lemak hewani, minyak biji rami, dan sayuran berdaun. Untuk mengetahui apa saja fungsi dan manfaat omega-3 untuk kesehatan manusia, mari simak ulasannya berikut ini:

1. Menurunkan kolesterol

Diet yang tidak seimbang dengan mengkonsumsi banyak makanan berlemak dan kurang berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita. Hal ini bisa diminimalisir dengan memperbanyak asupan asam lemak omega-3 dan juga aktivitas fisik. Asam lemak omega-3 bermanfaat mengurangi trigliserida dalam darah yang pada gilirannya juga mengurangi kolesterol jahat. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari makanan seperti ikan makarel, ikan trout, herring, sarden, dan salmon.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi

Bagi penderita hipertensi atau mereka yang memiliki resiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3 seperti ikan salmon. Asam lemak omega-3 bermanfaat mengurangi tekanan darah dan membantu mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil. Jika anda kesulitan mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dari makan Anda bisa mengambil suplemen, tetapi sebelumnya pastikan anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui berapa dosis omega-3 yang aman untuk anda konsumsi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat omega-3 untuk kesehatan bukan hanya dapat menurunkan kolesterol, dan tekanan darah tinggi, tetapi juga membatasi risiko penyakit kardiovaskular. Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan membatasi asupan lemak jenuh sekaligus meningkatkan asupan lemak baik seperti omega-3. Asam lemak omega-3 juga berfungsi menurunkan stroke, serangan jantung, dan mengendalikan detak jantung pada tingkat normal.

4. Mencegah penyakit diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit terkait tingginya kadar gula darah pada tubuh kita. Penyakit ini cukup berbahaya karena dapat menyerang organ-organ penting di dalam tubuh. Minyak ikan pada umumnya membantu mengurangi trigliserida apoprotein dan HDL. Jadi, mengkonsumsi makanan kaya omega-3 akan membantu Anda secara signifikan dalam mengobati penyakit diabetes.

5. Mengurangi gejala rheumatoid arthritis

Banyak studi yang telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala rheumatoid arthritis yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 dapat mengurangi gejala rheumatoid arthritis termasuk kekakuan dan nyeri sendi pada pagi hari. Jadi bagi Anda yang sering mengkonsumsi obat anti inflamasi steroid bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan yang diperkaya asam lemak omega-3, selain lebih alami makanan seperti ini juga baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

6. Mengurangi Lupus eritematosus sistemik (SLE)

Lupus eritematosus sistemik (SLE) merupakan bentuk Lupus paling umum dan termasuk pada penyakit autoimun yang ditandai dengan nyeri sendi dan kelelahan pada penderitanya. Lupus bisa menyerang setiap organ dan jaringan tubuh. Makanan yang anda konsumsi memainkan peran penting dalam mencegah penyakit tersebut. Maka sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dan mengurangi daging merah. Selain itu penggunaan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak ikan yang kaya akan omega-3 dapat mengurangi peradangan.

7. Membantu menguatkan tulang

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh, sehingga dapat menguatkan tulang. Jika tubuh anda tidak mendapatkan cukup asam lemak esensial terutama GLA dan EPA tulang akan kehilangan kepadatannya sehingga memiliki resiko lebih tinggi terkena osteoporosis. Bagi anda berusia diatas 65 tahun sebaiknya banyak mengkonsumsi ikan yang mengandung omega-3 atau mengkonsumsi suplemen minyak ikan, tetapi sebelum melakukannya sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

8. Mengurangi stres

Pekerjaan yang menumpuk dan masalah yang belum juga terselesaikan dapat mengakibatkan stres. Tetapi ternyata itu bukan satu-satunya penyebab stres, ternyata makanan yang anda konsumsi juga berkontribusi besar terhadap terjadinya stres. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 ternyata bisa memberikan manfaat untuk mengurangi tingkat stres seseorang. Selain makanan tinggi omega-3, buah dan sayur yang mengandung tinggi antioksidan juga sangat penting untuk mengurangi stres dan menangkal efek buruk radikal bebas.

9. Mengurangi gangguan bipolar

Gangguan bipolar adalah kondisi kompleks yang didefinisikan oleh suasana hati yang tidak biasa. Orang-orang yang mengalami gangguan bipolar biasanya memiliki gejala seperti depresi, menurunnya mood, yang disertai dengan gangguan dalam pemikiran. Untuk mencegah atau meringankan gejala bipolar Anda bisa melakukannya dengan mengontrol berat badan sekaligus banyak mengkonsumsi makanan bergizi seperti asam lemak omega-3

10. Mengurangi gangguan Skizofrenia

Skizofrenia adalah kondisi serius yang dapat mempengaruhi bagaimana anda bertindak, merasakan, dan berpikir. Jika seseorang memiliki kondisi seperti ini biasanya mereka akan mengalami masalah dalam perbedaan yang nyata termasuk imajinasi yang tidak normal untuk setiap perilaku secara umum. Meskipun demikian secara umum orang yang mengalami skizofrenia tidak menyebabkan kekerasan dan tidak pula menimbulkan bahaya bagi orang lain

11. Mengurangi berbagai masalah kulit

Berbicara mengenai manfaat omega-3 untuk kesehatan rasanya kurang kurang lengkap jika belum membahas mengenai kegunaannya untuk kulit. Mengkonsumsi omega-3 dari makanan seperti ikan salmon, ikan herring, dan tuna dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan seperti peradangan, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Omega-3 dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga mengurangi resiko penyakit kanker kulit.

12. Mengurangi gejala asma

Asam lemak omega-3 tampaknya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk meringankan gejala asma. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Indiana membuktikan bahwa konsumsi omega-3 Setiap hari dapat memperbaiki fungsi paru-paru sekaligus mengurangi mengi dan batuk pada penderita asma.

13. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega-3 ternyata dapat mengurangi masalah penglihatan seperti degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri merupakan suatu kondisi menurunnya penglihatan yang bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Degenerasi makula sendiri secara umum dialami oleh mereka yang memiliki usia diatas 50 tahun.

14. Mencegah penyakit kanker usus besar

Mengkonsumsi makanan sumber omega-3 akan mengurangi risiko terkena kanker usus besar, yang dimulai dengan polip kecil seperti jamur yang tumbuh di dinding usus besar. Polip biasa terjadi, terutama saat bertambahnya usia seseorang. Namun demikian, tidak setiap polip mengarah pada timbulnya penyakit kanker. Saat seseorang mulai terkena penyakit ini, sebaiknya jaga asupan makanan dengan banyak mengkonsumsi makanana yang mengandung tinggi vitamin D, berhenti merokok, dan mengkonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3. Mengkonsumsi minyak ikan setiap hari akan mengurangi perkembangan kanker usus besar.

15. Mencegah kanker payudara 

Kanker payudara saat menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum wanita di Indonesia bahkan di dunia. Makanan yang mengandung tinggi omega-3 dapat mengurangi perkembangan kanker payudara

16. Mencegah kanker prostat

Ada lebih dari 40.000 kasus kanker prostat pada pria yang didiagnosis setiap tahunnya. Untuk mencegah penyakit ini, Anda harus mengonsumsi makanan sehat termasuk asam lemak omega-3 dari ikan atau minyak ikan.

17. Meningkatkan kesehatan otak

Menggabungkan antara manfaat omega-3 dan vitamin B bisa mengurangi penyusutan otak yang mengarah pada penyakit Alzheimer. Omega-3 sangat baik untuk kesehatan otak karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Omega-3 dengan asam lemak tak jenuh ganda dapat terakumulasi dalam sistem saraf dan mempengaruhi transportasi asam lebih baik di otak.

Share On